5 Hotel Kapsul Bandung, Pilihan Akomodasi Murah dan Nyaman

Hotel kapsul Bandung merupakan konsep akomodasi yang minimalis, tanpa ribet, dan memenuhi standar sebagai tempat istirahat. Hotel seperti ini sekarang menjadi pilihan yang praktis bagi traveler atau para profesional yang ada keperluan pekerjaan di sebuah kota dan perlu istirahat beberapa jam atau beberapa hari.

Apa itu Hotel Kapsul

Hotel kapsul sering juga disebut sebagai Pod Hotel, adalah jenis hotel yang pertama kali didesain di Jepang oleh Kisho Kurokawa dan dianggap sebagai inovasi futuristik.
Hotel kapsul memiliki banyak kamar berukuran hanya pas satu tempat tidur kecil yang dikenal sebagai kapsul. Biasanya hotel kapsul disukai oleh tamu yang hanya perlu menginap semalam atau beberapa jam asal cukup untuk rebahan. Tentu saja sewa satu unit hotel kapsul lebih murah daripada hotel konvensional karena fasilitasnya yang terbatas.

Hotel kapsul pertama di dunia dibuka pada tahun 1979 dan merupakan Capsule Inn Osaka, yang terletak di distrik Umeda di Osaka, Jepang dan dirancang oleh Kisho Kurokawa.
Sejak itu hotel kapsul populer di kota-kota yang banyak dikunjungi wisatawan atau pebisnis, misalnya di Belgia, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, dan Polandia.

Fasilitas Hotel Kapsul

Hotel konvensional yang kita ketahui selama ini merupakan ruangan dengan layout terdiri tempat tidur, meja, lemari, TV, dan fasilitas lainnya sesuai harga kamar. Kamar hotel juga dilengkapi dengan kamar mandi, ada yang di dalam atau terpisah (shared bathroom).

Berbeda dengan hotel konvensional, hotel kapsul hanya berupa ruangan cukup untuk tempat tidur dan posisi kapsul bisa ditumpuk satu sama lain, berdampingan, dan seberang-seberangan. Itu sebabnya di hotel kapsul, kamar mandi terletak di tempat terpisah dan dipakai bersama.

Dimensi kapsul biasanya lebar 1.2m, panjang 2m, dan tinggi 1m. Jadi, kita tidak bisa berdiri di dalam kapsul, hanya rebahan atau duduk.
Walaupun demikian di dalam kapsul, selain tempat tidur, juga disediakan TV gantung, Wi-Fi, beberapa stop kontak, cermin, lampu, laci.

Setiap kapsul dipisahkan oleh sekat di kiri kanannya dan ada yang dilengkapi pintu, ada pula yang hanya berupa tirai untuk privacy. Loker untuk koper atau tas besar biasanya ditempatkan di zona terpisah dan tidak terlalu luas.

5 Pilihan Hotel Kapsul di Bandung

Bandung sebagai ibukota provinsi Jawa Barat merupakan kota yang sibuk. Selain sebagai kota pendidikan, kota wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja, juga kuliner.

Waktu check in hotel konvensional umumnya setelah pukul 12, sedangkan kedatangan tamu bila menggunakan kereta api di Bandung bisa pagi dini hari. Itu sebabnya adanya hotel kapsul cukup membantu bagi tamu untuk sekedar beristirahat sambil menunggu check in ke hotel konvensional.

Bagi backpacker, hotel kapsul merupakan pilihan karena harga sewa per malam yang jauh lebih murah daripada hotel konvensional. Lagipula pagi millenial atau gen Z, umumnya seharian mereka ngebolang jalan-jalan ke obyek wisata atau kulineran, jadi pulang ke hotel hanya untuk tidur, cukuplah menginap di hotel kapsul.

Berikut beberapa pilihan hotel kapsul di Bandung

1 – TEMMU Co-living

hotel kapsul bandung
TEMMU Co-living

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh No. 68 A, Husen Sastranegara, Cicendo, Kota Bandung, Cicendo, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40174

Temmu Co-living terletak dekat dengan bandara Husen Sastranegara dan dari segi desain cocok untuk traveler gen Z. Selain murah juga banyak spot menarik pas untuk foto-foto Instagram.

Harga Rp 100.000,- per malam.

2 – Bobobox

bobobox hotel kapsul
Bobobox di Bandung

Ada tiga cabang Bobobox di Bandung, yang mengusung konsep futuristik dan tampilan high tech. Terdapat layar sentuk untuk mengatur lampu, mengunci pintu, dan menentukan volume speaker.

Lokasi: 
Bobobox Pods Paskal: Jalan Pasir Kaliki Nomor 76A, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Bandung
Bobobox Pods Cipaganti: Jalan Cipaganti Nomor 14, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Bandung
Bobobox Pods Dago: Jalan Sultan Tirtayasa Nomor 11, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung
Harga: Rp 150 ribu per malam

3 – Mypodroom Capsule Hostel

mypodroom bandung
Mypodroom Capsule Hostel

Lokasi: Jalan Dalem Kaum 102 Cikawao, Bandung, Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40261

Hotel ini terletak di lokasi strategis, dekat dengan area perbelanjaan, alun-alun, dan masjid Agung Bandung.
Sama seperti hotel kapsul di Bandung lainnya, kasurnya nyaman untuk tidur dan dilengkapi dengan lampu baca, serta ada tirai untuk memberikan privasi buat setiap tamu di hotel kapsul.
Harga Rp 100.000,- per malam.

4 – INAP at Capsule Hostel

Inap Capsul Hostel Bandung @ Asia Afrika Apartement
INAP @ Capsule Hostel

Lokasi: Jl. Karapitan No.1 Grand Asia Afrika Apartment. Tower D, 19th floor, unit 17 (D-1917), Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40261

INAP at Capsule Hostel terletak di Grand Asia Afrika Apartemen. Beberapa kamar di INAP memiliki jendela yang menampilkan pemandangan kota Bandung. Di setiap kamar kamu bisa menemukan colokan listrik, lampu, meja lipat, dan laci kecil.

Harga 110.000,- per malam.

5 – Shakti Capsule

Shakti Capsule Bandung
Shakti Capsule

Lokasi: Jalan Cihampelas No. 119, Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40131

Di setiap kapsul dilengkapi dengan headphone, TV, hingga layar pengatur cahaya lampu. Desain dan bentuk kapsulnya sangat futuristik dan yang desain pintunya mirip pintu pesawat luar angkasa.
Harga Rp 150.000,- per malam.

Kesimpulan

Walaupun sekarang masih di masa pandemi, tetapi geliat wisata mulai bangkit sedikit demi sedikit. Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi tersebut sekarang ada pilihan hotel kapsul, hotel kecil pas satu tempat tidur, sebagai sarana istirahat yang nyaman.

Memang hotel kapsul kurang cocok bagi keluarga, sehingga lebih sering dipilih bagi solo traveler, bahkan di beberapa hotel kapsul dipisahkan untuk tamu perempuan dan lak-laki untuk menjaga privacy. Sewa per malam yang relatif lebih murah dan memungkinkan hanya disewa minimal 6 jam menjadi pilihan favorit.

Semoga bermanfaat!

6 pemikiran pada “5 Hotel Kapsul Bandung, Pilihan Akomodasi Murah dan Nyaman”

  1. Selama ini saya tahunya hotel kapsul itu di (beberapa) bandara, yang biasanya dipakai traveler hanya untuk “sekadar memejamkan mata” beberapa jam atau overnight.
    Ternyata ada juga di kota-kota destinasi wisata seperti Bandung, ya …
    Lumayan buat yang kemalaman, numpang tidur semalam.

    Balas
  2. Ternyata banyak juga hotel kapsul di Bandung, fasilitas juga bagus. Pasti para backpacker juga akan memanfaatkan kesempatan untuk menggunakan hotel kapsul saat mereka melepas lelah dengan aman dan nyaman

    Balas
  3. Wah baru tahu lho ada hotel kapsul. Dan murah lagi yach sewanya. Tempatnya juga tak kalah bagus dengan hotel konvesional lainnya. Bisa jadi rekomended nich besok kalau lagi pingin liburan ke Bandung. Makasih mba hani informasinya. Sangat bermanfaat.

    Balas
  4. Kalau hotel kapsul seperti ini masih keliatan nyaman untuk dipakai sebagai tempat istirahat ya Bun….karena dulu pernah lihat di tivi ada hotel kapsul tapi keliatan ngga nyaman banget karena ukurannya yang sangat kecil

    Balas
  5. Hotel kapsul ini pasti membantu sekali,praktis, hemat dan tujuan utama beristirahat pun tertunai.
    Aku suka dengan INAP at Capsule Hotel…ya ampun dengan harga segitu, ruangana minim tapi bisa menikmati Bandung. Enggak merasa terkurung seperti hotel kapsul pada umumnya

    Balas
  6. Hotel kapsul emang cucok buat single traveler ya Bun. Selain hemat, juga praktis. Pas banget buat mereka yang mobile dan butuh rehat sejenak. Daripada ketiduran di bangku taman atau peron stasiun, emang lebih nyaman ya nginep di hotel kapsul.

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status