Model Baju Tunik Big Size

model baju tunik big size

Baju tunik big size merupakan model baju tunik yang sering dicari oleh perempuan yang berbadan tinggi besar. Baju tunik dianggap paling sesuai karena desainnya simpel, lurus dan tidak membuat lekukan pada badan. Sebenarnya ukuran badan besar atau big size tidak selalu berarti gemuk, tetapi masih proporsional antara tinggi badan dan tampilan secara keseluruhan.

Baju tunik awalnya merupakan pakaian yang dikenakan orang Yunani Kuno, Romawi Kuno, dan Kekaisaran Romawi Timur. Pakaian ini disebut tunica. Waktu itu di Romawi Kuno, tunik adalah pakaian pria dan anak laki-laki. Pria muda dan prajurit mengenakan tunik berwarna putih yang panjangnya hanya sampai di atas lutut. Pria yang lebih berumur, bangsawan, dan hakim mengenakan tunik hingga sampai di pergelangan kaki. Di atas tunik dikenakan toga.

Fashion berkembang, tunik tidak hanya dipakai kaum pria, wanita pun menggemari model baju ini. Boleh dibilang baju tunik merupakan baju santai karena potongannya longgar dan mudah untuk dipakai beraktivitas. Potongannya pun lurus saja, dengan panjang disesuaikan, apakah ingin di atas lutut atau di bawah lutut. Bawahannya pun ada yang merupakan celana panjang dengan pipa celana sempit, kulot atau rok panjang.

Antara Big Size dan Gemuk

Ukuran baju bervariasi sejak bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Ukuran baju tergantung pada bentuk badan dan proporsi secara keseluruhan yang sudah tampak sejak bayi dan anak-anak.

Ada anak-anak yang bertubuh kurus dan gemuk, ada yang tinggi atau pendek. Ada juga tinggi kurus, tinggi gemuk, kecil kurus, dan lain-lain. Semua itu tentunya membutuhkan ukuran baju yang berbeda dan harus dijahit dengan benar.
Jangan sampai terlihat sempit atau sebaliknya gombrong karena kebesaran.

Kriteria Ukuran Baju

Kriteria ukuran baju mulai dari yang kecil hingga besar, disingkat dari S (small), M (medium), L (large). Untuk ukuran di luar itu diberi imbuhan X (extra), jadi ada XS (extra small), kemudian XL (extra large).

Big size dimulai XL dan ukuran-ukuran di atasnya, misalnya XXL, XXXL, dan seterusnya.
Berikut ukurannya:

standar ukuran baju perempuan

Kriteria kegemukan juga dapat diukur dari berat badan. Disebut ideal bila berat badan memenuhi rumus (tinggi badan – 100) x 1 kg. Misalnya, tinggi badan seseorang 155 cm, maka berat badan idealnya (155-100 kg) adalah 55 kg.

Pilihan Model Baju Tunik Extra Large

Baju tunik merupakan model baju yang tak lekang oleh zaman, tetap digemari walaupun waktu berlalu. Mungkin perbedaan ada pada detail, pilihan motif, dan warna yang memang berganti tiap tahun sesuai trend.
Perempuan bertubuh besar memang harus hati-hati dalam memilih model tunik, supaya tidak terlalu mencolok hingga nampak aneh, karena ukuran tubuh besar dibanding sekitarnya sudah cukup menarik perhatian.

Desain baju tunik dianggap desain yang paling sesuai segala bentuk badan, karena simpel dan tidak sulit membuatnya.
Hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Pilih model yang simpel, hindari model dengan banyak kerutan
  • Pilih corak lembut, hindari corak floral yang besar dan mencolok. Kalik aja nanti dikira korden
  • Pilih model tunik dengan pola A line (bentuk huruf A)
  • Hindari detail pada bagian yang berukuran besar, misalnya bagian dada, pinggang atau panggul. Alihkan ke ujung lengan, kerah, atau keliman baju
  • Pilih kombinasi warna senada (chromatic), hindari warna kontras (komplementer) dalam satu desain baju. Bila akan menambahkan warna kontras, hanya pada bagian detail saja, atau pada kerudung, manset, dan lain-lain

Berikut beberapa contoh tunik big size

Model Baju Tunik 1

baju tunik big size warna kopi susu
tunik warna kopi susu, kenakan dengan rok panjang atau celana panjang lurus, lengkapi dengan kerudung floral atau corak senada, sumber: blanjaunik.com

Model Baju Tunik 2

tunik asimetris gaya kerah changi
tunik asimetris model krah changi warna peach, kenakan dengan rok panjang atau kulot dan lengkapi dengan kerudung warna hijau tosca, sumber: gigaknows.com

Model Baju Tunik 3

tunik batik merah
tunik batik, tambahkan rok panjang atau celana lebar dan kerudung yang senada, sumber: lazada-tunik batik big size

Kesimpulan

Tidak ada yang salah dengan perempuan bertubuh besar. Kalau boleh curhat, saya dengan tinggi 164 cm, termasuk besar pada zamannya. Sekarang sih, sudah banyak perempuan yang bertubuh tinggi.
Hanya bedanya, bila di usia remaja saya termasuk kutilang (kurus tinggi langsing), sekarang lumayan berisi, deh. Haha…

Memilih tunik baju tunik big size memang agak sulit, itu sebabnya saya sering membuatkan ke penjahit langganan. Kalau ada waktu saya kadang menjahit sendiri, sesuai hobby saya.
Tetapi dengan semakin banyaknya perancang busana yang peduli dengan perempuan bertubuh besar, pilihan tunik big size semakin banyak bisa diperoleh di market place atau toko yang memang menyediakan ukuran baju big size.

Semoga bermanfaat!

6 tanggapan pada “Model Baju Tunik Big Size”

  1. Sama bund, saya juga lebih sering ke tukang jahit. Karena ukuran tubuh saya yang mini, setiap beli Tunik meski ukuran terkecil, tetap kebesaran di tubuh saya. Kalau jahitin, pasti pas sesuai ukuran tubuh.

  2. Saya juga lebih suka menjahitkan baju daripada beli jadi. Bisa sesuaikan antara model, corak kain dan juga ukuran lebih pas. Saya termasuk penggemar tunik juga Bund, dipadukan dengan rok jeans, atau rok lebar pas2 aja.

  3. Dulu emang susah ya, nyari baju perempuan ukuran gede. Maksudnya untuk yang bertubuh tinggi dan agak berisi gitu. Pengalaman kakakku dulu susah banget nyari baju yang pas. Kalau aku dulu saking kecilnya kadang beli baju remaja, gak nyangka sekarang ukuran Emak-Emak, haha. Aku suka model tunik ini bisa dipadu-padan jadi semi formal atau casual. Tergantung model, motif dan bawahannya aja dimain-mainkan.

  4. Pilih corak lembut, hindari floral, nanti dikira korden. Hihi… Maaf, saya jadi pengen ngikik.

    Yes, Bund. Big size body emang belum tentu gemuk. Beberapa teman saya orangnya tinggi, di atas 165-an. BB mereka ya sekitar 60-65 jadinya berisi, gitu. Tapi jatuhnya gak gemuk kok.

    Baju mereka sih rata-rata emang yang ukuran XL ke atas. Zaman sekarang sangat mudah sih menemukan baju yang diperuntukkan bagi pemilik big size body. Tunik big size pilihannya pun macam-macam. Contoh tunik yang di atas cantik-cantik, deh.

  5. Sebab inilah saya belajar menjahit, biar bisa jahit baju sendiri.
    Susah sekali mencari baju dengan ukuran tubuh seperti saya. Biasa cocok bagian pinggul, eh kebesaran di bagian dada dan lengan.

  6. Kalo aku, biasanya kalo ada tunik atau gamis yang kece suka kubeli, trus dijadiin dress hehehe. Untuk baju aku lebih suka beli jadi. Beberapa kali ngejaitin gak pernah pas jatuhnya, jadi kapok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *