05/12/2020
situs freelancer

Mengais Dollar, Remote Working di Situs Freelancer Dunia

Bekerja di rumah, mendapat penghasilan dollar, bagi sebagian orang adalah impiannya. Terlebih lagi, bekerja online atau remote working tidak tergantung akan lokasi tempat tinggal, meninggalkan pekerjaan di rumah dan masih bisa mengerjakan hal lainnya yang positif, seperti kegiatan dengan masyarakat sekitar. Salah satu cara agar bisa tetap di rumah, tetapi tetap berpenghasilan adalah dengan bekerja melalui situs freelancer yang banyak di internet. Memulai bekerja di situs freelancer tidaklah mudah, persaingan sangat banyak. Tetapi juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Setiap situs freelance mempunyai cara kerja sendiri-sendiri, jadi perhatikan persyaratan setiap akan registrasi.

Situs-situs Freelancer untuk remote working yang bisa dijadikan tempat untuk mengais dollar :

1 – Upwork

Upwork sebelumnya dikenal dengan Elance-oDesk, yang merupakan merger antar 2 perusahaan. Elance didirikan tahun 1998 dan oDesk berdiri di tahun 2003. Pada tahun 2013 kedua perusahaan merger dan menjadi Elance-oDesk sebelum akhirnya berganti nama dengan Upwork pada tahun 2015 hingga saat ini.

Mengapa Upwork saya sebut yang pertama, meskipun bukan platform dengan jumlah freelancer terbesar ?

Karena Upwork dipercaya oleh banyak perusahaan besar di dunia untuk mencari karyawan yang dipekerjakan secara freelance. Misalnya Google, Indeed, Canva, Snapchat secara langsung maupun melalui pihak ketiga menggunakan Upwork untuk pekerjaan-pekerjaan yang bisa di-outsource-kan.

Upwork sendiri tidak menjadi yang terbesar karena sangat selektif dalam menerima freelancer. Situs freelancer ini tidak otomatis menerima freelancer yang mendaftar ke dalam platform freelance-nya.

Karena seleksi dari Upwork akan freelance yang mendaftar, maka Upwork menjadi platform yang tidak terlalu banyak spam. Di satu sisi, hal ini meningkatkan kepercayaan klien untuk mencari freelancer di Upwork, di sisi freelancer dapat mencari banyak klien yang berkualitas, bukan klien yang mencari freelancer dengan rate biaya yang sangat rendah.

Sekilas tentang keuntungan dan kerugian bekerja di situs freelancer, Upwork.

Keuntungan :

  • Banyak klien yang berkualitas (rate gaji tidak rendah sekali)
  • Persaingan lebih sedikit, karena Upwork selektif dalam menerima freelancer
  • Untuk pekerjaan jangka panjang, potongan Upwork paling sedikit. Karena potongan fee untuk freelancer di Upwork tidak flat. Semakin lama freelancer bekerja dengan klien yang sama, semakin sedikit potongannya.

Kerugian :

  • Freelancer sulit untuk diterima di Upwork.
  • Untuk bisa melamar pekerjaan yang ada di Upwork, freelancer harus membayar sekitar $0.3 – $0.9 per lamaran pekerjaan
  • Potongan fee Upwork ke freelancer untuk pekerjaan dengan nilai di bawah $500 sangat besar, 20%

Karena untuk dapat diterima di Upwork sangat sulit, berikut tips agar sukses diterima Upwork :

  • Riset niche dari profesi general yang dijalani. Misalnya desain grafis, cari profesi desain grafis yang spesifik
  • Pastikan mengisi profil di Upwork 100%
  • Siapkan portofolio jika ada
  • Siapkan juga daftar riwayat hidup singkat berisi pengalaman dan keahlian. Daftar riwayat hidup bisa dibuat di penyedia layanan template daftar riwayat hidup gratis di internet, seperti Canva.
  • Jangan menyerah bila ditolak, riset lagi niche spesifik yang lain

2 – Fiverr

Fiverr didirikan pada tahun 2010 dan memiliki konsep yang berbeda dengan marketplace freelance lain yang ada pada saat itu. Fiverr adalah marketplace freelancer dengan freelancer sebagai pihak yang aktif membuat paket penawaran jasa dan harganya. Penawaran dari freelancer ini disebut gig.

Di situs freelancer fiverr, klien tidak menawarkan pekerjaan, tetapi klien sebagai konsumen pembeli dari paket jasa yang ditawarkan oleh para freelancer.

Seperti juga Upwork, freelancer meskipun besar, tetapi bukan yang terbesar. Tetapi Fiverr saya masukkan di sini karena untuk mendaftar di Fiverr mudah. Sebagai marketplace freelancer, tidak ada syarat untuk mendaftar dan bisa membuat gig di Fiverr. Syaratnya hanya 1, usia di atas 13 tahun.

Meskipun tidak ada syarat khusus untuk mendaftar dan diterima di Fiverr, mendapatkan dollar di situs freelancer ini tidak mudah. Satu orang freelancer boleh membuat beberapa gig. Jadi peluang untuk mendapatkan order dari klien sangat berat.

Beberapa ini adalah keuntungan dan kerugian bekerja di situs freelancer Fiverr.

Keuntungan :

  • Mudah untuk bergabung, semua yang mendaftar bisa membuat gig di Fiverr
  • Bebas membuat harga dan jenis paket penawarannya
  • Tidak perlu mengeluarkan modal uang awal untuk mendaftar maupun membuat gig

Kerugian :

  • Persaingan berat sehingga harga penawaran rendah. Akibat siapapun bisa mendaftar dan 1 orang bisa membuat beberapa gig, persaingan menjadi berat
  • Potongan pendapatan flat, sampai kapanpun tetap 20%. Meskipun sudah mendapat hasil besar, potongan Fiverr tidak berubah

Tips agar cepat mendapat order di Fiverr :

  • Gabung dengan komunitas Fiverr
  • Riset niche dan keyword untuk judul gig. Cari yang persaingannya rendah
  • Buat beberapa portofolio
  • Saling view dan like gig dengan sesama freelancer. Tetapi tidak boleh terlalu sering, sehari cukup 1-2 kali, menghindari banned dari Fiverr karena dianggap kegiatan yang menyalahi aturan (spammy)
  • Fast response saat ada yang kirim pesan di gig freelance

Masih banyak situs freelance lain. Situs freelancer yang memiliki freelance terbesar adalah Freelancer. Tetapi menurut saya, di Freelancer terlalu banyak spam dan harga pekerjaan yang ditawarkan sangat rendah.

Situs freelancer lain yang bisa dicoba jika profesinya adalah programmer atau desain grafis adalah PeoplePerHour, Workana, Toptal. Selain profesi kedua itu, tidak terlalu banyak pekerjaan yang ditawarkan di situs-situs freelancer tersebut.

Semoga Bermanfaat …

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *