09/08/2020

Resep Masakan Rinaresep.com, Panduan Memasak Mudah dan Lezat

Sejak beberapa bulan yang lalu kami harus bekerja dari rumah, pertanyaan sama hampir selalu diulang oleh suami. Nanti siang makan apa, nanti malam makan apa. Seringnya kita bingung memang, hari ini mau masak apa, menunya itu-itu lagi. Mau tidak mau, bagi ibu-ibu di rumah harus banyak akal memadu dan mengolah bahan-bahan yang ada agar menunya tidak itu-itu lagi. Masakah sehari-hari walaupun dengan bahan-bahan sederhana inginnya tetap tampil menyelerakan dan rasanya enak, bukan. Nah, sekarang ini ada website resep masakan Rinaresep.com menjawab kebingungan kita, karena variasi resep masakan sehari-harinya lengkap dan sebagai panduan memasak mudah dan lezat.

Website Resep Masakan Rinaresep.com

homepage resep masakan rinaresep.com
homepage resep masakan Rinaresep.com

Saya termasuk yang seneng ke dapur, walaupun tidak pandai-pandai amat memasak. Jadi kalau ada resep menarik, saya kumpulkan resep warisan keluarga, atau saya bookmark di website untuk dipraktekkan. Ketika saya menemukan website masak-memasak, di halaman muka website resep masakan Rinaresep.com pada deretan kotak menu website tertulis Resep, Tulis Resep, Shop, Forum, dan Pages. Penasaran kan saya ada apa saja di situs aneka resep masakan ini. Coba kita cek satu per satu, ya…

Resep di Rinaresep.com

Begitu kita klik tombol Resep, maka akan muncul link tarik turun yang bisa kita klik juga. Menariknya ada aneka resep masakan yang bisa kita ikuti panduan dan cara masaknya. Resep-resepnya beraneka macam ada kategori Resep Makanan, Resep Minuman, Resep Kue, dan Sup – Berkuah (menu hidangan berkuah). Semuanya ada 10 jenis masakan yang terdiri dari resep ayam-daging-ikan-seafood, resep sayur, resep mie, resep cepat saji, resep sup, resep minuman dan kue.

Sejak ada Rinaresep.com, tidak ada lagi pertanyaan berulang tiap hari, karena saya sudah siap jawabannya. Saya bisa memilih aneka pilihan resep dari kategori resep makanan sehari-hari di Rinaresep.com, yaitu resep berbahan dasar ayam, cepat saji, daging, ikan, kue, mie, minuman, sayur, seafood, dan sup.

Setiap resep di Rinaresep.com ada petunjuk takaran bahan yang dibutuhkan, waktu memasak, cara masak, informasi nutrisi, bookmark, dan ulasan resep. Bisa juga kita review dan unggah foto hasil recook masakan tersebut.

Resep pertama yang saya pilih dari resep masakan Rinaresep.com waktu itu adalah Resep dan Cara Membuat Mie Goreng Malaysia. Sepertinya mudah dan lezat, kemudian panduan cara memasaknya runut, hanya membutuhkan 20 menit memasaknya. Pas banget buat ibu-ibu yang masih harus bekerja juga dari rumah. Kalau perlu, resep ini juga bisa di print, atau memantaunya dari layar ponsel.

rinaresep.com mie goreng malaysia
Resep Masakan Rinaresep.com Menu Mie Goreng Malaysia

Tulis Resep di Rinaresep.com

Di website resep masakan Rinaresep.com ada laman tulis resep, yang memberi kesempatan pada pembaca untuk urun resep juga. Caranya kita registrasi terlebih dahulu sebagai anggota, kemudian silakan menuliskan resep.
Berhubung salah satu kegemaran masak saya adalah memasak dengan cara dipanggang, saya mencoba juga menuliskan resep kue ke Rinaresep.com. Resep kue saya dengan judul Cake Kurma ini direview terlebih dahulu oleh Tim di Rinaresep.com. Teman-teman bisa cek dan ikuti resep tersebut di akun hani82 dengan judul resep “Resep Membuat Cake Kurma Yang Enak”. Memberi kesempatan Tulis Resep menurut saya bagus banget, jadi pembaca juga bisa saling sharing menu masakan andalan ke pembaca lainnya.

tulis resep masakan rinaresep.com
Urun Tulis Resep Kue “Cake Kurma”

Berikut resepnya saya share ke teman-teman. Masih ada resep-resep lainnya di resep masakan Rinaresep.com, lho

Bahan:
150 gr margarin
100 gr gula pasir halus
4 butir telur
175 gr tepung terigu
1/2 sdt Sp
50 cc yogurt
1 cangkir kurma (diiris tipis dan ditaburi tepung terigu)
sejumput vanili

Menyiapkan Adonan:
Mixer margarin, sp dan gula sedikit demi sedikit sampai rata. Tambahkan telur satu per satu. Mixer selama 5 menit hingga tercampur rata. Tambahkan tepung terigu yang sudah diayak. Sedikit demi sedikit sambil diaduk balik. Tambahkan yogurt, kurma, dan vanili. Aduk perlahan.

Proses Pengovenan:
Panaskan oven. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung. Panggang dengan api sedang selama 45 menit (tiap oven berbeda). Tusuk dengan lidi untuk mengecek tingkat kematangan. Setelah matang keluarkan dari cetakan, cake kurma siap disajikan.

Shop di Rinaresep.com

Menariknya lagi di website ini, ada menu “Shop”, kita bisa membeli produk kuliner di sini. Baru ada satu produk, sih. Mudah-mudahan akan semakin banyak produk-produk kuliner yang ditawarkan di sini, termasuk juga peralatan masak. Kadang kita ingin memasak lebih bervariasi, terkendala peralatan masak yang seadanya.

Forum di Rinaresep.com

Kemudian tak kalah menarik ada laman “Forum”, boleh, lho, kita request resep atau hal-hal lain yang berkaitan dengan dunia memasak. Misalnya menu diet, berbagai peralatan dapur dan lain-lain. Di menu Forum ini ada pilihan Profil, Anggota, Langganan, dan Aktivitas. Caranya mudah agar kita bisa tampil di forum ini.

Cara Registrasi

Isi kotak User Name, First Name, dan Last Name
Isi kotak e-mail adress
Buat password
Jawab captcha “apakah kamu orang?” berupa soal hitungan sederhana
Selesai, teman-teman sudah terdaftar sebagai anggota Resep Masakan Rinaresep.com. Saya terdaftar sebagai hani82. Kita bisa kirim resep, tanya-jawab di forum, dan membeli produk

Setelah kita membuat akun, maka akan tampil profil kita di website Rinaresep.com

Pages di Rinaresep.com

Di menu Pages Rinaresep.com ini kita bisa mengetahui About Us, Contact Us, Privacy Policy, Terms & Condition, dan Penulis. Teman-teman, sudah tahu kan, website yang kuat didukung oleh tim yang kuat pula. Di laman About Us (Tentang Kami), terpampang pakar-pakar yang membuat website resep masakan Rinaresep.com eksis.

Widya Abdurrozaq
Widya, alumni Universitas Amikom Purwokerto, memiliki pengalaman dibidang Web Designer, merupakan kontributor paling berpengaruh bagi Rinaresep.com. Selain itu, berpengalaman didunia SEO dan telah memperoleh sertifikat.

Anggraeni
Engga ngira mbak Anggraeni alumni Sekolah Penerbangan Angkasa Via Surabaya, memiliki banyak pengalaman aneka kuliner dari berbagai daerah dan negara. Suka eksperimen resep-resep baru yang dituangkan ke dalam situs Rinaresep.com

Miftah Aulya
Alumni Sekolah Tinggi Tekhnik Informatika dengan jurusan Multimedia ini, jago fotografi, animasi, serta video. Karena pengalamannya itulah, menjadi sosok penting di Rinaresep untuk menciptakan gambar dan video resep masakan berkualitas.

Shilvia Rozalia
Ibu yang satu ini jago masak aneka macam masakan tradisional. Tak heran, beberapa resep di Rinaresep.com menampilkan resep-resep jajanan Nusantara. Beliau juga merupakan salah satu Seller berbagai produk makanan di Rinaresep.com

All-in-One Website Resep Masakan Rinaresep.com

Boleh dibilang di website resep masakan Rinaresep.com segala ada. Dalam satu tampilan layar website, selain foto-foto resep yang bikin ngiler disertai panduan memasak mudah dan hasilnya lezat. Kemudian ada beberapa pilihan-pilihan lain yang membedakannya dengan website resep masakan lainnya, yaitu:

Popular Resep dan Popular Cuisine

Di side bar website ini ada Popular Resep yang bisa kita klik langsung di fotonya dan taraaa…langsung bisa mencoba resepnya. Kemudian di Popular Cuisine ada resep-resep kuliner dari mancanegara, yaitu dari American, Chinese, French, Indonesia, Italian, dan Malaysia. Semoga makin banyak nih resep-resep kuliner mancanegara lainnya. Misalnya Asia, kan ada Thailand atau Vietnam.

My Meal Plans, Mode Baca, dan Timer

Sebuah website harus memuat informasi selengkap mungkin. Bila kita membuka resep untuk panduan memasak, maka di tampilan websitenya akan tampil Add to Meal Plan, Mode Baca, Print, Share, dan Timer. Mode Baca ini penting banget, pas sedang mencoba resep, kan, perlu panduan terus menerus, supaya hasil masakan sukses. Mode Share, kita bisa share ke media sosial Facebook, Yummly, Twitter, dan Pinterest. Lengkap, kan. Bener-bener website resep all-in-one.

Kesimpulan

Memasak bagi ibu rumah tangga kadang menyenangkan tetapi bisa juga membuat pusing. Masih banyak di antara kita yang buta sama sekali urusan dapur, memilih menu, mengolah, dan memasak. Resep masakan Rinaresep.com menurut saya cukup detail menuliskan resep-resepnya, dilengkapi my meal plans, asal-usul negara, deskripsi resep, dan kisah dibaliknya. Sebagai Ibu-ibu yang senang coba-coba resep, ada beberapa usulan antara lain:

  • Kategori bisa lebih banyak variasinya. Misalnya, belum ada one meal dish, hidangan sekali masak lengkap gizi. Kemudian kue ditambah juga dengan roti
  • Kategori Popular Cuisine ditambahkan Menu Mediteranian atau Timur Tengah, yang sekarang banyak bermunculan resto-restonya
  • Supaya lebih menarik, bisa juga ada semacam lomba recook atau ide resep untuk jualan.
  • Langkah-langkah cara masak bagus lagi dilengkapi foto-foto, supaya lebih jelas
  • Untuk pengguna ponsel, tampilan huruf agak terlalu besar, sehingga informasi tidak bisa muncul keseluruhan di layar, harus sering scroll

Nah, itulah sekelumit review saya terhadap resep masakan Rinaresep.com. Semoga semakin banyak lagi pilihan resep-resepnya. Tinggal menunggu terbit aplikasinya deh…

Semoga bermanfaat.

Bandung, 9 Juni 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

6 thoughts on “Resep Masakan Rinaresep.com, Panduan Memasak Mudah dan Lezat

  1. mbak hani
    saya ngeces liat mie goreng malaysia itu
    sama minumannya
    sekarang enak ya bisa liat di rinaresep
    dulu harus siap catatan liat bu siska soewitomo di TV hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *