Mengalahkan Rasa Takut Pandemi Melalui Hobi Baru Selama di Rumah

mengalahkan rasa takut pandemi melalui hobi baru selama di rumah

Waktu itu bulan Maret 2020, pandemi mulai merebak dan berbagai berita tentang Covid-19 santer dimana-mana. Kita yang selama ini merasa tenang-tenang saja, karena virusnya jauh ini ada di Wuhan, tiba-tiba tersentak sudah sampai di Depok.

Begitu cepatnya berita penyebaran virus tersebut dan kita tidak siap dengan situasi menghadapi wabah. Saat itupun saya masih berkegiatan seperti biasa, mengajar offline, dan ditugasi juga presentasi sebagai narasumber tentang jabatan akademik di kampus. Mungkin karena terlalu lelah menyiapkan materi presentasi, menghadapi rekan-rekan, dan juga tanggungjawab urusan rumah tangga, kondisi badan saya drop.

Saya pun jatuh sakit, bersamaan pula pemerintah memberlakukan lockdown terbatas. Waktu itu belum ada istilah PSBB, PPKM dan berbagai level PPKM hingga sekarang. Berusaha mengobati sendiri dengan obat yang ada di rumah, ternyata tidak sembuh. Sedangkan saya menjadi takut ke luar rumah karena berita tentang pandemi yang bertubi-tubi.
Seliweran beberapa negara Eropa, seperti Itali, Perancis, dan Inggris, yang kelimpungan menghadapi pandemi ini.

Takut dan Stres Akibat Pandemi

pandemi-menyebabkan-stres
pandemi menyebabkan stres

Stres memperburuk kondisi saya. Batuk saya tak kunjung sembuh, ditambah pula muntah-muntah dan diare, ada kemungkinan saya juga menderita GERD.
Terpaksa saya berobat melalui aplikasi, suatu kegiatan berobat yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Ke dokter kok lewat aplikasi.

Tapi gimana ya, saya kan takut banget ke dokter. Kebayang nanti tempat duduk di ruang praktek bekas orang lain, tempat tidur saya nanti rebahan bekas ditiduri orang lain, belum lagi stetoskop kena kulit pasien lain…hiii…
Setelah tiga kali gonta-ganti dokter di aplikasi, saya akhirnya bertahap sembuh juga. Kurang lebih saya sakit selama hampir 3 minggu. Lumayan juga 3 minggu sakit, berat badan saya turun 3 kg.

Hobi Bisa Menghilangkan Stres

Masa sakit tersebut saya sempat tidak mengajar dan memberi tahu ke mahasiswa di grup WA yang saya bentuk.
Saya juga kepikiran, mahasiswa saya tersebut sebagian besar merantau dari daerah masing-masing di luar Bandung. Saya pun menyarankan untuk pulang saja ke orang tua, daripada mereka kenapa-kenapa di Bandung.
Kuliah secara online pun masih gagap, karena LMS (learning management system) di kampus belum sepenuhnya prima. Jaringan internet juga sering tersendat baik dari pihak saya maupun mahasiswa, sehingga mereka sering tiba-tiba tak ada lagi di layar laptop. Maklum jaringan internet di luar Bandung masih lup-lep.
Hal-hal kecil seperti ini tentu saja menambah stres.

Tak ingin berkepanjangan dilanda stres akibat masalah pandemi ini, selain tetap mengajar secara daring saya juga mencari-cari kegiatan lain yang menenangkan.

Manfaat Hobi Selama di Rumah

five benefits having hobby
five benefis of having hobby

Hobi ada banyak, ada orang yang gemar naik gunung, ke mall, menonton film di cinemax, travel, dan lain-lain. Tapi kegiatan kumpul-kumpul dan bertemu orang seperti itu, tidak bisa di masa pandemi Covid-19. Menurut yang saya baca, hobi terdengar sepele, tetapi bermanfaat untuk menyalurkan kegemaran dan berdampak positif pada kondisi mental. Pas sekali dengan kondisi saya yang tidak baik-baik saja.

Ya sudah, mari mencari hobi yang bisa dilakukan dari rumah. Manfaat hobi dijelaskan dalam artikel berjudul “Five Benefits of Having Hobby” berikut ini:

1 – Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Hobi memaksa kita untuk beristirahat dari stres sehari-hari dan mengisi waktu untuk diri sendiri (ME TIME). Tidak semua hobi harus dilakukan di luar rumah, beberapa hobi bisa dilakukan di rumah, seperti membaca, termasuk menulis blog. Hobi ngeblog dari rumah sudah saya geluti cukup lama sehingga bisa mengikuti Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah juga. Hobi ngeblog juga menumbuhkan rasa kepuasan yang membuat hati senang.

2 – Hobi untuk mengosongkan pikiran

Tanpa kita sadari, hobi merupakan cara untuk mengosongkan pikiran yang mumet karena stres dan lelah mental. Beberapa hobi yang populer untuk membersihkan pikiran, misalnya menyanyi, merajut, menjahit, melukis, menggambar, dan memasak.

3 – Hobi membuat lebih sehat secara fisik

Hobi yang melibatkan fisik merupakan cara yang bagus untuk tetap bugar. Hobi seperti berkebun, hiking, menari, yoga, olahraga, dapat membuat kita tetap aktif tanpa harus pergi ke gym atau pusat kebugaran.
Apalagi di masa pandemi, salah satu cara agar tetap bugar dan fit adalah berolahraga.

4 – Hobi membuka cakrawala

Begitu kita menggeluti hobi baru, maka otomatis akan memperluas batas imajinasi. Kita akan lebih kreatif untuk menghasilkan ide-ide hebat, memotivasi, mencoba tantangan baru dan cara-cara baru. Tidak hanya memuaskan tetapi juga menghubungkan dengan komunitas orang yang benar-benar baru.

5 – Hobi dapat meningkatkan karir

Menurut Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, hobi dapat menambah semangat dalam berkarir. Melalui hobi, kita akan memperoleh keseimbangan dalam hidup, tentu saja efeknya menjadi lebih semangat di dunia profesional. Di sisi lain, hobi juga dapat menjadi penghasilan tambahan dan membuat kita lebih terampil.

Nah, kan, bisa mulai mencari-cari dong, hobi baru yang bikin hidup lebih bersemangat.

Pengalaman Menggeluti Hobi Baru Dari Rumah

Ternyata merasa tertekan dengan situasi pandemi bukan hanya terjadi pada saya seorang, tetapi juga pada suami dan anak-anak. Utamanya sih, sekarang mereka tidak berani sering-sering ke luar rumah. Memesan berbagai keperluan mulai membiasakan diri melalui aplikasi di marketplace.

Masing-masing kami akhirnya mencoba menggali hobi baru untuk mengisi waktu-waktu setelah jam mengajar. Kami sekeluarga memang berprofesi sebagai pengajar.
Mau tahu hobi baru dari rumah apa saja yang dilakukan kami sekeluarga?

1 – Membuat Kue dan Roti

membuat kue dan roti selama di rumah
membuat kue dan roti

Memasak menu sehari-hari sudah menjadi bagian rutin sejak saya menikah. Namanya menu harian ya seadanya bahan-bahan di lemari es dan diolahnya dengan tujuan “pokoknya matang dan ada rasanya”. Ya maklum saya juga masih bekerja dari rumah, tak cukup waktu untuk memasak yang rumit-rumit.

Berbeda dengan membuat kue atau roti, ada rasa excited bila berkaitan dengan dua kegiatan tersebut. Walaupun sudah berhasil memanggang kue dalam bentuk cake, saya masih penasaran mencoba-coba lagi resep yang lain.
Saya pun membuat akun di aplikasi masak-memasak, memilih-milih resep, dan mencobanya. Bahkan sesekali saya juga berbagi resep favorit yang sering saya praktekkan.

Selain kue, saya paling penasaran untuk mencoba membuat roti. Walaupun saya tak punya mesin penggiling atau mixer khusus roti, hal ini tak mematahkan semangat saya.
Saya mencari berbagai tutorial membuat roti tanpa ulen yang menjanjikan tetap empuk dari Youtube. Kadang berhasil, seringnya tidak semudah yang ditayangkan di tutorial. LOL …
Tak masalah sih, tetap saja roti-roti bantat tersebut mewarnai sarapan keluarga saya.

Serunya mencoba-coba resep kue dan roti ini, benar-benar berhasil mengurangi stres akibat harus di rumah terus. Lebih-lebih lagi, dalam proses pembuatan roti menunggu adonan mengembang (proofing), bisa dikerjakan sambil saya mengajar online. Begitu pula sambil memanggang kue sekian puluh menit, masih bisalah saya presentasi beberapa slide.
Peristiwa cukup menarik juga ini, biasanya saya kalau mengajar ke kampus ya khusus mengajar saja, tidak bisa multitasking.

2 – Berkebun

hobi baru berkebun selama di rumah
hobi baru berkebun

Bila saya menemukan hobi baru yaitu membuat kue dan roti. Suami menemukan hobi baru berkebun disela-sela waktunya.
Halaman depan rumah kami tak luas, kira-kira 5X3 meter persegi. Aneka tanaman hias dan bunga-bungaan bermekaran di halaman rumah kami. Ada kemboja Jepang, pandan, sirih, mawar hutan, lotus, tanaman herbal, dan lain-lain. Suami sambil membalik tanah dan merawat tanaman, bisa sekalian berjemur di pagi hari. Kegiatan baru yang dianjurkan untuk menjaga imun tubuh terhadap serangan virus.

Iseng-iseng menebar biji pepaya ke pojok halaman, menghasilkan si pohon pepaya tumbuh menjulang dan berbuah manis. Pepaya jenis pepaya Bangkok ini kami bagi-bagikan juga ke tetangga. Tambah lagi nih manfaat berkebun, apalagi buahnya kaya vitamin. Lengkap deh unsur menambah imun tubuh kita semua. Biarlah dari depan jalan, rumah kami jadi ajaib, taman yang idealnya ada bunga-bungaan saja, malah nyempil pohon pepaya.

Pernah dengar tanaman yang lagi hip, Janda Bolong? Terjemahan dari ‘ron do bolong’, yang artinya daun-daun berlubang. Kami pun ikut menanam tanaman jenis ini, apalagi stek dan mengembang biakkan tanaman tersebut mudah saja. Pupuk dan obat-obatan penyubur tanaman berbagai pilihan mudah bisa diperoleh melalui marketplace.

Kabar gembiranya lagi, saking banyaknya monstera di halaman kami, suami pun mencoba menjualnya ke los tanaman hias dekat rumah. Laku dong tanaman tersebut. Alhamdulillah, tak terasa hobi bisa menambah penghasilan.

Mudahnya Menggeluti Hobi Baru Bersama Shopee Dari Rumah

Menggeluti hobi baru selama di rumah bisa dengan mudah kami lakukan karena banyak perlengkapan pendukung yang bisa kami beli melalui link Shopee dari rumah. Saya bisa memilih loyang, peralatan backing, bahan kue, dan aneka tepung. Bahkan untuk keperluan mengajar, produk software juga ditawarkan di Shopee. Sedangkan suami bisa mencari aneka pupuk, bibit, pot, dan aneka peralatan berkebun di marketplace kesayangan kita semua.

shopee dari rumah
Shopee dari Rumah

Seperti kita ketahui menurut media online, Shopee merupakan marketplace dengan pengunjung web bulanan sebanyak 126.996.700. Shopee juga memiliki followers atau pengikut terbanyak di Twitter (6.038.000 pengikut) dan Instagram (7.757.940 pengikut).

Beberapa keuntungan bila kita berbelanja melalui marketplace ini antara lain:

  • Filter pilihan lokasi
  • Selalu ada voucher hari ini
  • Banyak diskon untuk kebutuhan rumah tangga hingga 80%
  • Free ongkos kirim
  • Bisa COD (membayar di tempat) atau Cicilan
  • Ada Shopee Games
  • Banyak pilihan program promosi

Penutup

Akhir-akhir ini PPKM di kota kami sudah memasuki level 3 dan Bandung sudah masuk zona hijau. Jadi sudah banyak toko yang buka lagi.
Hampir dua tahun berkutat bekerja dari rumah ternyata kami tidak kehilangan akal menciptakan kebiasaan baru yang positif. Melalui hobi baru ternyata bisa mengatasi stres akibat pandemi dan bahkan menambah penghasilan.

Nah, teman-teman ada hobi baru selama di rumah saja? Share di kolom komen ya…

Semoga bermanfaat…

78 tanggapan pada “Mengalahkan Rasa Takut Pandemi Melalui Hobi Baru Selama di Rumah”

  1. Wah apa ya selama pandemi gini, kayaknya aku masih tetep aja sih kak, suka nonton film mwkmwkmk. Soalnya kalau hiking, terpaksa libur selama pandemi. Kalau menurutku sih, hobi itu bukan sesuatu yang bisa diremehkan, karena jika digeluti serius bisa benar-benar menghasilkan lhoh.

    1. Sama kak, aku juga suka nonton tetapi bedanya sekarang nontonnya sambil ngelonin bayi. Xixixi… soalnya kalau gak gitu aku jadi ikut terlelap padahal deadline tulisan menanti.

  2. Mbak Hani rotinya sangat menggoda sekali XD. Aku tuh sama paksu juga selama di rumah saja jadi banyak hobi baru. Suami juga suka beli pupuk dan bibit di Shopee buat kebun kecil-kecil di rumah. Mantep sih emang belanja di Shopee

  3. MasyaAllah, hobinya mbak Hani bisa menghasilkan semua itu. Duh, roti sama minumannya menggoda. Tanamannya juga sehat-sehat itu, akh, mau dong diajarin caranya

  4. Pandemi memang entah kapan akan berakhir. Tapi Insya Allah selalu ada jalan dan cara mengatasinya ya, Mbak. Jadi walau di rumah, akan ada kegiatan atau aktivitas yang bisa kita lakukan yang membawa manfaat, Bahkan dari hobi bisa menghasilkan cuan juga, jadi terus semangat….

  5. Bener banget nih mbak, awal-awal pandemi dulu aku juga ngerasa cemas berlebihan sampai badan jadi gak enak. Akhirnya memilih untuk lebih aktif ngeblog, Alhamdulillah gak terlalu stress lagi. Plus bisa dapat fulus buat jajan di Shopee. Xixixi..

  6. Hahaha ini sih aku banget yang selama pandemi hobinya bikin kue sama anak gadis😂 ngatasin stress banget! eh jadinya kepicut belanja alat-alat masak di Shopee.

  7. Biar ga stress di rumah terus selama pandemi bisa menggeluti hobi baru. Syukur-syukur bisa menghasilkan ya, jadi pandemi ga selamanya merugikan secara ekonomi, asal pandai menyiasatinya

    1. Tuls, Kak. Karena hobi juga bisa menjadi peluang usaha kalau kita bisa mencari celahnya. Dan yang paling penting, kalau namanya mengerjakan dengan sepenuh hatinya, maka hasilnya akan semakin baik lagi.

    1. bener, meskipun terdengar sebagai ‘hobi’, semuanya emang sulit juga menurutku tapi menghasilkan di era pandemi gini ya. Emang dalam kondisi ekonomi sulit, kudu kreatif sih bisa bertahan kak!

  8. Balik lagi ke diri kitanya juga ya, cari teknik simpel agar di tengah pandemi ini gak stres, apalagi banyak kok kegiatan positif yang bisa dilakukan di rumah

  9. Melakukan serangkaian aktifitas seperti menumbuhkan hobi atau kreatifitas membuat kebahagiaan tersendiri juga imunitas. Hobi-hobi yang dijalankan tadi cukup produktif, seperti berkebun, membuat kreasi minuman dan semacamnya.

  10. Hai mbak, artikelnya menginspirasi nih. Jadi pandemi yg membosankan justru memberi peluang bagus buat keluar mbak Hani nih. Sukses ya … salam sehat selalu.

  11. wah sama hobinya, kecuali bikin minuman

    apalagi roti, bisa malam hari tiba-tiba pingin roti ya bikin

    saya juga pilih yang gak pakai mixer dan gak ulen sehingga autolisis segala dicoba

    Alhamdulilah sering berhasil

  12. Hobi baru apa ya, aku banyak juga hobinya mungkin sepedahan sama bebeb hihi tapi emang bener ya kak hobi itu bagus banget untuk dikembangkan… Stay safe

  13. Iya ya, selama pandemi ini bermunculan hobi baru yang sebelumnya nggak pernah dilirik, dan memang hobi-hobi tersebut mengalihkan rasa takut akan pandemi yang mencekam, khususnya beberapa waktu belakangan ini ya.

    Btw, saya juga sejak pandemi ini, berteman Shopee melulu, banyak kebutuhan yang bisa saya dapatkan dari Shoope 🙂

  14. Menggeluti hobi kadang bisa mengenyahkan stress. Happy terus. Dan untuk beberapa orang bahkan bisa menghasilkan. Di tengah pandemi yang cukup bikin pening, hobi bisa menjadi hiburan tersendiri sih. Semangat untuk kita semua.

  15. Berkebun kayaknya asik nih, pengen jugakan ya bikin halaman rumah hijau-hijau supaya mata segar. Tapi apalah daya, ragu banget mau nyoba berkebun karena belakangan ini sering hujan.

    1. Aku juga pengen banget berkebun. Tetapi kata orang “tanganku panas” soalnya dari dulu kalau nanem susah tumbuhnya. Kayaknya emang gak cocok deh. Padahal suka banget, apalagi nanem sayur dan bumbu-bumbu dapur gitu.

  16. Saya merasa di saat pandemi malah jadi makin sibuk di rumah. Memang tujuannya supaya gak banyak kepikiran karena sedih. Lama-lama bisa sakit. Makanya mendingan menyibukkan diri. Salah satunya melakukan hobi

  17. Ternyata tidak ada kata menyerah untuk tidak berbisnis di masa pandemi ya kak. Bekerja dari rumah bisa menghasilkan, bisa jual tanaman dan bikin roti/makanan juga bagus tuh ide bisnis rumahan. Wah, saya suka tuh sama tanaman monstera dan kebetulan ada beberapa di rumah.

    Intinya. Pandemi harus tetap produktif ya kak, makasih sharingnya.

  18. Saya salah seorang yang sangat merasakan bagaimana hobi bisa melegakan hati dan tetap produktif meski harus di rumah saja. Selain jadi lebih banyak waktu memproduksi perhiasan untuk jenama saya, FIBI Jewelry, saya jadi berkesempatan belajar photography lebih dalam lagi. Beda banget kondisinya saat kondisi masih normal. Lebih sering keluar rumah yang akhirnya bikin hobi ngecraft takk berkembang.

  19. Betul mbak awal pandemi memang sempat membuat stres. Semua rencana buyar, akhirnya harus mengurung diri di rumah. Tapi saya juga sempat dinyatakan positif covid dan harus menjalani isolasi 1 keluarga di hotel. Tapi kini lama kelamaan jadi terbiasa dg lebih banyak diam di rumah. Kalau saya biasanya masak, bersihin rumah sesering mungkin sama ngeblog mbak…ini yang bisa jadi hiburan disaat suntuk melanda.

  20. MasyaAllah, pandemi ini memang membuat kita bisa eksplor lagi ya hobi-hobi maupun kebiasaan baik yang selama ini jarang kita kerjakan padahal sangat bermanfaat.
    saya juga belakangan buat roti mulu gegara anak-anak doyan roti dan dikit-dikit minta jajan roti klo penjual roti lewat, daripada beli mulu mending buat sendiri.
    beli perintilan2 baking dan keperluan lainnya pun juga sukanya di Shopee aja doong 😀

  21. Wow, rotinya tampak menggoda imanku hahaha. Bisa aku habiskan seloyang tuh, mbak Haniiiiii wkwkwkwk 🙂 IYa ya, pandemi corona ini membelenggu jiwa raga kita. Ga bisa ke mana2, di rumah melulu kecuali ada yang urgent baru deh keluar rumah sebentar. Hobi baru bisa menghangatkan keluarga tentunya ya. Urusan tanaman, baking2 dll tentu jadi semakin dilakukan. Perlengkapan masak bisa dibeli online di Shopee, seru dong ya.

  22. Hehehe… “pokoknya matang dan ada rasanya” walau roti bantat, nyatanya tetap bisa habis juga ya mbak. Kayaknya emang masakan ibu di rumah itu, bagaimanapun bentuk dan rasanya tetap bakal dilahap sama anggota keluarga.

    Hobinya selain bisa menghilangkan stress, bisa menjaga diri tetap produktif walau di rumah saja, dan bisa nambah isi dompet juga.

  23. Selama pandemi ini aq pun lebih suka ngurus tanaman, kalo gak gitu ya baca novel sama nulis. Pokoknya nyari kesibukan yang bikin lebih produktif lah

  24. Senangnya Mbak Hani, akhirnya stres bisa dipulihkan dengan menekuni hobi. Selain bermanfaat buat kesehatan jiwa raga, ga nyangka bisa nambah penghasilan juga ya. Alhamdulillan. Semoga sukses dengan hobi baru yang ditekuni , Aamiin

  25. Heuheuuu…iyaaa….stres karena pandemi ini ampun banget dah. Gimana caranya deh supaya bisa tetap sehat lahir batin. Kalo orang lain banyak yang suka berkebun, aku malah jadi rutin bikin kompos, Mbak. Rasanya tuh ya, kalo pas masukin sampah kulit buah dan sayur ke tong kompos, seperti sekalian ngebuang stres.

  26. 🥺🥺🥺

    aku merasakan sendiri stres karena pandemi itu nyata. beruntung ya kita mbak pada akhirnya bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan hobi-hobi baru. semoga mereka di luar sana yang juga mengalami hal yang sama bisa diberi kemudahan 🥺

  27. Memang kehadiran pandemi ini bisa mengubah segala perencanaan kehidupan orang-orang yang sudah dikonsep dengan baik ya. Bahkan bisa buat stres dengan berbagai tekanan dan perubahan hidup yang tiba-tiba datang. Menariknya nih bisa lakukan berbagai hobi dan bisa hasilkan cuan juga.

  28. Dulu saya nggak suka masak, ibaratnya nih mending kerja sampai malam, soal makanan tinggal beli. Saya lebih suka cari uang ketimbang masak >,<". Tapi semenjak banyak di rumah jadi nyobain resep-resep gitu, eh enak dan nagih deh sekarang jadi sering masak.

    1. hahaa sama banget mba, aku juga lagi belajar masak. bener-bener baru belajar masak setelah 25 tahun hidup ini 😂😂😂😂.

      Kemarin bikin pudding mangga, dan seneng banget abis sama ponakan-ponakan aku. baca ini jadi penasaran bikin kue juga.

  29. Hwaa penasaran sama japanese milk breadnya mbaa <3
    Lucuu dan menul2 nampaknya enaak hihii
    Emang dah yaa pandemi begini memang paling asyik windowshopping di shopee wkwk

  30. Kalau tinggal di kota dampak pandemi itu terasa sekali ya.
    Kami tinggal di pelosok, rasanya gak banyak berbeda. Kecuali anak jadi tidak sekolah dan belajar di rumah.
    Sementara pasar, ibadah, bekerja dll di tempat saya biasa saja. Maklum di kampung, pekerjaannya kan emang berkebun, sawah dan tani lainnya…
    Saat PSBB atau PPKM pun, tempat kami mah bebas hehehe…
    Tapi memang itu ada hikmahnya juga ya
    Alhamdulillah bisa tetap produktif

    1. Alhamdulillah Teh. Mungkin karena daerahnya udara terbuka dan banyak matahari kalik ya, jadi virus pun kalau ada cepat mati. Berbahagia Teh, kalau aman-aman saja…

  31. Setuju. Melakukan hobi membantu mengatasi stres karena panik dan rasa cemas berlebih akibat pandemi.

    Saya, dari dulu hobi berkebun. Jadi, pas pandemi ya biasa aja sih, tetep jalanin hobi seperti biasa. Kalau bikin makanan dan minuman, jadi lebih sering aja selama pandemi karena anak-anak di rumah terus, jadi lebih sering minta makanan dan minuman macem2 😀

  32. Sudah terbiasa kerja dari rumah monoton makanya enggak stress karena pandemi hehe ternyata ada manfaatnya juga ya.
    Kalau aku yang nomer 1 mba Han, baking. Ini jadi hobi banget dan memang keluarga juga pada suka roti. Kalau berkebun udah pernah coba juga tapi zonk haha

  33. Cara paling ampuh buat ngilangin bosan dan jenuh, ya biasanya memang ngelakuin hobi ya Mba. Entah itu hobi yang telah lama, ataupun hobi baru.

    Saya juga pasti deh ngelakuin hobi saat pandemi gini. Biar nggak cepat jenuh. Belanja ini itu di Shopee asyik juga ya, apalagi kalo lagi banyak promonya pasti lebih semangat, hehehehe.

