5 Jenis Karir yang Dapat Ditekuni di Era Pandemi

  • oleh
5 Jenis Karir yang Dapat Ditekuni di Era Pandemi

Era pandemi mengubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat. Bukan saja tentang gaya hidup, tapi juga tentang karir. Ada banyak jenis-jenis karir yang dapat ditekuni di era pandemi. Beberapa di antaranya bahkan belum terlalu dilirik sebelumnya.
Masa-masa pandemi memang menjadi masa yang cukup sulit bagi banyak orang. Namun, bersama dengan itu, ada banyak kesempatan baru yang terbuka. Nah, jika kalian tertarik untuk memulai atau mencoba karir baru, ada beberapa jenis karir yang bisa dicoba mulai sekarang:

1 – Praktisi Medis atau Tenaga Kesehatan

Sebenarnya, karir di bidang kesehatan selalu diminati setiap tahunnya. Kebutuhan manusia dalam meningkatkan kesehatan dan gaya hidup yang baik membuat profesi kesehatan selalu diperlukan. Apalagi, sejak era pandemi, profesi sebagai tenaga kesehatan semakin dilirik.

Pandemi membuat banyak orang tersadar bahwa ada banyak kekosongan pada tenaga kesehatan di Indonesia. Artinya, kesempatan teman-teman untuk memulai karir di bidang ini masih sangat terbuka lebar. Kesempatan untuk berbagi juga terbuka sangat lebar.

Era internet juga membuka kesempatan berbagi menjadi lebih luas. Selain menjadi tenaga kesehatan, kalian juga bisa mulai blogmu dengan membagikan info kesehatan dan pengalaman sebagai tenaga kesehatan. Ada berbagai domain gratis di Zyro.com yang bisa dipilih sebagai permulaan.

Sudah diketahui secara umum, bahwa profesi di sektor kesehatan memang suatu profesi yang mulia. Khususnya di daerah-daerah terluar Indonesia. Namun, kelebihan karir di bidang kesehatan bukan hanya itu saja. Kalian juga bisa mendapatkan penghasilan besar dan terjamin dengan bekerja sebagai tenaga kesehatan.

2 – Spesialis SEO

Pandemi menunjukkan bahwa ada beragam jenis-jenis karir yang dapat ditekuni di era pandemi. Khususnya dalam bidang digital. Hal ini karena kondisi pandemi memaksa banyak usaha menyesuaikan diri. Sehingga, mereka mulai melebarkan sayapnya ke ranah online.

Dengan menunjukkan keberadaannya di internet, sebuah bisnis akan lebih mudah dikenal dan diketahui. Sehingga, kesempatan sebuah bisnis untuk diingat oleh konsumen akan semakin besar. Dan tentu saja juga dapat meningkatkan pemasukan perusahaan.

Menyadari hal ini, banyak perusahaan yang akhirnya membeli domain untuk websitenya. Banyak orang menganggap bahwa harga domain cukup mahal. Padahal ada banyak pilihan domain gratis yang bisa digunakan oleh pebisnis pemula.

Setelah memiliki domain dan website, bisnis tersebut perlu bisa tampil di halaman pertama mesin pencari. Untuk itu, mereka membutuhkan orang yang berpengalaman dalam hal tersebut. Karena itulah perusahaan membutuhkan spesialis SEO.
Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan dan bisnis yang membutuhkan jasa SEO, maka semakin besar pula peluang karir seorang spesialis SEO.

3 – Digital Marketer

Masa pandemi selama dua tahun mengajarkan banyak bisnis mengenai pentingnya marketing digital. Bisnis ataupun perusahaan yang hanya menggunakan marketing konvensional untuk pemasarannya akan semakin tertinggal.

Sedangkan bisnis yang memanfaatkan marketing digital dengan baik justru bisa meningkatkan pendapatan dengan lebih baik. Karena itu, kemampuan sebagai digital marketer menjadi hal yang banyak dicari dan dihargai.
Secara umum, tugas digital marketer adalah untuk melakukan promosi. Baik untuk menarik pembelian atau untuk membangun brand awareness. Dalam kerjanya, digital marketer bisa menggunakan berbagai platform. Mulai dari media sosial, website, marketplace, dan lain-lain.

4 – Pengembang Software dan Aplikasi

Kondisi pandemi mendorong percepatan Internet of Things dalam berbagai aspek. Karena itu, banyak bisnis yang berlomba-lomba membangun aplikasi untuk produk yang dimilikinya. Dengan adanya aplikasi, layanan yang ditawarkan akan menjadi lebih praktis.

Sementara itu, beberapa perusahaan dan institusi mulai menerapkan penggunaan internet dalam kegiatannya. Untuk itu, dibutuhkan software yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Sehingga, kegiatan operasional bisa berjalan lebih optimal dan efisien.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkanlah seorang pengembang aplikasi, pengembang software, atau programmer. Seorang pengembang aplikasi dibutuhkan untuk bisa membuat aplikasi berbasis Android yang ramah pengguna. Sedangkan seorang pengembang software atau programer diperlukan untuk membangun sistem komputerisasi yang teroptimasi.

Seiring perkembangan teknologi, jenis-jenis pekerjaan semacam ini juga akan semakin dicari. Apalagi, setiap aplikasi dan software perlu di-update secara berkala. Sehingga, masa depan karir untuk seorang pengembang nampaknya masih cukup menjanjikan.

5 – Freelancer

Pekerjaan sebagai freelancer juga menjadi salah satu dari jenis-jenis karir yang dapat ditekuni di era pandemi. Sejak pandemi datang, banyak orang menyadari bahwa mereka memiliki opsi untuk bisa bekerja dari rumah.
Opsi pekerjaan sebagai freelancer juga cukup banyak. Sehingga kalian bisa memilih pekerjaan yang paling sesuai dengan keahlian dan kemampuan. Beberapa contoh pekerjaan freelance yang bisa dipilih adalah menjadi penulis kreatif atau menjual kemampuan desain kalian.

Nilai tambah lain dari pekerjaan ini bukan hanya dari jenis pekerjaannya saja. Kalian juga bisa memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel. Selain itu, jika memiliki kemampuan bahasa asing, juga bisa menawarkan layanan Anda hingga ke mancanegara. Sehingga, penghasilan kalian bisa lebih besar.

Untuk mendukung hal ini, kalian bisa membangun portofolio dengan membuat blog atau website pribadi. Ada banyak cara untuk mulai blogmu. Teman-teman bahkan bisa membuat domain gratis dengan mudah di Zyro.com. Selain menyediakan domain, juga bisa ditemukan beragam template yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Baik sebagai penulis maupun sebagai desainer grafis.

Dari 5 jenis-jenis karir yang dapat ditekuni di era pandemi, adakah yang menarik minat kalian? Atau sudah mulai menjalani salah satunya?

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *