Tertarik Pasang AC di Rumah? Pahami 3 Cara Ini Dulu, Yuk!

AC atau air conditioner menjadi salah satu teknologi pengatur kenyamanan ruangan yang umumnya dipakai pada bangunan di negara tropis lembab atau panas serta kering. Bila kalian tertarik pasang AC di rumah maka ikuti terus artikel ini untuk memahami cara memilihnya.

Patut diketahui, kita yang hidup di negara yang mempunyai iklim tropis, akan terasa sekali ketika memasuki musim kemarau, udara sangat panas dan lembap.
AC merupakan mesin pengatur kenyamanan termal untuk menciptakan suhu ruangan yang sejuk, entah itu di apartemen, rumah, perkantoran, dan tempat-tempat lainnya.

Sebagai informasi, AC mempunyai beragam jenis, seperti AC split dan AC central.
Biasanya AC split digunakan di dalam satu ruangan tertentu, seperti kamar tidur, ruang makan, ruang keluarga, atau bahkan kamar hotel.
AC split bisa diatur sendiri temperatur ruangan yang diinginkan pada masing-masing ruangan.

Sedangkan AC central sendiri biasanya digunakan di bangunan tinggi atau luas, yang perlu pengaturan terpusat. Misalnya pada gedung perkantoran, mall, pusat perbelanjaan, hotel, dan lain-lain. Ciri AC central dapat diketahui dari outlet atau ducting yang dipasang pada ceiling/ langit-langit ruangan. Outlet tersebut mengeluarkan udara sejuk yang sudah diatur temperaturnya secara terpusat.

Walaupun demikian, AC central bisa juga dipasang di rumah, sehingga memudahkan mengontrol suhu ruangan secara terpusat. Harga AC central untuk rumah pun terbilang sangat terjangkau, yang bisa didapatkan di Daikin Indonesia dengan harga mulai dari 5 jutaan.

Sebelum kalian benar-benar akan membeli dan pasang AC di rumah, sebaiknya pahami terlebih dahulu 3 cara dalam memilih AC yang bagus berikut:

1 – Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Langkah pertama yang harus diperhatikan saat hendak memasang AC adalah menyesuaikan ukuran PK dari AC dengan luas ruangan.
Hal ini perlu dilakukan supaya sejuknya udara AC dapat tersebar secara merata ke seluruh ruangan tertentu.
Sebagai gambaran, ukuran PK dari AC bermacam-macam, ada 1, ½, ¾, hingga 2 PK.
Untuk luas ruangan sekitar 10 m2 sebaiknya menggunakan AC dengan ukuran ½ PK. Itu sebabnya, pastikan ukur ruangan terlebih dahulu sebelum membeli AC.

2 – Pilih AC dari brand terpercaya

Pastikan pilih AC dari brand (jenama) terpercaya, salah satunya adalah Daikin. Daikin menyediakan beragam jenis AC sesuai dengan kebutuhan pelanggan, seperti AC central, AC split, AC inverter ataupun AC low watt.

3 – Perhatikan daya listriknya

Hal terpenting sebelum membeli dan pasang AC di rumah, adalah perhatikan daya listrik yang dibutuhkan oleh AC tersebut. Pastikan daya listrik yang di rumah bisa menampung AC. Bisa juga memilih AC yang hemat energi dan daya listriknya bisa diatur efisien.

Nah, teman-teman itulah 3 cara yang harus diperhatikan sebelum memasang AC. Jangan ragu untuk pilih produk AC dari Daikin, karena harga AC Daikin sangat terjangkau dengan kualitas yang sangat bagus. Di sisi lain, Daikin pun melayani pelanggan dengan komprehensif sehingga akan meningkatkan kepuasaan.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status