Peran Ayah Menghadapi Baby Blues Bunda

  • oleh
menghadapi baby blues

Teman-teman, apa peran Ayah menghadapi baby blues Bunda? Menjadi orang tua adalah dambaan bagi setiap pasangan suami istri di dunia. Meskipun peran sebagai orang tua merupakan salah satu peran yang tidak mudah dijalankan oleh semua orang akan tetapi tetap hal yang diidam-idamkan. Bagi Bunda tentu tidaklah mudah karena banyak hal yang berubah dan tentunya mempengaruhi emosi. Apalagi keadaan Bunda yang pastinya jauh lebih sibuk mengurus si buah hati mengakibatkan bunda kelelahan dan kurang tidur. Hal tersebut tentunya akan dengan mudah memicu stress yang mampu membangkitkan beberapa kondisi baby blues, postpartum depression, dan postpartum anxiety setelah persalinan.

Dari 3 kondisi yang bisa dialami oleh Bunda paska melahirkan salah satu yang paling sering ditemukan yaitu baby blues. Baby blues adalah kondisi dimana rasa gundah dan sedih yang berlebihan dan mucul disebabkan kelelahan paska proses persalinan. Kondisi tersebut memang tidak akan berbahaya bagi Bunda tapi jika tidak di perhatikan dengan baik itu mampu membahayakan kondisi si buah hati. Kecemasan yang berlebihan akan semakin sering muncul jika kondisi tersebut tidak segera ditangani dengan baik.

Untuk mengatasi kondisi baby blues Bunda dapat meminta bantuan dari ayah untuk beberapa hal, beberapa solusi yang bisa ayah lakukan untuk membatu Bunda yaitu:

1.Berbagi tugas dengan ayah

Bunda dapat membagi tugas kepada ayah, agar bisa mendapatkan waktu luang untuk beristirahat. Beberapa tugas seperti mencuci botol susu dengan sabun pencuci botol bayi, memandikan, ataupun mengajak si bayi bermain. Beberapa tugas membersihkan peralatan-peralatan menggunakan sabun cuci botol bayi memang terdengar mudah tapi sangat membantu bagi bunda.

2.Meminta support ayah

Pada hakikatnya support ayah merupakan salah satu sumber semangat untuk para bunda baru dalam mengurus si kecil. Apalagi jika bayi sakit seperti perut bayi kembung, tingkat kecemasan bunda akan berkali-kali lipat karena merasa itu kesalahannya. Peran ayah untuk memberikan support dan pujian mampu membuat bunda jauh lebih tenang.

3.Curhat dengan ayah

Pada saat-saat seperti ini ayah harus selalu hadir untuk mendengarkan segala keluh kesah bunda. Tentunya tidak mudah untuk menjadi pendengar yang baik bagi bunda yang berkeluh kesah dengan cara ngedumel atau marah-marah akan tetapi komunikasi perlu dibangun agar bisa mencari solusi untuk setiap permasalahan.

Kesimpulan

Menjadi orang tua merupakan pengalaman tak tergantikan olah ayah dan bunda. Apalagi untuk anak pertama, kedua orang tua sama-sama tidak ada pengalaman untuk itu. Tapi saling bahu membahu dan pengertian dari ayah, maka emosi naik turun dari Bunda dapat diminimalis. Sehingga menghadapi baby blues dapat diredam dan kedua orang tua membersamai sang Buah Hati dengan santai dan happy.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *