Inilah Manfaat Perahu Karet Murah Untuk Berbagai Keperluan

  • oleh
manfaat perahu karet

Perahu karet murah untuk berbagai keperluan atau multipurpose inflatable boat atau rubber dinghy adalah perahu yang bisa dikempiskan bila tidak digunakan. Tentunya bila akan digunakan kembali harus dikembangkan kembali.

Fungsi dan Manfaat Perahu Karet

Perahu berbahan dasar karet merupakan alat transportasi singkat di air yang memiliki manfaat sangat banyak bagi kehidupan manusia. Materialnya yang lentur dan kuat serta bentuknya yang lapang cukup untuk kapasitas 6 hingga 10 orang.

Berikut adalah manfaat perahu karet murah yang perlu kalian ketahui:

1 – Sebagai Alat Bantu Keadaan Darurat

Musim hujan seperti sekarang ini hati-hati terjadi banjir di tempat tinggal kalian. Nah, kalau sudah banjir dan merendam perumahan setinggi dua meter, pertolongan pertama adalah mengevakuasi orang dengan perahu karet. Selain itu tim SAR bisa mondar-mandir memberikan bantuan makanan dan obat-obatan.

2 – Sebagai Sekoci Pada Kapal-kapal Besar

Sekoci-sekoci penyelamat pada kapal besar merupakan kewajiban dan SOP untuk menyelamatkan penumpang bila terjadi masalah pada kapal.
Persediaan sekoci bentuk dan besarnya biasanya sudah diatur jumlahnya, agar cukup untuk seluruh penumpang. Di dalam sekoci juga biasanya tersedia bahan makanan untuk keadaan darurat.

3 – Untuk Keperluan Wisata

Indonesia kaya dengan potensi wisata alam dan wisata air yang penuh tantangan, contohnya adalah arung jeram. Akhir-akhir ini wisata yang memaci adrenalin ini cukup digemari, oleh sebab itu membutuhkan perahu karet yang lentur tetapi juga tidak mudah terbalik.
Lambung yang kembung dan disertai material yang kuat membuat perahu karet untuk wisata tahan terhadap benturan batu dan pinggir arum jeram.

4 – Untuk Penjaga Pantai

Bila kalian wisata ke pantai, tanpa disadari ada petugas yang mengawasi obyek wisata tersebut. Perahu karet sangat diperlukan bila terjadi musibah wisatawan terserat ombak hingga ke tengah laut.

Biasanya penjaga pantai akan memperingatkan wisatawan yang berenang terlalu ke tengah. Bisa juga mereka menaiki perahu karet sesekali kontrol dan mengawasi tepi pantai.

Jenis-Jenis Perahu Karet

Desain perahu karet biasanya semua keliling lambungnya berbahan karet. Ada bermacam-macam jenis karet yang bisa dipakai sebagai material pembuatan perahu.

Material tersebut antara lain:

  • Hypalon atau Chlorosulfonated Polyethylene(csm)
  • PVC (polyvinyl chloride)
  • PU (Polyurethane)

Dari bentuk dan material lambungnya, perahu karet bisa didesain sesuai keperluan di lapangan.

1 – Inflatable Kayak

Inflatable Kayak
inflatable kayak

Memiliki bahan dasar yang ramah lingkungan yaitu Nutrilon, Hypalon, serta PVC. Perahu tersebut dirancang dengan beberapa keunggulan yang dapat membantu penggunanya agar lebih nyaman ketika digunakan. Desainnya langsing mirip bentuk kayak seperti yang kita ketahui. Ada yang digunakan hanya untuk satu orang, ada pula yang bisa membawa dua orang.

2 – Perahu Karet Inflatable Raft

Perahu karet jenis ini sering dipakai untuk arung jeram dan muat menampung antara 4-5 orang. Dalam penggunaanya, jenis perahu ini memerlukan dayung untuk dapat bergerak di air. Karena tidak menggunakan mesin tempel, inflatable raft hanya untuk keperluan ringan dan jarak pendek. Bahan dasar perahu terbuat dari PVC dengan lantai perahu yang tidak terlalu kuat.

3 – Landing Craft Rubber Boat

Landing Craft Rubber Boat merupakan jenis perahu yang sering digunakan untuk keperluan evakuasi seperti banjir. Sehubungan dengan kegunaannya tersebut, maka bahan yang digunakan juga harus kokoh dengan lantai aluminium.
Beberapa kelebihan dari Landing Craft Rubber Boat di antaranya adalah dilengkapi dengan mesin tempel, cocok dimanfaatkan pada keperluan militer, dan lebih kokoh.

4 – Rigid Buoyancy Boat

Perahu yang memiliki fasilitas galangan adalah jenis Rigid Buoyancy Boat. Biasanya ini digunakan untuk membantu dalam penyelamatan, operasi serta keamanan khusus.
Rigid Buoyancy Boat juga dilengkapi dengan tabung yang berasal dari aluminium agar tingkat keamanannya lebih tinggi serta memudahkan dalam perawatannya.

5 – Rigid Inflatable Boat

Rigid Inflatable Boat

Rigid Inflatable Boat sering disingkat sebagai kapal RIB merupakan perahu karet yang paling kokoh. Material perahu karet lambung kaku ini terbuat dari Hypalon, PVC atau Glassfibre Reinforced Polyester (GRP) serta aluminium pada bagian lantainya.

Rigid Inflatable Boat dilengkapi dengan tube sebagai pelampungnya agar daya apungnya tetap terjaga.  Jenis perahu tersebut biasanya digunakan ketika operasi khusus, pemadam kebakaran, SAR, patroli, serta beberapa keperluan lainnya.
Untuk keperluan militer atau SAR perahu juga dilengkapi dengan radar untuk pencarian sasaran.

Penutup

Nah, teman-teman sudah jelas ya sekarang, perahu karet sangat banyak variasi dan fungsinya.
Bila kalian ingin membeli perahu karet tersebut pastikan materialnya prima dan tidak mudah rusak. Tempat jual perahu karet tersebut dapat kalian cek di marketplace, website, atau instagram yang menawarkan perahu karet murah.

Selain itu kalian juga harus tahu cara merawat dan menyimpan perahu karet tersebut bila akan disimpan dalam waktu lama. Apalagi perahu resque boat yang hanya digunakan dalam keadaan darurat, perawatan agar tidak tergores atau kena benda tajam harus benar-benar diperhatikan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *