28/10/2020
mobil suzuki karimun wagon

Spesifikasi Mobil Suzuki Karimun Wagon, Si Mungil yang Keren

Industri otomotif kini semakin ketat persaingannya. Dengan banyaknya mobil baru yang dikeluarkan semakin menambah pula pilihan. Salah satu nya adalah mobil yang dikeluarkan PT Suzuki Indo Sales Mobil, yaitu mobil Suzuki Karimun Wagon. Pertama kali dirilis pada tahun 1999 yang langsung menjadi perhatian masyarakat karena modelnya yang keren seperti mobil Eropa.
Suzuki Karimun Wagon juga sangat digemari jika dipakai sebagai mobil keluarga. Mobil ini memang memiliki ukuran mungil yang cocok bagi keluarga kecil. Selain itu, Suzuki Karimun Wagon juga cocok untuk anda gunakan di jalanan kota karena mobil ini juga memiliki maneuver yang cukup lincah dan irit bahan bakar. Lalu, bagaimana dengan spesifikasi Suzuki Karimun Wagon?

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon

Jika kita melihat perkembangan dari City Car di Indonesia, tentu saja ingatan kita akan langsung tertuju pada salah satu jenis mobil andalan dari Suzuki yang sempat tenar dan menjadi salah satu kendaraan primadona pilihan masyarakat Indonesia, tidak lain dan tidak bukan adalah mobil Suzuki Karimun.

Suzuki Karimun Wagon pernah mengalami beberapa perubahan dari awal rilis pada tahun 1999 hingga sekarang yang sudah mencapai ke generasi terakhir Suzuki Karimun Wagon. Suzuki Karimun Wagon merupakan salah unit LCGC yang akan bersaing dikalangan mobil murah di Indonesia.
Dengan keunikan dan juga performa yang dihasilkan oleh Suzuki Karimun Wagon, mampukah Suzuki Karimun Wagon bersaing dengan mobil lain yang sepasaran? Suzuki memang menargetkan Suzuki Karimun Wagon bagi keluarga sebagai kendaraan pribadi mereka. Berikut merupakan spesifikasi Suzuki Karimun Wagon.

1 – Bagian Desain Mobil

Suzuki Karimun Wagon pada sisi eksteriornya mengusung gaya seperti versi sebelumnya yang sangat ringkas dan minimalis, serta fisik mobil yang unik seperti mobil Eropa. Pada bagian depan, mobil ini sudah dilengkapi dengan headlamp berteknologi blue eyes serta menggunakan lampu utama yang sudah LED.
Pada bagian belakang mobil, Karimun menggunakan konsep desain city car yang terlihat dari Stop Lamp Rear yang dirancang khusus seperti kotak yang menyempit mengikuti alur dari lekuk body, terakhir konsep tersebut semakin disempurnakan dengan adanya rear garnish yang membuat mobil ini semakin mewah.

2 – Interior Mobil

Mobil LCGC memang terkenal dengan ruang kabin yang sempit. Namun, berbeda dengan Suzuki Karimun Wagon yang mempunyai kabin yang cukup luas di dalamnya. Sehingga memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya, terutama berkendaraan aman bersama anak-anak.
Walaupun pada bagian interior masih menggunakan desain yang sederhana, namun untuk ruangan kabin pada mobil ini mempunyai cita rasa mobil city car yang cukup modern pada kelasnya.
Begitu juga pada bagian panel instrumen yang tertata rapi dan tidak memiliki banyak panel indikator kecuali untuk tipe karimun Wagon R varian GX dan GL yang sudah dilengkapi dengan adanya panel cluster meter.

3 – Mesin

Suzuki Karimun Wagon memiliki dapur pacu yang bertipe mesin K10B, DOHC 12 katup dengan 3 silinder garis. Suzuki Karimun Wagon memiliki kapasitas mesin 998 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 68 Ps pada 6200 rpm dan menghasilkan torsi maksimal 90 Nm pada 3500 rpm.
Suzuki Karimun Wagon memiliki transmisi manual yang bisa membuat pengemudi merasakan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin. Selain itu, Suzuki Karimun Wagon juga diklaim irit bahan karena disematkannya teknologi Electronic Control Unit.

4 – Fitur Kenyaman dan Keamanan

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam sebuah mobil adalah kenyamanan dan keamanan. Suzuki Karimun Wagon memiliki fitur standar yang biasa mobil lain milik dikelasnya.
Fitur keamanan yang Suzuki Karimun Wagon miliki adalah sabuk pengaman yang sudah ELR (emergency locking retractor) yang mengunci otomatis ketika adanya benturan.
Mobil ini juga sudah memiliki child proof rear door locks di bagian belakang mobil. Selain itu, Suzuki Karimun Wagon memiliki 2 Din Audio, Sensor Parking, ABS, dan AC Double Power.

Dengan harga mobil Suzuki Karimun Wagon yang sangat murah, kapan lagi kita bisa mendapatkan mobil city car modern seperti itu?

Bandung, 15 Agustus 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

5 thoughts on “Spesifikasi Mobil Suzuki Karimun Wagon, Si Mungil yang Keren

  1. Makin ke sini produk mobil baru makin lengkap fiturnya. Outolock seatbelt itu salah satu contohnya yang bikin saya suka dari si mungil karimun ini. Memang sih, agak canggung kalau naik mobil kecil soalnya keluarga kami berenam, biasa naik truck, haha..maksudnya mobil dengan tempat duduk yang banyak. Thanks mbak Hani, siapa tahu nanti dapat kado ulang tahun mobil dari suami. Hihi…

  2. Kemarin di salah satu situs beli ada yang iklanin mobil Suzuki Karimun Wagon, dari rumah sudah niat beli eh begitu sampai di tempat ternyata sudah deal sama konsumen lain. Batal deh. Tipe ini enak, minimalis dan harganya juga relatif terjangkau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *