Transfer Antar Bank via Aplikasi Gratis dan Praktis

Transfer antar bank merupakan kegiatan yang umum dilakukan masyarakat karena berbagai pilihan bank yang ada. Walaupun demikian seringkali pihak yang akan mentransfer mensyaratkan agar orang yang akan menerima dana memiliki rekening di bank yang sama. Hal ini sering berlaku pada pegawai atau karyawan agar memudahkan perusahaan.

Bisa jadi sebagai narablog, bila ada job penulisan artikel, fee pembayaran ditransfer dari sebuah bank A, sedangkan rekening yang kita miliki ada di bank B. Seringkali klien pemberi job akan memberi peringatan, bila banknya tidak sama, maka akan ada biaya transfer bank. Bukan hanya menerima transfer, kita pun bisa melakukan hal yang sama, transfer ke rekening orang lain. Ternyata bank penerima transfer berbeda dengan bank kita, akibatnya akan ada biaya transfer yang dikenakan.

Itu sebabnya beberapa orang memilih membuka rekening di bank-bank yang berbeda.

Jenis Layanan Transfer Antar Bank

Maraknya himbauan non-tunai untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 melalui uang tunai di masa pandemi ini, menyebabkan berbagai kemudahan ditawarkan ke masyarakat. Banyak bank menawarkan kemudahan layanan keuangan secara online melalui internet banking, mobile banking, dan aplikasi sesuai bank masing-masing.

Perlu diketahui bahwa transfer adalah kiriman uang yang diterima bank termasuk hasil inkaso yang ditagih melalui bank. Pesan ini kemudian diteruskan ke bank lain untuk dibayarkan kepada nasabah sesuai pesan yang tertera dari bank pengirim.

1 – SKNBI

Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) merupakan infrastruktur yang digunakan dan dimiliki oleh BI dalam penyelenggaraan transfer dana melalui kliring berjadwal untuk memroses data keuangan elektronik (DKE) pada layanan transfer dana, layanan kliring warkat debit, layanan pembayaran reguler, dan layanan penagihan reguler. Sistem kliring sering juga disebut LLG (Lalu Lintas Giro).

Untuk melakukan kliring, pemilik rekening harus datang ke bank secara langsung atau melalui mobile banking. Proses kliring ini cukup memakan waktu, bisa mencapai 2-3 hari kerja agar uang yang dikirim sampai ke rekening tujuan.

2 – RTGS

Real Time Gross Settlement (RTGS) adalah layanan yang biasa digunakan untuk transaksi atau pengiriman uang dalam jumlah besar dengan jumlah minimal lebih dari Rp100 juta per transaksi.
RTGS ini biasanya digunakan untuk transfer antar bank yang terhubung dengan sistem RTGS milik Bank Indonesia (BI). Proses transaksinya dapat dilaksanakan saat itu juga (real time) dan memerlukan waktu kira-kira 4 jam. Transfer yang dilakukan oleh bank A ke bank B dikenakan biaya transaksi sebesar Rp25 ribu hingga Rp50 ribu.

3 – Real Time Online

Transfer real time online (RTO) adalah cara pengiriman uang yang paling sering dipakai oleh masyarakat. Biasanya melalui ATM, mobile banking, dan SMS banking. Sistem transfer ini cepat atau real time karena menggunakan kode switching yang menghubungkan antar bank.
Transfer ini dilakukan oleh nasabah dari satu bank untuk penerima yang menggunakan bank yang sama ataupun bank berbeda melalui perantara lembaga switching seperti ALTO, Prima, GPN, dan ATM Bersama.

Biaya transfer yang dikenakan untuk layanan ini bervariasi yang ditentukan oleh lembaga switchingnya, antara Rp6.500-Rp7.500 per transaksi. Dengan layanan ini, dana yang ditransfer bisa langsung diterima oleh penerima karena lembaga switching melayani transaksi 24 jam dalam 7 hari.

Transfer Antar Bank via Aplikasi

Adanya biaya yang ditagihkan setiap melakukan transaksi dirasakan cukup merepotkan bagi masyarakat. Bayangkan misalnya ada sepuluh transaksi ke bank-bank yang berbeda, maka akan dikenakan biaya 10XRp6.500,- = Rp 65.000,-.

Pihak yang melakukan transfer sering membebankan biaya transfer tersebut ke pihak penerima. Tentu saja pihak penerima pun akan merasa rugi, bila dana yang harusnya diterima sejumlah X rupiah, tapi harus dikurangi biaya transfer.
Kalau berkali-kali, kan, lumayan, yah…

Nah, untuk mengatasi adanya biaya tersebut, sekarang ada beberapa pilihan transfer menggunakan aplikasi yang bisa dilakukan secara online.
Kebutuhan transaksi online memang sudah tidak asing lagi dalam keseharian kita.
Tumbuhnya berbagai toko online, marketplace, transportasi, dan jasa pengiriman, semuanya bisa dioperasikan melalui smartphone android dengan sangat mudah.

Saat ini sudah ada aplikasi transfer antar bank gratis yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk transfer ke rekening beda bank.

Aplikasi tersebut adalah neu, yang bisa kalian unduh di Playstore. Neu bisa membantu melakukan transfer antar bank setiap hari secara online dan tanpa ribet dengan limit sampai 25 juta rupiah per hari.

Kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera pada aplikasi untuk melakukan transfer melalui neuTransfer.

Cara kerja / proses transfer gratis admin di neu cukup mudah, kita hanya perlu melakukan transfer sesuai dengan nominal yang diinginkan terlebih dahulu ke rekening neu (BRI, BNI, BCA, dan Mandiri), kemudian setelah sudah terkonfirmasi oleh sistem, neu akan meneruskan uang kita ke rekening bank tujuan.

Kesimpulan

Di zaman serba digital ini kehidupan kita dimudahkan dengan berbagai aplikasi, termasuk aplikasi keuangan, salah satunya neu. Neu sendiri adalah aplikasi keuangan dari PT Neu Inklusi Keuangan, yang menyediakan beberapa fitur menarik, di antaranya adalah neuBudgeting, neuGold, neuGrow, neuPoints, neuLoan, neuTransfer, jual beli pulsa, sampai pembayaran tagihan bulanan.

Dengan memilih neu sebagai aplikasi keuangan kita maka kita tidak perlu lagi memiliki beberapa akun bank berbeda agar terhindar dari biaya transfer antar bank.

Semoga bermanfaat.

16 pemikiran pada “Transfer Antar Bank via Aplikasi Gratis dan Praktis”

  1. Aku baru tahu nih ada aplikasi neu. Smg dgn banyaknya aplikasi transfer antarbank ini memudahkan masyarakat dalam pembayaran. Apalagi kalau tanpa biaya seperti ini dan limit transfernya jg gede lagi. Siapa yang ngga mau coba?

    Balas
  2. Transfer antar bank memang paling banyak dihindari. Terutama oleh pengusaha online karena bisa membuat pelanggan kurang nyaman harus membayar lebih. Apalagi jika harga produk tidak terlalu mahal. Kalau ada aplikasi bebas biaya transfer antar bank kan lumayan meringankan transaksi.

    Balas
  3. Ini aplikasi transfer antar bank baru ya, Kak Hani. Saya baru dengar dan baca artikel tentang ini. Sebelumnya ada beberapa sih.

    Tapi, aplikasi transfer antar bank kayak neu emang berguna banget sih. Apalagi buat yang sering belanja online. Biar nggak boros biaya admin. Hehehe

    Balas
    • Aku perlu nih aplikasi neu. Ampun banget deh, tiap kali transfer ke rekening yang berbeda, kena biaya admin Rp 6.500,’.

      Pengen nangis, tiap bulan begitu, 10x aja udah kepotong Rp 65.000 huaaah.

      Balas
  4. Transfer antar bank banyak macamnya ya Mba Hani, udah pernah nyobain yg RTGS saya beberapa tahun lalu, wah sekarang udah ada layanan transfer antar bank gratis yaa, pakai Helloneu, noted. Tfs

    Balas
  5. Baru tahu tentang aplikasi Neu. Sekarang transfer antar bank lebih mudah ya. Apalagi dengan aplikasi keuangan seperti Neu yang menyediakan layanan trasfer gratis.

    Balas
  6. Baru tahu soal Neu ini. Jadi kalau mau transfer antar bank gak pakai drama admin lagi deh. Aku paling menghindari beda bank. Sayang sama biayanya dan pakai drama pinjam rekening deh

    Balas
  7. Nah ini solusi yang cocok buat yang sering transfer antar bank. Bakalan jadi lebih hemat nih pakai aplikasi Neu.

    Balas
  8. Aplikasi transfer bank lewat aplikasi sangat memudahkan sekali bagi kita tanpa mikirin biaya transfer, pernah sekali saya transfer beda bank dengan cara yang biasa malah saldo saya berkurang 20ribu, nyesek deh

    Balas
  9. Baru tahu ttg aplikasi Neu. Kalo penggunanya udah banyak sih enak ya, transfer antar bank bisa gratis biaya admin. Suka sedih kalo Nerima fee job dari bank berbeda dan kudu kepotong biaya admin, hiks… Apalagi kalo jobnya receh huhu jadi dikit dapetnya.

    Balas
  10. Kerasa banget emang biaya transfer antar bank, kaya eman-eman kalau 6.5k berkali2 juga :)) kalau dikumpulin jd lumayan itu ey. Untung sekarang ini udah ada penyedia yg bisa bikin gratis transfer antar bank ini ya, menghemat sekaligus memudahkan. Aplikasi Neu ini wajib ada nih berarti, biar nggak repot2 lagi

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status