Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh

Akhir-akhir ini di timeline Instagram saya seliweran tentang manfaat kolagen bagi kesehatan tubuh. Kolagen yang ditawarkan tersebut berupa suplemen bentuk kapsul berwarna ungu.
Saya tidak tahu juga kenapa seliweran kolagen di timeline, padahal tidak mengonsumsi kolagen.
Pernah juga sih penasaran, benarkah kolagen bisa membuat kulit lebih kenyal atau gimana.

Apa itu kolagen

Menurut Web Med Helth (dot) com, kolagen adalah protein yang bertanggung jawab untuk kesehatan sendi dan elastisitas kulit, atau kelenturan. Kolagen terdapat di tulang, otot, dan darah, mengisi tiga perempat kulit kita dan sepertiga protein di tubuh.

Seiring bertambahnya usia, kolagen yang ada akan rusak, dan semakin sulit bagi tubuh untuk memproduksinya lebih banyak. Akibatnya, banyak orang beralih ke suplemen kolagen. Suplemen ini biasanya berbentuk bubuk, meskipun ada juga kapsul dan suplemen cair yang tersedia.

Kolagen juga diproduksi secara alami di dalam tubuh dengan menggabungkan asam amino, bahan penyusun protein yang ditemukan dalam makanan. Untuk menghasilkan kolagen, tubuh kita membutuhkan beberapa elemen dan mineral berikut:

  • Prolin: ditemukan dalam putih telur, produk susu, kubis, jamur, dan asparagus
  • Glisin: ditemukan dalam kulit babi, kulit ayam, dan gelatin, serta berbagai makanan kaya protein lainnya
  • Vitamin C: ditemukan dalam buah jeruk dan paprika
  • Seng: ditemukan dalam daging sapi, domba, babi, kerang, buncis, lentil, kacang-kacangan, susu, keju, dan berbagai kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Tembaga: ditemukan dalam jeroan, bubuk kakao, kacang mete, biji wijen, dan lentil

Kenali Manfaat Kolagen Bagi Tubuh

Kolagen selain diperoleh melalui makanan, ada juga informasi diperoleh melalui suplemen kolagen, seperti yang sering muncul di timeline saya. Walaupun demikian masih menjadi perdebatan, apakah kolagen memang benar-benar menjanjikan manfaat seperti yang dipromokan.

Berikut beberapa manfaat kolagen bagi kesehatan yang sering kita baca di media sosial.

1 – Tulang yang Lebih Kuat

Seiring bertambahnya usia, tulang kita terutama perempuan, menjadi kurang padat dan lebih rapuh, lebih mudah patah dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen kolagen harian dapat membantu membuat tulang lebih padat, memperlambat proses penuaan yang membuatnya rapuh, dan membantu tubuh Anda menghasilkan tulang baru.

2 – Meringankan Nyeri Sendi

Seiring bertambahnya usia sering juga didera dengan nyeri sendi, hal ini bisa disebabkan menurunnya kadar kolagen. Kolagen berperan dalam kesatuan tulang rawan yang melindungi sendi. Itu sebabnya pada penderita osteoarthritis, suplemen kolagen berpotensi meredakan osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

3 – Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen membentuk 75% dari berat kering kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, lapisan dalam kulit akan kehilangan kolagen dan menjadi kurang kenyal serta lebih rentan terhadap kerusakan.

Beberapa penelitian makanan kaya kolagen dapat mengurangi keluhan akibat berkurangnya kolagen tersebut. Penemuan suplemen kolagen ternyata juga bermanfaat membantu asupan kolagen yang tidak bisa diperoleh dari makanan.

Studi menyimpulkan suplemen umumnya aman dan dapat meningkatkan elastisitas kulit, mencegah hidrasi, dan memertahankan kepadatan dan kekenyalan kulit.

Kesimpulan

Pada makanan sehari-hari, kolagen terdapat pada jaringan ikat hewan-hewan. Protein hewani seperti kulit ayam, ceker ayam, daging dan kulit sapi, dan sumber protein ikan dan kerang merupakan sumber kolagen.

Makanan yang mengandung kolagen, seperti kaldu ayam, juga kaya akan zat pembentuk kolagen.

Suplemen kolagen walaupun dapat membantu suplai kolagen bagi tubuh, harus diperhatikan kandungan bahan dasarnya supaya tidak menyebabkan efek samping. Beberapa orang yang alergi akan hidangan laut, ada kemungkinan akan alergi terhadap kolagen yang terbuat dari ikan atau kerang.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.verywellhealth.com/

4 tanggapan pada “Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Tubuh”

  1. Tulisan yang informatif sekali. Kolagen ternyata bisa didapat dari makanan yang mudah dicari seperti yang disebutkan di tulisan ini. Saya pernah baca juga, kolang-kaling juga mengandung kolagen, ya?

  2. Aku kalau denger kata kolagen langsung ingetnya antiaging dan kulit muka yg glowing hehehe. Ntahlah kenapa begitu otakku. Yang jelas emang kolagen ini bagus banget utk menjaga kesehatan kita secara umum. Dan akupun sampe sekarang belum pernah minum supplement kolagen. Next mungkin akan mulai kepikiran deb buat nyobain. Apalagi umur makin nambah ehehehe

    1. Oh iya Bun baru inget. Tahun ini aku bakalan officially 40++ hahahaha. Jadi berasa butuh banget deh nambah kolagen biar tetep sehat dan cantik.

      Nggak rela aja kalau muka mulai banyak kerutan. Kan maunya looks younger terus wkwkwk

  3. Mengingat manfaatnya penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen. Protein hewani seperti kulit ayam, ceker ayam, daging dan kulit sapi, dan sumber protein ikan dan kerang merupakan sumber kolagen. Dan jika ternyata tak bisa memenuhi bisa konsumsi suplemennya. Informatif artikelnya…Thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *