29/11/2020
manajemen inventory SystemEver

Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver, Solusi untuk Kemajuan Bisnis

Teman-teman, gimana nih selama berbulan-bulan melewati masa pandemi? Pastinya tidak akan patah semangat ya. Beberapa teman saya sejak pandemi ini mulai mencoba berbisnis secara online. Bidangnya bermacam-macam, ada yang fashion berupa daster, produk skin care, makanan atau minuman. Semakin besar bisnis yang digeluti, maka mencatat stok barang yang ada merupakan faktor penting, agar tak terjadi kekurangan atau kelebihan. Inilah pentingnya manajemen inventory atau manajemen inventaris dalam bisnis ritel. Kita harus teliti mencatat, mulai dari pengadaan, barang datang, penyimpanan, penjualan melalui marketplace, penjualan langsung, barang habis, dan lain-lain. Sistem manajemen inventory supaya bisnis berjalan efektif dan tercatat dengan baik seperti ini sekarang serba komputer. Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver merupakan solusi cerdas untuk mendata mulai dari barang datang, penyimpanan, pemakaian, data-data penjualan-pembelian, dan banyak lagi.

Pengertian Manajemen Inventory

Pengertian manajemen inventory adalah manajemen dalam pengelolaan stok barang. Pada pengelolaan bisnis perusahaan besar biasanya barang terlebih dahulu disimpan di area penerimaan gudang dalam bentuk bahan baku atau komponen-komponen. Sesudahnya dilanjutkan dengan proses memasukkan dan menyimpan bahan baku tersebut ke gudang atau di rak-rak khusus. Sedangkan di perusahaan Small Medium Enterprises, barang yang diterima bisa langsung disimpan di tempat penyimpanan stok.

Manfaat manajemen inventory merupakan faktor penting untuk perusahaan besar maupun bisnis setingkat UKM (usaha kecil dan menengah). Jangan sampai dalam suatu rantai bisnis, ternyata persediaan habis, padahal permintaan konsumen melonjak. Atau sebaliknya stok berlebihan sehingga menumpuk di gudang dan penjualannya macet.

SystemEver Sebagai Manajemen Inventory Terbaik

Sistem Manajemen Inventory

Di antara sekian banyak perusahaan pengembang software sistem ERP, SystemEver merupakan software sistem Cloud ERP pilihan milik Younglimwon Soft Lab Co., Ltd, sebuah perusahaan teknologi dari Korea Selatan yang berdiri sejak 1993 dan telah terdaftar di KOSDAQ (Korean Securities Dealers Automated Quotations).
Keistimewaan software SystemEver adalah sistem aplikasi ERP ini dikhususkan untuk Small Medium Enterprises, yaitu bisnis setara dengan unit usaha kecil menengah (UKM).

SystemEver yang telah berkiprah di Indonesia dengan ribuan pelanggan selama bertahun-tahun, telah mendistribusikan software ini untuk berbagai solusi di bidang Perdagangan dan Distribusi serta di bidang Manufaktur & Industri Layanan.

Berikut manfaat manajemen inventory:

1 – Menjaga Persediaan Bahan Baku

Melalui SystemEver memberikan solusi cloud ERP yang mencakup sistem manajemen , dilengkapi dengan aplikasi persediaan barang, program akuntansi, aplikasi sistem penjualan – sistem pembelian – sistem penjualan konsinyasi, dan sistem manajemen.
Dengan adanya sistem manajemen inventory, perusahaan dapat mengantisipasi kekurangan maupun keterlambatan persediaan, serta menjaga persediaan barang selalu ada.

2 – Meningkatkan Pelayanan

Melalui sistem manajeman inventory yang mumpuni, kita akan mengetahui ketersediaan barang dan menemukan tempat penyimpanannya dalam hitungan detik. Hal ini dimungkinkan karena penyimpanan datanya terpusat sehingga otomatisasi tersebut memudahkan dan meningkatkan pelayanan.

3 – Pengontrolan Persediaan

Ketika sistem manajemen inventory dikolaborasikan dengan software akuntansi, maka memungkinkan akses terhadap data-data persediaan. Langkah ini merupakan upaya pengontrol persediaan bahan baku dan tetap terpantau untuk memudahkan pengambilan keputusan.

4 – Menghemat Biaya

Pemilihan aplikasi inventaris barang yang tepat dapat menghindari perusahaan dari kemungkinan kerugian karena menyimpan persediaan yang terlalu banyak, membeli barang yang tidak perlu, serta mengirim barang tidak tepat waktu.

5 – Efektif

Kegiatan distribusi itu merupakan proses yang kompleks, karena mencakup menyalurkan produk secara fisik, misalnya mengatus alur produk mulai dari pemasok, manufaktur, dealer, retailer, sampai ke konsumen. Selain itu juga menjamin saluran informasi berjalan lancar termasuk pembayaran dan promosi.
Itu sebabnya software ERP untuk perusahaan distribusi dan perdagangan sangat efektif, karena ada sistem penjualan dan distribusi pada programnya. Mulai dari laporan harian, bulanan, trisemester, hingga tahunan dapat dibuat dengan cepat dan mudah.

Tapi jangan salah, ini barulah proses awal dari sebuah rantai manajemen. Masih ada langkah-langkah selanjutnya berkaitan dengan proses produksi. Kelebihan Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver dapat menyederhanakan proses pengelolaan persediaan yang kompleks dan rantai layanan yang panjang. Melalui software kita bisa mengecek inventaris, pemesanan barang dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, menghitung nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi.

Apa itu Cloud ERP?

Teman-teman mungkin ingin tahu, apa yang dimaksud dengan sistem ERP? Sistem ERP, merupakan intergrasi dari perusahaan (Enterprise), sumber daya (Resource), dan perencanaan (Planning). Terintegrasinya ketiga elemen tersebut membuat seluruh sumber daya perusahaan dapat diakses dengan mudah dan akurat sehingga dapat menunjang kinerja perusahaan. Sistem cloud ERP merupakan jenis ERP yang memungkinkan integrasi antar beberapa divisi atau level manajemen, sehingga antar satu divisi dengan divisi lain saling terhubung. Pengelolaan data terpusat dengan menggunakan koneksi internet dan dapat diakses dengan mudah menggunakan username dan password.

SystemEver sebagai software cloud ERP Indonesia ini bahkan telah melakukan IPO (Initial Public Offering) di bursa sham Korea Selatan pada bulan Agustus yang baru lalu.
Langkah ini berarti menunjukkan bahwa pasar di Indonesia sangat potensial dan iklim bisnisnya positif, sehingga Indonesia memantapkan sebagai pusat perkembangan ERP di Asia Tenggara.

Seperti yang telah saya jelaskan di paragraf awal, rencana teman saya untuk mengelola bisnisnya dengan lebih terstruktur. Rencana tersebut dibarengi pula dengan arah gaya hidup masyarakat yang serba digital. Sejak pandemi dan kebijakan adaptasi kebiasaan baru (AKB), pekerjaan tidak lagi dibatasi ruang kantor. Kita bisa melakukan aktivitas dari mana saja asal terkoneksi dengan internet. Begitu pula bagi pelaku bisnis, keputusan bisa dilakukan dengan mudah melalui software cloud, bahkan secara real time.

6 Keistimewaan Cloud ERP SystemEver

Berikut adalah beberapa keistimewaan cloud ERP SystemEver sebagai Software Sistem ERP terbaik di Asia Tenggara.

1 – Berpengalaman

Bila kita akan memilih sistem cloud ERP maka pastikan disiapkan oleh perusahan berkualitas. Contohnya YoungLimWon (永林院) SoftLab Co. Ltd telah berpengalaman selama 27 tahun mengembangkan sistem ERP dengan lebih dari 1600 pelanggan yang tersebar di Korea, Jepang, Cina, Vietnam, dan Indonesia. Pengalaman puluhan tahun inilah merupakan aspek penting bila kita ingin menggunakan sistem ERP berkualitas untuk membantu manajemen perusahaan besar maupun kecil. Karena YoungLimWon sangat memahami kebutuhan pelanggan agar maju dan berkembang.
Perusahaan kecil maupun besar akan lebih produktif dengan bantuan software cloud ERP SystemEver.

2 – Tampilan Fitur Visual-K

Pengguna cloud ERP SystemEver dimudahkan dengan tampilan antarmuka yang mudah difahami, dengan fitur yang dikenal dengan nama Visual K. Efeknya, pelanggan jadi lebih nyaman dalam menyelesaikan tugas-tugas sesuai target.

3 – Akses Flexible

Software SystemEver merupakan software yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun, menggunakan berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet, maupun ponsel. Tentunya semua itu harus terkoneksi ke internet dengan baik agar pekerjaan pun lancar. Pemilik perusahaan dapat memantau berbagai aktivitas bisnis, transaksi, dan rekapan data dari rumah atau tempat lain. Dengan demikian SystemEver membantu mewujudkan pekerjaan kita lebih efisien dan efektif.

4 – Consultant-K

Fitur Consultant-KTM merupakan salah satu konfigurasi software SystemEver yang siap melayani konsultasi tanpa biaya besar. Pengalaman SystemEver membuktikan bahwa melayani berbagai pelanggan menjadi bukti komitmen untuk membuat bisnis kita semakin berkembang.

5 – Harga Terjangkau

SystemEver menawarkan harga terjangkau dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Itu sebabnya SystemEver tergolong software ERP untuk jasa murah tetapi berkualitas. Perusahaan yang menggunakan pun bisa melakukan perencanaan anggaran dengan efektif dan efisien.

6 – Melayani dalam Bahasa Global

Diawali dari Korea kemudian merambah hingga ke negara-negara lain, termasuk Asia Tenggara. Maka agar bisa berkembang dan bersaing di tingkat global, software Cloud ERP SystemEver dilengkapi dengan layanan bahasa Inggris dan bahasa lokal negara tersebut. Begitu pula di Indonesia, SystemEver tersedia dengan layanan bahasa Inggris dan Indonesia.

Kesimpulan

Cara pengoperasian software sistem cloud ERP, SystemEver, mudah digunakan dan bisa disesuaikan serta dikemas dengan inovatif. Maka secara singkat, kelebihan sistem manajemen inventory SystemEver adalah sebuah sistem yang dirancang untuk membantu bisnis mengotomatiskan pengelolaan inventaris atau persediaan barang lebih efisien dan mendapatkan banyak keuntungan.
Bila teman-teman tertarik menggunakan software dengan sistem ERP, teman-teman bisa kunjungi URL berikut di https://systemever.co.id atau cek videonya supaya lebih faham tentang SystemEver.

#SystemEverIndonesia #SystemCloudERP

Semoga bermanfaat.

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

One thought on “Cloud ERP Manajemen Inventory SystemEver, Solusi untuk Kemajuan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *