29/11/2020
kadar gula darah

Berapa Kadar Gula Darah Manusia Agar Terhindar dari Diabetes?

Pada sebuah bincang di grup WhatsApp, ada pesan, apakah di antara teman-teman di grup yang diabetes atau ayah-ibunya diabetes. Beberapa komentar masuk, ada yang ayahnya diabetes, ada yang suaminya diabetes, dan lain-lain. Saya sendiri belum pernah periksa secara teliti, rasanya selama ini aman-aman saja. Seingat saya, almarhum kakek dari ibu, memang diabetes. Begitu pula almarhum ibu, kadar gula darahnya agak tinggi, tetapi belum sampai diabetes. Dalam lingkaran keluarga besar ada paman dan bibi yang diabetes, selain diet ketat juga sampai harus rutin suntik insulin. Sebenarnya berapa kadar gula darah manusia agar terhindar dari diabetes?

Kadar Gula Darah Manusia

Gula darah adalah molekul gula sederhana alias glukosa yang merupakan sumber energi utama untuk setiap sel dan jaringan tubuh. Molekul gula tersebut ditemukan dalam darah diperoleh dari hasil pemecahan karbohidrat dari asupan yang kita makan.

Setelah karbohidrat dipecah dalam pencernaan, glukosa akan dialirkan dalam darah untuk kemudian diproses menjadi energi oleh sel-sel tubuh.
Penyerapan, penyimpanan, dan produksi glukosa diatur secara konstan oleh proses kompleks yang melibatkan usus kecil, hati, dan pankreas. Organ pankreas inilah yang menghasilkan hormon insulin, yang dilepaskan setelah kita mengonsumsi protein dan karbohidrat. Insulin mengirim kelebihan glukosa di hati sebagai glikogen. Insulin pula yang mempunyai pedan penting menjaga agar kadar gula tetap normal, tidak tinggi (hiperglikemia) atau rendah (hipoglikemia). Baik kadar gula darah tinggi dan rendah sama-sama dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Adanya gangguan insulin bisa membuat tubuh sulit menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. Bahkan jika dibiarkan, hal ini bisa berujung pada kondisi diabetes.
Menurut data Kemenkes pada 2014, diabetes menjadi penyebab kematian nomor 3 di Indonesia. Beberapa penelitian menunjukkan kecenderungan diabetes diturunkan. Itu sebabnya orang-orang yang mempunyai garis keluarga penyandang diabetes perlu rutin cek kesehatannya.

Berapa kadar gula darah manusia normal? Kadarnya berbeda tingkatnya sesuai usia. Misalnya kadar gula darah normal pada anak berbeda dengan kadar gula darah normal di usia >50 tahun.

Berikut ini merupakan kisaran kadar gula darah yang normal di tiap waktu:

  • Setelah tidak makan selama 8 jam (gula darah puasa): kurang dari 100 mg/dL
  • Sebelum makan: 70-130 mg/dL
  • Setelah makan (1-2 jam setelah makan): kurang dari 180 mg/dL
  • Sebelum tidur : 100-140 mg/dL
  • Seseorang dapat dikatakan memiliki gula darah tinggi jika gula darah sewaktunya lebih dari 200 mg/dL, atau 11 milimol per liter (mmol/L).
  • Sementara itu, seseorang disebut memiliki gula darah rendah jika kadarnya turun drastis di bawah 70mg/dL.

Mengalami salah satu dari kondisi tersebut diartikan kadar glukosa darah sudah tidak lagi normal.

Sumber Makanan bagi Diabetes Agar Kadar Gula Darah Normal

Sebagai acuan bahwa seseorang kadar gula darahnya normal adalah di bawah 200 mg/dl, sedangkan penyandang diabetes di awas 200 mg/dl.
Nah, teman-teman, sudah tahu kan ya, kita adalah apa yang kita makan.
Banyak penyakit bermunculan karena pola makan buruk dan tidak teliti dengan apa yang dikonsumsi.
Begitu pula dengan diabetes, banyak yang menjadi parah karena kurang ketat menjaga asupan dietnya, sehingga diabetes semakin parah. Utamanya adalah menghindari asupan makanan yang kadar gulanya tinggi.

Berikut saya sertakan beberapa sumber makanan bagi diabetes ya:

  • Nasi merah
  • Ubi jalar
  • Oatmeal
  • Sayuran berdaun hijau
  • Produk kacang-kacangan, termasuk tahu dan tempe
  • Daging tanpa lemak
  • Ikan laut
  • Tomat
  • Dark chocolate

Perlu diketahui, diabetes akut dan menahun sering disertai pula dengan penyakit organ tubuh yang lain, misalnya merembet ke jantung dan sebagainya. Bahkan di antara orang awam, diabetes dianggap sebagai “ibu”nya penyakit.
Melalui diet yang dijaga, olahraga teratur agar kelebihan karbohidrat dapat dibakar, dan pola hidup sehat dapat meredam diabetes tidak menjadi parah.

Stay healthy gaezz…

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

6 thoughts on “Berapa Kadar Gula Darah Manusia Agar Terhindar dari Diabetes?

  1. Saya masih kurang bisa nih mbak, ngerem jumlah konsumsi gula. Saya masih belum bisa lepas dari teh manis kentel panas 🙂
    Padahal makannya nasi putih, banyak gula juga. Belum lagi dari sumber gula lain dari makanan cemilan. Haduuh

    Harus mulai berusaha menjaga asupan gula nih. Diabetes sampai disebut ‘ibu’ penyakit gitu.
    Terimakasih infonya mbak

  2. Bapak Ibu saya pengidap diabetes Mbak…dan keluarga besar di keduanya juga
    Saat ini Bapak sudah terapi insulin Ibu terapi obat minum
    Tapi kondisi Beliau berdua Alhamdulillah terkontrol dan sehat
    Saya juga mesti waspada nih mengingatnya. Alhamdulillah sih akhir tahun lalu saat MCU tahunan semua baik
    Semoga sampai nanti. Aamiin

  3. Kalau di keluargaku insyallah gak ada yang diabetes ya. Cuma perlu waspada aja karena gaya hidup pun bsisa ngaruh. Btw selama ini aku periksa gula darah instan pakek yang alat kayak jepretan itu. Kira-kira akurat gak ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *