24/01/2021
makanan khas bali

Aneka Makanan Khas Bali Super Enak

Tidak dapat dipungkiri jikalau pulau Bali merupakan destinasi wisata yang banyak dituju masyarakat untuk menghabiskan liburan. Berbagai jenis wisata bisa kalian pilih di sana, wisata alam mulai dari pantai, gunung, dan danau. Kemudian wisata adat dan budaya, wisata seni, hingga wisata kuliner. Sama halnya di daerah-daerah lain di Indonesia, Bali pun mempunyai makanan khas daerah. Bahkan di beberapa desa tradisional yang dikembangkan menjadi desa wisata, kalian bisa menikmati aneka makanan khas Bali, setempat sambil menikmati semilir angin pedesaan. Penasaran dengan berbagai makanan khas Bali? Yuk langsung saja kita ulas!

Simak aneka makanan khas Bali berikut:

Ayam Betutu

Siapa yang tak kenal masakan ayam Betutu? Merupakan jenis makanan khas daerah Bali yang bahan mentahnya berupa karkas utuh itik atau ayam.
Ayam utuh dibersihkan kemudian dibalur dengan bumbu khas Bali ke seluruh permukaan badan dan ke dalam rongga karkas ayam atau itik. Kemudian dibakar dengan api kecil sehingga menghasilkan aroma khas. Kata betutu sendiri berasal dari kata tunu yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging.

Sate Lilit

Makanan pertama yang wajib kamu coba kala berkunjung ke Bali ialah sate lilit. Sate ini sangat berbeda dengan sate pada umumnya yang sering kita jumpai. Pasalnya satu ini tidak dibuat dengan cara menusuk potongan daging melainkan melilitkannya. Sate ini dibuat dengan cara menghaluskan daging dan melilitikannya pada batang serai maupun tangkai bambu.
Daging yang biasa digunakan dapat bermacam-macam, bisa saja daging ikan tenggiri, daging babi atau daging ayam. Bagi kaum Muslim lebih baik bertanya terlebih dahulu kehalalan kuliner setempat bila akan memesan sate lilit.

Nasi Jinggo

Kuliner khas Bali ini mirip dengan nasi kucing. Dimana untuk ukuran nasi yang disajikan hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa saja. Umumnya nasi ini disajikan bersama mie goreng, tempe goreng juga ayam suwir. Lebih dari itu, sambal dari makanan khas ini sebenarnya yang paling menjadi daya tarik. Hal ini dikarenakan rasa sambalnya yang sangat pedas hingga membuat kalian ingin nambah nasi lagi.

Nasi Tepang

Nasi tepang ini merupakan makanan khas dari Gianyar. Nasi yang disajikan memang begitu lembek seperti bubur. Umumnnya nasi lembek ini akan disajikan dengan daun kelor, nangka muda, gerong, kacang tanah, kacang panjang juga kelapa parut. Selain itu, biasanya akan ditambahkan dengan suwiran ayam juga telur. Tak lupa pula nasi ini disajikan dengan siraman bumbu rempah-rempah khas Bali.

Tum Ayam

Makanan ini merupakan makanan yang mirip atau sejenis dengan pepes. Di dalamnya terdapat campuran daging ayam, santan serta aneka bumbu. Baik ayam, bumbu juga santan akan dibungkus ke dalam daun pisang. Setelah itu dikukus untuk membuatnya matang.

Sate Kakul

Sate kakul bahan dasarnya dari siput kadang bisa juga dari kerang. Siput yang dipilih merupakan siput sawah yang banyak dijumpai di Bali, sehingga awalnya merupakan makanan khas di desa-desa. Tetapi sekarang pun sudah bisa dipesan di warung-warung makan. Bumbu-bumbu untuk mengoleskan sate terdiri dari ramuan kecap manis, kemiri, serai, tomat, dan saos tiram, sebelum membakar sate

Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Perlu diketahui jikalau makanan khas pulau Bali ini sangat menggugah selera. Terlebih bagi kamu yang memang sangat menyukai makanan pedas. Nantinya kuah pindang dengan irisan cabai sangat pedas akan disajikan dengan irisan mangga. Selain mangga, kamu juga bisa menggantinya dengan buah lain. Jikalau bosan, kamu bisa mencicipi rujak bulung yakni rumput laut yang disantap dengan kuah pindang.

Jukut Undis

jukut undis
jukut undis di mangkok sup

Jukut Undis adalah makanan khas Bali berkuah terbuat dari kacang hitam. Mungkin mirip sayur kacang merah di daerah Sunda. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kuliner khas Bali ini kacang hitam yang disebut kacang gude atau kacang Bali. Selain itu, dalam pembuatannya, jukut undis juga disertai dengan beragam bahan lainnya, seperti kaldu sapi, bawang merah dan bawang putih, serai, daun salam, lengkuas, serta beragam jenis rempah.

Itulah tadi beberapa makanan khas Bali yang begitu populer dan sangat diminati oleh wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun luar rasanya sama-sama menyukai makanan di atas.

Semoga bermanfaat!

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *