Kilas Balik Ngeblog di Tahun 2020 dan Harapan di Tahun 2021

Artikel ini merupakan artikel pertama di tahun 2021. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, setiap memasuki tahun baru pastinya ada harapan-harapan bahwa tahun yang akan dijalani menjadi lebih baik daripada tahun lalu. Padahal ya, dari tahun ke tahun ya begitu-begitu saja yang namanya tahun. Perubahan yang terjadi disebabkan oleh diri kita sendiri pelakunya. Kalau tidak, ya lewat begitu saja. Begitu pula dengan aktivitas ngeblog saya, harapannya saya akan menulis artikel lebih berkualitas, lebih bermanfaat dan mendatangkan traffic lebih banyak. Tahu saja, traffic saya masih minim, belum seperti teman-teman yang pageviewnya sudah puluhan ribu. Sebelum menuliskan harapan di tahun 2021, ada baiknya saya kilas balik terlebih dahulu, kinerja (ealaaa…kinerjaaa…haha) ngeblog saya, ya…

Kilas Balik Ngeblog di Tahun 2020

Dibandingkan dengan teman-teman lain saya belum sebagai full time blogger, karena masih sambil kerja sebagai pengajar juga. Ya, seperti kebanyakan dari kita lah, ngeblog sebagai diary virtual, tempat menuliskan apa saja. Bahkan memonetize blog pun baru akhir-akhir ini saya lakukan. Sampai saya buat tabel berapa penghasilan dari ngeblog, sebagai penilaian pribadi saja, saya sudah menghasilkan berapa rupiah.
Apa-apa yang saya tulis saya bagi menjadi beberapa kriteria artikel, karena dari situ saya tahu berapa artikel yang sudah saya tulis.

1 – Artikel Sponsor, Content Placement, dan Backlink

Saya ikut beberapa marketplace yang menawarkan membeli backlink dari blog saya. Artinya, saya menulis artikel yang di kata kunci tertentu atau anchor text harus ngelink ke website tertentu sesuai kesepakatan.
Artikel sponsor, artinya saya menulis sendiri artikelnya antara 500 hingga 700 kata dengan fee tertentu dengan external link dofollow permanent atau persyaratan lain. Beberapa klien bahkan meminta bloger menulis minimal 1200-an kata.
Sedangkan artikel content placement, maksudnya artikelnya sudah disiapkan oleh klien, saya tinggal memuatnya di blog saya, dengan beberapa perbaikan disesuaikan dengan gaya bahasa blog saya. Tidak selalu saya mendapatkan artikel yang baik, kadang bahkan hanya 300 kata, artikel yang sangat minim untuk layak tayang.
Adapun artikel backlink, adalah artikel lama saya, seringnya artikel organik, klien hanya meminta kata kunci yang pas dilink-kan ke website klien.

Kilas balik artikel saya sepanjang tahun 2020 dari dua blog yang saya tulis, yaitu di haniwidiatmoko.com dan garis.my.id:
Artikel Sponsored Post: 51 artikel
Artikel Content Placement: 21 artikel
Artikel Backlink: 3 artikel
Total ada: 75 artikel

2 – Artikel Lomba

Tak banyak lomba yang saya ikuti di tahun 2020 ini. Untuk mengikuti lomba, kita tuh harus all out, fokus, riset, dan banyak persiapan lainnya. Termasuk membuat infografis, mencari foto yang pas, atau pemanis tampilan lainnya.
Tahun 2020 saya hanya mengikuti 14 (empatbelas) lomba di dua blog saya, dan achievement yang saya peroleh boleh dibilang tidak banyak.
Saya hanya memenangkan 3 (tiga) lomba, yaitu pemenang hiburan dan artikel dibukukan. Sedangkan dua lomba masih tahap penjurian, satu lomba SEO yang artikelnya hilang entah di mana, tak ada di halamanan mana pun. Dan satu lagi artikel, sepertinya kalah telak dibandingkan peserta lainnya. Haha…

Setelah cek tabel yang saya buat, tahun 2020 kemarin total mengumpulkan sepuluh jutaan dari menulis artikel job dan lomba. Maaf, bukan pamer lho ya. Untuk lebih memacu saja tahun 2021 lebih baik lagi. Dan saya sudah lapor suami sih, engga percuma ngedekluk depan laptop. Soalnya dia suka heran, saya ngapain aja sih…

3 – Artikel Organik

Artikel organik artinya artikel yang tidak terikat dengan sponsor dan bukan review berbayar lainnya. Artinya artikel yang saya tulis dari hati saja, keseharian saya, review produk, atau cuma cerita hal-hal yang ramai dibahas di dunia maya.

Untuk tahun 2020 yang lalu, saya menulis: 52 artikel organik di blog utama saya di haniwidiatmoko.com. Dan 31 artikel dari blog garis.my.id dan 10 artikel di blog brguna.xyz.

Jadi selama tahun 2020, total saya sudah menulis sebanyak 179 artikel.
Banyak atau sedikit?
Dibanding jumlah hari ada 366 (karena tahun kabisat) ya masih sedikit, karena saya tidak menulis tiap hari.
Tetapi dibanding tahun 2019, saya menulis total 126 artikel, ada kemajuan lah ya…

Harapan Penulisan di Tahun 2021

Sebelum ngeblog serius, awalnya saya mulai penulisan adalah menulis buku, solo dan kolaborasi. Kemudian saya merambah juga menulis buku antologi.
Ada kekecewaan terhadap kinerja terhadap diri sendiri, sih. Karena saya melempem menulis buku, malah jadi lebih fokus ngeblog. Sepertinya karena ngeblog cepat menghasilkan uang daripada penghasilan dari royalty buku.
Penulisan di tahun 2020 yang lalu, saya hanya menulis buku 1 (satu) buku berupa buku bunga rampai, dan 4 (empat) buku antologi.

Itu sebabnya di tahun 2021 ini harapan saya bukan hanya menulis blog, tetapi ada juga buku cetak yang selesai ditulis.
Namanya juga mengelola beberapa blog, berikut harapan saya dalam penulisan blog saya:

  1. Lebih banyak artikel yang bisa saya tulis yang berdasarkan hasil riset kata kunci. Selama ini saya belum terlalu melakukan riset kata kunci, sehingga artikel saya kurang pengunjung.
  2. Mengupayakan meningkatkan pageview pada blog. Pageview memang masih pe-er bagi blog saya. Pengunjung per bulan, baru sekitar 7ribuan, masih jauh dari ekspektasi. Tentunya saya harus mencari cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung tersebut.
  3. Memantapkan niche dari blog-blog saya. Saya memang punya cita-cita mengelola beberapa blog yang nantinya bisa saya jadikan sumber penghasilan. Tentunya nichenya harus dimantapkan supaya tidak campur aduk.
  4. Monetize blog. So pasti, supaya blog menghasilkan maka harus ada langkah-langkah memonetize blog, dong. Nah, ini memang belum saya godog, mau seperti apa, sih.

Kesimpulan

Menilik ulang blog saya, masih banyak yang bisa saya lakukan agar blog saya lebih berkualitas. Saya belum terlalu mengerti memang mengulik daleman blog. Saya belum mengerti tentang script, html, dan berbagai kode yang harus diulik supaya blog saya lebih cepat diakses.
Hal-hal seperti inilah yang membuat ngeblog makin didalami makin menarik.
Engga ada matinya deh ngeblog tuh…

Oh ya, tak lupa mengucapkan terima kasih buat teman-teman di grup ngeblog. Dihitung-hitung, saya ikut berapa grup ya? Ada 1minggu1cerita, grup yang bikin saya rajin ngeblog, Blogwalking Asik, Berani Ngeblog, Blogging Happy Family, Blogwalking IIDN, Pasukan Blogger JA, BRT Network, SEO Moms Community, dan berbagai grup job ngeblog. Walah, grup ngeblog saya hampir sama banyak dengan grup seputar kampus.
Semangaat!

9 pemikiran pada “Kilas Balik Ngeblog di Tahun 2020 dan Harapan di Tahun 2021”

  1. wah keren banget nih mbaknya. aku mah masih newbie hehe
    jadi makin semangat nulis nih aku
    semoga bisa mengikuti jejak mbak Hani

    salam kenal ya mbak 😆

    Balas
  2. Rangkuman blognya lengkap banget Bu.. Panutan bgt emang nih. Aku jd pengen ngitung ada brpa blogpost yaa, kok kayaknya malah ga nyampe 100….

    Semoga tahun 2021 kita makin produktif yaa

    Balas
  3. Wah keren nih pencapaiannya Mbak. Apalagi bisa mengelola lebih dari 1 blog pula. Kalau saya belum hitung total artikel berbayar dan yang organik plus pendapatan tahun 2020. Begini nih kalau nggak dicatet.

    Btw artikel yang saya ikutkan lomba SEO juga hilang nggak tahu dimana rimbanya haha padahal sudah terindeks google

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status