28/10/2020
tips melunasi hutang

Coba 4 Tips Melunasi Hutang dengan Cepat Berikut

Hutang merupakan kata lain dari meminjam uang dari pihak lain yang berguna untuk menjaga perputaran keuangan. Baik individu maupun badan usaha berskala kecil sampai besar pasti tidak asing dengan utang. Apalagi dalam laporan keuangan tahunan dari sebuah perusahaan selalu dicantumkan besar akun hutang yang dimiliki.
Dalam akuntansi, hutang bukan hal negatif melainkan modal awal yang dapat mendatangkan laba atau keuntungan jika digunakan dengan efektif. Anda pasti tahu dengan adanya hutang, selalu ada kewajiban untuk melunasi sehingga tidak menjadi beban pada perputaran keuangan selanjutnya. Berikut 4 tips melunasi hutang dengan cepat agar terhindar dari risiko suku bunga hutang yang terlalu tinggi.

Membuat Perencanaan Secara Rinci

Tips pertama, pastikan Anda membuat perencanaan berapa besar pinjaman yang akan diambil dan risiko yang mungkin dihadapi nantinya. Karena harus dibandingkan dengan kemampuan untuk melunasi setiap tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati.
Bagi pebisnis harus mempertimbangkan sebaik mungkin, apakah harus mengambil hutang jangka pendek atau jangka panjang. Apabila Anda tidak dapat membayar tepat waktu, maka utang tidak bisa dilunasi dengan cepat dan suku bunga terus bertambah.

Mengevaluasi Aktivitas Keuangan

Tips kedua, cobalah memeriksa pemasukan dan pengeluaran agar Anda tahu kondisi keuangan yang sebenarnya. Perhatikan jumlah pemasukan Anda apakah bisa menutup jumlah tanggungan yang harus dibayar atau tidak.
Selain itu, buat rincian pengeluaran untuk mengecek kebutuhan apa yang tidak perlu diutamakan. Dari hal ini, Anda dapat menggunakan bujet kebutuhan itu untuk membayar tanggungan yang sudah jelas tenggat waktunya.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Tips ketiga, mencoba bisnis atau kerja sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Gunakan keterampilan pada diri Anda sehingga tidak membutuhkan modal awal. Seperti menjadi reseller atau drop shipper produk online terbilang sangat menjanjikan. Karena ada banyak kategori produk yang dapat dijual secara online. Intinya adalah gunakan waktu luang dengan kegiatan yang dapat menghasilkan uang sehingga beban utang dapat segera dilunasi.

Membayar Utang Tepat Waktu

Tips keempat, jika Anda sudah mempunyai dana sesuai besar utang yang harus dilunasi, prioritaskan untuk pembayaran tanggungan itu. Tujuannya untuk menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan. Manfaat lain dengan tidak menunda pembayaran Anda dapat menghindari denda dari pihak kreditur.
Semakin berkurang saldo pinjaman, secara tidak langsung dapat memberikan motivasi untuk lebih giat bekerja. Semakin cepat utang lunas, Anda segera bebas dari tanggungan yang telah membebani.

Demikian keempat tips melunasi hutang dengan cepat sehingga dapat membantu Anda. Bagi yang ingin mempermudah mencatat laporan keuangan, dapat mengunduh aplikasi BukuKas di Play Store dan App Store. Aplikasi ini merupakan buku catatan keuangan dalam bentuk digital. Anda dapat mengecek catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan dengan lebih mudah. Selain itu, masih banyak fitur untuk membantu Anda menyelesaikan masalah keuangan pada bisnis dengan tips yang tepat dan cepat.

Semoga bermanfaat.

Bandung, 17 Agustus 2020

haniwidiatmoko

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *