15/08/2020
roti garlic mozzarella

Resep Roti Garlic Mozzarella Mudah Praktis Enak

Saya senang coba-coba resep, kadang berhasil, sering juga kurang berhasil. Kurang berhasil dalam artian penampakannya tidak seperti foto. Kalau rasa, masih layak makan, sih. Tidak sampai dibuang, pantang buat saya sampai membuang makanan. Macam-macam resep yang sudah pernah saya coba, ada resep masakan sehari-hari, kue, dan roti.
Nah, yang paling bikin penasaran adalah membuat roti. Selalu kurang berhasil karena saya tak punya mixer atau food processor heavy duty khusus untuk roti. Cara tradisional dengan diuleni, sampai pegel tangan saya, kok ya engga kalis-kalis. Kuncinya keberhasilan membuat roti itu kan, menguleni hingga kalis. Nah, pada suatu hari saya mendapatkan resep dari Youtube yang ternyata tidak perlu menguleni hingga pegel, cukup dengan ujung jari, dong. Judul resepnya “Garlic Mozzarella Bread – Delicious!”, resep dari Ninik Becker. Ya diterjemahkan Roti Garlic Mozzarella Mudah Praktis Enak saja, deh.

Bahan-bahan Roti Garlic Mozzarella Mudah Praktis Enak

250 g (2 gelas) tepung serbaguna / tepung biasa
5g (1-1 / 2 sdt) ragi kering instan
25g (2 sdm) gula 1/2 sdt garam
42g (3 sdm) mentega tawar, dilelehkan
125ml (1/2 gelas) susu hangat
1 butir telur, dikocok
taburan tepung untuk menguleni, jika perlu
250 g keju Mozzarella. Atau keju apa saja yang ada di rumah, potong-potong memanjang

Olesan Bawang Putih Mentega:
2 sdm mentega lunak (saya memakai margarine)
1 sdt bawang putih cincang
2 sdm daun bawang cincang
1/2 sdt garam
Aduk jadi satu

Cara Membuat Roti Garlic Mozzarella Mudah Praktis Enak

adonan roti garlic mozzarella
campur semua bahan jadi satu

Dalam mangkuk pengaduk, aduk semua bahan adonan menjadi adonan basah.
Pindahkan ke meja, gunakan tepung jika perlu untuk melipat adonan dengan jari, lipat, dan tekan berulang kali, kemudian bentuk adonan menjadi bola.
Letakkan bola adonan di atas loyang (atau kita bisa menggunakan loyang bulat/ loyang pizza). Olesi dengan margarin atau minyak sedikit agar adonan tidak lengket. Bila teman-teman memakai loyang anti lengket itu lebih baik.
Tutupi sampai hampir dua kali lipat. Setelah adonan mengembang, ratakan dengan tangan membentuk lingkaran.
Dengan menggunakan pisau, gurat-gurat adonan dengan gaya adonan silang. Bisa diolesi kuning telur di bagian tepinya.
Oleskan adonan mentega bawang putih di permukaan secara merata. Tandai lagi garis-garis silang dengan sendok untuk memudahkan menempatkan keju.
Masukkan potongan keju Mozzarella untuk mengisi adonan yang sudah dicetak. Tambahkan taburan lada hitam di atas adonan.
Panggang pada oven bersuhu 200° C (400° F), panas atas-bawah, selama 20 – 25 menit. Catatan: lama memanggang bervariasi untuk tiap oven.

Selama memanggang kemungkinan adonan semakin mengembang.

Variasi Roti Garlic Mozzarella Mudah Praktis Enak

Teman-teman sudah tahu, kan, yang namanya mencoba, ada keberhasilan dan ada kurang berhasilnya. Sama halnya Roti Garlic Mozzarella ini. Membuatnya memang gampil pisan. Berhubung keju Mozzarella saya yang ada di lemari es tinggal sedikit, dicampur saja dengan potongan keju Cheddar.
Ternyata setelah dipanggang, adonan rotinya mekar banget, sampai melampaui loyang bulat. Untung ada loyang datar di bawahnya, jadi tidak sampai meleber ke ovennya.
Tarra…inilah hasilnya.
Belum seindah yang ada di Youtube sih. Tapi soal rasa dan empuknya, dapet lah.
Sampai dipuji kok oleh anak saya.

percobaan roti garlic mozzarella
percobaan Roti Garlic Mozzarella

Variasi Roti Garlic Mozzarella menjadi Pizza

Dari resep “Garlic Mozzarella Bread – Delicious!” saya keidean membuat pizza. Kebetulan suami baik hati membelikan loyang pizza dari market place langganan.
Jadilah pada suatu siang, saya mengulang lagi Resep Roti Garlic Mozzarella Mudah Praktis Enak ini dijadikan dua loyang.

Resepnya sama, bahan olesan bawah putih menteganya pun sama. Hanya saja setelah dioles margarin tersebut, saya oles juga dengan saos tomat. Kemudian taburi atasnya dengan potongan keju, sosis, bahan lain sesuka hati, lalu parutan keju Cheddar.

Tarra, inilah Pizza dengan adonan dasar roti Garlic Mozarella. Dasarnya tidak liat seperti Pizza dari toko tetapi empuk. Saya lupa skip gula dari resep, harusnya kan pizza lebih kuat rasa asinnya. Efeknya ya pizza gurih, ada asin dan manisnya.

variasi pizza
jadi 2 loyang pizza medium diameter 20 cm

Enak? Tentu saja enak. Coba, deh. Saya penasaran mau cari-cari resep lagi yang lain, supaya menambah perbendaharaan resep-resep. Selain dari Youtube, bisa juga dari website atau aplikasi masak memasak.

tekstur pizza
tekstur dasar pizza, empuk dan tidak liat

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video pembuatan Roti Garlic Mozzarella berikut:

Selamat Mencoba!

Bandung, 2 Juli 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

3 thoughts on “Resep Roti Garlic Mozzarella Mudah Praktis Enak

  1. Kayaknya aku hrs beli oven deh, Ama mikser yg bisa utk roti. Bikin roti itu jujurnya aku blm mau coba Krn ga yakin bisa kalis ngadon pake tangan hahahaha. Lah kmrn diminta bikin adonan kue sampe Kalis aja sampe keringetan :p. Gimana roti.

    .makanya udh bilang pak suami, pgn nabung beli oven Ama mikser biar bisa belajar baking :D. Iya resepnya gampil yaa. Apalagi aku baru inget LG banyak Moza di kulkas. Blm kepikiran mau dibuat apa 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *