5 Pilihan Hotel di Ciumbuleuit Bandung

hotel di jalan ciumbuleuit bandung asri dan nyaman

Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat tak pernah sepi dari kunjungan wisata. Boleh dicoba beberapa pilihan hotel di Ciumbuleuit Bandung yang terkenal sejak dulu sebagai kawasan yang sejuk dan asri.

Tahukah teman-teman, dulu di zaman sebelum kemerdekaan, Bandung direncanakan menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda. Sedangkan Batavia (Jakarta sekarang) direncanakan menjadi pusat perdagangan, dengan adanya pelabuhan Sunda Kelapa.

Kawasan Ciumbuleuit sendiri di kota Bandung terletak sekitar 750 m di atas permukaan laut, sehingga hawanya cukup sejuk dan bersih. Di masa pemerintahan Hindia Belanda, sempat dibangun sebuah sanatorium sebagai tempat terapi untuk warga yang mengidap penyakit TBC. Sekarang sanatorium ini telah beralih fungsi menjadi Rumah Sakit Paru Dr. Rotinsulu.

Sejarah Jalan Ciumbuleuit

Ciumbuleuit, jika dipenggal-penggal bagian kata-katanya akan menjadi: Ci, cai, artinya sama dengan Ci, cai pada Cihampelas atau yang lainnya. Umbul = (1) pangkat kepala daerah jaman dahulu dibawah bupati; (2) sumber air. Leuit = gudang tempat menyimpan padi. Dari pengertian tiga kata tersebut dapat diperkirakan bahwa penamaan Ciumbuleuit untuk daerah ini didasarkan pada kenyataan bahwa dahulu di kawasan ini pernah ada sebuah leuit yang dibangun di dekat sungai atau di sekitar pesawahan.

Lokasi ini lumayan banyak tempat wisatanya, karena jalan ini menuju ke daerah wisata bandung barat (Lembang). Tak heran ada banyak pilihan hotel yang ada di jalan Ciumbuleuit, mulai dari hotel kapsul, hotel budget hingga hotel berbintang.

5 Pilihan Hotel di Ciumbuleuit Bandung

Penasaran ya, hotel-hotel apa saja yang rekomend ada di kawasan Ciumbuleuit tersebut? Ada yang memang terletak di jalan Ciumbuleuit, ada pula yang terletak di jalan lain tapi tak jauh dari jalan Ciumbuleuit.

1 – HARRIS Hotel & Conventions Ciumbuleuit – Bandung

pilihan hotel di ciumbuleuit bandung
Hotel Harris Ciumbuleuit Bandung

Terletak di jalan Ciumbuleuit no 50-58, dan termasuk hotel berbintang empat, dilengkapi dengan sarana convention hall. Lokasinya tak jauh dari kampus Universitas Parahyangan, berbagai restoran hip, dan kawasan perbelanjaan di jalan Cihampelas.

Hotel ini dapat dicapai dengan 15 menit berkendara dari stasiun kereta Bandung dan 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Husein Sastranegara.
Ciri khas hotel Harris adalah dekorasi warna oranye khas HARRIS Hotel yang bisa kita lihat di tempat-tempat strategis sudut hotel.

2 – Concordia Hotel

concordia-hotel bandung bumi sangkuriang
Hotel Concordia @bumisangkuriang

Hotel ini bersebelahan dengan fasilitas komunitas Bumi Sangkuriang di jalan Kiputih no 12 – Bandung. Terdapat halaman rumput yang cukup luas. Keluarga dengan anak kecil bisa bermain di lapangan rumput, berenang, main bola basket di belakang cafe Bumi Sangkuriang.

Bumi Sangkuriang awalnya dipakai oleh sebuah perkumpulan bernama Societeit sebagai tempat berkumpul. Sebelumnya mereka menempati Gedung Concordia (sekarang bernama Gedung Merdeka), karena gedung ini dipakai untuk Konferensi Asia Afrika, maka pemerintah mengalihkan ke Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang. Perkumpulan Societeit berdiri tahun 1879 ini beranggotakan orang-orang Belanda atau pribumi dari kalangan menak.

3 – Art Deco Luxury Hotel & Residence

art deco luxury hotel bandung
Art Deco Luxury Hotel & Residence

Terletak Jl. Rancabentang No.2, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, sebuah jalan kecil yang asri dan jauh dari hiruk pikuk suasana tengah kota.

Kelebihan bangunan setinggi delapan lantai ini, para tamu bisa menikmati pemandangan kota Bandung dari area kolam renang yang terletak di roof top.
Sesuai namanya, maka pilihan interior dan detail-detail elemen bangunan menggunakan ornamen Art Deco, sebuah art style yang pernah populer di tahun 1910-an.

4 – Padma Hotel

padma hotel bandung
padma hotel bandung

Ada beberapa Hotel Padma di Indonesia yang masih satu manajemen, yaitu Padma Resort Legian, Padma Resort Ubud, Padma Hotel Bandung, dan Resinda Hotel Karawang.

Padma Hotel Bandung merupakan hotel bintang lima yang terletak di Jl. Rancabentang No.56-58, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung.
Keunikan Padma Hotel Bandung adalah pada lokasinya yang terletak di lembah sungai di kawasan Ciumbuleuit, sehingga tamu disuguhi pemandangan lembah yang hijau dan asri.

5 – Galeri Ciumbuleuit Hotel & Apartment

galeri ciumbuleuit
galeri ciumbuleuit bandung

Galeri Ciumbuleuit Hotel & Apartment terletak Jl. Ciumbuleuit No.42A, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung. Bangunan ini juga tak jauh dari kampus Universitas Parahyangan dan memiliki pilihan akomodasi untuk hotel dan apartemen.

Kelebihan apartemen adalah unit-unitnya dilengkapi dapur dan ada pilihan berupa studio, 1 bedroom hingga 3 bedroom. Oleh sebab itu apartemen sering dipilih oleh keluarga yang sedang berwisata ke Bandung, karena biaya menginap menjadi lebih murah dibanding menginap di hotel.
Sewanya pun bisa harian mirip hotel hingga bulan atau tahun yang sering dipakai juga sebagai kamar kos.

Kesimpulan

Pandemi Covid-19 sempat menggoyahkan sendi-sendi wisata dan semua elemen pendukungnya termasuk hotel. Larangan berkumpul, jaga jarak, ditutupnya beberapa objek wisata, mau tak mau okupansi hotel menjadi berkurang.

Walaupun demikian berbagai kebijakan protokol kesehatan, membatasi tamu hotel, dan psikologis warga yang mulai bosan di rumah, hotel di Ciumbuleuit Bandung ini bisa menjadi pilihan staycation yang nyaman dan bikin betah.

Semoga bermanfaat.

17 tanggapan pada “5 Pilihan Hotel di Ciumbuleuit Bandung”

  1. Pilihan hotel di daerah Ciumbuleuit banyak ya termasuk hotel Harris yang terkenal itu, banyak cabangnya di pulau Jawa juga, fasilitas di dalam hotelnya gak perlu diragukan lagi deh jadi pengen nginap di sana 🙂

  2. Mbak Hani saya baru pulang dari Bandung beberapa minggu yang lalu, yaampun aku baru tau tentang daerah Ciumbuleuit hehe, benyak sih sebenarnya yang belum ku ketahui. Menarik ya Ciumbuleuit juga ada sejarah dan hotel-hotel keren seperti diatas, simpen aa siapa tau nanti ke Bandung lagi.

  3. Noted banget nih. Semoga bisa liburan ke Bandung dan bisa nginep di salah satu hotel di daerah Ciumbeleuit. Banyak hotel kece yang fasilitasnya bikin kita makin nyaman buat staycation.

  4. Duh, belibet nih Mbak bacanya: Ciumbuleuit, hehe. Langsung kepikiran nginap di Hotel Harris, lokasinya strategis dan dekat Cihampelas. Alamat belanja deh. Di kota banget ya itu tempatnya dibanding hotel-hotel lainnya? Autokangen Bandung nih, terakhir ke sana awal 2019. Duh, lama niaan. Semoga pandemi segera berlalu dan bisnis penginapan segar kembali. Ya meskipun bisa pakai protokol, yang jelas belum bebas bikin kegiatan kayak pelatihan atau pertemuan besar gitu kan di convention hall.

  5. Bandung memang selalu punya magnet untuk terus berkunjung ke sana ya, Mbak Hani. Wisata dan kulinernya teus berkembang. Jadi pengin ke Bandung lagi dan menginap di hotel-hotel daerah Ciumbuleuit, soalnya terakhir ke Bandung Desember 2018.

  6. Ciumbuleuit ini ternyata punya banyak tempat wisata dan tempat menginap yang cukup banyak dan menarik dikunjungi ya. Meski di tengah pandemi, rasanya tidak menyurutkan minat masyarakat untuk berwisata Mba Hani. Buktinya, tempat wisata tetap beroperasi, hanya saja pengelola harus mematuhi peraturan baru terkait pandemi Covid-19.

    Terima kasih sudah berbagi, setidaknya saya jadi tau kalau daerah Ciumbuleuit ini merupakan salah satu potensi wisata yang baik.

  7. Pilihan hotel di daerah Ciumbuleuit banyak ya mbak
    bisa dipilih sesuai budget kita
    next klo ke ciumbuleuit bisa nih jadi rekomendasi tempat menginap

  8. Ambil angle 5 foto hotelnya cakep-cakep banget, sehingga memang tepat dijadikan rekomendasi tempat menginap di wilayah Ciumbuleuit, karena pemandangannya bagus

  9. Artha Nugraha Jonar

    kawasan Ciumbeleuit memang pas banget untuk tempat menginap, karena lokasinya yang gak jauh dengan kota dan juga dengan daerah wisata Lembang. Wah jadi menyesal waktu ke Bandung kok gak nginep daerah ini ya

  10. Pilihan hotel di kawasan Ciumbeleuit bagus-bagus, ya, Bu. Kalau saya mungkin akan pilih Harris Hotel karena pernah nginep yang di Malang itu nyaman banget. Tapi Concordia juga cakep yaaa

  11. Di Ciumbuleuit udah banyak hotel yaaa, yang paling asoy tentulah Padma sedari dulu, dan selama itu pula saya belum kesampean nginep di sana, haha. Pulang ke Bandung ya tidur di rumah sendiri deh.

    Tapi di sana kosan-kosan apartemennya juga udah pada kaya hotel sih ya.

  12. Lagi lagi ada yang bahas Bandung
    Kemarin juga baca soal Bandung
    Saya sejak SD pengen ke sini tapi belum kesampaian
    Eh baca hotel hotel di atas makin menarik

  13. Saya belum pernah ke Bandung Mbak. Pengen banget sih bisa jalan-jalan ke sana suatu hari nanti. Dan pastinya nggak bakal bingung lagi cari tempat penginapan kalau misal ada kesempatan ke Bandung karena sudah dapat referensinya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *