5 Langkah Persiapan Road Trip Bersama Keluarga

road trip

Road trip atau perjalanan darat kami bersama anak-anak paling jauh adalah perjalanan dari Bandung ke Malang. Kami melalui jalur Selatan pulau Jawa dan sempat mampir dulu dan berwisata ke Yogyakarta. Waktu itu anak-anak masih SD, si sulung baru naik ke kelas 4, sedang adiknya mau masuk SD. Waktu yang kami pilih adalah libur panjang tahun ajaran baru, bertepatan juga dengan libur semester sehingga saya tidak mengajar. Kebetulan suami juga bisa mengambil cuti dan tidak sedang ada jadwal pameran ke luar kota.
Liburan road trip bersama keluarga jarak jauh tentunya perlu persiapan-persiapan sebelumnya agar tidak membuat mood liburan berantakan.
Selain dana cukup, berikut langkah-langkah persiapan road trip bersama keluarga tersebut:

1 – Cek kondisi mobil

Namanya juga road trip (perjalanan darat) pastinya kendaraan harus dalam kondisi prima. Usahakan cek kondisi mobil ke bengkel langganan dan pastikan periksa fungsi rem, oli, kopling, mesin, kadaluarsa ganti aki, hingga kondisi AC. Termasuk juga periksa kondisi ban, kepadatan angin, hingga ban serep. Selain itu siapkan perlengkapan untuk keadaan darurat dalam mobil, seperti segitiga pengaman, dongkrak, dan P3K. Tak kalah penting adalah cek masa berlaku SIM. Seringkali kita abai, ternyata SIM sudah kadaluarsa dan lupa untuk diperpanjang.

2 – Cek rute perjalanan

Setiap perjalanan darat jarak jauh suami yang sepenuhnya mengemudikan mobil. Walaupun saya bisa mengemudikan mobil, untuk ke luar kota belum percaya diri, sih. Jadi saya menjadi co-pilot yang membaca peta dan rute perjalanan kami. Sekarang dengan adanya google map sangat dimudahkan bila melakukan perjalanan. Beberapa aplikasi malah dilengkapi dengan petunjuk mana rute yang macet atau apakah ada kecelakaan di depan, dan sebagainya.

3 – Pesan akomodasi

Jauh hari sebelum berangkat road trip, sebaiknya pesan akomodasi di kota-kota yang akan dituju untuk liburan. Bisa saja jadwal liburan disesuaikan dengan EPIC sale yang diselenggarkan oleh OTA langganan, sehingga memperoleh diskon yang lumayan.
Perlu diperhatikan waktu keberangkatan, durasi perjalanan, dan perkiraan sampai di kota tujuan, karena berkenaan dengan jam check in di hotel yang dipesan. Bisa jadi kita datang terlalu pagi, hingga belum diperbolehkan check in. Bisa dirundingkan dengan anggota keluarga, apakah akan menunggu, titip koper, atau keliling kota sambil menunggu waktu.
Kadangkala beberapa hotel memberikan pilihan early check in atau late check in dengan syarat ketentuan tersendiri. Tentunya tergantung pada kesiapan hotel juga.

4 – Siapkan perbekalan

Perjalanan darat bersama keluarga dan membawa anak-anak perlu persiapan makanan dan camilan yang banyak. Ajak anak-anak memilih dan menyiapkan camilan kesukaan mereka. Pilih camilan yang praktis, mengenyangkan, dan tidak banyak menimbulkan remah-remah sisa makanan. Jangan lupa siapkan juga kotak sampah dalam mobil, supaya mobil tetap apik walaupun melakukan perjalanan jauh.
Anak-anak yang rewel dan berisik biasanya karena lapar. Bila belum mendapatkan tempat makan yang layak, camilan mengenyangkan berupa roti atau kue bisa membantu mereka tetap tenang.

5 – Siapkan obat-obatan

Perjalanan jauh membuat kondisi agak drop, bagi orang dewasa maupun anak-anak. Ada baiknya membawa vitamin dan obat-obatan yang biasa dikonsumsi bila kesehatan menurun.
Standar yang perlu dibawa adalah paracetamol untuk menurunkan panas dan pereda rasa sakit. Kemudian obat diare untuk keadaan darurat bila terjadi salah makan. Bila di keluarga ada yang mudah alergi karena makanan, siapkan juga norit, CTM, atau Incidal. Lebih mudah membawa persiapan dari rumah, daripada di kota tujuan ternyata apotik yang ada tidak siap dengan obat yang dicari. Begitu pula bagi yang memang rutin mengonsumsi obat yang diresepkan, bawa cadangannya.

Nah, teman-teman itulah langkah-langkah yang harus disiapkan bila akan melakukan road trip jarak jauh dan perjalanan yang cukup lama.
Perjalanan darat atau road trip mengasyikkan, kok. Banyak pengalaman yang bisa diperoleh, mulai dari persiapannya, hingga pengalaman dan menambah wawasan. Jalan-jalan perlu dana yang agak banyak, tetapi dengan mencari informasi travel fair sebelumnya juga sangat membantu mengurangi biaya perjalanan keseluruhan. Biasanya informasi dari OTA langganan seperti ini menawarkan diskon-diskon antara lain diskon hotel, voucher hotel, eat voucher, pay later, dan lain-lain.

Happy travelling yaa…dan jangan lupa jaga jarak serta memakai masker…

Tag:

31 tanggapan pada “5 Langkah Persiapan Road Trip Bersama Keluarga”

  1. Mantap sekali sharingnya bunda Hani, semoga bunda Hani dan keluarga selalu dilimpahi keberkahan oleh Allah. Kalau Bunda Hani tertarik buat wisata bareng keluarga ke Malang, kami bisa bantu bun. hehe

      1. Cek kondisi mobil sangat penting nih mau kemanapun road tripnya. Saya selalu mengingatkan suami jika akan bepergian untuk selalu cek keadaan mobil agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

    1. Benar banget, banyal hal yang harus dipersiapkan ketika roadtrip bersama keluarga, apalagi kalau ada anggota keluarga yang umurnya beda jauh. Mungkin anak2 atau orang tua. Persiapan yang lebih detail sangat diperlukan

    2. Saya pun lagi hunting EPIC Sale nih Mba. Bundo saya udah lelah hati nungguin pandemi. Pengen ke pantai banget beliau. Kasian juga kalau nggak diajak keluar kota.

      Bawa obat obatan dan perbekalan memang penting banget, walau road trip jarak dekat pun sama saja ya Mba.

    3. Setuju. Melakukan perjalanan darat jarak jauh nggak bisa tiba-tiba dilakukan tanpa persiapan. Yah, kalau pun memaksa, jadinya nggak akan terlalu asyik.

      Yuni paling jauh sih dari Madura-Jember. Naik motor.

      Jangan ditanya capeknya. Meski begitu, tetap worth it kok. Kita jadi kenal daerah-daerah yang dilalui. Hehehe

    4. bikin pengen piknik nih. Roadtrip bersama keluarga yg terakhir dari Yogya ke Sidoarjo agak bikin kapok karena mobilnya kurang nyaman, yang duduk di bangku belakang pada pegel semua..heheee..

    5. Terima kasih tipsnya bunda. Saya termasuk jarang perjalanan jauh dengan keluarga tapi tips bunda sangat membantu sekali jika suatu saat nanti saya harus road trip. Eh, pernah sih sekali ke Jogja tapi naik kereta dan itu memang butuh banyak persiapan, mirip dengan yang bunda sarankan memang.

    6. Perjalanan kami yang agak lama sewaktu berkunjung melihat pondok yang akan di masuki anak saya di Ponorogo, lanjut ke Malang. Kami dari Kudus. Nah karena membutuhkan waktu 3 hari 2 malam jadinya memang bemar2 disiapkan.

      Kami biasa bawa bantal kecil2 juga bund untuk anak yang paling kecil, waktu itu usianya 5 tahun, jadi kalau mau tiduran saya gak pegel megangin kepalanya. Memang harus benar2 dipersiapkan secara matang ya kalau mau road trip jarak jauh, apalagi bawa anak2. Makasih tipsnya, sangat bermanfaat.

    7. 5 tips wajib ya mba, eh tapi saya setuju kalau pakai tranportasi mobil pribadi wajib di cek kondisinya, pernah pengalaman mobil mogok ditengah perjalanan. Duh sebelnya

    8. Road trip kami sekeluarga baru Jakarta-Jogya aja, belum sampai Malang. Ehhhh sekarang sudah tinggal di Malang sih. Tapi belum bisa keluar kota.

      Selalu menyenangkn kalau bisa road trip karena banyak hal seru ya.

    9. Saya sekeluarga pecinta roadtrip..sudah puluhan kali kayaknya ke berbagai tempat pula. Dan setuju persiapan di atas perlu. Apalagi akomodasi siapkan sejak mula biar sampai tujuan enggak kebingungan masalah penginapan. terlebih jika ada EPIC sale dari OTA langganan..Makin mudah pastinya

    10. Baca artikelnya Mbak Hani jadi kangen banget road trip. Dulu sih waktu di Surabaya, aku, Pewe, dan keluarga adikku sering banget bepergian bareng. Persiapannya juga lumayan karena ada ponakan-ponakan. Sejak di Jakarta, road tripnya tipis-tipis saja paling cuma ke Bogor atau Bandung

    11. asyikk bisa road trip, semoga korona cepet ilang, bisa jalan jalan bareng keluarga itu, duuu indah, sementara bersabar dulu cukup jalan jalan sekitar ruma dulu ^_^

    12. Paling selalu was2 kalau bepergian ke mana2 termasuk road trip apalagi jelang akhir taun gini udah pasti cek berkali2 kendaraan sih, sama sekalian cadangan2nya, biar aman nyaman sentosa, hihi. Terus baru deh tambahnseneng kl berburu yg banyak diskonan gini d travel fair

    13. Memang paling seru road trip bersama keluarga. Keseruannya sudah dimulai dari saat menentukan destinasi wisata, dilanjut mempersiapkan keperluan yang diperlukan dalam perjalanan. Duh…jadi kangen ingin nge-trip lagi :))

    14. Persiapan perjalanan jauh memang perlu dilakukan agar semuanya lancar ya mbak..kalau.aku belum pernah sih sampai yang harus berhari-hari di jalan. Soalnya ga berani gantiin nyetir sayanya. Jadi kadang ragu kalau pergi jauh bawa kendaraan sendiri. Padahal sepertinya asyik ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *