05/08/2020
city tour dengan rental mobil pontianak singkawang

City Tour dengan Rental Mobil Pontianak Singkawang

Bila kita berwisata ke Singkawang, perlulah city tour dengan rental mobil Pontianak Singkawang, agar puas menjelajah berbagai destinasi wisata di sana.
Karena apa?
Akhir-akhir ini dua kota di Kalimantan Barat, Pontianak dan Singkawang, menunjukkan geliatnya. Pontianak merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat, sering disebut juga sebagai kota Khatulistiwa, karena dilalui oleh garis khatulistiwa. Sedangkan Singkawang merupakan destinasi wisata yang sarat akan kisah sejarah.

Singkawang berasal dari kata San Keuw Jong (bahasa Hakka), artinya sebuah kota di bukit dekat laut dan endapan muara sungai. Dulunya adalah sebuah desa berlokasi strategis bagian dari wilayah Kesultanan Sambas. Desa ini merupakan desa persinggahan para pedagang dan penambang emas yang berasal dari negeri China, menuju Monterado (Bengkayang), sebuah tempat penambangan serbuk emas. Banyak dari penambang tersebut akhirnya beralih profesi menjadi petani dan pedagang, kemudian menetap di Singkawang.
Dalam perkembangannya kota Singkawang ibaratnya melting-pot, berbagai adat budaya dan bangsa bercampur serta menyatu dengan harmonis. Percampuran etnis Tionghoa, Melayu, dan Dayak, ini tentu saja menyebabkan berbagai bangunan peribadatan dibangun untuk para penganutnya.

Singkawang City Tour

city tour dengan rental mobil pontianak singkawang
ikon kota Singkawang

Teman-teman, bila akan menuju kota Singkawang, bisa sewa mobil Pontianak Singkawang, yang berjarak 145 km arah Utara kota Pontianak. Sehingga dalam waktu 3 jam kita sudah sampai ke kota yang mendapat julukan kota dengan 1000 kelenteng ini. Kita bisa keliling kota Singkawang, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata sejarah, dan tentu saja wisata kuliner.

Wisata Alam

Singkawang, posisinya di tepi pantai yang berbatasan dengan laut Natuna, dan dikeliling oleh pegunungan Raya, Pasi, Poteng, dan Sakok. Obyek wisata alam terdapat Pantai Singkawang, Pantai Kura-kura, Pantai Mimiland, Pantai Samudra, Pantai Palm Beach, Pantai Pak Lotay, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Pendek, dan Pantai Tanjung Bajau. Keunikan Pantai Tanjung Bajau adalah karakteristik pantainya berbatu-batu, mirip dengan karakteristik pantai di pulau Bangka-Belitung. Harga tiket masuk ke pantai-pantai tersebut cukup terjangkau dari Rp 10.000,- hingga Rp 40.000,-.
Wisata alam lainnya adalah jelajah ke Air Terjun Eria, Air Terjun Sibohe, dan Danau Biru. Bagi penggemar suasana matahari terbenam, bisa banget ke Bukit Rindu Alam sambil duduk-duduk di gazebo. Tetapi bila hanya ingin city tour dengan rental mobil Pontianak Singkawang, bisa berkunjung ke Taman Gunung Sari, yang terkenal dengan Jembatan Selfie-nya.

  • wisata kota singkawang
    Pantai Pasir Panjang
  • wisata kota singkawang
    Pantai Pasir Pendek
  • wisata kota singkawang
    Pulau Simping
  • wisata kota singkawang
    Tanjung Bajau
  • wisata kota singkawang
    Rindu Alam
  • taman gunung sari singkawang
    Taman Gunung Sari

Wisata Sejarah dan Budaya

Singkawang memang unik. Pilihan wisata kota atau city tour, bisa berwisata sejarah, budaya, dan religi sekaligus. Seperti telah dijelaskan di atas, Singkawang ibaratnya melting-pot. Berbagai bangunan peribadatan, klenteng, masjid, dan gereja, bisa kita jumpai di sana. Masing-masing umatnya pun hidup berdampingan, saling toleransi dengan keyakinan masing-masing.
Bila kita cek ke google map, tampak beberapa titik kelenteng yang cukup terkenal. Tercatat ada ratusan kelenteng dengan gaya arsitektur unik dengan ciri khas berwarna merah dan ornamen liong. Kelenteng tertua adalah Kelenteng Tri Dharma Bumi Raya, yang didirikan tahun 1878. Kemudian ada Vihara Dewi Kwan Im yang instagramble. Ada juga Vihara Surga Neraka di punggung gunung Passi, yang dianggap sebagai vihara tertinggi di Singkawang.
Teman-teman Muslim tak perlu khawatir bila berwisata ke Singkawang, ada Masjid Raya Singkawang, sebagai simbol kerukunan multi-etnis di Singkawang, yang jaraknya hanya 200 meter dari Vihara Tri Darma Bumi Raya.

  • wisata kota singkawang
    Vihara Tri Darma Bumi Raya
  • vihara dewi kwan iem
    Vihara Dewi Kwan Iem
  • rental mobil pontianak singkawang
    Masjid Singkawang
  • rental mobil pontianak singkawang
    Rumah Keluarga Tjhia
  • singkawang cultural center
    Singkawang Cultural Center

Bagi teman-teman yang senang dengan kisah sejarah, bisa juga berkunjung ke Rumah Keluarga Marga Tjhia, sekaligus kulineran, menyicipi Choi Pan/Chai Kue dgn topping bengkuang, kudapan khas daerah. Bangunan rumah tinggal yang dibangun tahun 1901-1902 ini merupakan cagar budaya dan masih berdiri kokoh. Atau sekaligus ke SCC (Singkawang Cultural Center), bangunan yang menyajikan semua informasi tentang Singkawang dari jaman dahulu hingga sekarang.

Wisata Kuliner

Berwisata tak puas bila tak mencoba kuliner setempat. Selain kudapan populer Choi Pan, masih ada jajanan lain yang tak kalah lezat.
Kuliner khas Singkawang antara lain menu sarapan seperti, bubur Pekong, bubur gunting, dan bubur tahu yang lembut. Bubur tahu kalau melihat bentuknya, kalau di Bandung mirip kembang tahu. Mungkin rasanya sama? Kan, jadi penasaran.

Karena Singkawang ada di tepi laut, ya pasti ada menu hidangan laut, teristimewa adalah sotong atau cumi-cumi yang diolah berbagai variasi. Bagi penggemar mie, ada Baso Sapi Bakmi Ayam 68, Mie Tiauw Asuk, atau Bakmi Kering Haji Aman. Bila panas menjelang, boleh mencicipi Rujak Thai Pui Ji yang gurih bertaburkan ebi.

  • Rujak Thai Pui Ji
  • Choi Pan
  • Bubur Gunting
  • Bubur Tahu
  • wisata kota singkawang
    Sotong Bakar
  • kopi singkawang
    Kopi Nikmat Singkawang

Kemudian sebagai penutup, silakan menikmati kopi yang tersedia di berbagai kedai kopi, antara lain: Kopi Akong, Kopi Nikmat, atau Kopitiam Rusen, yang merupakan kedai kopi kekinian, lokasinya di sebarang Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Kopi-kopi tersebut dijual juga dalam kemasan kopi bubuk sebagai oleh-oleh khas setempat.

Esqiu Sewa Mobil Pontianak Singkawang

Berwisata ke suatu kota, tentunya bingung dengan pilihan moda transportasi, apalagi ke daerah yang belum pernah kita sambangi. Kalau tidak waktu perjalanan dan kunjungan wisata maupun urusan kerja menjadi tidak efisien dan lebih melelahkan. Moda transportasi paling mudah memang menyewa mobil sendiri. Tetapi ada baiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya, agar tak salah pilih, bukan.

Nah, baru-baru ini saya mendapat informasi tentang Esqiu Rental Mobil Pontianak Singkawang, sebuah jasa penyewaan mobil yang berdiri sejak tahun 2012.
Esqiu Rent Car adalah perusahaan resmi dibawah CV Esqiu Rent Car, melayani area layanan untuk kota Pontianak, Singkawang, Mempawah dan berbagai kota yang ada di Kalimantan Barat. Kita bisa memesannya untuk perorangan maupun kelompok, komunitas maupun rekan bisnis.

website rental mobil pontianak singkawang
website rental mobil pontianak singkawang

Layanan Esqiu Rent Car

Jemput-Antar Bandara

Saya sebagai warga Bandung, yang akan berwisata ke Singkawang, jadi berbunga-bunga mendapat informasi seperti ini. Kita bisa kontak terlebih dahulu melalui nomor WhatsApp +62 822-1855-5888 atau email ke reservasi@rentalmobilsingkawang.com.
Jadi yang datang dari luar pulau, begitu mendarat di Bandar Udara Internasional Supadio, kita bisa langsung diantar ke tempat tujuan. Boleh stay dulu di Pontianak, sehari dua hari, baru lanjut ke Singkawang.

Wisata Kota Pontianak

Layanan bagi wisatawan bersama keluarga maupun kunjungan kerja, untuk berkunjung ke tempat wisata atau bisnis, selama berada di kota Pontianak dan sekitarnya sesuai jadwal dan kesepakatan klien.

Wisata Kota Singkawang

Layanan utama kota Singkawang baik kunjungan dinas maupun berwisata bersama teman maupun keluarga, dengan layanan yang profesional dan terjamin serta aman.

Paket Pelayanan Esqiu Rent Car

rental mobil pontiangak singkawang
paket layanan rental mobil pontianak singkawang

Paket City Tour Pontianak Singkawang Rp 200.000,-/orang, minimal 6 orang.
Harga sewa mobil per 12 jam bervariasi dari Rp 400.000,-, Rp 450.000,-, Rp 550.000,- dan Rp 650.000,- serta mobil-mobil bervariasi, seperti Avanza, Grand Innova, Reborn, Alphard dan beberapa jenis kendaraan lainnya menyesuaikan dengan jumlah penumpang.
Esqiu Rent Car selain menyewakan dengan didampingi driver, ada pilihan lain yaitu sistem lepas kunci. Ini cocok untuk klien milenial yang ingin jelajah Pontianak maupun Singkawang dengan lebih leluasa, tentunya dengan syarat-syarat yang harus disetujui klien.

Nah, gimana, teman-teman? Pastikan City Tour dengan Rental Mobil Pontianak Singkawang, agar wisata kalian aman dan penuh kenangan.

Semoga bermanfaat.

haniwidiatmoko

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *