Macam-Macam Asuransi Mobil, Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Ketika kami pertama kali mempunyai mobil, belum mengenal macam-macam asuransi mobil. Mungkin waktu itu mobil pertama kami, mobil minibus model lama. Belinya juga memakai dana seluruh tabungan kami dan mencari mobil bekas yang berkualitas juga tidak mudah.
Lucu juga mengingat kejadian saat membeli mobil tersebut.
Sore itu saya janjian dengan suami yang sudah menunggu di sebuah fotokopi. Pemilik fotokopi ini yang akan menjual minibus merk Suzuki, 1000cc. Saya naik beca membaca dana yang dibutuhkan dan kami membelinya secara tunai.
Aneh juga ya, kenapa tidak transfer saja…

Tahun berganti akhirnya kami bisa membeli mobil keluaran tahun lebih baru. Barulah kami dikenalkan dengan macam-macam asuransi mobil tersebut.

Seperti kita ketahui, asuransi adalah perlindungan terhadap suatu kejadian yang mungkin akan terjadi. Namanya juga proteksi, berarti ada biaya yang harus kita keluarkan untuk perlindungan tersebut. Seperti halnya pak Satpam di kompleks kita, ada honor yang kita keluarkan secara patungan bersama seluruh penduduk kompleks. Hasilnya selama berbulan atau bertahun kemudian kompleks kita aman, kan bukan berarti honor dikembalikan.
Kan aman ini tidak ada kejadian apa-apa.

Nah, demikian juga dengan polis asuransi mobil yang akan kita pilih bila membeli mobil baru maupun mobil bekas.

Bagi teman-teman yang baru mengenal asuransi mobil, berikut penjelasannya:

1 – Asuransi Mobil All Risk

Pengertian All Risk adalah melindungi dari segala risiko. Sering juga disebut sebagai comprehensive insurance. Artinya bila ada suatu kejadian kerusakan, maka pihak asuransi yang akan membayar biaya akibat kerusakan tersebut.
Contohnya, kerusakan ringan akibat terserempet atau tergores, akibat kecelakaan, hingga kehilangan.

Pernah nih, kami punya mobil KIA ATOZ, tertabrak seorang ibu yang menstarter mobil lupa tidak dalam posisi netral. Akibatnya badan mobil bagian kanan rusak berat.
Memang sih, asuransi yang membayar segala kerusakan, dan suami si Ibu yang membawa ke bengkel. Hanya engga enaknya, saat mobil di bawa ke bengkel, kan saya mengajar terpaksa naik angkot kesana-kemari…

Teman-teman, sering dengar kan banjir yang melanda Jakarta. Atau baru-baru ini banjir bandang yang melanda sebagian kota di Jerman, Belgia, dan Belanda.
Melihat foto-fotonya kerusakannya parah sekali, mobil tumpuk-tumpuk dimana-mana.
Tetapi konon kabarnya, orang Eropa mah woles saja, karena segala kerusakan tersebut ditanggung asuransi.

Asuransi All Risk seperti ini merupakan perluasan dari asuransi jenis yang hanya berupa kerusakan ringan atau akibat kecelakaan berkendaraan.
Asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung?
Jenis-jenis yang ditanggung antara lain, kerusakan disebabkan oleh:

  • Banjir, taifun, badai, dan kerusakan karena air.
  • Kerusuhan.
  • Gempa bumi/Tsunami.
  • Sabotase/Terorisme.
  • Third Party Liability (TPL).
  • Kecelakaan pengemudi.
  • Kecelakaan penumpang.
  • Tanggung jawab hukum terhadap penumpang (TJHP).
  • Kerusakan disebabkan oleh bengkel resmi.

Tentu saja premi dari kerusakan All Risk lebih mahal daripada macam-macam asuransi jenis TLO.

2 – Asuransi Mobil Total Loss Only

Pengertian total loss only, adalah kira-kira “hanya kehilangan total”. Maksudnya klaim asuransi mobil hanya bisa diajukan bila terjadi ‘kehilangan total’, alias mobil kita dicuri gitu.

Seperti kita ketahui, banyak negara yang rawan kejahatan mobil dicuri atau dirampas. Begitu pula dengan di Indonesia, ada merek-merek mobil tertentu yang favorit karena berbagai sebab. Bahkan kejadian mobil dicuri bukan hanya terjadi pada mobil baru, mobil bekas pun sering lebih rawan dicuri. Mungkin karena dijual kembalinya lebih mudah.

Penutup

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, asuransi adalah suatu produk proteksi terhadap kejadian tidak menyenangkan yang mungkin saja terjadi pada kehidupan kita. Tidak terbatas pada asuransi mobil, asuransi juga bisa meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, atau asuransi rumah.
Bahkan pada beberapa profesi atlet, pemain musik, mereka juga mengasuransikan anggota tubuhnya. Misalnya pesepak bola Lionel Messy, Cristiano Ronaldo, atau gitaris Rolling Stones, Keith Richards.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status