28/10/2020
review idn app

Review IDN App, Aplikasi Baca Berita 40+ Topik Berkualitas

Teman-teman, zaman sekarang kita harus hati-hati mencari berita berkualitas, karena banyak banget hoax yang seolah-olah benar. Generasi Millenial dan Gen Z tidak kurang apa, selalu mengingatkan di grup-grup WA keluarga yang disebar oleh para sesepuh, bahwa berita yang dishare adalah berita hoax. Eh, malah kena semprot deh yang muda-muda ini. Malah mendapat wajangan, yang enggak nurut apa kata orang tua yang udah banyak makan asam-garam, yang kualat lah … Memang juga berita-berita gosip lebih mudah dipercaya dan menjadi bahan gibahan sepanjang perjalanan, deh. Tapi, kita, kan, tak ingin mempunyai karakter seperti bu Tejo itu kan ya, gibahnya ajib. Baiknya, sih, download aplikasi IDN App saja, aplikasi baca berita berkualitas, ada 40+ topik pula, dan serunya, kamu bisa juga share tulisan kamu di sana.

IDN App, Aplikasi Baca Berita Masa Kini

IDN App merupakan aplikasi baca berita “The Voice of Millennials and Gen Z”, tentu saja beritanya merupakan berita kekinian dengan bahasa penulisan mudah dicerna tetapi tetap sopan.
IDN App, merupakan aplikasi dari IDN Media, sebuah perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten yang didirikan pada 8 Juni 2014 di Surabaya oleh Winston Utomo dan William Utomo. IDN Media bisa diakses juga dari website tetapi akhir-akhir ini aplikasi menjadi prioritas dari IDN Media. Pertimbangannya, karena semakin banyak generasi Millenilial dan Gen Z pengguna ponsel pintar yang mudah mengakses berbagai sumber berita.

Gaez, kita tuh, kalau membaca berita, selain mencari berita terkini, harus yakin juga, lho, beritanya mudah diakses dan cepat. Nah, IDN App, yang mulai diluncurkan 18 Juni 2020 ini sangat memerhatikan tiga hal berikut:

  • Fokus pada kecepatan, karena hal-hal yang benar-benar penting harus dijalankan dengan sangat cepat.
  • Budaya terobsesi pada pelanggan. Tahu kah teman-teman, bahwa sekarang ini IDN Media sudah menjangkau lebih dari 50 juta pembaca setia mereka. Memantain jutaan pelanggan merupakan langkah agar IDN App lebih banyak lagi menjangkau pelanggan dan berkelanjutan.
  • Bekerja keras. Sebagai media favorit Gen Millenial dan Z, ada 8 nilai yang menjadi panduan media ini, yaitu kesetaraan gender, persatuan dalam berbagai ras dan etnis, persatuan dalam agama yang berbeda, persatuan dalam pandangan dunia yang berbeda, anti pelecehan seksual, anti bullying, anti stereotyping, dan redefinisi kecantikan.

Nah, cocok kan, dengan kondisi kita sekarang ini. Stop hoax, deh, kalau membaca aplikasi berita terkini di IDN App.

40+ Topik Aplikasi Berita Terlengkap

Teman-teman, mau tahu cari agar ponsel kita juga ada aplikasi IDN App ini?
Begini langkah-langkahnya:

review idn app

1 – Cari “IDN App – Baca Berita Terlengkap” di fitur Play Store, lalu unduh di ponsel pintar kalian.

2 – Ikuti langkah-langkah untuk membuat akun. Bisa memakai email atau melalui Facebook, buat nama akunmu.

3 – Pilih topik-topik yang paling kamu sukai dan kumpulkan dalam Topik Pilihanmu. Semuanya ada 14 kategori, dan 42 topik yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Hype: Entertainment, Humor, Fun Fact, Viral, Throwback
  • News: Indonesia, World
    Life: Women, Inspiration, Relationship, Family, Education, Career, DIY
  • Food: Recipe, Dining Guide, Diet
  • Travel: Destination, Tips, Journal
  • Business: Economy, Finance
  • Tech: Trend, Gadget, Games
  • Health: Fitness, Sex, Medical
  • Sport: Soccer, Arena
  • Men: Attitude, Style, Grooming, Ladies
  • Automotive: Motorbike, Car
  • Science: Experiment, Discovery
  • Opinion: Politic, Social
  • Fiction: Story, Poetry

4 – Sudah siap, deh.

5 – Untuk mendapatkan IDN App, aplikasi berita hari ini, ponsel kalian akan menampilkan slide promo-promo IDN App, di layar paling atas.

6 – Kemudian berikutnya ada kolom Terpopuler Untukmu, yang merupakan berita terpopuler untuk topik favorit yang sudah kalian pilih. Jadi kalian bisa memfilter, berita-berita yang rame dan kamu banget saja.

Tulis dan Terbitkan di IDN App, Fitur Jurnalisme Warga

Teman-teman, kalian pasti ingin tahu, nih, apa maksudnya slide di header ponsel dengan tagline:

Dapatkan Rp50ribu
Tulis & Terbitkan
2 Artikel Kategori Science
Di IDN Times

atau

Dapatkan Rp100ribu
Tulis & Terbitkan
4 Artikel Kategori KPop/ KDrama
Di IDN Times

  • idn app1
  • idn app2
  • idn app3
  • idn app4
  • idn app

Di layar ponsel ada kotak hitam dengan tanda (+).
Nah, teman-teman bisa menuliskan Artikel dengan syarat dan ketentuan sesuai IDN Times.
Kalian tinggal ikuti saja Panduan Menulis yang ada di link Profil Saya.
Penjelasannya lengkap, mulai dari Draft, Artikel Revisi, Artikel Terbit, Artikel Dimoderasi, dan Artikel Ditolak.
Bahkan berbagai Tips agar Artikelmu Cepat Terbit hingga Tips Memilih Gambar bisa kalian simak sebelum mulai menulis.

Bila artikel berhasil submit dan terbit, kalian akan mendapatkan poin-poin yang bisa dikumpulkan kemudian dicairkan menjadi uang tunai.

Coba simak video berikut:

Jurnalisme Warga

Alasan IDN Times memberi kesempatan pada pembaca IDN App untuk submit artikel karena semangat jurnalisme warga. Seperti kita ketahui jurnalisme warga (citizen journalisme) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita.

Tentu saja menuliskan artikel berita akan berbeda dengan menuliskan artikel curhat atau diary seperti yang kalian tulis di blog.
Ada metoda penulisan di IDN Times yang terdiri dari artikel Listicle dan Narasi.

Metoda penulisan Listicle, kalian bisa memilih dari 12 kategori di atas. Tuliskan dengan singkat dan padat. Metode penulisan Listicle ditulis menurut poin-poin/list sesuai pokok permasalahan sehingga memudahkan dimengerti pembaca.

Sedangkan artikel Narasi hanya digunakan untuk penulisan Fiksi dan Opini.

Panjang artikel hanya 300-600 kata dan jangan lupa tetap menggunakan metode 5W + 1 H, ya. Pentingnya lagi, base on research, jangan sekali-sekali menebar hoax. Artikel harus tulisanmu sendiri, ya. No plagiat or copy paste!

Tips Menulis Artikel Berita Berkualitas

Berminat menulis artikel berita? Begini tips penulisannya, yang saya sarikan dari beberapa sumber. Pada prinsipnya menulis artikel berita mengikuti panduan Piramida Terbalik, seperti pada gambar berikut ini:

IDN App Aplikasi Baca Berita
Piramida Terbalik

Piramida Terbalik adalah gaya penulisan berita yang paling banyak digunakan dan dapat dibagi menjadi tiga bagian.
Informasi tersebut disusun dalam urutan menurun dengan informasi paling penting di bagian atas dan informasi paling tidak relevan di bagian bawah.

1 – Paragraf pertama artikel berita menjawab pertanyaan 5 W + 1 H, yaitu Who (Siapa)? What (Apa)? When (Kapan)? Where (Dimana)? Why (Mengapa)? dan How (Bagaimana)?
Ini memberi pembaca fakta paling penting tentang cerita dan juga menyertakan informasi apa pun yang harus dimiliki pembaca untuk memahami cerita.
Berita utama harus merangkum keseluruhan cerita yang akan disampaikan tersebut, kurang lebih dalam 50-60 kata saja.

2 – Inti cerita. Bagian ini memuat informasi tambahan dan pendukung, serta wawancara dan kutipan dari orang-orang yang relevan. Isi cerita harus sepenuhnya menjelaskan informasi yang disajikan di bagian depan.

3 – Penutup terdiri dari detail yang kurang penting bagi pembaca. Ini juga berarti pembaca yang hanya memindai awal cerita akan mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan tanpa harus membaca keseluruhan artikel.

Setelah selesai menuliskan artikelnya, jangan lupa baca lagi berulang-ulang untuk melakukan self editing, dan jangan sampai ada tipo (salah ketik).
Hal-hal kecil seringkali terlupakan tetapi justru bisa memengaruhi sebuah artikel bisa diterima oleh editor atau tidak.

Fitur-fitur lain di IDN App

fitur-tanya-jawab_optimized

Fitur Tanya Jawab

Teman-teman, ada lagi, lho, fitur-fitur keren di aplikasi favorit gen Millenial dan Z ini, yaitu fitur Tanya-Jawab. Fitur ini menciptakan kedekatan antar sesama pembaca IDN App, seolah mendapatkan teman ngobrol virtual.
Kalian boleh tanya apa saja sesuai kategori yang ada, submit. Kemudian tinggal menunggu jawaban. Atau sebaliknya, kalian bisa menjawab dan kepoin berbagai pertanyaan yang ada di feed Tanya Jawab

Fitur Rekomendasi

Fitur ini berisi rekomendasi atau berita pilihan dari meja redaksi untuk topik favoritmu. Hebat ya, aplikasi ini canggih banget, seolah bisa membaca pikiran kita, apa yang dibutuhkan masing-masing pembaca.

Fitur-fitur Berita Lainnya

Fitur-fitur lainnya yang kalian tinggal klik adalah: Untukmu, Terbaru, Topik, Populer, Unik.
Semua adalah pilihan-pilihan berita yang ada di aplikasi.

Kepo, kan. Cus…kalian download aplikasi IDN App ini.

Saran-saran IDN App

Tak kenal maka tak sayang. Kalau sudah sayang, tak ingin meninggalkan, bukan.
Sesuai dengan judul artikel ini bahwa saya akan review IDN App, malah bingung, karena segala ada di sini. Sudah bagus banget, sesuai dengan kebutuhan Generasi Millenial dan Gen Z.

Saya hanya tergelitik saja di pengkategorian. Di awal sudah dijelaskan ada 8 nilai yang menjadi panduan media ini, yaitu kesetaraan gender, persatuan dalam berbagai ras dan etnis, persatuan dalam agama yang berbeda, persatuan dalam pandangan dunia yang berbeda, anti pelecehan seksual, anti bullying, anti stereotyping, dan redefinisi kecantikan.

Sayangnya, kenapa di pengkategorian, Women dimasukkan dalam kategori Life.
Sedangkan Men, merupakan kategori tersendiri, dengan topik Attitude, Style, Grooming, Ladies.
Kenapa tidak ada kategori Women tersendiri juga, dengan beberapa topik khusus, misalnya Beauty, Style, Fashion, dan mungkin saja, Men.
Supaya ada keseteraan, deh.

Nah, itulah review saya tentang aplikasi berita terlengkap dan berkualitas, IDN App.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.idntimes.com/
http://www.sin.ie/writing-news-and-features/

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

25 thoughts on “Review IDN App, Aplikasi Baca Berita 40+ Topik Berkualitas

  1. Artikelnya di IIDN memang berbobot semua sih. Jadi betah scrolling semua artikelnya. Kayaknya harus dicoba memberanikan diri untuk menulis di IIDN. 😀 Pastinya iini apps cocok buat millenial 😀

  2. Menarik juga ya aplikasi baca berita IDN ini kita bisa ikutan nulis & mendapatkan poin/ Paling suka kalau buka app & baca berita gak lemot

  3. Selama ini sudah mengenal IDN media dan sering juga baca artikel-artikel yang menarik khas milenial. Hmm,baru ini tau juga ada apps nya,makin lebih mudah dan nyaman sih kalo bisa langsung melalui apps ya,mbak. Btw, menarik nih untuk menjadi bagian jurnalisme warga IDN sekalian bisa menjadi wadah menulis lebih baik.

  4. aku salah satu penggemar idntimes.com selama ini. Soalnya situs ini punya kelebihan berupa topik yg disuguhkan kekinian dan enak bgt dibaca. Sekarang ada idn app, otw install dong… pasti makin asik bacanya

  5. selama ini tahu idn hanya via web browser saja, ternyata udah ada aplikasinya. Sepertinya lebih memudahkan untuk membaca nih. Kl baca berita d appsnya ada iklannya nggak ya?

  6. Sekarang Idn Times ada aplikasinya juga ya. Saya juga pernah menulis artikel disana emang prosesnya juga memudahkan penulis. Kalau ada aplikasinya jadi mudah akses ya mbak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *