Review RentBook, Aplikasi Sewa Online Mudah dan Menguntungkan

review rentbook aplikasi sewa digital

Teman-teman, bila punya barang-barang masih bagus dan idle, bisa banget disewakan ke orang yang membutuhkan. Sekarang ini ada RentBook aplikasi sewa digital yang mudah pemakaiannya dan so pasti mendatangkan keuntungan bagi pemilik barang.

Barang apa saja yang bisa disewakan kriterianya beragam tergantung sasaran konsumen dan pilihan barang yang dimiliki.
Contohnya, ketika Bara didiagnosa ada masalah tumbuh kembangnya, maka kami harus melatihnya dengan berbagai alat-alat peraga. Setelah satu masalah teratasi, maka alat-alat stimulasi tersebut menjadi tidak terpakai lagi. Padahal harga belinya juga tidak murah, kan ya…
Alat-alat peraga berupa permainan edukatif tersebut misalnya perosotan, balok titian, trampoline, pagar pembatas (play pen), dan alat-alat lain. Begitu pula seiring pertumbuhan badan si anak, ranjang bayi, kursi makan, dan stroller menjadi teronggok tidak terpakai.

Di bidang profesi, kalian juga bisa menyewakan peralatan untuk keperluan lapangan, misalnya alat berat, mesin mollen, alat ukur theodolit, drone, kamera, sound system, hingga infocus.

Cerita lain, ketika kami libur Lebaran beberapa tahun yang lalu ke Malang. Supaya praktis dan bisa kemana-mana, kami menyewa motor saja selama di sana. Bagi kami sebagai peminjam, jaminannya pun ringan dan hanya perlu meninggalkan KTP.

Nah, ini saya mengenalkan sebuah aplikasi sewa digital yang mudah digunakan dan lengkap dengan pengelolaan aset serta pencatatan pemasukkan hasil sewanya.
Check it out!

Tentang RentBook Aplikasi Penyewaan Digital

Bagi teman-teman yang belum tahu, RentBook merupakan aplikasi penyewaan digital yang digawangi oleh Tenderd, sebuah bisnis start up berkantor pusat di Dubai, Uni Emirat Arab. Tenderd sendiri merupakan marketplace untuk bisnis sewa atau rental alat berat, konstruksi, dan logistik.

RentBook telah digunakan lebih dari 20.000 konsumen di berbagai negara antara lain Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Afrika, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Walaupun RentBook umumnya dipakai untuk bisnis sewa alat berat dan konstruksi, seperti beton mollen, buldozer, excavator, dan forklift, bisa juga untuk bisnis sewa properti.
Antara lain menyewakan unit apartemen, kos-kosan, ruko, maupun gedung pertemuan. Begitu pula, kalian bisa menyewakan berbagai jenis kendaraan, mulai dari bus wisata, elf, mobil box, mobil penumpang, hingga motor.

Langkah Membuat Akun di Aplikasi RentBook

aplikasi sewa online rentbook
aplikasi RebtBook

Untuk mulai berbisnis sewa online, teman-teman harus unduh terlebih dahulu aplikasi RentBook melalui Playstore di android atau iOS. Bisa juga mengoperasikannya melalui website di PC. Aplikasi RentBook tidak berat hanya 30 MB dan ratingnya 4.3 di Playstore.

Keistimewaannya lagi, calon pelanggan kita nantinya tak perlu unduh dan daftar aplikasi untuk menyewa dan interaksi dengan pemilik barang.
Keren…

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi
  2. Membuat akun melalui nomor ponsel, Facebook, atau akun Google. Bila mendaftar melalui nomor ponsel akan dikirim kode OTP ke ponsel kamu. Jangan lupa, nomor ponsel harus disertai dengan kode negara ya. Kalau Indonesia berarti +62
  3. Setelah diverifikasi, silakan pilih bahasa yang digunakan, buat nama akun, daftarkan email aktif kamu dan pilih mata uang.
  4. Selanjutnya mendaftarkan aset yang akan disewakan dengan mengklik CTA “Tambah Aset Baru
  5. Buat nama aset yang unik, deskripsi produk, spesifikasi barang, harga sewa, dan informasi menarik lainnya.
  6. Unggah foto-foto produk yang akan disewakan. Walaupun tidak ada batasan resolusi produk, menurut saya ada baiknya foto-foto produknya diberi watermark sesuai brand akun kamu.
  7. Setelah store/ toko dibuat, statusnya akan muncul “Nganggur” atau idle. Artinya belum ada transaksi yang terjadi.
  • buat akun rentbook
  • nama toko rentbook
  • sukses buka toko online

slide membuat akun dan membuka toko sewa online di RentBook

Promosi Toko Sewa Online RentBook ke Media Sosial

Nah, teman-teman store atau toko sudah dibuat, saatnya berpromosi melalui media sosial.
Kita bisa cek di akun toko di aplikasi sewa RentBook, akan muncul url toko, dengan demikian dengan mudah bisa dishare ke media sosial yang kita miliki.

Langkah-langkah share ke media sosial:

  1. Tawarkan bisnis sewa atau rental toko kita melalui media sosial
  2. Share storefront/ etalase toko dengan klik tanda lonceng di kanan atas
  3. Share ke WhatsApp, Facebook, Email, SMS, dan Copy Link
  4. Lengkapi dengan kalimat promosi semenarik mungkin
  5. Tindaklanjuti bila ada respon dari SMS

Keuntungan berpromosi melalui media sosial, kita tak perlu kemana-mana, tinggal rajin-rajin share saja. Selain itu bisa 24 jam/ 7 hari dalam seminggu.

Berbagai Fitur RentBook Aplikasi Sewa Digital

Bila kita menggunakan aplikasi maka yang perlu diperhatikan adalah UI/UX dari aplikasi tersebut. Berikut kelebihan dari fitur-fitur yang ada pada RentBook:

1 – UI/UX menarik dan mudah pengoperasiannya

User Interface Design (UI) RentBook berwarna oren menjadi penanda yang mudah dilihat dan diingat. Sedangkan UX (user experience) dengan pilihan beberapa bahasa memudahkan pengguna dari berbagai negara. Bahasa yang digunakan ada pilihan English, Arabic, Urdu, Hindi, dan Bahasa Indonesia.

2 – Pilihan mata uang 8 mata uang

Ada 8 (delapan) pilihan mata uang yang ada di aplikasi RentBook. Bukan tak mungkin, bagi pebisnis mengembangkan juga bisnisnya ke mancanegara bukan. Sehingga transaksi juga bisa dilakukan dengan negara lain.

3 – Fitur Aset

Kita bisa menambahkan aset sesuai keinginan dan jenis produk yang ditawarkan.
Melalui aplikasi RentBook akan tampil seluruh asset yang akan kita sewakan, sehingga memudahkan untuk kontrol dan mengawasi mana produk yang tersewa atau idle (nganggur).

4 – Fitur Persewaan

Fitur persewaan merupakan fitur pelaporan dari toko sewa online yang kita miliki.
Informasi yang ditampilkan berupa Pendapatan-Biaya-Keuntungan.

1 – Persewaan

  • Bila kita klik CTA hijau Catat Persewaan Baru, maka akan tampil detail berupa:
  • Data pelanggan
  • Aset
  • Tanggal, termasuk di dalamnya informasi tanggal mulai sewa, jenis sewa (satu kali, harian, mingguan, bulanan, tahunan)
  • Durasi dan Sewa Berjalan
  • Rincian Tarif
  • Deskripsi

2 – Biaya

Pada fitur ini, ada CTA berwarna merah, Catat Biaya Baru, maka akan tampil detail berupa:

  • Anda berutang
  • Aset
  • Tanggal, menampilkan data batas waktu dan jenis sewa
  • Rincian Tarif
  • Deskripsi

Dari catatan Persewaan dan Biaya ini maka otomatis kita bisa memperhitungkan ada keuntungan atau tidak dengan bisnis sewa atau rental ini.

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa menyimak video berikut:

tutorial menggunakan aplikasi RentBook

aset RentBook Toko Hani

Kesimpulan

Di tengah masa sulit akibat pandemi, mau tidak mau kita harus memutar otak, hal-hal apa saja yang bisa dibisniskan. Bisnis sewa atau rental merupakan peluang bisnis yang sudah ada sejak dahulu. Pembedanya adalah, sekarang ada aplikasi sewa yang mudah penggunaan dan bisa sekaligus mengelola aset, yaitu aplikasi sewa online RentBook.

Saya pun mulai mencoba menyewakan beberapa aset yang ada di rumah yaitu mainan anak, alat peraga untuk stimulasi tumbuh kembang anak, dan peralatan kantor.
Mungkin segera saya akan membuka juga peluang untuk menyewakan buku-buku atau alat-alat rumah tangga.

Semoga saja bisnis saya sukses.

9 tanggapan pada “Review RentBook, Aplikasi Sewa Online Mudah dan Menguntungkan”

  1. Praktis ya mbak aplikasinya. Mau sewa menyewa jadi lebih mudah dan lebih aman. Kan kalau kita misalnya bepergian, kadang pas mau nyewa itu harganya dimahalin. Apalagi kalau tahu kita bukan dari daerah srkitaran situ.
    Cukup mudah juga penggunaannya. Bisa sama sama memguntungkan. Antara yg nyewa dng yg menyewakan. Nice info mbak, thanks

  2. Peralatan bayi juga banyak yang di sewakan bund, seperi stroller, kursi makan, box bayi dan juga mainan. Sepertinya bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi sekarang ada aplikasi rentbook ini ya, jadi lebih mudah dalam menjalankannya.

  3. eh ini memudahkan banget mbak, kebetulan masa pandemi ini temanku merintis sewa mainan anak dan dia getol juga promonya. Kayaknya perlu aku kenalin rentbook deh. Ngirim artikel ini. Apalagi dibantu promo dengan share dan share. 🙂 Semoga yang menjalankan bisnis sewa menyewa terbantu dengan aplikasi sewa online ini.

  4. Wah makin beragam aja ya Bun bisnis digital masa kini. Tinggal usap usap layar, kita bisa sewa ini itu ya. Keren deh. Btw aku punya beberapa baju yang masih bagus gitu tapi udah kekecilan. Kira-kira bisa enggak ya kalo buka persewaan baju? Wkwkwkek… jadi ikutan mikir deh mau nyewain apa. Kece deh aplikasinya.

  5. Terus kalau misalkan kita mau sewa permainan anak nih. Itu barang akan dikirim ke kita atau hanya yang dalam kota saja yang bisa menyewa sehingga mudah transaksinya. Ini berkaitan dengan pengambilan barang dan pengembaliannya ketika masa sewa sudah habis.

  6. Masya Allah..satu lagi hikmah pandemi..jadi banyak kreativitas yang muncul dan semua bisa dilakukan dengan perantara kemajuan teknologi…semoga menjadi keberkahan bagi pemilik usaha ini

  7. Ide bagus ini, memanfaatkan apa yang dipunya untuk disewakan sehingga menambah penghasilan. Apalagi udah ada aplikasi sewa yang mudah penggunaan dan bisa sekaligus mengelola aset, yaitu aplikasi sewa online RentBook yang praktis begini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *