Interlock Futsal, Pelapis Lapangan Futsal Berkualitas Harga Terjangkau

  • oleh
interlock futsal pelapis lapangan futsal berkualitas harga terjangkau

Teman-teman yang mau membangun fasilitas olahraga futsal, bisa dicoba Interlock Futsal, pelapis lapangan futsal ini berkualitas dengan harga terjangkau, dan tahan digunakan untuk pemakaian yang sering.

Ada alasan tertentu kenapa lapangan futsal harus berkualitas tinggi, permukaan rata, dan cukup empuk supaya tidak membuat cedera.
Sebelum lebih jauh membahas tentang Interlock Futsal, ada baiknya memahami terlebih dahulu jenis olah raga ini ya…

Mengenal Olah Raga Futsal

Futsal awalnya diciptakan secara tak sengaja oleh seorang instruktur olahraga bernama Juan Carlos Ceriani yang berasal dari Montevideo, Uruguay. Waktu itu hujan sehingga murid-murid tempatnya mengajar batal berlatih sepak bola di lapangan. Kemudian dia mencari akal agar murid-muridnya tetap berolahraga tetapi di dalam ruangan. Maka terciptalah permainan futsal, berasal dari bahasa Spanyol atau Portugis, yang artinya futbol (sepak bola) dan sala (dalam ruangan).
Walaupun futsal pertama kali diperkenalkan pada 1930, tetapi baru dipertandingkan secara internasional di tahun 1980-an.

Cara bermainnya seperti olahraga sepak bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Aturan mainnya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.
Futsal juga dikenali dengan berbagai nama lain, misalnya mini soccer.

Aturan Main dan Standar Lapangan Futsal

Sesuai dengan aturan FIFA maksimal jumlah pemain dalam satu tim futsal adalah 12 pemain dengan 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan. Setiap tim yang akan bertanding, pemainnya harus semua siap, karena biasanya dalam futsal sering dilakukan pergantian pemain.

Jika sepak bola lama bermainnya adalah 2 x 45 menit dengan 1 kali istirahat, futsal hanya 2 x 20 menit dengan 1 kali istirahat selama 15 menit. Oleh sebab itu pertandingan futsal lebih cepat selesai dibandingkan dengan olahraga lainnya.
Tidak salah jika futsal cukup digemari berbagai kalangan tua-muda, bahkan tidak terbatas untuk permainan pria, ada juga tim futsal perempuan.

Di Indonesia futsal juga digemari, karena ukuran lapangannya yang kecil, bisa dimainkan indoor dan bisa juga memakai pelataran lapangan lain. Misalnya memakai lapangan basket atau tenis untuk futsal, pembedanya ada pada garis-garis di lapangan dan perlengkapan lainnya. Ring basket diganti dengan gawang futsal yang bisa digeser.

Standar Lapangan

interlock-futsal

  • Ukuran: 25m x 15m
  • Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  • Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari masing-masing tiang gawang
  • Titik penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
  • Titik penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang
  • Zona pergantian: daerah 5 m (5 m dari garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
  • Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  • Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

Spesifikasi Bahan Pelapis Lapangan Futsal

Futsal lebih sering dimainkan di dalam ruangan (indoor) walaupun bisa juga dimainkan di luar ruangan (outdoor). Bila kita mengenal lapangan sepak bola adalah lapangan rumput yang luas berukuran 100-110m X 60-75m, maka lapangan futsal permukaannya merupakan perkerasan yang dibuat dari semen.

Pastikan untuk lapangan baru yang dicor semen tersebut permukaannya harus rata. Sedangkan untuk lapangan outdoor harus mempunyai kemiringan max 1% supaya air hujan mengalir dan lapangan cepat kering.

Nah, supaya pemain tidak cedera bila terjatuh di lantai semen, maka permukaan semen tersebut harus dilapis lagi dengan material khusus untuk lapangan futsal.

Pilihan Lapisan Lapangan Futsal

  • Rumput Sintetis. Pelapis jenis ini cukup populer dan pemasangannya mudah, karena berbentuk karpet dan dari segi tekstur mirip rumput asli.
  • Jenis Interlock Futsal. Jenis lantai Interlock Futsal, pelapis lapangan futsal ini terbuat dari poly prophylene yang dapat dipasang secara portable karena berbentuk kotak-kotak ukuran 30X30 cm yang bisa disambung-sambung (interlocking) atau permanen sesuai keinginan.
  • Vinyl Flooring. Lantai ini terbuat dari bahan karet sehingga tidak licin saat digunakan dan empuk. Tapi bola tetap menggelinding dengan aman.
  • Parquette. Parquette atau parket merupakan bahan pelapis lapangan futsal terbuat dari kayu yang populer di Eropa dan Amerika Latin.
  • Taraflex. Lantai futsal jenis ini sebenernya hampir sama dengan parquette, tetapi bahannya terbuat dari polyethylen dan biji plastik yang dipadatkan.

Penutup

Olahraga futsal merupakan olahraga cukup populer di Indonesia, karena bisa dimainkan secara kelompok dan memerlukan lapangan yang tidak luas.
Aturan mainnya mirip sepak bola yang sudah sangat dikenali oleh sebagian besar masyarakat. Para pemainnya pun tidak memerlukan peralatan khusus, hanya sepatu futsal yang bisa dipakai di lapangan futsal. Berbeda dengan sepatu sepak bola yang dimainkan di lapangan rumput.

Bagi teman-teman yang akan membuat lapangan futsal pastikan bekerja sama dengan kontraktor pelaksanaan lapangan futsal berpengalaman dan pekerjaannya rapi. Pelapis lantai Interlock Futsal, merupakan bahan pelapis lapangan futsal polypropylene ber-durability tinggi. Selain itu harga Interlock Futsal cukup terjangkau dan pengerjaannya cepat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *