21/09/2020
air cooler alternatif

5 Pendingin Ruangan Alternatif yang Tak Kalah Sejuk dengan AC

Untuk menyejukkan ruangan yang panas, sekarang ini banyak orang yang menggunakan Air Conditioner (AC). Selain kemampuannya yang bisa membuat ruangan menjadi sejuk, harga AC bagi kalangan orang menengah terbilang terjangkau. Tetapi diantara masyarakat Indonesia ada yang masih enggan masalah budget ketika ingin membeli AC. Selain budget yang tak mencukupi, mereka juga terhalang oleh kapasitas daya listrik rumah yang tak mampu dengan konsumsi daya yang dibutuhkan alat pendingin ini.

Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi sekarang, karena sudah ada cara alternatif untuk menyejukkan ruangan selain menggunakan AC. Beberapa jenis dari penyejuk ruangan ini terbilang memiliki harga yang murah, tidak memakan daya listrik besar dan tentunya lebih efisien. Meskipun jenis pendingin ini hasilnya tak sebaik AC, tetapi kesejukan yang diberikan juga nggak jauh beda kok. Apa saja sih pendinginnya?

1 – Exhaust Fan

exhaust fan pendingin ruangan
exhaust fan, sumber: m.damailand.com

Yang pertama ada Exhaust Fan. Mempunyai konsumsi daya listrik yang rendah, Exhaust Fan ini merupakan pendingin ruangan yang sangat praktis. Bagaimana tidak, kamu bisa menempatkan Exhaust Fan ini dimanapun mulai dari di atas jendela maupun di atas pintu. Cara kerja dari Exhaust Fan ini adalah udara yang ada di dalam ruangan akan ditarik olehnya.

Maka, temperatur udara di dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk. Selain itu, konsumsi daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan Exhaust Fan ini pun tak besar dan hampir mirip dengan kipas angin portable maupun standing. Sehingga kamu nggak perlu cemas pasokan listrik bulanan membengkak saat menggunakan pendingin ini. Exhaust Fan ini pun juga lebih aman dan sehat jika dibanding sama kipas angin, karena angin yang dihasilkan tidak langsung kena badan.

2 – Kipas Angin

kipas angin pendingin ruangan
kipas angin, sumber: idntimes.com

Kipas angin adalah pendingin yang banyak dipilih dan paling akrab digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Ada 2 jenis kipas angin yang sering kita jumpai yakni standing dan portable. Meski sama-sama praktis digunakan, jika kita bandingkan keduanya, kipas angin yang nggak bikin ribet adalah jenis portable. Karena fisik dari kipas angin portable ini lebih kecil daripada yang standing, jadi kita lebih leluasa saat ingin menggunakannya.

Sama seperti Exhaust Fan, kipas angin ini adalah pilihan pendingin alternatif yang punya harga murah jika dibanding AC. Selain murah, kini juga sudah tersedia banyak produk kipas angin yang dilengkapi fitur untuk menghemat listrik. Meskipun konsumsi daya yang dibutuhkan lebih rendah dari AC, tetapi kesejukan yang dihasilkan bisa mengusir panas di ruangan.

3 – Cooling Pack

cooling pack pendingin ruangan
cooling pack, sumber: coolingpackac.blogspot.com

Memiliki bentuk yang menyerupai bantal leher, jika kamu ingin menggunakan alat pendingin ini harus memiliki kipas angin terlebih dahulu, karena memang alat pendingin ini khusus berfungsi untuk menambah kesejukan dari kipas angin. Kamu bisa menempatkan alat pendingin ini di bagian belakang kipas angin, supaya udara yang dihasilkan kipas angin lebih sejuk layaknya sebuah AC.

Suhu ruangan pun bisa turun sekitar 3 hingga 4 derajat celcius saat kamu menggunakan alat ini pada kipas angin. Sebelum mengaplikasikannya ke kipas angin kamu harus membekukan Cooling pack ini terlebih dahulu di dalam kulkas. Selain itu kamu juga perlu menyiapkan sebuah wadah sebagai tempat tetesan air dari Cooling pack sehingga tidak berceceran sembarangan.

4 – Air Cooler

air cooler pendingin ruangan
air cooler, sumber: newair.com

Memiliki bentuk yang keren dan sempurna, Air cooler ini lebih praktis digunakan. Kamu bisa meletakkan alat pendingin ini dimanapun dengan mudah karena bentuknya sendiri memang tidak terlalu besar. Udara yang dihasilkan Air cooler ini pun tak kalah sejuknya dengan AC. Untuk pengoperasiannya selain membutuhkan tenaga listrik, kamu juga perlu menambahkan es batu atau air biasa sebagai bahan bakarnya.

Air cooler ini merupakan alat pendingin yang paling unggul jika dibandingkan lainnya. Berbagai merk air cooler terbaik mulai dari spesifikasi dan warna sudah tersedia di toko elektronik online maupun offline. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi tergantung dari merk dan spesifikasi yang dimilikinya. Jika kamu ingin membeli Air cooler terbaik yang punya performa dan spesifikasi mumpuni, bisa memilih Air cooler buatan Sharp.

5 – Ventilating Fan

ventilating fan pendingin ruangan
ventilating fan, sumber: horme.com.sg

Punya desain yang hampir mirip Exhaust Fan, Ventilating Fan ini memiliki fitur yang lebih canggih dibanding Exhaust Fan. Tak hanya mampu menarik udara yang ada di dalam ruangan saja, tapi alat pendingin ini juga mampu memasukkan udara yang ada di luar ruangan juga lho. Jadi tak perlu diragukan lagi kesejukan udara yang dihasilkan dari pendingin ini. Selain itu konsumsi listrik yang dibutuhkannya pun juga lebih sedikit layaknya Exhaust Fan.

Nah, itulah 5 alat pendingin pilihan alternatif dari AC. Jika kamu ingin membeli salah satu alat pendingin ruangan ini tentukan spesifikasinya dan budget yang dimilikinya. Tertarik membeli salah satunya?

Semoga bermanfaat …

haniwidiatmoko

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *