28/10/2020
kemerja kerja

Pilihan Model Kemeja Kerja untuk Work From Home

Akibat pandemi, sejak bulan Maret 2020 hampir semua kampus-kampus di seluruh dunia termasuk Indonesia menetapkan belajar-mengajar dari rumah masing-masing secara daring. Ternyata walaupun setelah enam bulan hidup bersama pandemi, kebijakan perkuliahan online masih terus berlanjut. Kampus-kampus masih melarang pengumpulan massa termasuk kuliah secara tata muka langsung. Tapi walaupun segalanya harus online, sebagai pengajar tetaplah harus tampil profesional di depan kamera laptop. Perilaku di hari mengajar ya seolah-olah akan berangkat ke kampus. Mandi, sarapan, memakai baju yang pantas, bersolek, memakai jilbab yang sesuai. Bagi pria harus pintar-pintar memilih model kemeja kerja yang pas juga. Engga banget kan, walaupun mengajar daring dan masih di rumah saja, tampilan kucel dan memakai kaos oblong.

Macam-macam Model Kemeja Kerja

Kemeja menurut sejarahnya dikenalkan dari daratan Eropa, dengan sebutan Camisa. Awalnya kemeja hanya berwarna putih dan dilengkapi renda sepanjang dada hingga perut. Model kemeja rata-rata bukaan depan dan diberi kancing dari leher ke bawah dan ada yang diberi kantong di salah satu sisi atau kedua sisinya.

Walaupun kemeja juga umum dipakai perempuan, tetapi masyarakat cenderung menganggap kemeja adalah pakaian resmi untuk pria. Kemeja bisa dipakai sendiri dengan celana panjang yang sesuai, atau merupakan pakaian dalam sebelum memakai jas. Ada juga yang dilengkapi dasi serta rompi.

Secara garis besar ada dua macam model kemeja pria, yang pembedanya terletak pada acara pemakaian kemeja, jenis bahan dan warnanya.

1 – Kemeja formal

Untuk tampil formal, bahan kemeja formal dipilih katun, tetoron, atau yang tenunannya mengandung polyester supaya tidak mudah kusut. Umumnya berkerah tegak yang bisa dilengkapi memakai dasi, dan berlengan panjang. Biasanya dipakai sebagai seragam kemeja kerja di kantor-kantor, berwarna lembut dan motifnya halus.

2 – Kemeja casual

Sesuai namanya kemeja casual terkesan lebih santai walaupun tetap berkesan rapi dan resmi. Kemeja casual umum dipakai mahasiswa ketika kuliah di kampus, bahkan dosen kekinian pun lebih suka memakai kemeja casual. Pembedanya biasanya terletak pada bahannya yang agak kusut, misalnya linen, flanel atau drill.
Kadang-kadang kemeja tangan panjang yang digulung pun sudah mengubah tampilan kemeja kerja menjadi lebih casual.
Untuk kegiatan WFH (work from home) umumnya dipilih model kemeja kerja casual, masih tampil rapi tapi lebih santai.

Ukuran dan Label Model Kemeja

model kemeja kerja
model kemeja kerja

Bila kita membeli kemeja jadi di toko, ukurannya ada dua macam sesuai dengan bentuk tubuh pemakainya, yaitu S, M, L, XL, dan seterusnya. Atau ada juga yang memakai ukuran kerah kemeja dalam inchi, yaitu 14, 15, 151/2, 16, dan seterusnya.
Teman-teman, kita sudah maklum dengan model baju perempuan yang beraneka ragam, mulai dari blus, abaya, tunik, rok, kulot/culottes, dan segala pernak-perniknya. Ternyata baju pria pun mengikuti zaman. Sekarang ini banyak pilihan model kemeja di pasaran yang bisa kita amati dari label yang tertera pada produk.
Supaya tidak salah pilih, berikut berbagai model kemeja yang ada di pasaran:

1 – Regular

Model kemeja regular mungkin adalah bentuk kemeja klasik yang sering kita lihat zaman bapak kita. Bentuknya lurus, longgar, kerah klasik atau diberi kancing ujungnya, bisa berlengan pendek atau lengan panjang.

2 – Fitted

Model kemeja fitted, bentuk kemejanya agak pas di badan. Disukai oleh generasi milenial yang ingin selalu tampil rapi.

3 – Slim

Model kemeja slim, sesuai namanya lebih pas di badan daripada kemeja model fitted. Bahkan kerung lengannya pun lebih sempit daripada model kemeja regular yang lebih longgar.

4 – Atletic

Tahu kan ya badan atletis seperti apa? Berbahu lebar, lengan berotot dan berdada bidang. Itu sebabnya cutting kemeja kerja bagi yang bertubuh atletis berbeda. Polanya lebih lebar di bagian bahu, sedangkan pinggang lebih ramping.

Bingung ternyata badan kita tidak termasuk di empat label di atas?
Bagi yang mempunyai hobi jahit, menjahit kemeja itu perlu kerapihan yang super.
Tak usah khawatir, teman-teman bisa memesan kemeja kerja di Dunia Garment. Dunia Garment merupakan produsen garment dan konveksi yang bisa membantu kalian untuk membuat produk seragam sekolah, kemeja kerja, seragam kantor, kemeja komunitas, kaos, batik, jaket, topi dan produk fashion lainnya.
Dunia Garment beralamat di Kompleks Wisma Winaya no 61, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Sayati, Kota Bandung. Kalian bisa kepoin ke webnya di duniagarment.com atau kontak ke costumer service untuk konsultasi dan pemesanan di WhatsApp +6289668268932.

Semoga bermanfaat…

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *