09/08/2020
imbal hasil menarik akseleran

Imbal Hasil Menarik Melalui Pendanaan di P2P Lending

Beberapa bulan terakhir dunia dikejutkan dengan adanya pandemi CoViD-19. Virus yang mulai merebak dari Wuhan, China dan baru akan diujicobakan antivirusnya ini mengganggu perekonomian banyak negara. Sebagian besar industri mengalami penurunan penghasilan karena kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan protokol kesehatan di tempat-tempat umum. Perusahaan dan kantor-kantor membatasi kegiatan produksi dan mengatur kebijakan bekerja dari rumah. Oleh sebab itu banyak pelaku bisnis yang melakukan diversifikasi usaha dengan membuka pilihan layan-antar (delivery) dan sistem daring agar tetap beroperasi. Satu bulan terakhir ini, geliat usaha pada pekerjaan yang melibatkan banyak orang, misalnya usaha manufaktur dan konstruksi pun mulai bergerak setelah ada kebijakan kenormalan baru. Tentunya hal ini tidak mudah, karena selama masa bekerja dari rumah, modal mulai menipis dan perlu suntikan dana. Itu sebabnya startup financial technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending menawarkan imbal hasil menarik melalui berbagai macam pendanaan yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

Mengembangkan Dana di P2P Lending

Teman-teman, mungkin sudah sering baca di laman daring maupun cetak tentang mengembangkan dana di P2P Lending. Lebih jelasnya, P2P Lending adalah sebuah instrumen jangka pendek yang yang mempertemukan pemberi pinjaman (investor/ lender) dengan peminjam (borrower). Mekanisme penawaran biasanya melalui platform P2P Lending yang umumnya melalui beberapa website maupun aplikasi melalui ponsel pintar. Berbeda dengan pinjaman online berjenis pinjaman konsumtif yang bunganya sangat tinggi atau cara konvensional yang harus datang ke kantor layanan. Sederhananya, P2P Lending tak ubahnya seperti e-commerce Tokopedia atau Bukalapak. E-commerce memfasilitasi terjadinya jual-beli, sementara P2P Lending memfasilitasi terjadinya pinjam-meminjam. Pada dasarnya cara kerja pendanaan seperti ini istilahnya adalah crowdfunding, yaitu menjaring dana secara kolektif. Oleh sebab itu nilai pinjaman biasanya relatif besar, ratusan juta rupiah, dan didanai oleh banyak investor dengan nominal pendanaan bervariasi. P2P Lending bahkan menawarkan nominal mulai dari ratusan ribu rupiah dengan pilihan alternatif mengembangkan dana yang sudah dicek kinerjanya. Itu sebabnya P2P Lending mulai dilirik oleh generasi muda milenial yang sadar mengelola keuangan dan baru mulai mengembangkan dana.

Tips Memilih Platform dan Mengembangkan Dana di P2P Lending

Pastikan platform yang teman-teman lirik berizin dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kemudian pelajari platform P2P Lending tersebut mempunyai kredibilitas perusahaan mumpuni melalui tampilan website atau aplikasi dengan kualitas informasi yang diberikan lengkap. Bagi pemula, kita harus banyak mencari informasi tentang perusahaan P2P Lending tersebut, misalnya: umur platform dan sejak kapan beroperasi, alamat perusahaan yang jelas, tim manajemen atau latar belakang perusahaan, hingga penghargaan yang telah diraih, termasuk berbagai testimoni. Kemudian data-data kuantitatif, misalnya jumlah pendanaan yang telah disalurkan dan tingkat kredit macet (Non-Performing Loan), sebagai gambaran tingkat risiko.
Setidaknya, walaupun sebagai pemula yang ingin mengembangkan dana, kita menginginkan imbal hasil menarik dan tidak mau dana kita hilang begitu saja, bukan.

Saat mulai mengembangkan dana cari tahu juga data peminjam (borrower) tersebut. Apakah peminjam merupakan perusahaan, UMKM, atau individu. Kemudian tujuan peminjaman tersebut apakah ditujukan untuk kebutuhan produktif, seperti pengembangan usaha, pembangunan manufaktur dan jasa konstruksi, atau kebutuhan personal. Pelajari juga rencana pengembalian, apakah dibayarkan penuh ketika jatuh tempo atau cicilan per bulan dan apakah ada agunan jaminan untuk pinjaman tersebut. Yang tak kalah penting, cari informasi lengkap bila terjadi keterlambatan pembayaran dan biaya-biaya yang dikenakan ke investor, misalnya biaya administrasi bila kita melakukan penarikan dana dari saldo akun.

Akseleran Platform P2P Lending Terpercaya

website akseleran imbal hasil menarik
website akseleran

Teman-teman, Akseleran adalah P2P Lending platform di Indonesia yang menghubungkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut. Selain sudah berizin dan diawasi oleh OJK, Akseleran pun sudah tersertifikasi oleh ISO27001 full scope sehingga dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen. Fokus penyaluran pinjaman usaha produktif yang dikembangkan oleh Akseleran berbasiskan agunan Invoice Financing dan Pre-Invoice Financing. Di tahun ini, Akseleran menargetkan dapat menyalurkan pinjaman usaha sebesar Rp2 triliun kepada lebih dari 2.000 pinjaman (borrower) dengan meraih 200.000 pemberi dana pinjaman (lender) di seluruh Indonesia.

Menurut Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran, sambut New Normal, Akseleran tetap berkomitmen untuk menyalurkan pinjaman usaha kepada setiap pelaku usaha yang mengajukan pinjaman (borrower) yang memang layak memperoleh pinjaman sekaligus mendukung mereka di saat situasi sulit seperti sekarang. Fokus pendanaan adalah pada kepada sektor seputar konstruksi, pertambangan minyak dan gas, logistik, dan trading.

Di Akseleran, untuk pemilik dana (pendana/lender) dapat mengembangkan dananya mulai dari Rp100.000,- dengan imbal hasil menarik yang didapatkan hingga mencapai 21% per tahun. Sedangkan calon peminjam (pelaku usaha/borrower) berpotensi untuk memperoleh pinjaman usaha melalui Akseleran mulai dari Rp200 juta dan maksimal sebesar Rp2 miliar.

Tips Mengembangkan Dana Bersama Akseleran

Teman-teman, tertarik mengembangkan dana di Akseleran? Berikut langkah-langkah melakukan pendanaan di Akseleran, ada 3 langkah penting:

1 – Proses Awal Registrasi

●Sebagai lender atau borrower, kita perlu daftar di website resmi Akseleran atau aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store (Android) atau Apple Apps Store (iOS).
●Buka website atau aplikasi Akseleran, klik DAFTAR, kemudian masukkan email dan password, dan selesaikan langkah-langkah verifikasi, yaitu ke email dan ponsel.
●Masukkan kode promo/ referal. Masukkan kode AKSLTRI360763, supaya teman-teman mendapatkan free saldo senilai Rp. 100.000,- langsung. Menarik, kan …
●Pastikan ponsel nomornya aktif karena akan ada OTP yang dikirim ke ponsel.
●Untuk pendanaan sebagai pemberi pinjaman, pilih Lender dan tipe perorangan.

2 – Tahap Pengisian Data Diri

●Siapkan foto KTP, NPWP, informasi rekening bank dan foto halaman pertama buku bank, serta dilampirkan pada saat pendaftaran.
●Foto selfie bersama KTP. Perhatikan syarat ketentuan pada saat pengambilan foto selfie.
●Buat akun PrivyID untuk menyimpan tanda tangan digital. Karena nanti ada dokumen dari Akseleran yang perlu ditandatangan secara digital.
●Tunggu sampai akun diverifikasi, melalui pemberitahuan di email yang aktif.
●Setelah diverifikasi, kita sudah bisa melakukan pendanaan.

3 – Tahap Mengembangkan Dana

●Log in ke akun Akseleran yang sudah dimiliki.
●Pilih berbagai kampanye pinjaman di laman Akseleran. Teman-teman tinggal klik. Ada pilihan Kategori, Tipe Kampanye, Lama Tenor, Bunga Efektif, dan Jenis Agunan. Kalau tidak mau ribet, klik saja foto-foto kampanye para borrower tersebut. Cari yang pendanaan belum terkumpul 100%.
●Klik BERI PINJAMAN.
●Kalau dana sudah terkumpul 100%, kita akan mendapat notifikasi per email.
●Tunggu hingga masa tenor pinjaman UKM/borrower habis, baru bisa diambil dananya setelah masuk ke rekening yang terdaftar di akun.

Teman-teman, kalau ada dana berlebih dan mau tambah dana, bisa top-up saldo Akseleran dengan metode transfer melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking. Masuk ke halaman Transaksi Saya lalu klik tombol kuning Tambah Dana, nanti akan ada informasi detail cara pengisian dana.
Lakukan pendanaan lain dengan imbal hasil menarik melalui pendanaan P2P Lending di Akseleran seperti langkah-langkah di atas. Bisa juga melakukan diversifikasi pendanaan, yaitu mendanai ke beberapa borrower. Strategi ini biasanya untuk meminimalkan risiko. Ingat kan, prinsip berinvestasi, don’t put all your eggs in one basket.
Selamat mengembangkan dana di Akseleran, jangan lupa masukkan kode referal AKSLTRI360763 dan dapatkan saldo pendanaan gratis di awal sebesar Rp100 ribu untuk memberikan pinjaman.

Semoga bermanfaat.

haniwidiatmoko

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

One thought on “Imbal Hasil Menarik Melalui Pendanaan di P2P Lending

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *