Proporsi Kubah Masjid yang Perlu Diperhatikan Bila Membangun Masjid

  • oleh
aneka bentuk kubah dengan elemen

Proporsi kubah masjid cukup penting bila kita mau mendesain dan kemudian membangunnya.
Sebagai bagian dari bentuk masjid, kubah merupakan bagian kepala bangunan yang harus diperhitungkan proporsinya dengan baik.
Jangan sampai bagian kepala terlalu besar dibandingkan bagian badan dan kaki, supaya enak dilihat dan tidak membahayakan. Bagian kepala yang terlalu besar akan rawan ambruk karena struktur di bawahnya tidak kuat mendukungnya.

Mengatur Proporsi Masjid

sketsa gambar masjid sederhana

Dalam ilmu arsitektur, proporsi adalah perbandingan antara tiap-tiap bagian dari bangunan tersebut. Untuk mengetahui apakah sebuah bangunan proporsinya baik atau tidak lebih banyak mengandalkan pengamatan visual.
Selain itu juga tidak lepas dari pengalaman dan penilaian tiap orang yang berbeda satu sama lain.

Kaidah proporsi dalam desain arsitektur dikenal sebagai salah satu komponen untuk membantu penetapan dimensi estetis secara visual. Prinsip yang berlaku adalah pengaturan perbandingan antar sisi-sisi garis yang membentuk bidang maupun ruang dalam keseluruhan gugus bangunanan. Menurut Euclid, suatu rasio merupakan perbandingan kuantitatif dari 2 hal yang hampir sama, sementara proporsi mendasarkan pada ‘keseimbangan’ rasio. Oleh itu, proporsia dalah ‘sistem rasiodasar’, yakni suatu kualitas permanen yang mengekspresikan dan menyalurkan rasio satu ke rasio yang lain.

Skala merupakan perbandingan antara bangunan dengan lingkungan sekitarnya. Skala ada yang dinamakan skala manusia, artinya bangunan tersebut dibandingkan dengan skala manusia. Ada pula skala megah, artinya bangunan tersebut dibandingkan dengan manusia, lebih besar atau lebih tinggi.

Proporsi dan skala memang saling berkaitan dan tidak bisa berdiri sendiri.

Bentuk arsitektur merupakan olahan komposisi dari elemen-elemen bangunan, seperti jendela, pintu, tangga, garis talang, dan ornament lain. Perbandingan proporsi bagian kepala atau atap, bagian badan, dan bagian kaki, biasanya merupakan hasil olah rasa dari arsiteknya.

Teknik sederhana untuk mengetahui apakah bangunan termasuk masjid didesain memenuhi proporsi yang baik adalah memakai pola Golden Section.
Golden Section adalah angka antara lebar bangunan dan tinggi bangunan, 1 : 1.618.
Angka ini dianggap angka perbandingan yang aman, yang secara visual, masih enak dilihat.

Bentuk dan Material Kubah Masjid

desain dan material kubah masjid

Kubah secara simbolik kini menjadi sebuah ciri khas dari masjid, walaupun kubah bukan tradisi Islami. Bangunan berkubah (dome) menurut sejarahnya terbentuk karena susunan batu yang diikat oleh cincin dan kolom-kolom di empat sisi kubah.

Setelah berjalannya waktu kubah diadopsi menjadi budaya Islam dalam pembangunan masjid. Di Indonesia sudah banyak sekali masjid–masjid megah dilengkapi dengan aneka model bentuk kubah. Materialnya pun tidak terdiri dari susunan batu lagi, tetapi banyak inovasi baru yang bisa mewujudkan bentuk kubah.

Sekarang ini ada berbagai material kubah yang bisa dibentuk sesuai proporsi kubah masjid. Masing-masing material ini tentu saja memiliki keunggulan maupun kelemahan. Beberapa bahan yang banyak di aplikasikan sebagai bahan kubah masjid adalah bahan beton atau beton precast yang biasanya di sebut GRC, material enamel dan galvalum, serta bahan stainless.

Material Kubah Masjid Enamel

Material kubah masjid yang cukup populer terbuat dari enamel yang permukaannya keras, tetapi halus, tidak memiliki pori-pori ataupun guratan pada permukaannya. Apalagi ada pilihan warna menarik serta motif yang bisa diaplikasikan pada aneka desain serta bentuk kubah. Kubah enamel terbuat dari campuran kaca (silika) yang dilebur pada pelat baja besi dalam tungku suhu tinggi dan kemudian melalui proses penggabungan. Kelebihan lapisan enamel adalah warnanya cerah dan tahan lama hingga 20 tahun.

Salah satu contoh desain Qoobah di bawah ini juga berbahan enamel. Membangun kubah berbahan enamel tidak serumit membangun kubah dengan bahan dasar beton. Mengingat saat ini kubah hanya memiliki fungsi utama pelengkap dekorasi dan bukan merupakan komponen perlindungan, maka baja ringan untuk kubah dinilai dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Kelebihan kubah panel dibandingkan dengan meterial lainnya:

  • Lebih ringan sehingga instalasi tidak memerlukan dasar yang solid.
  • Risiko kerusakan selama gempa terjadi relatif lebih rendah
  • Potensi menyusup atau kebocoran jauh lebih kecil dari kubah lainnya
  • Kubah panel paling indah dengan warna-warna cerah dan beragam

Penutup

Jika teman-teman membutuhkan kontraktor kubah masjid enamel tidak perlu khawatir. Saat ini Qoobah Kediri menyediakan produksi dan penyelesaian proyek kubah masjid dengan harga terjangkau. Jangkauan area pemasangan adalah seluruh kota di Indonesia karena sudah memiliki jam terbang yang sangat baik.

Berbagai portofolio menarik bisa dilihat langsung di website official PT. Anugerah Kubah Indonesia. Kita bisa melihat beberapa contoh dan bisa berkonsultasi langsung dengan customer service untuk mendapatkan solusi masalah desain kontruksi dan bahan kubah masjid.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *