Makanan Khas Lombok yang Enak, Kamu Perlu Tahu

  • oleh
makanan khas lombok

Keindahan Lombok menjadi salah satu daya tarik yang mampu mendatangkan banyak wisatawan. Tidak jarang orang-orang pergi ke Lombok untuk berbulan madu setelah menikah. Selain menyajikan pemandangan alam indah tentu saja kulinernya juga luar biasa. Ada berbagai makanan khas Lombok yang mungkin akan membuat kamu ketagihan.
Mulai dari makanan yang terlihat sederhana hingga yang mungkin agak rumit untuk dibuat sendiri. Berikut kita akan membahas mengenai menu atau makanan khas dari Lombok yang enak dan menggugah selera. Simak hingga artikel ini selesai ya!

Daftar makanan khas Lombok

Plecing Kangkung

Makanan yang satu ini bahkan sangat populer jika kamu pergi ke rumah makan yang ada di Lombok. Meski terlihat sederhana akan tetapi makanan ini begitu memiliki cita rasa yang lezat. Makanan ini dibuat dengan bumbu garam, cabai rawit, tomat juga terasi. Bahkan karena pedasnya kamu akan ketagihan. Biasanya plecing kangkung disajikan bersama taburan kacang goreng juga tauge.

Ayam Taliwang

Makanan ini rasanya sudah sangat populer sekali. Biasanya ayam yang digunakan untuk memasak ayam taliwang ini ialah ayam yang masih muda. Wajar jika dagingnya masih begitu lembut juga mudah dilepaskan dari tulangnya. Terdapat dua jenis ayam taliwang yang dapat kamu nikmati. Yakni ayam taliwang bakar dan goreng. Sensasi rasa pedas yang disajikan pada makanan ini juga akan membuat selera makan menjadi naik.

Nasi Balap Puyung

Kuliner lezat asal Lombok ini akan membuat kamu ketagihan. Pasalnya rasa pedas dari kuliner ini mampu membuat selera makan seketika naik. Nasi balap puyung ini dijadikan dengan ayam suwir, kacang kedelai, cabai, udang rebon keding, abon hingga belut. Wajar deh jika untuk membayangkannya saja membuat kita meneteskan air liur.

Sate Bulayak

Makanan dari Lombok ini mungkin memang mirip sate Madura. Hanya saja, lontong yang disajikan tidak sama seperti lontong pada sate Madura. Pada sate bulayak, lontongnya dibuat dengan membungkusnya menggunakan daun aren. Lebih unik lagi karena bentuk lontong berbentuk spiral.
Sate yang satu ini biasanya menggunakan daging sapi. Selain itu, cara penyajiannya juga menggunakan sambal khas suku Sasak. Bahkan untuk cara memakannya juga sangat unik karena tidak menggunakan sendok maupun garpu melainkan langsung dengan tangan.

Sayur Ares

Bagi sebagian orang mungkin makanan ini sedikit aneh. Pasalnya makanan ini dibuat dengan bahan utamanya ialah pelepah pisang muda. Untuk rasa makanan ini bukan pedas melainkan perpaduan rasa manis juga gurih. Makanan ini dibuat dengan tambahan santan.

Sate Rembiga

Makanan khas daerah Lombok lainnya ialah sate rembiga. Sate ini juga dibuat dari daging sapi yang berasal dari Lombok itu sendiri. Daging sapi asal Lombok memang cendrung lebih lembut juga lebih nikmat karena sapi yang tidak mudah stres. Kuliner ini memiliki cita rasa mulai dari gurih, manis hingga utamanya ialah rasa pedas.

Sate Tanjung

Sate ini mungkin sedikit berbeda dari sate-sate pada umumnnya. Pasalnya sate ini dibuat dengan bahan utamanya ikan Cakalang. Perpaduan rempah dan santan pada sate ini membuatnya memiliki cita rasa yang gurih. Untuk mendapatkan sate ini kamu pergi pergi ke pasar Tanjung.

Kesimpulan

Indonesia kaya akan aneka makanan khas daerah, kaya rempah, dan mempunyai ciri keunikan cita rasa masing-masing. Demikianlah ulasan kita mengenai makanan khas Lombok. Melalui berbagai ulasan di atas rasanya Lombok menjadi tempat yang cocok untuk digunakan sebagai tempat berlibur bukan? Jadi, ingin mencoba kuliner apa dari Lombok? Semoga keadaan segera membaik dan kita dapat berlibur ke Lombok ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *