Donasi Banjir Bandang NTT (Nusa Tenggara timur)

  • oleh
donasi banjir bandang NTT (Nusa Tenggara Timur)

Pada suatu hari muncul di linimasa Instagram adanya banjir bandang NTT (Nusa Tenggara Timur). Instagram tersebut milik kawan kami, @sahabat_sumba, sebuah grup pemandu wisata di Sumba.
Sebuah video pendek memerlihatkan banjir bandang yang menerjang Bendungan Lambanapu di Sumba Timur.
Waktu itu, di tahun 2019, saya dan teman-teman alumni sebuah kampus berwisata ke pulau Sumba selama 5 hari. Pemandangan yang menggetarkan hati dan tak terduga sama sekali, bahwa air bah bisa begitu dahsyat. Berbeda 180 derajat ketika kami berkesempatan berwisata ke sana.

https://www.instagram.com/p/CNPfGtopQok/
bendunganl lambanapu-sumba
bendungan lambanapu-sumba

Siklon Tropis Seroja

peta sikblon seroja
peta siklon tropis Seroja

Ternyata banjir bandang yang terjadi tersebut diakibatkan adanya siklon tropis yang mulai terbentuk di selatan Nusa Tenggara Timur, Indonesia, pada 3 April 2021. Karena perbedaan tekanan angin, siklon yang bernama Siklon Tropis Seroja ini menyebabkan curah hujan tinggi, angin kencang, dan badai petir di Nusa Tenggara Timur. Siklon ini menyebabkan banjir di beberapa wilayah Nusa Tenggara, Indonesia dan Timor Leste.

pantai adonara
pantai adonara

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Siklon Tropis Seroja yang melewati Nusa Tenggara Timur merupakan terkuat kedua setelah Siklon Tropis Kenanga.
Siklon Tropis Seroja memiliki kecepatan maksimum (70 kt/971 mb), sementara dibandingkan Siklon Tropis Kenanga memiliki kecepatan maksimum (100kt/942mb).

Seorang kawan lain, sesama alumni yang menetap di Kupang, Flores, menceritakan bahwa atap rumahnya terbang terbawa angin, hujan deras, dan gelap gulita. Untuk mengurangi dampak lebih berat akibat hujan deras dan meluapnya sungai, PLN memang memadamkan aliran listrik. Kawan kami hanya bisa berdoa menunggu sepanjang malam.

Beberapa hari kemudian, pasca bencana siklon tropis Seroja, berdasarkan info dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 128 orang dinyatakan meninggal dunia dan lebih dari 22.000 jiwa terdampak di Kabupaten Flores Timur. Di Kabupaten Flores Timur, 14 desa diterjang banjir bandang akibat limpasan dan material dari Gunung Lewotolo

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur menginformasikan sebanyak 54 KK atau 165 jiwa mengungsi, sedangkan 109 KK atau 475 KK terdampak.

Selain mengakibatkan korban jiwa, bencana juga menghancurkan ratusan rumah dan infrastruktur lainnya. BPBD setempat masih terus melakukan pendataan dan verifikasi dampak korban maupun kerusakan infrastruktur.

Wahana Visi Indonesia

Wahana Visi Indonesia adalah organisasi kemanusiaan yang hadir melayani dan berkolaborasi dalam pemberdayaan anak, keluarga dan masyarakat yang paling rentan melalui pendekatan pengembangan masyarakat, advokasi dan tanggap bencana untuk membawa perubahan yang berkesinambungan tanpa membedakan agama, ras, suku, dan gender.

Yayasan yang berdiri sejak 1998 ini, telah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak. Ratusan ribu anak di Indonesia telah merasakan manfaat program pendampingan Yayasan Wahana Visi Indonesia.

Bantu Anak & Warga Terdampak Banjir Bandang NTT

Sesuai dengan fokus pendampingan WVI, maka akibat bencana alam badai Siklon Tropis Seroja, maka perhatian lebih dicurahkan pada anak-anak yang terdampak.

Beberapa Area Pelayanan Wahana Visi Indonesia (WVI) di NTT yang terdampak bencana yaitu Sumba Timur, Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS) dan Alor.
Wahana Visi Indonesia akan merespon dampak bencana selama 3 bulan terhitung sampai 5 Juli 2021. WVI fokus untuk menyediakan sanitasi dan air bersih, perlengkapan keluarga, bantuan nontunai untuk pemulihan ekonomi keluarga, alat pelindung diri (APD), juga mitigasi bencana untuk memperkuat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana.

Seperti kita ketahui, selain mengakibatkan korban jiwa, bencana juga menghancurkan ratusan rumah dan infrastruktur lainnya. BPBD setempat masih terus melakukan pendataan dan verifikasi dampak korban maupun kerusakan infrastruktur.

Kesimpulan

langkah donasi WVI
membuat akun di WVI

Indonesia secara geografis terletak pada jalur gunung berapi, pertemuan patahan lempeng bumi, bahkan pertemuan samudra yang bisa mendatangkan bencana kapan saja.

Setiap terjadi bencana kita memang tidak bisa sendirian, harus ada semangat gotong-royong dari seluruh warga Indonesia. Begitu pula yang terjadi pada bencana akibat siklon badai tropis Seroja yang mengakibatkan banjir bandang.

Motto Wahana Visi Indonesia BERSAMA BANTU ANAK & WARGA TERDAMPAK BANJIR BANDANG NTT merupakan salah satu bentuk gotong-royong tersebut.

Teman-teman bisa ikut donasi banjir bandang NTT dengan membuat akun kemudian klik tombol DONASI SEKARANG. Kamu juga bisa membagikan link campaign ini ke keluarga dan teman-teman agar semakin banyak orang yang membantu. Mari kita bersama bergandeng tangan membantu warga terdampak, khususnya anak-anak.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *