28/10/2020
usaha oleh-oleh bandung

Usaha Oleh-Oleh Bandung, Usaha Kecil Menengah dari Rumah

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak daerah atau wilayah dan memiliki kekhasan oleh-oleh masing-masing. Buah tangan tersebut tentunya selalu diincar oleh para pelancong. Terlebih jika daerah atau wilayah tersebut memiliki banyak tempat wisata yang menarik.
Salah satu wilayah yang cukup banyak dikunjungi adalah Jawa Barat. Ada berbagai macam destinasi wisata yang bisa ditemukan dari provinsi tersebut. Ibu kota Jawa Barat yang terletak di Bandung juga memiliki daya tarik wisata yang tidak sedikit. Ada wisata sejarah, budaya, pelestarian bangunan, fashion, kraft, dan kuliner. Tidak heran, jika kita bisa menemukan aneka usaha kecil menengah yang diproduksi dari rumah.
Usaha oleh-oleh Bandung terus berkembang dengan sangat pesat. Berbagai macam oleh-oleh tersebut bisa berupa makanan, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya.

Adapun beberapa jenis usaha oleh-oleh khas Bandung industri rumahan yang bisa ditemukan adalah sebagai berikut.

Makanan

Jenis yang pertama adalah makanan. Ada berbagai makanan khas Bandung yang bisa ditemukan pada pusat oleh-oleh. Mulai dari jajanan atau keripik berupa makanan manis, asin, pedas, sampai masam. Untuk makanan pedas yang tergolong baru, tapi memiliki peminat cukup banyak adalah seblak. Seblak sendiri merupakan makanan yang terdiri dari kerupuk basah, telur, sayuran dan beberapa bahan lain. Di mana, salah satu rempah yang digunakan adalah kencur, bawang merah dan bawang putih. Untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, maka bisa memilih seblak kering atau seblak instan. Makanan lain yang merupakan makanan khas daerah Jawa Barat adalah pepes-pepesan, misalnya pepes ikan mas, pepes tahu, pepes ayam dan lain sebagainya. Berikutnya yang tak kalah populer adalah batagor, atau baso-tahu goreng. Pepes maupun batagor sekarang sudah dikemas rapi sehingga pantas dibawa sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Aksesoris

Usaha oleh-oleh Bandung selanjutnya mencakup tentang aksesoris atau barang pernak-pernik yang bentuknya kecil dan imut. Aksesoris mulai dari gelang, kalung, gantungan kunci, dompet, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai macam gantungan kunci yang berbentuk alat musik angklung khas Bandung atau tokoh pewayangan. Produk aksesoris tersebut seringkali juga diberikan sebagai cendera mata pada saat pesta pernikahan. Bahkan warga luar kota berburu cendera mata tersebut khusus berkunjung ke Bandung.

Pakaian

Bandung itu tempatnya fashion mutakhir. Oleh-oleh berupa kaos-kaos bertuliskan khas Bandung dan sekitarnya mudah diperoleh di facotry outlet atau toko-toko pusat oleh-oleh. Baju di sini maksudnya adalah baju kaos atau kebaya modern. Biasanya, beberapa pelancong selalu mencari pakaian yang memang memiliki tulisan atau ciri khas dari daerah yang dikunjunginya dalam berbagai ukuran. Beberapa usaha oleh-oleh tersebut memiliki pakaian dengan sablon berupa tulisan dalam Bahasa Sunda, bangunan bersejarah di Bandung, alat musik khas dan lain sebagainya.

Itulah beberapa usaha oleh-oleh Bandung yang bisa dibuat sendiri sebagai industri rumahan. Berbagai macam jenisnya tersebut bisa secara langsung dibuat dalam satu usaha saja atau beberapa jenis sekaligus. Langkah selanjutnya adalah membuat foto produk keren dan memasarkannya secara langsung di toko oleh-oleh atau melalui media promosi online.

Semoga bermanfaat!

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

13 thoughts on “Usaha Oleh-Oleh Bandung, Usaha Kecil Menengah dari Rumah

  1. Saya suka banget sama makanan khas Bandung, seperti seblak, pepes, batagor, siomay…meski bukan asli Bandung namun makanan khasnya cocok di lidah. Semoga usaha oleh-oleh khas Bandung dengan konsep yang ditawarkannya bisa lebih maju meski ditengah pandemi seperti saat ini.

  2. Kuliner bandung memang tidak perlu diragukan lagi keberagamannya. Paling suka beli cemilan kalau piknik ke sana. Tahu seblak juga belum lama. Ternyata rasanya unik juga. Ada aroma kencurnya…Enaak ..

  3. Bandung ini kota yg selalu ramai dikunjungi orang dari luar kota saat akhir pekan. Hal ini bisa jadi peluang bagi pebisnis besar hingga kecil. Dari bisnis hotel dan resto, hingga suvenir dan kue.

  4. Di Bandung itu kayaknya segala macamnya ada ya. Dari kulineran, aksesoris, apalagi pakaian dengan mode terbaru.

    Jadi rindu main ke Bandung, sudah bertahun-tahun tidak main ke sana.

  5. Banduuung, salah satu kota di Indonesia yang masuk bucket list aku nih, Insya Allah kalau tidak ada kendala sudah ada agenda untuk datang ke kota ini, apalagi sudah nemu artikel yang ngebahas oleh-oleh UMKM gini, izin simpen yaa.

  6. Aku pengen banget pandemi ini segera lewat, karena aku udah lama nih ngga ke Bandung… Terakhir ke sana Agustus 2019 dan belum sempet jalan-jalan karena buat kerja doang. Suasana kota Bandung memang ngangenin dengan kuliner enaknyaaa….

  7. ga penge oleh2 bandung,,

    pengen lgsg ke bandung mbaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    padhal plan udah lama,, kehambat pandemi

    ya alloh,, kapan ni bisa kesanaaaaa

  8. Saya setuju banget kalo dibilang Bandung itu tempatnya fashion mutakhir. Bisa dibuktikan kalau misalkan belanja di marketplace, pasti yang jual kebanyakan dari daerah Bandung. Selain murah bajunya juga bagus-bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *