Kandungan Nutrisi Makanan Kucing Bolt, Catlovers Perlu Tahu

  • oleh
kandungan nutrisi makanan kucing BOLT

Bagi catlovers penting banget kan mengetahui kandungan nutrisi makanan kucing Bolt, jenis dry food yang cukup favorit. Jangan sampai anabul kesayangan kita malah jadi kurang sehat karena salah makan.

Seperti kita ketahui, kucing merupakan hewan carnivor sejati (obligate carnivore), artinya secara alami mereka pemakan daging. Ingat kan saudara kucing, yaitu harimau, pemakan daging banget itu mah…

Agar Kucing Tetap Sehat

Berbeda dengan manusia yang omnivor alias pemakan segala, daging iya, sayur OK, buah juga. Kucing adalah hewan karnivora sejati, artinya mereka membutuhkan sumber protein hewani untuk dapat bertahan hidup. Di alam liar, kucing memakan bangkai hewan buruannya yang terdiri dari daging mentah, tulang, dan organ. Mereka juga mengonsumsi sedikit bahan nabati yang terkandung di dalam usus mangsanya.

Di satu sisi, kucing rumah adalah hewan peliharaan yang dietnya agak berbeda dari kucing liar. Menurut beberapa sumber, kucing rumah yang pemberian makannya mengikuti kucing liar, malah jadi buas ya. Padahal kucing rumah, bagi penggemar kucing merupakan mahluk imut yang disayang-sayang dan dipeluk.

Berikut kebutuhan dasar diet kucing agar tetap sehat:

Protein

Kucing membutuhkan sumber protein hewani yang cukup, karena asam amino dari sumber nabati tidak dapat dicerna dengan baik. Berapa banyak yang mungkin dibutuhkan setiap hewan bervariasi karena bebagai sebab. Tergantung berbagai faktor, termasuk keadaan fisiologis, usia, aktivitas, dan daya cerna sumber protein yang diberi makan. Secara keseluruhan, kucing memiliki kebutuhan protein yang sangat tinggi.

Lemak

Berikut ini adalah asam lemak yang paling berperan dalam kesehatan kucing: asam lemak omega-3, yang meliputi asam alfa-linolenat, asam eicosapentaenoic, dan asam docosahexaenoic; dan asam lemak omega-6, termasuk asam linoleat, asam gamma-linolenat, asam arakidonat, dan asam linoleat terkonjugasi.

Lemak jenuh ditemukan terutama pada sumber hewani, sedangkan lemak tak jenuh ganda sebagian besar berasal dari tumbuhan.

Mineral

Mineral penting bagi kucing dandibutuhkan dalam hampir semua reaksi fisiologis. Mereka berkontribusi pada pembentukan enzim, keseimbangan pH, pemanfaatan nutrisi, dan transportasi oksigen dan disimpan di tulang dan jaringan otot.

Vitamin

Vitamin penting untuk regulasi metabolisme dan pertumbuhan normal kucing. Vitamin biasanya ditemukan dalam makanan, beberapa disintesis di dalam tubuh hewan. Mereka diklasifikasikan sebagai lemak atau larut dalam air.

Air

Kucing secara alami memenuhi sebagian besar kebutuhan air mereka dengan makan makanan mentah segar, oleh sebab itu mereka memiliki dorongan rasa haus yang rendah. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan saat mereka mengonsumsi produk dan makanan kering. Salah satu masalahnya adalah mereka bisa mengalami dehidrasi saat memakan kibble, bentuk makanan kering (dry food) yang umum pada makanan kucing kemasan.

Kandungan Nutrisi Makanan Kucing BOLT

BOLT merupakan makanan kucing kemasan yang cukup populer karena harganya cukup terjangkau.

Kemasan repack ini biasanya dikemas  dengan berat 1 kilogram. Kalian bisa beli makanan kucing Bolt kemasan repack dengan harga Rp 17.000 – Rp 35.000. Sedangkan kemasan 20 kilogram yang cocok banget buat kamu yang punya kucing banyak. Harga makanan kucing BOLT kemasan 20 kilogram berkisar mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 385.000

Adapun kandungan nutrisi makanan kucing Bolt bisa dilihat pada kemasannya.
BOLT mengandung protein sebesar 28% yang sudah memenuhi anjuran dari AAFCO yang mewajibkan takaran minimal 25%.
Persoalannya, protein sebesar itu ternyata bukan murni protein hewani.

Mari kita cek daftar bahan komposisi yang dimiliki makanan kucing Bolt, yaitu:

  • Jagung
  • Tepung daging unggas
  • Tepung gandum
  • Tepung tuna
  • Tepung gandum
  • Protein kedelai isolate
  • Lemak unggas
  • Hati ayam digest
  • Vitamin dan mineral
  • Taurine, dan antioksidan

Nah, dari sini kalian bisa lihat kalau mayoritas bahan yang digunakan ternyata menggunakan bahan nabati, bahan pakan yang sebetulnya bukan bahan makanan yang cocok untuk kucing secara alamiah.

Selain itu karena bentuk makanan kucing Bolt berupa dry food, maka bagi kucing yang sensitif dapat menyebabkan penyakit FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease). Penyakit ini dipicu karena kurang cairan pada makanan sehingga kucing tidak bisa buang air kecil.
Biasanya cairan juga diperoleh dari makanan segar dari protein hewani.

Kesimpulan

Kucing merupakan hewan kesayangan manusia. Bahkan menurut beberapa kisah, Nabi Muhammad SAW sendiri memiliki kucing bernama Muezza. Nabi begitu menyayangi dan mengasihi kucing peliharaannya.

Sudah tentu sebagai catlovers, kita wajib memberi makan yang bernutrisi sesuai dengan kondisi alamnya, supaya hewan peliharaan kita tersebut tetap sehat, bulunya berkilau, dan matanya tajam.

Sumber:

Your Cat’s Nutritional Needs: The Basics (feline-nutrition.org)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *