Solitaire, Permainan Melatih Kesabaran Sepanjang Masa. Yuk Cobain!

  • oleh
solitaire permainan melatih kesabaran

Solitaire, permainan melatih kesabaran memang benar adanya. Walaupun sebenarnya arti solitaire adalah menyendiri, tetapi orang lebih mengenalnya sebagai permainan kartu yang bisa dimainkan seorang diri. Menurut catatan sejarah, asal-usul Card Solitaire diduga muncul di akhir 1700-an di seluruh Eropa Utara dan Skandinavia. Bahkan di Jerman, permainan ini disebut Patiencespiel yang terjemahannya adalah ‘permainan kesabaran’.

Manfaat Bermain Solitaire

Teman-teman ada penelitian dari sisi psikologinya bahwa bermain solitaire ini ada beberapa manfaatnya secara emosional, sosial, dan psikologis.

1 – Menenangkan Pikiran

Bermain solitaire membantu menenangkan pikiran dengan mengalihkan pada suatu fokus, yaitu menyelesaikan permainan. Bagi yang mudah cemas, permainan ini akan mengurangi gejala yang melanda. Bagi beberapa orang bahkan mengurangi ketegangan karena menganggur dan tidak melakukan apa-apa. Solitaire bahkan dikatakan dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dan berfikir strategis.

2 – Mengajarkan Untuk Sabar

Kebanyakan pemula bermain solitaire memainkannya tanpa strategi sama sekali. Umumnya mereka mau cepat saja memindahkan kartu ke dan dari tumpukan yang berbeda dalam upaya untuk menang. Cara ini malah menyebabkan macet dan kehabisan kesempatan bergerak. Jadi ada baiknya pikirkan strategi kartu mana yang sebaiknya dipindahkan.

Peluang menang akan lebih tinggi jika kita sabar dan menghitung dengan cermat semua gerakan. Seseorang yang meluangkan waktu untuk merencanakan permainan mereka dapat mencapai hasil yang mereka inginkan dengan lebih mudah. Sekarang, kesabaran sangat penting bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

3 – Membantu Mengembangkan Strategi

Solitaire mungkin bukan permainan yang rumit seperti catur. Tapi, pemain butuh menggunakan strategi yang dipikirkan dengan matang saat bermain supaya mendapatkan peluang yang lebih baik untuk mengalahkan skor terakhirnya sendiri.

Beberapa permainan Solitaire dapat dimenangkan karena saat itu benar-benar beruntung. Tetapi ada suatu saat membutuhkan pemain yang bisa melakukan gerakan tepat dengan benar untuk meningkatkan gameplay mereka. Cara ini secara bawah sadar memperkuat kemampuan untuk mengembangkan strategi yang efektif dan membuat permainan lebih menyenangkan.

Jenis-jenis Permainan Solitaire Online

Permainan Solitaire online dapat kalian cari dan pilih linknya di solitaire.org mulai dari yang mudah untuk pemula hingga yang sulit. Ada pilihan A-Z variasi dari permainan Solitaire yang selama ini kita kenal.

Bila teman-teman sudah sering memainkan Solitaire klasik yaitu Klondike, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks, dan lain-lain. Maka berikut variasi dari permainan solitaire melatih kesabaran yang saya sudah coba memainkannya.

Permainan Solitaire Melatih Kesabaran Sepanjang Masa. Yuk Cobain!
Klondike – Classic Solitaire

1 – Crescent Solitaire

Crescent Solitaire
Crescent Solitaire

Crescent Solitaire atau Solitaire Bulan Sabit, merupakan variasi dari dari La Belle Lucie, permainan kesabaran klasik yang pertama kali diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Lady Adelaide Cadogan pada tahun 1870. Dinamakan bulan sabit karena tata letak berbentuk busur yang muncul di layar (tableau).

Memulai Game

Saat kita memuat halaman ini, game baru dibagikan secara otomatis.
Permainan diatur waktunya dengan batas 20 menit & jam countdown di bagian tengah bawah permainan, yang dimulai segera setelah kesepakatan selesai.
Pemain dapat menjeda permainan dengan membuka menu bantuan atau mengklik keluar dari browser.

Fitur Permainan

Game Crescent Solitaire secara otomatis memberikan kartu ke Tableau. Jika pemain tidak menyukai kesepakatan, atau macet terjebak pada permainan, maka dapat mengklik tombol reshuffle di kanan bawah. Pemain diperbolehkan tiga reshuffle per game.

Timer terletak di bagian bawah layar. Game ini juga menawarkan petunjuk di kiri bawah. Menu di kiri dan kanan atas memungkinkan untuk menyimpan game, memulai ulang game, dan menghidupkan dan mematikan suara. Klik tombol bantuan untuk instruksi permainan.

Desain permainan

Lapangan bermain diatur dengan enam belas tumpukan enam kartu masing-masing di Tableau. Ada delapan tiang pondasi di bagian bawah di mana Raja dan As telah diletakkan untuk memulai pondasi. Semua kartu dibagikan ke dalam permainan dan hanya mengizinkan 3 perombakan (reshuffle) Tableau saja.

2 – China Temple: Free Online Hidden Objects Game

mencari objek tersembunyi
China Temple: Free Online Hidden Objects Game

Penasaran dengan puluhan variasi permainan di solitaire.org tadi, kali ini saya mencoba permainan mencari objek tersembunyi (hidden object games). Linknya bisa dicari di sini
Tadinya saya pikir permainan ini mudah saja seperti mencari perbedaan-persamaan untuk anak usia PAUD. Tetapi dugaan saya salah, karena pemain dibatasi waktu, maka permainan menjadi lebih menantang.

Cara bermain

Temukan semua benda tersembunyi di dalam game. Klik pada objek untuk memilihnya. Cubit atau klik panjang gambar untuk memperbesar atau memperkecil. Ada tombol layar penuh di sudut kiri bawah permainan.

Skor
Game ini memiliki 10 level yang diatur waktunya.

Pemain akan mencetak 500 poin untuk setiap objek tersembunyi yang ditemukan, 200 untuk setiap nomor tersembunyi, dan 200 untuk setiap menemukan perbedaan. Skor pemain di setiap level juga bergantung pada seberapa cepat menyelesaikan teka-teki. Pemain dapat mencetak 3 poin untuk setiap detik yang tersisa.

Waktu

Pengatur waktu level dibagikan sebagai hitungan mundur tunggal untuk semua 3 bagian level.
Tebakan klik acak dihukum dengan menghapus 5 detik untuk setiap klik.

Penutup

Keuntungan terbesar dari bermain solitaire di solitaire.org selain menyenangkan juga gratis serta bebas iklan.
Rekreasi adalah apa yang kita cari saat bermain game dan solitaire memungkinkan kita untuk bersenang-senang, terutama ketika kita memecahkan teka-teki. Itu sebabnya solitaire merupakan permainan melatih kesabaran sepanjang masa yang telah ada selama bertahun-tahun.
Yuk cobain…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *