Inilah 7 Tips Jitu Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Seiring berjalannya waktu, persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Apalagi di masa pandemi sekarang ini banyak orang yang baru mencoba untuk mulai berbisnis. Akan tetapi sebelum memulai sebuah bisnis baru, alangkah baiknya jika teman-teman mempelajari tips belajar digital marketing untuk pemula, agar bisnis tidak mandek di tengah jalan.
Menurut situs jurnal.id, digital marketing sering diartikan sebagai kegiatan pemasaran dengan menggunakan berbagai media sebagai perantaranya. Untuk itu teman-teman perlu mempelajari ilmu digital marketing, karena tidak semudah yang dikira.
Untuk bisa menguasai digital marketing, tentunya kamu membutuhkan pengetahuan lebih dalam terkait teknologi. Kebetulan pada artikel ini, saya ingin membagikan beberapa tips digital marketing pemula yang bisa teman-teman terapkan. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Tips Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

  1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Untuk bisa menguasai ilmu digital marketing dengan baik, pastikan teman-teman memiliki tujuan jelas yang ingin dicapai. Buat tujuan bisnis teman-teman lebih rinci lagi, agar nantinya ketika bisnis teman-teman mengalami kendala, maka tidak berhenti ditengah jalan.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial memiliki peluang yang sangat besar, khususnya untuk orang yang menjalani bisnis. Pasalnya, menurut situs katadata.co.id, pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 196,7 juta jiwa, tentunya itu bukanlah jumlah yang sedikit. Contoh media sosial paling populer di Indonesia adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

  1. Kuasai Teknik SEO

Bagi teman-teman yang sedang belajar ilmu digital marketing, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah “SEO”
Ilmu SEO (search engine optimization) sangatlah penting. Bahkan rata-rata produk atau jasa yang dimiliki oleh pebisnis pemula lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas, karena penerapan ilmu SEO pada bisnis yang mereka jalani.
Tahukah teman-teman sekalian, jika dengan menguasai teknik SEO, bisnis kita menjadi lebih mudah dikenali oleh mesin pencari google. Sehingga, potensi bisnis teman-teman untuk dikenal oleh banyak orang akan meningkat.

  1. Berikan Potongan Harga

Sadar atau tidak ternyata kebanyakan masyarakat Indonesia sangat menyukai dengan yang namanya diskon atau potongan harga, apalagi jika potongan harga yang diberikan lebih dari 50%.
Supaya nantinya teman-teman tidak mengalami kerugian saat memberikan potongan harga, pastikan teman-teman telah mengkalkulasi pemasukan serta pengeluaran secara matang dan detail.

  1. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Banyak orang bilang jika waktu itu adalah emas. Bagi seorang pebisnis, hal itu memang ada benarnya. Gunakanlah waktu sebaik mungkin, dan hindari aktivitas yang tidak berguna.
Sayangnya, rata-rata pebisnis pemula sering sekali menyia-nyiakan waktu, sehingga banyak sekali peluang emas yang terlewatkan begitu saja.

  1. Konten Berkualitas

Salah satu hal yang membuat bisnis teman-teman dapat berjalan dengan lancar adalah karena adanya konten yang unik dan berkualitas. Selain itu, dengan konten berkualitas, akan menambah daya tarik bagi pelanggan.
Begitu pula sebaliknya, apabila konten teman-teman berantakan, maka hal itu akan mengurangi daya tarik pelanggan.
Apabila teman-teman kesulitan dalam mengatur konten bisnis, maka teman-teman bisa andalkan seorang freelance yang memiliki keahlian dalam bidang manajemen konten.

  1. Manfaatkan Iklan

Biasanya, penggunaan iklan bertujuan untuk meningkatkan jangkauan suatu produk, sekaligus meningkatkan rasio penjualan. Nah, untuk meningkatkan jangkauan dan penjualan suatu produk, teman-teman bisa lakukan dengan 2 cara, yakni dengan cara organik dan beriklan.
Apabila teman-teman memiliki budget berlebih, maka teman-teman bisa gunakan iklan untuk memperluas jangkauan bisnis. Akan tetapi, jangan sembarangan dalam beriklan, apabila teman-teman beriklan tanpa didasari oleh ilmu, maka iklan tersebut akan sia-sia atau biasa kita sebut dengan istilah “iklan boncos”.
Sebenarnya sudah banyak sekali platform iklan digital yang wajib teman-teman coba, diantaranya seperti Google, Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya.

Nah, teman-teman itulah tips belajar digital marketing pemula yang bisa teman-teman terapkan. Semoga bisnis teman-teman semakin maju dan menguntungkan.

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status