  34. Pandemi ini memang bikin kita mudah stress lho
    Apalagi yang terbiasa aktif berkegiatan di luar rumah
    Eh tapi bener lho, jalanin hobi bisa banget ngurangin stress
    Memasak dan berkebun jadi pilihanku. Menikmati banget akunya
    Dan sekarang rasanya aku malah lebih stress saat bepergian, apalagi kalau harus masuk area publik yang rame banget dan orang2nya gak prokes. Huaaa mending balik pulang deh

  35. Menggeluti hobi baru yang bikin betah di rumah saja, apalagi kalau didukung dan dimudahkan sama Shopee untuk dapat berbagai barang yang dibutuhkan biar hobi bisa terus dijalankan, jadi salah satu upaya biar nggak bosan selama pandemi sebab harus berdiam di rumah saja. Biar nggak stres sih ya. Perlu deh belajar menikmati kegiatan baru begini.

  36. Menggeluti dengan lebih telaten selama pandemi memang ampuh jadi penghalau stres ya. Hobi saya nonton dan bersepeda, nggak ada yang menghasilkan, hehehe.
    Orang di rumah juga jadi pelanggan setia shopee, ikan cupang pun mereka pesan melalui market place satu ini 🙂 .

  37. Hobinya mirip aku semua nih. Aku dulu kuliah Pariwisata. Sempat diajari cooking juga sih. Tapi ngga aku geluti. Lebih suka public relations & marketingnya. Akhirnya ga sempat lanjut. Tapi masih suka nonton MasterChef kok dan acara masak2an lainnya.

    Sekarang, hobiku juga berkebun. Kebetulan orangtua masih ada sawah. Kali ini aku nanam sayur2an spt oyong, timun, kacang panjang, pare hingga cabai. Semoga hasilnya bagus ya.

    Belanja? Ya tetap di Shopee. Hehehe..

  38. Kak, aku penasaran monstera nya laku berapaan? Udah tinggi sih itu monstera nya. Di rumahku cepet banget panen monstera soalnya. Shopee memang andalan nih buat belanja apa aja

  39. Alhamdulillah selama pandemi, hobi ngumpulin sertifikat dari Webinar gitu. Lumayan buat pengembangan diri. Apalagi banyak yang gratisan. Ilmunya dapat, sertifikat dapat juga.

  40. Pandemi ini banyak mengubah segi kehidupan kita. Termasuk adanya hobi baru. Sama denganku yang punya hobi baru juga. Jalan -jalan dan belanja online. Anggap aja refreshing karena nggak bisa kemana-mana

  41. Japanese milk bread-nya menggoda sekalii.

    Setuju kalau hobi itu bisa mengurangi stress saat di rumah saja.

    Hebat bener Bun, telaten bercocok tanam. Bunga dan tanaman lain dijual juga, kah?

  42. Bicara tentang hobi, aku suka menulis. Dan memang kalau ditekuni, hobi apapun bisa jadi penghasilan. Diam di rumah, tetap bisa menekuni hobi, kalau ada keperluan bisa belanja online aja via shopee. Semua ada, murah dan free ongkir.

  43. Mungkin karena sebelum pandemi aku emang biasa dan senang di rumah aja jadinya gak terlalu kaget juga sih pas diharuskan diam di rumah. Banyak manfaatnya di rumah aja apalagi sampe bisa bikin kue ya mba. Keren.

  44. Hobi ini benar seperti pelipur lara yaa, kak..
    Alhamdulillah, dengan menjalani hobi baru yang unik dan sebelumnya hanya dilakukan sambil lalu karena padatnya aktivitas, maka dengan pandemi, ngeblog dari rumah, mengajar, berkebun dan membuat roti adalah hobi baru yang bagus sekali untuk ditekuni.

    Semoga sehat-sehat selalu, kak Hani dan keluarga.

  45. salah satu hobi yang pernah saya coba yaitu berkebun, pas pandemi banyak yang suka berkebun akhirnya ikutan coba-coba nanem sawi dan cabe, dan ternyata gagal. tanamannya hidup sih tapi gak gede2 :D, emg gak bakat keknya hehe

  46. Ah, iya masa pandemi memang waktunya menggeluti hobi di rumah ya Mba, ada hobi baru yang muncul juga ya. Aku sendiri sempat berkebun, tapi masih kurang konsisten nih. Untuk produknya bisa langsung lihat di shopee ya, siip lengkap, malah jadi hobi perempuan juga ini belanja mah 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *