Strategi Investasi Ibu Rumah Tangga Yang Melek Finansial

Seperti apa strategi investasi ibu rumah tangga? Meskipun tidak langsung menghasilkan uang bagi keluarga, tapi sebagai bendahara dan menteri keuangan di keluarga seorang ibu yang tidak bekerja di luar tetap harus memiliki strategi investasi ibu rumah tangga.

Saat ini sudah cukup banyak artikel atau pembahasan-pembahasan yang mengangkat tema side hustle bagi ibu rumah tangga. Kebanyakan, pembahasan difokuskan pada bagaimana seorang ibu rumah tangga bisa menghasilkan penghasilan tambahan untuk uang belanja bulanan.

Namun pengelolaan keuangan tidak berhenti sampai di situ. Seorang ibu yang pintar dan melek keuangan akan sadar bahwa memiliki pegangan uang untuk masa depan juga sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai keluarga kita tidak memiliki simpanan sama sekali untuk melindungi diri di masa depan.

Pentingnya Perencanaan Investasi bagi Ibu Rumah Tangga

Jika para ibu rumah tangga berfikir hanya dengan memiliki sejumlah uang simpanan di bank itu sudah cukup, maka harus berpikir lagi. Sejauh mana kita bisa mengandalkan uang simpanan itu di masa depan?
5 tahun?
10 tahun?
20 tahun ke depan?
Apakah yakin uang yang sudah kita simpan susah payah di bank masih akan bernilai sama?

Laju inflasi yang terjadi tiap tahun bisa menggerus nilai uang yang sudah susah payah kita simpan di bank. Uang bernilai 10 juta saat ini tidak akan bernilai sama 10 tahun yang akan datang. Itu sebabnya kita harus melakukan investasi untuk mengantisipasi adanya inflasi.

Nah, saat memutuskan untuk berumah tangga, sudah sepatutnya mempersiapkan keluarga dari segala macam perubahan yang bisa terjadi. Seperti halnya pandemi yang terjadi sekarang. Karena tidak dipersiapkan sejak awal, banyak keluarga yang akhirnya kesulitan karena kehilangan sumber penghasilan.

Jika sejak awal sudah mahir berinvestasi, setidaknya bisa meminimalisir bahkan menghindari kondisi ini.
Selain memayungi keluarga dari kondisi tak menentu, investasi juga penting dilakukan untuk mempersiapkan masa depan. Hal yang perlu dipersiapkan contohnya biaya pendidikan anak hingga ke universitas, biaya tempat tinggal, asuransi kesehatan, biaya pensiun dan hari tua, dan masih banyak lagi yang harus dipersiapkan.

Berinvestasilah Pada Tempat yang Tepat

Animo masyarakat khususnya ibu rumah tangga terhadap investasi sudah terlihat sejak lama. Sering dijumpai adalah kegiatan arisan yang biasanya dilakukan sekelompok ibu di lingkungan rumah atau pertemanan.
Namun sayangnya, pengetahuan yang minim soal investasi membuat banyak sekali ibu rumah tangga yang menjadi korban kejahatan investasi bodong. Diiming-imingi keuntungan berlipat ganda membuat para korban tergoda dan akhirnya bergabung. Tapi bukannya untung yang didapat malah buntung.

Sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, kita perlu berhati-hati dalam memilih tempat berinvestasi. Berinvestasilah di tempat yang memang sudah terjamin keamanannya.

Hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memastikan keamanan dan keaslian tempat investasi, periksa apakah lembaga investasi tersebut sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika belum, lebih baik dihindari.

Strategi Investasi Ibu Rumah Tangga

Ada banyak investasi yang bisa dilakukan ibu rumah tangga seperti yang tertera di halaman ini. Dalam melakukan investasi tentunya harus memiliki startegi khusus agar investasi berhasil dan menguntungkan.
Berikut adalah tips-tips yang bisa dilakukan sebagai startegi berinvestasi bagi ibu rumah tangga.

Kenali Tujuan Investasi

Sebelum berinvestasi, sebagai ibu rumah tangga harus menentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi itu sendiri. Investasi untuk biaya pendidikan? Dana persiapan pensiun? Untuk membeli rumah? Atau untuk liburan bersama keluarga? Setiap tujuan memiliki strateginya masing-masing.

Buang Jauh-jauh Pemikiran Buruk tentang Investasi

Stigma negatif seputar investasi masih menyelimuti banyak orang di Indonesia. Yang perlu Anda ketahui adalah, memang benar berinvestasi dapat berisiko namun jika dilakukan dengan benar Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat.
Perkaya pengetahuan Anda seputar berbagai investasi yang tersedia. Kalau perlu konsultasikan pada perencana keuangan profesional.

Perhiasan Emas Bukan Investasi

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang banyak digemari khususnya di kalangan ibu rumah tangga. Tapi masih banyak yang salah kaprah soal investasi emas. Emas yang bisa dikatakan investasi hanyalah emas batangan, bukan emas perhiasan.
Banyak ahli keuangan yang berpendapat investasi emas perhiasan sesungguhnya tidak menguntungkan. Hal ini dikarenakan emas perhiasan memiliki biaya pembuatan yang cukup mahal sehingga keuntungan yang didapat dari menjual emas perhiasan tidak seberapa dibanding modal belinya.

Kalau pun memilih perhiasan emas sebagai investasi, pilih gelang polos (gelang keroncong) yang sederhana saja.

Jika ingin membeli emas batangan, belilah di Antam atau toko emas yang sudah ditunjuk secara resmi untuk menjual emas batangan. Sekarang ini kita juga bisa investasi emas di Pegadaian dan aplikasi online.

Mulailah dari Tempat yang Anda Kenal

Strategi investasi ibu rumah tangga yang terakhir adalah memulai dari tempat yang dikenal. Ingat, jangan pernah mau menaruh uang di tempat yang tidak jelas apalagi tidak dikenal. Saat ini banyak sekali tempat berinvestasi online terpercaya yang bisa diakses melalui ponsel dan tidak harus memulai dengan jumlah yang besar.

Kesimpulan

Berbeda dengan sekedar menabung, investasi adalah upaya kita mengelola dana atau aset yang dimiliki agar berkembang dan bermanfaat untuk jangka panjang.

Menabung tidak salah, tetapi seringkali menabung tidak memerhitungkan adanya inflasi, nilai tukar, dan daya beli. Itu sebabnya banyak yang kecewa setelah menabung sekian tahun, ternyata harga-harga juga melambung.

Ibu rumah tangga sebagai ujung tombak pengelola keuangan keluarga justru diharapkan cerdas dan harus melek finansial agar bisa menetapkan strategi investasi yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status