28/10/2020
fagetti

Fagetti: Marmer Terlengkap dengan Jenis dan Motif Unik nan Artistik

Dalam dunia arsitektur pemilihan material harus sudah difikirkan sejak mendisain ruangannya. Arsitek harus faham material yang pas untuk setiap elemen bangunan. Mulai dari material struktur utama, dinding pengisi, struktur atap, lapisan atap, hingga material pelapis. Marmer adalah material pelapis dinding, lantai, dan elemen interior terbuat dari batu alam. Awam sering menyebutnya sebagai batu pualam, bahan galian yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Bangunan yang berlapis pualam memang menampilkan kesan elegan dan mewah. Dalam daftar harga material, marmer memang bukan material yang murah. Tak dipungkiri setiap lempengnya memang menampilkan motif marmer unik. Beruntungnya di Indonesia sudah ada Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap dengan jenis dan motif yang unik.

Berbeda dengan material pelapis bangunan lain yang dibuat di pabrik, misalnya bata, genting, atau keramik. Pada marmer ada sentuhan alam yang memerlukan waktu bertahun-tahun, sehingga tak heran harganya pun sebanding. Tak ada yang bisa mengalahkan kekuatan alam, bukan?

marmer

Batu marmer termasuk jenis batuan metamorf yang merupakan hasil proses metamorfosa (batuan malihan) dari batuan asalnya yaitu batu kapur (batu gamping). Akibat proses alam, tekanan, panas dingin silih berganti, maka batu gamping mengalami proses rekristalisasi sehingga terbentuk marmer. Prosesnya sendiri bisa berlangsung 30 hingga 60 juta tahun yang lalu. Mineral-mineral chalcedony, cryptocrystalline, silica halus, moganite, dan lain-lain yang terkandung pada marmer, menyebabkan tampil guratan dan warna unik serta artistik, setelah diproses dengan benar.

Marmer menjadi material pelapis mewah bahkan sudah ada sejak zaman dulu kala. Kita mengenal Taj Mahal di India. Di Indonesia, marmer dipakai untuk lantai dan interior Gedung Sate di Bandung. J.Gerber sang arsitek khusus mendatangkan marmer tersebut dari Itali. Begitu pula Masjid Istiqlal di Jakarta. F.Silaban sang arsitek tahu betul bagaimana menampilkan kemegahan masjid melalui lapisan batu alam.
Marmer memang material pelapis yang tak lekang oleh zaman. Marmer pula yang menjadi pilihan arsitek masa kini untuk memenuhi ekspektasi klien akan desain yang glamour.

marmer
Jenis Batu Marmer

Fagetti Supplier Marmer Terlengkap

fagetti
Ferdinand Gumati - Founder PT. Fajar Gelora Inti (Fagetti)

Diawali tahun 1986, Ferdinand Gumanti mendirikan pabrik dan gudang seluas 23 hektar di Cibitung. Gumanti juga pria di Asia yang menerima gelar “Master of Art Stone” oleh Antica Libera Corporazione Dell’Arte Della Pietra yang bergengsi di Italia, pada tahun 2014.
Pabrik bernama PT. Fajar Gelora Inti, disingkat Fagetti, selama 31 tahun berkomitmen sebagai supplier marmer yang memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Terdapat lebih dari 900 jenis batu alam yang bisa menjadi media berimajinasi tak terbatas para arsitek dan desainer interior. Guratan artistik motif marmer terlengkap ada di Fagetti yang mencari pasokan batu alam berkualitas dari seluruh dunia. Pemilihan batu meliputi onyx, granit, marmer, travertine, dan limestone.

fagetti

Supplier marmer terlengkap dengan jenis dan motif yang unik ini merupakan pemasok utama batu alam Indonesia. Sehingga berbagai jenis marmer, granit, onyx, dan bebatuan lainnya dengan ketebalan sesuai pesanan merupakan kombinasi yang utuh antara Artistic & Craftmanship.

Keistimewaan Marmer dan Motif Unik

Marmer sebagai material pelapis selain menampilkan kesan glamour dan mewah. Marmer mempunyai keistimewaan lain, yaitu:

1. Tahan Lebih Lama. Batu marmer terbentuk dari proses metamorfosa yang panjang dan alami.
2. Mudah dibersihkan dan dirawat. Lantai yang memiliki permukaan halus dapat mudah dibersihkan dengan menggunakan lap basah.
3. Banyak variasi, jenis dan motif unik nan artistik.
4. Tidak menghantarkan panas. Itu sebabnya sesuai untuk daerah tropis karena bangunan terasa adem.

fagetti marmer terlengkap
Motif Marmer Onyx
5_optimized
Motif Marmer Granit
4_optimized
Motif Marmer
6_optimized
Motif Marmer Limestone
fagetti marmer terlengkap
Motif Marmer Travertine
Beberapa proyek arsitektur dan desain yang memakai marmer dengan motif unik dan artistik:
  • fagetti-project
    Tower Infinity 8 district Apartement – Jakarta
  • fagetti-project
    Puri Matahari Tower – Jakarta
  • fagetti-project
    Inter Continental Pondok Indah
  • fagetti-project
    Inter Continental Pondok Indah
  • fagetti-project
    Masjid Suciati Saliman – Yogyakarta
  • fagetti-project
    The Voila Apartement – Surabaya

Teknologi Pengolahan Marmer

Marmer sejatinya adalah batu alam yang sangat keras. Seperti dijelaskan di atas, perlu proses bertahun-tahun sehingga terbentuk komposisi yang padat. Batu-batu tersebut diimport oleh supplier marmer Fagetti dalam bentuk bongkahan yang dipotong dari gunung dari berbagai belahan dunia. Untuk sampai ke lantai, dinding, elemen interior, hingga perlengkapan toilet, bongkah-bongkah marmer tersebut dipotong sesuai pesanan. Istimewanya Fagetti menggunakan mesin berteknologi tinggi dan mutakhir dalam proses produksinya. Setiap potongan akan menghasilkan karya dengan motif marmer unik sesuai keinginan arsitek maupun desainernya.

fagetti

1 – Pemotongan Berkecepatan Tinggi

Lempeng marmer digergaji dengan ujung berlian multi-kawat, sehingga batu alam kasar bisa diubah menjadi karya seni. Fagetti menjadikan inovasi sebagai prioritas dan hanya menerima model mesin terkemuka terbaru.

fagetti

2 – Mesin Presisi & Konsistensi

Menggunakan mesin gangsaw, 5-axis 3D CNC, yang terkomputerisasi otomatis untuk merampingkan lempeng-lempeng marmer hingga diperoleh ketebalan yang diinginkan.

fagetti

3 – Proses Penyempurnaan

Dengan bilah berlian yang dibuat untuk presisi tertinggi, ketebalan setiap lempengan dibuat presisi dan bersih. Teknologi shapemill water jet bisa menghasilkan berbagai bentuk, relief, kolom, patung, dan patung.

Baru-baru ini pada acara pameran dan konferensi arsitektur Arch:ID 2020 yang berlangsung di ICE BSD City Tangerang selama tanggal 27-29 Februari 2020, Fagetti memamerkan teknologi marmer melayang. Hal itu disebabkan Fagetti mampu membuat batu marmer lebih ringan sehingga bisa diaplikasikan pada desain yang lebih bervariasi. Misalnya memungkinkan diterapkan sebagai drop ceiling.

Pada kesempatan itu Fagetti juga menampilkan artwork yang terbuat dari batu marmer berupa lukisan burung. Lukisan burung tersebut merupakan hasil kreasi dari mesin water jet. Mesin tersebut dapat membuat karya seni marmer dalam bentuk 2D. Sedangkan desain 3D dikerjakan Fagetti dengan menggunakan mesin CNC.

Fagetti juga memperkenalkan beberapa jenis special finishing pada permukaan marmer di antaranya adalah polished yang membuat permukaan marmer menjadi glossy, honed yang membuat permukaan menjadi doff dan leather yang membentuk tekstur pada permukaan sesuai dengan sifat marmer. Memang benar sesuai dengan taglinenya Fagetti: The Art of Nature Stone.

marmer-melayang
Marmer melayang
marmer-burung
Artwork

Proyek-proyek Marmer Motif Unik Fagetti

Proyek-proyek Fagetti di Indonesia tersebar di banyak kota di Indonesia termasuk Jakarta, Bali, Papua, Bandung, Medan, Pekanbaru, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Semarang, dan Tanggerang.

fagetti

Berbagai bangunan megah, mulai dari rumah pribadi, apartemen, hotel, gedung, hingga bangunan peribadatan tak ragu menggunakan material pelapis produksi supplier marmer Fagetti ini. Pada tahun 2019 Fagetti telah menggarap proyek-proyek Park Hyatt – MNC Media Tower, Menara Astra – BOD Area, Intercontinental Hotel Pondok Indah, Arkadia Tower Blog G dan PIK Office. Selain itu, ada Jakarta Box, Kota Kasablanca 3, Mangkuluhur City, Eka Hospital Cibubur, Graha Binakarsa dan Green Sedayu Apartment.
Sedangkan di luar Jakarta, proyek-proyek yang digarap antara lain Masjid Suciati Yogyakarta, Springwood Residence Tangerang, Radisson Hotel Lampung, Eka Hospital Bekasi, Golden Tulip Resort Batu Malang dan SOHO SKYLOFT Ciputra World Surabaya.

Masjid Suciati Saliman, Yogyakarta

fagetti-masjid_optimized
Outdoor Wall, Columns & Floor : Travertine, Granite - New Jersey
fagetti marmer terlengkap
Indoor Wall & Columns : Marble - Armani Beige, Marble - Typhon White, Granite - Nero Granite

Golden Tulip Holland Resort, Batu Malang

fagetti marmer terlengkap
Hotel Lobby Floor : Onyx – Blood Red

Testimoni Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap dengan jenis dan motif yang unik

Testimoni dari klien, arsitek, dan desainer interior dapat disimak berikut ini.

fagetti-golden tulip
Sonny Nyono Riswondo

Sonny Nyono Riswondo, pemilik Golden Tulip Holland Resort Malang.
Sonny percaya dengan reputasii Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap yang mampu menyediakan tipe marmer dengan warna dan corak yang unik.
“Saya rasa, saat ini Fagetti supplier marmer terbesar dan terlengkap bukan hanya di Indonesia, tapi di Asia Tenggara,” kata Sonny.

“Fagetti punya range batu alam yang lengkap, mau yang excellent juga ada. Fagetti sangat mendukung kemewahan,”

Testimoni lain berasal dari Mira Agusnani, arsitek yang banyak menggarap proyek rumah mewah di Jakarta.
“Kualitas marmernya oke. Kita survei ke sana ke mari, Fagetti tepat the best sih. Corak batunya beragam dan unik. Di tempat lain jenisnya bisa sama tapi uratnya tidak sama dengan Fagetti. Coraknya sudah pilihan kalau di Fagetti,” tutur Mira.

Rencana Masa Depan

Fagetti yang telah berpengalaman 30 tahun selalu mempunyai langkah progresif untuk kemajuan Indonesia. Salah satunya adalah membangun kerjasama dengan pemerintah provinsi Aceh untuk membangun pabrik dan pengelolaan batu alam di Aceh. Menurut Plt Gubernur Aceh dan diakui oleh Ferdinand Gumanti, Aceh memiliki kandungan batu marmer atau granit dengan nilai jual tinggi di pasar nasional. Sehingga diharapkan akan menjadi proyek percontohan bagi daerah-daerah lain di Indonesia yang mempunyai potensi batu alam sekelas marmer. Diharapkan batu-batu alam yang punya nilai jual tinggi baik di pasar nasional bahkan internasional.

fagetti-aceh
Selain itu sebagai supplier marmer terlengkap dengan jenis dan motif yang unik setiap tahun mengadakan pameran di IndoBuild Tech Expo. Pameran tematik bernama The Stone Portal: Time Travels yang sedianya akan digelar tanggal 1-5 April 2020 ini ditunda pelaksanaanya sehubungan adanya pandemi CoViD-2019 yang melanda dunia. Pameran tersebut rencananya bekerja sama dengan empat desainer, Alex Bayusaputro dari Genius Loci, Faried Masdoeki dari Hadiprana, Thomas Elliot dari PAI dan Sammy Hendramianto dari SHS.

Harapan semua warga dunia adalah, semoga pandemi ini dapat segera reda, sehingga dunia pulih seperti sediakala.
Amin.

Teman-teman bila ingin mengetahui lebih jauh tentang produk dari PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) bisa mampir ke:

Fagetti Building, Mangga Dua Plaza No.2-4, RT.17/RW.11, Mangga Dua Sel., Kecamatan Sawah Besar, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730
Telepon (021) 6121132

Atau ke media sosialnya:
IG di @fagetti.id
Facebook di fagetti.indonesia

Bandung, 22 Maret 2020

Sumber:
https://www.dekoruma.com/
https://www.fagetti.com/post/fagetti-dan-pemprov-aceh-siap-kerja-sama-kelola-pabrik-batu-alam-di-aceh
https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/proses-terjadinya-marmer

logo blog hani-png

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

96 thoughts on “Fagetti: Marmer Terlengkap dengan Jenis dan Motif Unik nan Artistik

  1. Pantesan ya, baru tau Ipeh kalau marmer itu gak menghantarkan panas, beberapa rumah yang Ipeh kunjungi dan menggunakan alas marmer di rumahnya. Selalu terasa adem banget. Ternyata memang sifat marmer ini yaa yang bisa bikin ruangan adem dan bikin betah

  2. lengkap sekali ulasannya Bun, saya jadi tahu deh macam-macam marmer. Bunda kok kayaknya memahami selali ya tentang arsitek? Btw, apakah bunda Hani jurusan arsitek?

  3. wah marmernya bagus-bagus banget bun, selalu suka liat marmer begini hihi. pengen punya juga tapi lumayan juga ya harganya. meski begitu tetap aja cantik kalo rumah pakai marmer tuh.

    1. oiya selain itu kalau pakai marmer di rumah jadi lebih awet ya bangunannya, secara terbuat dari batu marmer yang kuat dan tahan lama. ah jadi berharap suatu saat nanti rumah bisa pakai marmer juga hihi.

  4. Fagetti memang batu marmer nomor #1. Yang digunakan untuk hotel, apartemen, dan pekantoran. Hanya ada dua kata untuk Fagetti yaitu mewah dan elegan.

  5. Wow bernuansa arsitek banget ini postingannya Mba Hani, suka deh jadi tau kl pemotongan lempeng marmer digergaji dengan ujung berlian multi-kawat jd bs diubah menjadi karya seni ya.. ckck.. luar biasa Fagetti Marmer yahh… lengkappp

  6. Marmer ini sangat indah dan elegan sebagai interior. Adeeemm dan bikin nyes di hati. Hanya saja, saya baru bisa memandang karena harganya yang premium dan perawatan yang lebih perlu perhatian ya Mbak…

  7. Masjidnya terasa sangat mewah ya Mba Hani. Memang fagetti sudah berpengalaman sekali. Dan kebanyakan, resort dan apartemen mewah yang menjadi konsumer dari fagetti. Wah jadi mupeng kalo rumah direnovasi pake marmer fagetti.

  8. Pemain utama interior berbahan marmer di Indonesia. Harga dan kualitasnya berjalan beriringan. Meski demikian, marmer saat ini jauh semakin terjangkau dibanding marmer belasan tahun lalu ya mba.

  9. selalu takjub lihat aneka ragam motif marmer, juga proses pembuatannya. Jadi ingat dulu sukanya tidut di lantai marmer kalau udara sedang panas.

  10. Duh saya kalau punya mimpi bikin rumah yang lantainya dari marmer terdengar mustahil ga sih? 😁 Suka marmer karena lebih ke awenya. Kalau keramik giti masih suka bisa pecah kalau kena benda keras.

  11. Waktu sekolah dulu saya pernah belajar tentang batuan metamorf, proses terbentuknya sangat lama, itu juga mungkin yang menjadikannya indah. Apalagi setelah dijadikan marmer seperti produk-produk Fagetti, keren banget

  12. Bangunan jadi terlihat kokoh dan elegan saat pakai marmer
    Baru tau juga proses marmer untuk bisa menempel di bangunan panjang juga yah

  13. Pantesan, klo aq ke mall aku suka selfie di toilet mall pakuwon..
    Karena toiletnya nggak hanya lantai, tapi dindingnya juga pake marmer ini..
    Makanya bagus dan terlihat mewah

  14. Marmer atau didaerahku menyebutnya keramik
    Dan menurutku, marmer atau keramik memang memberikan kesan ruangan semakin indah dan adem. Tapi disini juga menurutku akan semakin indah jika pengerjaan pemasangan marmer juga rapi.
    Soalnya ini pernah kami alami saat hendak memasang marmer dirumah, memang motif yang dipilih bukan yang terbilang mahal.
    saat pengerjaan nya asal dan kurang rapi, jadi hasilnya kurang memuaskan.

    Jadi selain pemilihan marmer/keramik, menurutku disini yang akan mengerjakan nya pun jangan asal pilih orang.
    Nanti bukannya memperindah ruangan malah bikin kecewa karena kurang rapi

    1. Wahhh, marmer Fagetti top markotop banget! Aku browsing infonya, ternyata nih marmer udah eksis dari thn 1986 yaa. Sangat menjaga eksistensi dan Berkualitas banget. Super recommended!

  15. Fagetti ini motif dan warnanya sangat beragam ya, Mbak. Semakin banyak pilihan. Semakin menambah kesan mewah dan elegan. Saya dulu tahu marmer itu polos dan mengilap saja, Semoga bisa mengahdirkan marmer juga di rumah saya.

  16. Kebetulan kantor kami pakai marmer..memang terlihat lebih indah..tapi perawatannya terbilang tidak sederhana..perlu perawatan khusus dan alat khusus…

  17. Marmer ini memang salah satu jenis bahan baku yang banyak digunakan apalagi untuk tempat-tempat mewah. Memang di interior itu ada motif unik alami yang bagus. Motif alami memang selalu terlihat bagus. Fagetti ini udah teruji memang banyak pilihannya, aku udah kepoin soalnya pengen punya rumah marmer

  18. Pantesan ya kalau gedung yang lantainya pakai marmer itu kelihatan mevvah dan kokoh. Sebab proses marmeenya sendiri bisa berlangsung 30 hingga 60 juta tahun

  19. Aku kalau dengar kata marmer yang ada di bayanganku adalah MEWAH dan BERKELAS. ya sesederhana itu karena marmer menurutku bagus banget kelasnya hehehe. Fagetti ini ternyata kliennya udah banyak ya mbak dan terkenal pula. Koleksinya juga bagus2

  20. Marmer Fagetti emang marmer pilihan banget ya mba, corak dan motifnya berkelas dan elegan, nggak salah kalau Fagetti ini jadi pilihan terlengkap dan utama untuk industri marmer yaa sukses ya mba lombanya saya juga ikutan hihi

  21. Kalau di kampungku disebutnya keramik. Dan kebanyakan dipakai buat masjid-masjid besar di daerah. Kalau ngomongin marmer emang jenisnya paling bagus dan awet dipakai.

  22. Aku rasa memang klo lantai pake marmer kerasa adem banget, itu yang bikin penasaran dari dulu hehe..dan ternyata proses pembuatan marmer cukup panjang untuk menghasilkan sebuah batu yang unik.

  23. Bener banget nih, marmer merupakan bahan interior rumah yang menghadirkan kesan mewah nan elegan. Selain itu pula marmer membuat udara didalam rumah tidak panas. Soalnya marmer tidak menghantarkan panas. Memang kalau mau membuat rumah batu marmer cocok dijadikan pilihan bahan interior☺

  24. Pengen bed rumah pake marmer, apalah daya isi dompet hnya sebatas keramik yg kadang pun dapatnya KW. Tp diakui memang marmer ini bikin bangunan jd mewah dan pastinya adem.

  25. pengen punya rumah dengan sentuhan marmer karena rumahnya bakal jadi adem gitu…
    suatu saat kalau mau bangun rumah bisa kali ya pakai marmer ini, motifnya bagus-bagus… harganya juga bagus… hahahaha

  26. Ternyata fagetti udah 30 tahun ya Mbak. Pantes koleksinya emang paling lengkap, unik, dan cantik-cantik. Terpercaya apalagi sudah banyak yang menggunakan produk fagetti

  27. Marmer memang hal yang wajib terpasang kalau mau mempercantik rumah, tapi suka kesal sih klo marmernya gampang rusak. Diliat dari proses dan kualitas Fagetti di tulisan ini, sepertinya bagus banget yah

  28. Marmer idola dan bahan baku idaman untuk rumah nih mba Han
    lengkap banget ulasananya jadi mudah memahami marmer akunya
    nabung dulu, pengen punya rumah yang make marmer hehehe

    1. Iya kesannya mewah banget, tapi ya harus nyiapin budget yang lumayan juga pastinya, hehehe. Kalo uangnya banyak mah lantai, dinding di lapis marmer juga bisa tuh.

  29. Jaman sekarang begini mau punya rumah cantik atau gedung yang isi dalamnya bagus makin asik memilih aneka kebutuhannya yah. Marmer dengan beranekaragam model tentunya menarik sekali digunakan. Fagetti ini udah banyak banget menjalankan proyek-proyek menggunakan produknya yah,menarik sekali.

  30. Wah, baru tau ternyata batu marmer itu hasil proses metamorfosa dari batu kapur. Pantesan bisa putih kinclong. Apalagi pas saya ke Taj Mahal, kagum banget lihat bangunan megah dari marmer putih. Kesannya mewah.

  31. BeHangat jadi tambah tau tentang jenis-jenis armer. Marmer sangat bagus dan elegan sebagai interior.tapi memang kebagusan itu di bandrol dengan harga yang tidak murah

  32. Insya Allah ruang tamuku mau ganti lantainya pakai marmer, biar lebih adem. Secara tuh di Makassar panas mbak. Lantai lama sudah banyak yang rusak, semoga dananya bisa cepat terkumpul

  33. Auto ngiler marmernya mba, selama ini kami juga bergerak di bidang properti, ada beberapa merek yang sudah dikenal, fagetti bisa masuk rekomendasi juga nih

  34. Saya baru tahu ada begitu banyak corak marmer granit dari Fagetti. BIsa sampai 900 jenis gitu, dan skala industri. Hebat sekali dan pastinya super canggih, alat yang digunakan di sana.

  35. Karena dari batu alam asli, makanya motif marmer Fagetti ini bagus-bagus ya. Trus cara mereka mengolahkan pun tak sembarangan sehingga guratan aslinya tak hilang. Pengen suatu hari nanti kalau punya rumah sendiri (kalau udah memutuskan mau menetap di kota mana sih ini baru mikir punya rumah), pengen juga lantainya pakai marmer Fagetti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *