28/10/2020
kidal

Kiat Orang Tua Membantu Anak Kidal

Masyarakat masih menganggap bahwa menggunakan tangan kanan lebih baik daripada menggunakan tangan kiri.
Seringkali tangan kanan mendapat julukan tangan manis bukan?
Dalam Bahasa Inggris pun tangan kanan disebut right hand, tangan benar.
Kenyataannya 85% orang di dunia memang dominan memakai tangan kanan, sehingga orang yang dilahirkan dengan kondisi kidal agak kesulitan memakai alat-alat sehari-hari yang diprioritaskan bagi orang dominan tangan kanan. Penyesuaian terhadap dunia yang serba kanan ini dalam beberapa hal dapat menyebabkan frustasi pada anak-anak kidal.
Ada sekitar 10% anak adalah anak kidal, yaitu dominan menggunakan tangan kirinya. Sementara sisanya adalah ambidextrous, yaitu sama mahirnya menggunakan tangan kanan maupun kiri. Bagaimana kiat orang tua membantu anak kidal?

Menurut beberapa penelitian kecenderungan seseorang right handed atau left handed berawal dari kuat atau tidaknya belahan otak seseorang.
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang cenderung pengguna tangan kanan, otak kirinya lebih kuat. Demikian pula sebaliknya, pengguna tangan kiri, otak kanannya lebih kuat.
Kecenderungan seseorang nantinya menjadi right handed atau left handed bisa diamati sejak yang bersangkutan masih bayi dan mulai meraih atau menggenggam sesuatu, kira-kira di usia 7 atau 8 bulan.

Marilah kita pelajari dahulu, apa istimewanya tiap-tiap belahan otak tersebut.
Cara kerja otak adalah bersilangan, bagian otak kanan mengontrol tubuh bagian kiri. Sedangkan otak kiri mengontrol tubuh bagian kanan.
Otak kanan berperan untuk bersosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.
Sedangkan otak kiri berperan besar pada kemampuan seseorang untuk terampil berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika.

 

anak kidal

belahan otak dan fungsinya

Bermusik memakai metoda musik klasik ditengarai bisa melatih agar anak sama-sama baiknya menggunakan otak kanan maupun otak kirinya.
Dari beberapa penelitian dan ulasan bahwa sebetulnya menggunakan tangan kanan maupun kiri bisa sama terampilnya, maka sebetulnya yang menjadi masalah adalah adab kebiasaan kita menggunakan salah satu tangan untuk kegiatan sehari-hari.

Melatih Adab Kebiasaan

Anak yang cenderung kidal bisa dilatih untuk membiasakan memakai tangan kanan untuk beberapa hal seperti makan, memberikan dan mengambil sesuatu ke orang lain, bersalaman, melambai ke orang lain, dan lain sebagainya. Tentu saja arahan membiasakan harus dengan cara yang halus, bukan dipaksakan.

1. Makan

Secara adab budaya tangan kanan dipakai untuk makan.
Oleh sebab itu kita dapat mengajarkan ke anak-anak dengan cara membiasakan untuk memegang makanan dengan tangan kanan.
Bisa memegang langsung atau memakai sendok garpu.
Anak balita sejak 1 tahun sudah bisa mulai dibiasakan.
Bila ada kecenderungan kidal, pindahkan makanan dari kiri ke kanan, sampai anak mengerti bahwa mengambil makanan dengan tangan kanan.

Lalu, bagaimana dengan etika makan ala Western, yang memakai pisau garpu.
Pisau di tangan kanan untuk memotong daging, kemudian mulai makannya dengan garpu di tangan kiri.
Bagi yang merasa canggung, tak masalah memotong seluruh makanan terlebih dahulu dengan pisau, kemudian baru memakannya dengan memindahkan garpu di tangan kanan.
Memakan satu-satu bergantian seperti itu, disebut ala Eropa atau Continental Style.
Sedangkan memotong semuanya terlebih dahulu, baru dimakan sesudahnya, disebut ala Amerika atau American Style.

2. Membasuh

Membasuh sesudah dari toilet, atau cebok, diajarkan memakai tangan kiri.
Mungkin karena makan pakai tangan kanan, jadi tangan satunya yang kebagian membasuh.

3. Menulis

Ini yang sering masalah di sekolah, dimana guru mewajibkan anak kidal harus menulis dengan tangan kanan, sedangkan orangtua moderat membolehkan menulis dengan tangan kiri.
Mengapa melatih anak memberikan atau menerima sesuatu, salaman, atau makan dengan tangan kanan masih bisa, sedangkan menulis disarankan lebih berhati-hati?
Karena menulis, menggambar atau memainkan alat musik, bukan hanya menggerakkan alat tulis, tetapi ada proses berpikir yang menyertainya.
Memaksa anak kidal harus menulis dengan tangan kanan bisa mengacaukan fungsi otaknya. Antar lain berupa gangguan fungsi berbicara, hingga kesulitan untuk belajar membaca (disleksia) dan frustrasi.
Coba saja, bagi pengguna tangan kanan, untuk menukar dengan menulis memakai tangan kiri.
Sulit bukan?

Sebagai orang tua, kita tidak ingin bukan bila buah hati kita mengalami frustrasi tumbuh di dunia yang serba kanan ini? Diperlukan kesabaran dan pengertian orang tua memahami seperti apa memandang dunia dari sisi kiri. Untuk itu harus ada kiat orang tua membantu anak kidal, dalam hal menulis, yaitu: teknik menulis dan alat tulis yang benar.

Teknik Menulis

Hampir di seluruh dunia arah menulis adalah dari kiri ke kanan.
Kecuali menulis huruf Hijayah atau kaligrafi yang dimulai dari kanan ke kiri.
Atau aksara Jepang dan Cina yang menuliskannya dengan arah berbeda.
Tulisan yang ditulis dengan tangan kanan dan ditulis dari kiri ke kanan, maka gerakannya adalah menarik.
Bagi orang kidal, menulis dari kiri ke kanan, maka gerakannya adalah menekan.

Teknik menulis bagi anak kidal bisa jadi urut-urutannya pun berbeda.
Sangat bijaksana bila orangtua atau guru tidak mempermasalahkannya, bahkan diharapkan justru membantunya asal mengetahui tekniknya dengan benar.

Misalnya, menulis huruf T atau J.
Tak masalah anak kidal membuat garis silang untuk huruf T dari kanan ke kiri.
Kemudian, tak masalah anak kidal menggambar titik terlebih dahulu, baru diikuti garis, sehingga membentuk huruf i (I kecil).

 

anak kidal

Berbeda dengan penulis tangan kanan yang menulis arahnya menjauh dari tubuh.
Anak kidal, arahnya menuju tubuh. Akibatnya tulisan tertutup tangan, atau kertas menjadi kotor.
Orang tua membantu anak kidal dengan agak memutar kertas yang sesuai, sehingga anak merasa nyaman. Beberapa tips menyarankan memutar kertas 90 derajat dibandingkan bila menulis dengan tangan kanan.
Yang diperlukan adalah memberikan rasa nyaman dan percaya diri, bukan menjadikannya frustrasi.

 

anak kidal

meletakkan kertas dan arah menulis anak kidal

Peralatan untuk Kidal

Sekarang ini justru diciptakan beberapa alat bantu untuk orang-orang kidal agar mereka dapat beraktifitas lebih nyaman.
Berikut beberapa alat-alat yang diciptakan untuk orang-orang kidal, antara lain:

Alat Tulis

Alat tulis yang ada di pasaran, misalnya ballpoint (bolpen) atau pena justru akan cepat macet, tintanya tidak keluar bila cara menulisnya dengan ditekan, bukan ditarik.
Selain itu, seringkali posisi jari juga harus diupayakan agar tinta tidak tergesek oleh gerakan tangan.
Secara detail, alat tulis bagi orang kidal berbeda di ujung pena dan bentuk pegangan (grip)

anak kidal

alat tulis untuk kidal

Gunting

Gunting kidal berbeda susunannya dibanding dengan gunting yang biasa kita beli di toko.

 

anak kidal

gunting untuk kidal

Alat-alat Lain

Olahraga

Beberapa jenis olahraga menggunakan salah satu tangan untuk berkegiatan, misalnya tennis, bulutangkis, tenis meja, basket, baseball, dan lain-lain. Pesepakbola kidal pun mempunyai kecenderungan menyepak dominan dengan kaki kiri.
Berhubung hampir sebagian besar pemain adalah dominan tangan kanan, pengguna kidal bahkan diuntungkan. Karena arah-arah serangan orang kidal bisa tak diduga oleh pemain dominan tangan kanan.
Pada suatu acara pertandingan tenis profesional di Greenwich, Connecticut, setelah dua set pertandingan yang melelahkan, salah satu pemain baru menyadari bahwa lawan mainnya ternyata kidal, karena strateginya yang salah perhitungan.

Alat Musik

Sekarang ini mudah diperoleh gitar yang dibuat khusus bagi orang kidal. Salah satu contoh gitaris kondang yang kidal adalah Jimi Hendrix, Tony Iommi, Kurt Cobain, dan Paul McCartney.

Alat Dapur

Tak kurang alat dapur pun sekarang banyak dijual bagi para kidal. Hanya saja, mungkin masih jarang bisa diperoleh langsung di toko-toko di Indonesia.

Menurut beberapa artikel, ternyata masyarakat Asia lebih hirau seseorang itu kidal atau bukan dibandingkan dengan masyarakat Eropa atau Amerika. Itu sebabnya di Amerika, seorang anak kidal atau bukan, tidak terlalu masalah. Contohnya ada 5 mantan presiden Amerika yang kidal, yaitu: Gerald Ford, Ronald Reagan, George H.W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama.
Kemudian beberapa tokoh dunia lainnya, meliputi inovator, saintis, atlet, dan musikus, yaitu: Leonardo da Vinci, Michelangelo, Maire Curie, Judy Garland, Jim Henson, Babe Ruth, Jimi Hendrix, Bill Gates dan Oprah Winfrey.
Mereka dapat berkarya luarbiasa walaupun kidal.

 

anak kidal

mantan presiden Amerika, Barack Obama

Perlu digarisbawahi oleh orang tua, guru, dan lingkungan bahwa, anak kidal bukanlah kecacatan. Anak kidal sama normalnya dengan anak yang dominan menggunakan tangan kanan. Dibutuhkan orang tua membantu anak kidal agar lebih percaya diri dan sadar potensi dirinya.
Dikemudian hari, anak kidal maupun bukan, diharapkan tidak hanya trampil menggunakan salah satu belahan otaknya bukan?
Idealnya seseorang harus senantiasa mengasah kedua bagian otak, baik otak kanan maupun otak kiri.
Seseorang akan berhasil atau tidak dimasa yang akan datang harus mampu menggunakan kedua belahan otaknya dengan imbang.

 

Sumber:
http://www.parents.com/kids/development/physical/raising-a-left-handed-child/
http://loveandmarriageblog.com/left-handed-children/

diedit di Bandung, 26 Januari 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

37 thoughts on “Kiat Orang Tua Membantu Anak Kidal

  1. Nice article Mom, saya jadi penasaran nanti anak saya kidal atau enggak soalnya dari sekarang udah distimulasi gambar dan musik sama kami hehe. Untung Guru sekarang udah ngerti ya, gak maksa anak nulis pake tangan kanan lagi, banyak Murid saya yang jago lukis mereka kidal tapi kalo makan dan salam pakai tangan kanan^^ semua orang unik ya, tfs

    1. Terimakasih Mbak Sandra. Iya tak masalah menulis dengan tangan kiri, lagipula saya sekarang lebih sering pakai laptop, jarang menulis dengan tangan. Hehe…

  2. baru ngeh mbak orang kidal butuh alat tulis beda dari right handed..
    pergelangan tangannya jadi agak memutar kalau nulis ya.. dan aku baru ngeh arah menulisnya berbeda juga
    thanks for sharing mbak Hani

  3. Kidal bukan cacat dan bukan penyakit bawaan
    Memang persepsi ini yang harus diluruskan agara tak berlarut-larut
    Kasian anak-anak yang dipaksa menggunakan tangan kanan hanya karena masalah kesoapanan atau apalah namanya

  4. Di Thailand, di kampus aku tepatnya, ada cukup banyak temen Thai yang kidal. Awalnya, ketika kami bermain badminton, rada susah gitu. Tteapi karena sering menghadapi mereka, akhirnya saat ini aku sudah taap biasa saja ketika bertanding dengan pemain kidal.

    1. Padahal mereka biasa aja ya. Kita malah yg kesulitan kalau tanding dng para kidal. Seru juga ya hrs jeli memrediksi arah datangnya kok…

  5. Saya juga pernah menemukan anak-anak yang beraktifitas kidal, tapi saya juga salut ketika dia juga berusaha maksimal untuk bisa beraktifitas kanan, salut luar biasa Allahu Akbar.

  6. kakak saya kidal. tapi jika diminta tangan kanan bisa juga, hehe. cuma lebih lancar kiri. emang bener sih harusnya banyak barang yang bisa menyesuaikan kiri. untuk hal-hal umum setuju tetap menggunakan tangan kiri. kecuali yang makan dsb,

  7. Artikel keren mba. Jujur, saya pribadi membebaskan anak saya kidal atau kanan sampai berusia 1 tahun. Setelah 1 tahun, mulai deh tu saya biasakan nganan. Cuma memang ya sering juga menemukan protes dari sana sini, misalnya kalo saya posting video bayi saya makan pakai tangan kiri (usianya di bawah 1 tahun), atau saat bayi saya pegang mainannya di kiri. Selalu tuh ada aja yg komen, “Kok pake tangan kiri nak?” Hehehe

    1. Aku malah pas bikin video/ artikel kasih keterangan, maaf pakai tangan kiri. Tahap belajar. Sebelum dijulidin netizen. Haha…Coba kalo liat Barack Obama ttd pakai tangan kiri, pada komen ga yah…

  8. Wah, tetangga saya anak kidal. Dulu sempat saya yang privatin. Tapi si anak karena dari awal dilatih makan minum dan salam pake tangan kanan dia lakukan dengan tangan kanan. Jadi nulis dan yang lainnya dia dominan di kiri

  9. jadi biarkan saja menulis dg tangan kiri sedangkan aktivitas lainnya dg tangan kanan, ya. betul kasihan kalau sampai kebingungan kerja otaknya. dan saya baru tahu bentuk guntingnya berbeda ya

  10. Ternyata penggunaan tangan kanan atau tangan kiri pengaruh dari dominan otak kanan atau kiri. jadi sejak dari dini anak-anak harus dilatih untuk membiasakan menggunakan tangan kanan.

  11. Baru tahu lho mba, ternyata ada pulpen, gunting yang dibuat khusus untuk mereka yang kidal. Kalo anakku dulu cenderung kidal, kalo nendang bola pakai kaki kiri, makan juga kiri. Tapi lama kelamaan plus diajari pakai yang kanan ehh sampai sekarang terbiasa pakai serba kanan. Aku baru sadar bahwa di dunia ini ada yang nulis pakai tangan kiri ya dari nonton telenovela anak. Sebelumnya ya ga sadar, saking seragamnya semua pakai tangan kanan. Waow, ternyata dunia isinya beranekaragam.

  12. Wah baru tau sy ada alat tulis buat yg bertangan kidal..pantesan tulisan.Mr. Obama bagus ya ga miring2 ..ternyata ada alat tulis khususnya..kebetulan anak sepupu sy jg bertangan kidal masih balita sih tp ini info sy share ke beliau spy dapet informasi untuk membantu dan mengarahkan anaknya..mksh lho kak infonya.

    1. Sama². Makasih udh mampir. Iya, kalo makan, salaman, memberikan/ menerima yaa dibiasakan sejak kecil. Tapi kalau menulis susah pakai kanan, ya engga apa² pakai kiri. Mungkin dominan otak kanan…

  13. Anak tetanggaku juga cenderung kidal. Tiap diajari makan pake tangan kanan, awalnya mau. Tapi ntar tiba2 pake tangan kiri lagi. Hehe

  14. Anakku kebetulan dari kecil memang kecenderungannya kidal mba. Kasian sih kadang di sekolah dipaksa nuis pake tangan kanan. Kalo dirumah aku selalu ajarin yang wajib pake tangan kanan itu kalo untuk makan dan salaman. Selebihnya aku bebasin dia mba. Dan memang sih dari kecil anakku ingatan spasialnya kuat, jadi dari kecil aware banget sama lokasi jalan kalo diajak pergi-pergi.

    1. Bagus dong udah ketahuan potensinya. Berarti otak kanannya kuat. Yang penting sosialisasi ama orang lain aja disesuaikan. Makan, salaman, dadah, memberikan/ menerima sesuatu…

  15. Biasanya yang kidal ini memang penting banget dilatihh menggunakan tangan kanan untuk makan ya. Untuk menulis masih bisa deh menggunakan tangan kiri tapi kalo makan rasanya enggak enak dilihat kan mbak. Aku punya beberapa anak murid yang memang left handed way juga di sekolah.

  16. anak kidal memang butuh perhatian khusus dari para orang tua. dengan peralatan spesial yang disesuaikan tentu akan menambah semangat mereka untuk belajar berbagai hal. misalnya saja gitar untuk belajar musik…. artikelnya keren mbak hani… 🙂

  17. Anak kidal memang butuh perhatian khusus, namun lebih dari itu mereka butuh apresiasi khusus. Jangan disalah-salahkan dan dipaksa untuk menggunakan tangan kanannya. Kecuali untuk hal yang berkaitan dengan adab seperti yang sudah Mbak Hani tulis

  18. Wah, ini ilmu yang penting banget buat orangtua dan pengajar. Ketika menemukan anak kidal, kalau kita memaksa dia memakai tangan kanan justru akan membuat dia stress dan mungkin ada gangguan di otaknya, lebih bijak untuk mengajarkan secara pelan-pelan. Anak kidal yang bisa memakai tangan kanan dengan baik tentu artinya otaknya berperan dengan baik

  19. Kalau saya liat orang luar kayak Amerika banyak yang pakai tangan kiri. Baik itu menulis atau makan. Kalau di Indonesia pakai tangan kiri tidak dianjurkan karena kebanyakan pakai tangan kanan. Makan pakai tangan kanan. Peralatan seperti gunting seperti di atas juga si buat agar mudah dipegang dengan tangan kanan.

    Btw di tempat saya ada juga orang kidal. Tapi kalau makam ya pakai tangan kanan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *