Jasa Kirim Barang Ekspor-Impor Mudah dan Cepat di KILO.ID

Teman-teman, pernah tidak ada keluarga dekat yang menetap di luar negeri, lalu kita kebingungan mau kirim barang ke sana. Saya pernah, waktu anak saya kerja di Tanzania, Afrika. Akhirnya cari-cari siapa kenalan yang akan berangkat dan bisa kita titipi barang. Cara seperti ini kan engga banget, karena pasti merepotkan sang kenalan. Belum lagi mereka kan ada batasan berat barang yang bisa dibawa di pesawat. Di era serba online dan digital begini, kirim-kirim barang diperlukan bukan hanya oleh keluarga yang anggota keluarga di luar negeri. Bagi pebisnis yang bergerak di bidang ekspor-impor, jasa kirim barang merupakan faktor yang sangat penting. Sekarang, sih, tidak perlu repot, karena ada jasa kirim barang ke luar negeri di KILO.ID yang praktis, cepat, dan no worry. Mau tahu lebih banyak? Simak penjelasan artikel berikut ini, ya…

Proses Pengiriman Barang

jasa kirim barang
proses pengiriman barang

Apabila kita akan mengirim barang, maka ada 8 langkah yang harus kita ikuti, supaya proses berjalan aman, yaitu:
1.Menghubungi CS
2.Estimasi harga
3.Melakukan pembayaran
4.Airway bill
5.Menyiapkan airway bill, packing list, invoice
6.Pickup melalui KILO.ID
7.Menghitung ulang, volume, berat, dan harga
8.Barang dikirim

Pertama-tama kita menghubungi customer service (CS) di KILO.ID melalui telepon atau kontak WhatsApp, kemudian akan direspon dan diberikan arahan. Oleh CS kemudian harga estimasi akan diinfokan bersamaan dengan langkah pembayarannya.
Kita bisa juga cek sendiri perkiraan biaya kirim di website atau ponsel, dengan mengklik ekspor, dan pilih negara tujuan.
Provider pengiriman barang bisa dipilih TNT, FedEx dan DHL, berikut ancer-ancer biaya per kilogram serta durasi pengiriman.
Setelah kita setuju dengan estimasi biaya dan sudah membayarkan, akan diberikan tanda terima barang dari pengirim (Airway Bill).
Berikutnya KILO.ID akan menyiapkan airway bill, packing list barang-barang yang akan dikirim serta invoice yang telah diproses dan di-acc.

Packing list adalah dokumen penting berupa informasi dari isi paket yang dikirim. Dalam Packing List terdapat informasi alamat lengkap, informasi barang, jumlah, dan juga beratnya dari Pengirim/ Shipper dan juga Penerima/ Receiver di bagian atas.

Teman-teman, keunikan jasa kirim barang dari KILO.ID adalah mereka akan mengambil barang yang akan kita kirim tersebut ke rumah atau kantor (free pickup). Ini merupakan salah satu pelayanan yang memudahkan kita juga, sehingga tak perlu ribet dan hemat waktu. Pihak KILO.ID akan menghitung ulang volume, berat, dan perhitungan harga. Jika terdapat selisih harga dari estimasi saat awal telepon dengan CS, maka akan dihitung ulang dan diinfokan selisih harganya.
Bila tak ada masalah yang berarti maka barang bisa langsung dikirim.
Setelah melalui berbagai proses, hanya membutuhkan hitungan hari, barang akan sampai ke tempat tujuan dengan tepat.
Hanya saja, karena adanya pandemi Covid-19 memang ada sedikit kelambatan dalam proses pengiriman barang tersebut. Saat sekarang memang umum terjadi di seluruh dunia.

Jenis-jenis Kirim Barang

Untuk kehati-hatian bersama, sebelumnya kita harus tahu jenis-jenis barang yang bisa dikirim melalui jasa kurir KILO.ID.
Umumnya barang terlarang seperti narkoba, obat-obatan, dan uang paslu tidak akan diterima. Begitu pula barang pecah belah dan barang yang membutuhkan penjagaan ketat tidak disarankan untuk dilakukan pengiriman. Rawan pecah kan ya, karena pihak eskpedisi tidak akan bersedia bertanggungjawab.
Ada baiknya kita cek saja terlebih dahulu di website KILO.ID, ketentuan dari tiap-tiap negara, bisa saja berbeda antar tiap negara.

estimasi biaya dan berat
contoh tabel estimasi harga


Contoh berikut adalah barang-barang yang tidak boleh dikirim ke Singapura:

  • Permen karet (kecuali permen gigi dan obat-obatan)
  • Tembakau kunyah dan produk tembakau tiruan (misalnya, rokok elektronik)
  • Pemantik rokok berbentuk pistol atau revolver
  • Obat-obatan yang dikendalikan dan zat psikotropika
  • Petasan
  • Artikel cabul, publikasi, kaset video, videodisk dan perangkat lunak
  • Reproduksi hak cipta publikasi, kaset video, videodisk dan laser disc, rekaman dan kaset

List barang terlarang ke negara lain akan berbeda lagi.

Cara Menghitung Volume Barang

Teman-teman, berikut cara menghitung sederhana barang yang akan kita kirim secara volumetrik ekspedisi Internasional.
Seperti kita ketahui barang-barang akan kita kemas dalam kotak-kotak yang rapi, kuat, dan kompak. Kotak-kotak kemasan tersebut biasanya jelas ukuran panjang-lebar-tinggi sehingga bisa dihitung secara sederhana.

Suatu paket akan dikenakan volumetrik apabila volume (ukuran) paket tersebut lebih besar dari berat aktualnya.
Rumus Volumetrik : (Panjang x Lebar x Tinggi) : 5000

Simak contoh kasus berikut ini :
Berat Aktual Paket 50 kg, Berat Volumetrik 40 kg, Berat Aktual 50 kg lah yang dijadikan dasar Biaya Kirim.
Berat Aktual Paket 30 kg, Berat Volumetrik 40 kg, Berat Volumetrik 40 kg lah yang dijadikan dasar Biaya Kirim.

Kesimpulan

Mengirim barang ke luar negeri maupun dari luar negeri merupakan bisnis jasa pelayanan yang erat kaitannya dengan kepercayaan. Oleh sebab itu perlu banget informasi dari jasa kurir yang transparan. Moto KILO.ID cepat, mudah, murah, tanpa kuota, dan praktis. Ditambah lagi kita ada fitur tracking barang, sudah jaminan mutu deh.
Bagi teman-teman yang tinggal di kota Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang, Banten, Lampung, dan Bengkulu, sudah bisa memanfaatkan jasa kurir KILO.ID.

Semoga bermanfaat.

16 pemikiran pada “Jasa Kirim Barang Ekspor-Impor Mudah dan Cepat di KILO.ID”

  1. Anaknya masih bekerja di Tanzania kah Mba? Jauh sekali ya, but anyway sukses terus untuk anaknya.

    Saya belum pernah kirim barang ke LN, baru lokal saja. Kalo kita kirim barang langsung ke TNT, FedEx atau DHL, berarti barangnya gak bisa di-pickup ke rumah dong ya? Atau bisa juga di-pickup? Tapi untungnya ada Kilo.id, urusan kirim barang ke LN jadi lebih mudah. Tinggal hubungi CS sambil selonjoran pun bisa. Semakin mudah saja ya sekarang ini.

    Biaya per KG cukup mahal juga ya, terutama DHL. Tapi yang jelas semuanya profesional, Insha Allah..

    Nice info bermanfaat 👍👍

    Balas
  2. Berarti kilo.id ini semacam situs pembantu pencari pengiriman barang luar negeri ya mbak. Ibarat travel itu seperti traveloka gitu kan?

    Kira-kiran dari 3 pilihan pengirimna itu, mana yang sampai lebih cepat, ya 🤔

    Balas
  3. Aq belum pernah kirim barang ke luar negeri mbak, paling banter ya ke luar kota aja.
    Btw dengan KILO.ID ini jadi makin mudah ya kalo mau kirim2 ke LN, nggak perlu ribet nyari titipan ke orang lain

    Balas
    • Setahuku, permen karet memang ngga boleh masuk ke Singapore, kak Rhos. Sehingga, penduduk di sana (SIngapore) memang ngga boleh makan permen karet. Alasannya ada beberapa, termasuk ninggal sampah yang bikin lengket.

      Balas
  4. Wah, ini beneran solusi banget buat yang hobi belanja diluar atau udah kepengen banget sesuatu dan kepengen dikirimin. Tentu ini jadi menarik banget sih ya buat yang punya hobi ekspor impor barang juga

    Balas
  5. Sekarang udah banyak jasa pengiriman barang ke luar negeri ya mbak. Untuk mengirim barang ke luar negeri harus pintar-pintar memilih agen jasa yg sudah terpercaya agar tidak mengecewakan.

    Selain harga dan kondisi barang yg dikirim nanti pada saat diterima tidak ada kerusakan, maka harus memilih jasa pengiriman yang sudah terpercaya. Termasuk kilo.id

    Balas
  6. Nambah pengetahuan nih mbak. Secara saya belum pernah kirim barang atau terima barang dari luar negeri. Ternyata begini ya prosedurnya. Memang diperlukan sebuah kejujuran dan kepercayaan ya mbak kalau kirim barang jarak jauh begini, terutama kurir yang bersangkutan, karena beberapa kasus pernah terjadi seperti barang tidak sampai karena kurirnya yang nakal. Berarti Kilo.Id ini sangat aman, cepat, mudah dan terpercaya untuk proses kirim barang dari dan ke luar negeri ya mbak.

    Balas
  7. Menarik sekali ada jasa pengiriman barang ke luar negeri seperti ini. Mudah banget bagi yang sedang membutuhkan jasa pengiriman tapi bingung mau kirim pakai apa. Apalagi barang yang akan dikirimkan itu akan dipickup secara gratis. Semoga bisa semakin berkembang ke banyak kota nih.

    Balas
  8. Produk baru nih, jasa pengiriman ke luar negeri ataupun sbealiknya jadi lebih mudah.
    Jaringannya juga udah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.
    Thanks infonya mbak

    Balas
  9. wah dengan kilo.id ini jadi mudah ngirim barang keluar negeri ya mba? Aku baru denger juga nih tentang kilo.id.. makasi infonya yaaa

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status