5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kursus Bahasa Inggris

kursus bahasa inggris kid id

“Apakah anakku sudah butuh kursus bahasa inggris?”
English Course sudah lazim diikuti oleh anak-anak. Mama Papa bisa memilih, ada yang fokus pada grammatical dan penambahan vocabularies.
Akan tetapi, ada pula yang mengajarkan conversation dan fokus pada komunikasi secara audio. Karena kemampuan speaking adalah sangat diperlukan oleh anak-anak, agar mereka kelak bisa bicara di depan forum internasional.
Nah, bagaimana Mama Papa memilih English Course untuk anak? Jangan asal pilih ya. Karena jika salah, anak-anak malah malas untuk belajar bahasa inggris. Padahal tujuan Mama Papa pasti baik, karena ingin mereka maju dan mahir speaking.
Kali ini saya akan memandu cara untuk memilih English Course yang baik untuk anak-anak:

Bagaimana Cara Memilih Kursus Bahasa Inggris yang Baik?

1 – Pengajar Native Speaker

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih kursus bahasa inggris untuk anak
Image credit: freepik

Jika Mama Papa ingin agar anak-anak langsung cas-cis-cus speaking-nya, maka bisa memilih tempat kursus bahasa Inggris yang pengajarnya native speaker alias penutur asli bahasa Inggris. Misalnya ia berkebangsaan Amerika atau Australia.
Pengajar native speaker akan memberi contoh cara berbicara bahasa inggris yang baik. Selain itu, ia bisa mengoreksi ketika anak-anak belum bisa mengucapkan suatu kata dalam bahasa inggris dengan benar.
Wah, anak-anak pasti senang karena ia punya pengalaman berbicara dengan guru yang menggunakan bahasa inggris dalam sehari-hari. Sehingga akan semangat untuk berangkat ke tempat kursus.

2 – Kurikulum yang Sesuai dengan Kebutuhan Anak

Metodenya belajar bahasa inggris harus tepat
Image credit: freepik



Sebelum mendaftar, cek dulu ya Mama Papa. Apakah tempat kursusnya memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan anak?
Karena anak-anak lebih senang saat cara pengajarannya sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan sampai anak diajari kata-kata yang mudah, seperti biru itu bahasa inggrisnya blue, merah itu red, dll. Padahal ia sudah kelas 4 SD. Pengajaran ini terlalu mudah untuk mereka.
Sebaliknya, Mama Papa jangan memasukkan anak-anak ke kursus bahasa inggris yang materinya sulit. Misalnya anak kelas 1 SD sudah diajari future tense. Ia akan bingung karena tak tahu maksudnya.
Karena untuk anak seusianya, lebih cocok untuk penambahan vocabulary. Misalnya nama-nama benda di ruang tamu dalam bahasa inggris, dll.

3 – Lokasi Kursus

Tempat kursus yang bersih jadi salah satu pertimbangan dalam memilih tempat kursus bahasa inggris
Image credit: freepik



Tempat kursus juga wajib diperhatikan ya Mama Papa. Jangan sampai terlalu jauh dari rumah atau sekolah, dan anak-anak terlalu capek di jalan. Jika bisa, tempat kursus jaraknya tak sampai 5 KM dari sekolah. Sehingga pulang sekolah bisa langsung les di sana.
Sebelum Mama Papa mendaftar, pastikan tempatnya strategis dan memiliki parkiran yang memadai. Apalagi jika tiap hari pakai mobil. Anak-anak tak akan kesulitan mencari mobil milik Mama Papa di parkiran depan tempat kursus.
Selain itu, kebersihan tempat kursus juga harus dilihat baik-baik ya Mama Papa. Karena anak-anak akan belajar di sana, setidaknya seminggu sekali. Jika tempatnya bersih, pasti mereka akan merasa nyaman dan semangat untuk belajar bahasa inggris.

4 – Lebih Banyak Materi atau Praktek?

Lebih baik banyak praktek daripada teori saat kursus bahasa inggris
Image credit:freepik.com

Sumber foto:Mama Papa juga wajib mencari tahu, apakah di tempat kursus bahasa inggris lebih banyak teori atau praktek? Jangan sampai les membosankan karena anak-anak hanya disuruh menghafalkan 16 tenses dan materi-materi lain.
Sebaliknya, Mama Papa mencarikan tempat kursus yang lebih banyak praktek. Karena bahasa inggris memang harus dipraktekkan tiap hari agar lancar, bukan? Misalnya anak-anak praktek menyanyi dalam bahasa inggris, bermain drama, dll.

5 – Metode Pengajaran yang Menyenangkan

learning english must be fun
Image credit:freepik.com

Mama Papa juga bisa memilih tempat les yang memiliki metode pengajaran bahasa inggris yang menyenangkan. Misalnya, sang guru mengajak anak-anak untuk main educational games, english camp, outbond, dll. Jadi mereka akan menyukai bahasa inggris, karena cara belajarnya menyenangkan.
Metode yang menyenangkan itu penting lho, Mama Papa. Karena saat otak anak merasa rileks, materi akan lebih mudah masuk. Sehingga ia akan mahir berbahasa inggris dalam waktu cepat.

Pertanyaan yang sering ditanyakan:

Apakah Mendaftarkan Anak ke Tempat Les Bahasa Inggris otomatis membuat mereka Pandai Speaking?
Tempat les hanya salah satu tempat untuk latihan. Mama Papa tentu ingat bahwa practice makes perfect? Di rumah, ajak anak-anak untuk mengulangi pelajaran saat kursus dan mereka akan jadi mahir.

Apakah Les Bahasa Inggris yang Bagus Harus Mahal?

Mahal atau tidaknya les bahasa inggris itu relatif, ya Mama Papa. Kalau metode pengajarannya bagus dan gurunya native speaker, maka SPP les di atas 200.000 per bulan sudah worth it.
Akan tetapi, perlu dilihat lagi kurikulum dan cara pengajarannya. Jangan sampai sudah bayar mahal, eh cara mengajarnya asal-asalan. Oleh karena itu, ikutilah kelas free trial, agar Mama Papa tahu metode pengajarannya. Cocok atau tidak dengan anak-anak.

Bagaimana cara mengetahui tempat les bahasa inggris yang baik dan harganya sesuai kantong? Jangan khawatir, Mama Papa bisa cek di Kiddo.id.

Kiddo adalah platform ticketing yang membuat Mama Papa senang, karena tahu informasi kursus bahasa inggris mana yang bagus dan recommended. Platform ini menghubungkan antara orang tua dengan tempat kursus, sehingga memudahkan Mama dan Papa.

Selain itu, Kiddo memiliki banyak mitra, sehingga Mama Papa bisa memilih kursus bahasa inggris yang mana. Ada pula Kiddo Point yang bisa dipakai di pembayaran selanjutnya. Mama Papa juga bisa membaca konten parenting di Kiddo.

Jadi bagaimana Mama Papa, sudah siap untuk mencarikan kursus bahasa inggris yang baik untuk anak-anak? Cek saja di platform Kiddo dan dapatkan informasinya dalam beberapa kali klik. Mama Papa tak perlu capek survey tempat les bahasa inggris yang cocok untuk anak-anak.

17 tanggapan pada “5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kursus Bahasa Inggris”

  1. Pas banget ni buat ortu online kayak aku bun. Hehehe.. di saat ga bisa ke mana mana sekolah anak-anak ttp jalan ya. Termasuk belajar bahasa Inggris gini. Kan capek kalo mamak hrs ngajarin sendiri. Pake kiddo.id semua jadi hepi

  2. Hmm, bagus nih. Dulu pas di pesantren aku juga belajar bahasa Inggris dan Arab pakai Native Speaker.
    Langsung dari Australia dan Mesir ☺

  3. Saat ini memang kebutuhan berbahasa Inggris semakin tinggi dan Kiddo.id adalah platform untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Tidak hanya bermanfaat untuk keperluan sekolah namun juga untuk berkomunikasi dengan orang asing.

  4. Si Najwa juga setahun ini belajar English online aja, tp pengin juga nyari lembaga yg lebih pro, tentunya yang onlen2 juga, trus yang ada native-nya

  5. Sebagai warga masyarakat global, kebutuhan akan bahasa Inggris memang harus difasilitasi sejak dini. Salah satunya dengan kursus bahas Inggris. Selain belajar otodidak, memilih tempat kursus bisa sangat membantu. Keren banget ya kiddo.id ini. Meneydiakan informasi seputar tempat kursus yang bagus. Jadi refernesi nih buat ayah bunda. 🙂

  6. Diriku langsung merasa tertarik ini, hehehe. Apalagi dikasih tahu kalau anak-anak kelas 1 SD itu yang diperlukan itu adalah vocabulary dulu. Kira-kira harganya terjangkau, kah ini?

  7. Betul sih, kalau mau masukin anak ke tempat les apapun termasuk les bahasa Inggris harus cari yang pakai metode pembelajaran yang menyenangkan dan atraktif. Anak-anak pasti cepat memahami dan akan mengingat lebih lama. Kalau Kiddo.Id punya program yang seperti itu, fix recommended banget berart untuk anak-anak.

  8. Sering kali kita mengabaikan masalah siapa pengajarnya ya, karena kalau gurunya orang eropa atau amerika secara langsung, jadi lebih maksimal untuk pembelajarannya.

    Betul banget tuh, kalau tersedia paket free trial, sebaiknya bisa ikutan kursus gratis dulu, nanti bisa ambil keputusannya apakah jadi ambil kursus atau tidak.

    Terima kasih atas rekomendasi Kiddo ya, jadi tau nih tempat kursus bahasa Inggris yang mumpuni.

  9. Dulu saya belajar bahasa Inggrisnya pas SMP, tapi anak-anak zaman sekarang dari TK pun ada yang sudah belajar bahasa Inggris. Pasalnya kemampuan bahasa asing sekarang mutlak diperlukan, karenanya mengikuti kursus bahasa Inggris untuk anak sangat direkomendasikan

  10. Saya dulu ikutan berbagai kursus bahasa Inggris, cuma gak lancar-lancar. Mungkin karena gak banyak ptaktek dan interaksi dengan memakai bahasa inggris hehe.
    Tq tipsnya

  11. belajar dari pengalaman yang telat belajar bhs inggrisnya, bsok klo punya anak, pengen ajarin bhs inggris atau masukin ke kursus gitu biar terbiasa hihi

  12. Kalo tujuannya speaking, praktek lebih utama. Sebab speaking hanya butuh konsep you understand I understand, tp sebaiknya seimbang biar grammatical pun paham. Begitu sih menurut saya mbak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *