Jenis Catamaran Boat, Mulai dari Perahu Tradisional Hingga Kapal Angkut

jenis catamaran boat, mulai dari perahu tradisional hingga kapal angkut

Catamaran boat merupakan jenis kapal yang agak berbeda dibanding dengan kapal layar biasa yang kita ketahui. Bila bentuk kapal yang kita tahu selama ini mempunyai satu lambung, maka catamaran boat mempunyai dua lambung. Seolah merupakan dua kapal yang dijajarkan kemudian diberi jembatan penghubung.

Walaupun kata catamaran berasal dari bahasa India Tamil “Kattumaram” yang menunjukkan kapal yang mempunyai dua lambung. Tetapi bentuk kapal seperti ini sudah dipakai oleh orang-orang Polinesia sejak berabad-abad yang lalu.
Nelayan Polinesia menggunakan perahu langsing dua lambung ini untuk jelajah dari pulau ke pulau mencari ikan. Selain itu bisa juga sebagai perahu penumpang, karena bentuk yang agak besar bisa memuat banyak orang di dua sisinya dan serempak bersama mendayung.

Bila dibandingkan dengan kapal berbadan tunggal, catamaran boat mempunyai kestabilan yang lebih baik karena adanya dua lambung tadi. Area geladak lebih luas apalagi seolah diberi jembatan penyeberang yang menghubungkan dua perahu.

Jenis Catamaran Boat

Desain kapal tradisional dengan bentuk konfigurasi 2 lambung ini kemudian ditiru oleh para desainer dan pembuat kapal modern.
Fungsinya pun mengalami perubahan selain hanya merupakan perahu nelayan, tetapi juga perahu untuk balapan, atau kapal pesiar (yacht).

Berikut jenis catamaran boat tersebut:

1 – Traditional Catamaran

jenis catamaran boat, traditional catamaran
traditional catamaran

Seorang petualang dari Inggris, William Dampier adalah orang pertama yang mencatat adanya perahu jenis catamaran di kalangan masyarakat Tamil Nadu, India Selatan, pada abad ke 17. Tetapi ternyata di belahan bumi lain, catamaran berbahan kayu dan digerakan angin melalui bantuan layar yang terkembang, juga dipakai oleh orang Polynesia.
Berikut adalah replika catamaran dari kepulauan Fiji yang ada di Museum Ontago, Amerika Serikat.

2 – Racing Catamaran

jenis catamaran boat, racing catamaran
Racing Catamaran, sumber: https://www.zizoo.com/

Berabad kemudian Nathanael Herreshoff membuat catamaran moderen pertama untuk keperluan bertanding. Modifikasi katamaran tradisional ini kemudian berkembang menggunakan material fiber yang lebih ringan dan populer untuk balapan.
Bentuk katamaran dengan dua lambung seperti ini memang memungkinkan meluncur di air lebih cepat karena ada rongga di tengah kapal tersebut. Kapal juga tidak mudah terguling, tetapi lebih sulit untuk melakukan manuver.

3 – Power Catamaran

jenis catamaran boat, power catamaran
Power Catamaran

Di era moderen didesain catamaran yang berfungsi sebagai kapal pesiar berlayar dari pulau ke pulau. Dinamakan power catamaran karena juga menggunakan mesin untuk menjalankan kapal bila sedang tidak mengembangkan layar.
Kapal moderen ini lebih populer dengan nama yacht dengan berbagai desain simpel hanya untuk moda transportasi hingga desain yang lebar dan luas untuk pesiar.

Di perairan sekitar pulau Bali banyak dijumpai catamaran seperti ini yang disewakan atau dijual bagi pelancong untuk merasakan sensasi liburan berbeda.

4 – Mega Catamaran

jenis catamaran boat, mega catamaran
Mega Catamaran

Sesuai namanya mega catamaran adalah jenis catamaran besar berfungsi sebagai kapal ferry atau roro (roll on-roll out), jenis kapal untuk kapal angkut. Pada kapal roro, muatan mobil dan penumpang akan lebih banyak dibanding dengan kapal berjenis lain dengan kapasitas yang sama.

Kapal mega catamaran seperti ini cocok sekali untuk Indonesia sebagai negara kepulauan, yang dengan cepat menyeberangkan penumpang dan barang.

Penutup

Perahu atau kapal merupakan alat transportasi yang diciptakan manusia untuk melakukan perjalanan di air. Masyarakat tradisional awalnya hanya menggunakan batang kayu utuh yang dilubangi, kemudian mulai melakukan berbagai modifikasi sehingga perahu bisa lebih cepat melaju. Misalnya menggunakan papan-papan kayu, membentuk perahu dengan adanya haluan dan buritan seperti yang kita kenal sekarang. Kemudian menambahkan layar, atau menemukan bentuk perahu catamaran yang menjadi ide catamaran moderen.

Berbagai pengembangan desain catamaran boat telah dilakukan oleh perusahaan kapal karena catamaran dinilai tahan terhadap gesekan dengan air, lebih stabil dan efisien.

Semoga bermanfaat.

5 tanggapan pada “Jenis Catamaran Boat, Mulai dari Perahu Tradisional Hingga Kapal Angkut”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *