Jadilah Wanita Percaya Diri, Pancarkan Cantik dari Dalam

Bila membahas tentang wanita, umumnya yang dibayangkan adalah sosoknya secara fisik. Kemudian paras wajah dan tampilannya, mulai dari bentuk muka hingga bentuk tubuhnya. Sedemikian memesonanya wanita hingga ada kriteria tertentu yang dibentuk oleh masyarakat tentang paras cantik. Sehingga banyak perempuan yang berusaha mengubah tampilan dengan berbagai upaya supaya memenuhi standar kecantikan yang terlihat dari luar tersebut. Berbagai cara tersebut mulai dari memakai riasan tebal, diet, hingga melakukan operasi rekonstruksi wajah dan tubuh untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pada sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang terlalu risau dengan penampilan fisiknya untuk memenuhi standar kecantikan yang dibentuk masyarakat tersebut mengalami gangguan psikologis. Gangguan tersebut berupa depresi, gangguan nafsu makan, hingga kehilangan kepercayaan diri, serta ada perasaan tidak puas dengan tampilan tubuhnya. Gangguan ketidakpuasan dengan tampilaan tubuh tersebut bernama Body Dysmorphic Disorder, yaitu perasaan cemas terhadap tampilan fisik tubuh sendiri.
Salah satu ciri mereka yang mempunyai gangguan Body Dysmorphic Disorder tersebut adalah sering memerhatikan tubuh depan cermin.

Kecantikan Tak Hanya Tampilan Fisik

Kecantikan wanita tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan rangkaian dan paduan dari berbagai aspek, baik lahir, mental, dan spiritual. Memaknai kecantikan seperti itu maka sudah sepatutnya kita tidak menilai wanita hanya dari tampilan fisiknya saja.

Coba, misalnya kita berjumpa dengan seorang wanita yang cantik jelita, tetapi ketika kita berbincang dengannya, sang wanita tersebut sikapnya meremehkan dan menganggap kita tidak ada. Rasa kagum akan kecantikan terhadap wanita tersebut, yakin deh, pasti luntur hilang terbawa angin.
Bandingkan bila kita berjumpa dengan seseorang, yang mungkin saja tampilannya biasa-biasa saja, ternyata ramah, memberi perhatian, pasti hati ini akan kepincut.

Itu sebabnya sikap seseorang juga berpengaruh pada ekspresi wajahnya secara keseluruhan. Sebaliknya rasa bahagia terhadap diri sendiri, termasuk menerima kondisi diri sendiri, akan memancar juga pada ekspresi wajahnya.
Bersikap baik inilah salah satu dari inner beauty, kecantikan batin, yang memberikan aura positif kepada lingkungan sekitar.

Pernah gak, di suatu ruangan tadinya biasa saja, ternyata setelah kehadiran seseorang membuat suasana jadi tegang dan tidak nyaman. Artinya kehadiran seseorang tersebut menyebarkan aura negatif, lepas apakah orang tersebut berparas rupawan atau tidak.

Kecantikan secara fisik mungkin hanya enak dilihat, di foto, film, atau media visual lainnya. Tetapi untuk berinteraksi dan memberikan kesan mendalam perlu hal lain, yaitu inner beauty, atau cantik dari dalam.

Tips Memancarkan Inner Beauty Agar Percaya Diri

“You must love yourself before you love another. By accepting yourself and fully being what you are, your simple presence can make others happy”  -Anonim

Terjemahan bebas:
“Anda harus mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Dengan menerima diri sendiri dan sepenuhnya menjadi diri Anda sendiri, kehadiran sederhana Anda dapat membuat orang lain bahagia ” – Anonim

Membaca kuote di atas, maka kamu yang berkulit coklat, rambut keriting kemerahan, badan sintal tidak tinggi, mari kita berdiri berdampingan sini.
Tak soal orang lain menganggap kita kurang cantik, yang penting kehadiran kita memberikan positive vibes (getaran positif) bagi lingkungan sekitar.

Beberapa penelitian mengungkapkan pendapat beberapa filsuf bahwa inner beauty mendefinisikan orang cantik karena moralnya yang baik. Sedangkan bagi filsuf lain, inner beauty tak hanya tentang kebaikan moral tapi juga erat kaitannya dengan kecerdasan, selera humor, dan optimisme yang dimiliki seseorang.

Mau tahu tipsnya? Berikut beberapa tips untuk percaya diri:

1 – Cerdas

wanita cerdas percaya diri
wanita cerdas percaya diri, sumber: pexels-christina morello

Mungkin sering baca ya, pada ajang pemilihan Miss World atau kontes kecantikan lainnya, yang dinilai adalah 3 B, yaitu beauty, brain, and behaviour.
Intinya cantik doang tak ada artinya bila tak punya otak…#eh.
Jadi kalian yang kurang merasa cantik, cukuplah pede aja lagi, kalau kalian itu cerdas.

Cerdas bukan berarti kalian harus lulusan doktor lalu jadi profesor, lho…
Cerdas artinya bisa memecahkan masalah tanpa banyak ribut. Kalau ada persoalan, cepat menemukan solusinya.

2 – Ramah

ramah dan murah senyum cantik dari dalam, sumber: danang wicaksono
ramah dan murah senyum cantik dari dalam, sumber: Danang Wicaksono from Pexels

Menurut saya orang yang ramah dan murah senyum itu menyenangkan. Misalnya kita lagi suntuk terus ditegur seseorang yang ramah dan perhatian. Walaupun mungkin kita sedang tidak ingin diganggu, tapi dengan mendapat perhatian seperti itu, perasaan kita sangat terhibur.

Lebih-lebih lagi, bila orang tersebut mempunyai rasa empati mau mendengarkan keluhan kita tersebut. Seringkali orang yang mempunyai masalah hanya ingin didengarkan keluhannya, bukan untuk mendapatkan solusi dari orang lain. Menjadi pendengar yang baik dan perhatian juga bentuk inner beauty seseorang.

3 – Membawa Aura Positif

aura positif cantik dari dalam, sumber: myfioridesign

Penanda lain bahwa seseorang mempunyai inner beauty adalah bisa membuat orang-orang di sekitar menjadi lebih baik. Orang tersebut artinya membawa aura positif pada lingkungan sekitar.
Pernah gak kalian merasakan dirindukan dan dicari oleh komunitas yang telah digeluti. Orang di sekitar merasa kehilangan bila kita tidak hadir pada suatu kegiatan. Seringkali aura positif dibawa oleh seseorang yang justru berpenampilan bersahaja, tidak mencolok dengan riasan tebal atau baju norak. Justru dengan kesederhanaannya malah mencuri perhatian.

Teman-teman, tahu kan, Anne Avantie?
Menurut saya beliau membawa aura positif bagi lingkungan sekitarnya.
Beliau terkenal sebagai perancang busana yang sudah berkiprah puluhan tahun. Hasil rancangan kebaya beliau sangat ekslusif dan halus buatannya.
Selain itu beliau juga mengembangkan bisnisnya ke bisnis kuliner dan pakaian dalam.

4 – Menjadi Diri Sendiri

menjadi diri sendiri pancarkan cantik dari dalam, by Godisable Jacob
menjadi diri sendiri pancarkan cantik dari dalam, sumber: Godisable Jacob from Pexels

Iklan di TV atau berbagai media menawarkan berbagai kriteria tentang cantik. Misalnya berkulit putih, berambut lurus dan hitam, atau berbadan tinggi langsing.
Itu sebabnya bermunculan berbagai produk kecantikan yang menjanjikan menjadi kulit putih dalam sekian minggu.
Padahal kita tahu bahwa Indonesia terdiri dari puluhan provinsi dari Sabang hingga Merauke, justru tidak semua wanita asli Indonesia yang berkulit putih. Bangsa kita itu terdiri dari berbagai suku bangsa dan ras. Masing-masing mempunyai ciri-ciri fisik yang beragam dan unik, serta pancaran kecantikan asli dan khas.

Cantiknya wanita Papua tentunya sangat unik, walaupun kulit mereka tidak berwarna putih. Begitu pula iklan shampo agar rambut lurus, lalu apakah saudara kita dari Papua tidak bisa memakainya karena berambut keriting?

Menjadi diri sendiri lah kuncinya, agar kecantikan kita terpancar apa adanya.
Menurut saya yang penting kulit kita bersih, terawat, dan menggunakan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.
Mulai sekarang pilih-pilih produsen kosmetik yang mottonya adalah care and beauty cosmetic. Artinya agar cantik harus terawat baik.

5 – Mampu Merawat Diri

merawat diri menimbulkan rasa percaya diri
merawat diri menimbulkan rasa percaya diri, sumber: Ekaterina Blovtsova from pexels

Bentuk lain agar timbul rasa percaya diri sehingga memancarkan inner beauty adalah mampu merawat diri.
Coba aja, kalian tidak mandi tiga hari, apanya kita menjadi tidak percaya diri, deh.
Takut tercium bau badan, kan.
Menjaga kebersihan dan kesehatan merupakan langkah agar kita lebih percaya diri.
Di daerah tropis ini, umumnya mandi dua kali sehari, pagi dan sore hari. Kemudian memakai baju yang ringan dan menyerap keringat.

Penunjang lain adalah memakai pakaian dalam yang tepat, meliputi aspek kenyamanan, penopangan, pembentukan, keindahan dan kesehatan.
Pakaian dalam wanita memang harus dipilih dengan tepat karena kondisi tubuh wanita setiap phase yang berbeda-beda.
Misalnya pakaian dalam remaja putri, wanita dewasa, calon ibu, setelah melahirkan, dan menyusui, mempunyai jenis serta pilihan yang berbeda.

Merawat kebersihan tubuh tak lengkap bila tak merawat kulit wajah juga. Selain menjaga kebersihan juga asupan gizi seimbang, olah raga dan banyak minum air putih. Seperti kita ketahui, kekurangan cairan pada tubuh akan membuat kulit kusam dan kering. Selain itu tak masalah kulit kita tidak putih, yang penting bersih dan memerhatikan perawatan dasar. Misalnya memakai sunblock terutama bila akan ke luar rumah dan memakai pelembap sepanjang hari.

Cantik Dari Dalam Bersama Fiori – Care and Beauty

outlet FIORI
outlet FIORI

Teman-teman, percaya engga, pakaian dalam yang tepat turut menunjang rasa percaya diri, lho.
Bagi sesama wanita pasti pernah merasakan, waktu remaja ketika mulai ada perubahan pada bentuk tubuh, ada rasa risi ya…
Apalagi sejalan waktu pertumbuhan tersebut semakin nyata. Semula hanya memakai kaos singlet, kemudian beralih ke miniset, lalu mulai mencari ukuran bra yang sesuai.
Kemudian setelah menjadi dewasa, menikah, hamil, melahirkan, dan menyusui, bingung lagi mencari bra yang tepat. Seperti kita ketahui, untuk mengembalikan ke bentuk tubuh sebelum melahirkan harus didukung oleh penopang yang sempurna.

Mau saya kasih tahu, produk pakai dalam berkualitas yang telah berpengalaman puluhan tahun?

Nama brandnya FIORI, diproduksi oleh PT Golden Pesada Multitex telah berpengalaman dalam memproduksi dan memasarkan pakaian dalam ke manca negara sejak tahun 1986.
PT Golden Pesada Multitex bersama PT. France Valege International (PT. FVI), sebuah perusahaan berskala internasional, yang diresmikan pada Oktober 2004 di Jakarta, mulai memasarkan produk pakain dalam dan pakaian pembentukan dengan brand FIORI ini.

Dalam menunjang penampilan wanita agar percaya diri, motto Fiori adalah: penopangan, pembentukan, keindahan, kenyamanan, dan kesehatan.

Tips Memilih Bra

Wanita dengan pesonanya memiliki bentuk payudara yang berbeda-beda. Allah swt menciptakan sesuai kodratnya dan fungsinya adalah untuk menyusui anak-anak mereka kelak.
Lepas dari bentuk dan ukurannya, tugas kita menjaganya agar tetap sehat. Untuk itu diperlukan ukuran yang sesuai. Berikut tipsnya:

Kualitas
Pilih bahan bra yang kualitasnya baik. Seringkali produk yang harganya murah tidak awet dan tali penyangga cepat kendur.

Ukuran dan Tipe Bra
Jika kalian memiliki payudara yang penuh, silakan cek di pilihan Mama Style ya, dan tidak disarankan menggunakan model Teenage Style karena tidak menyangga payudara dengan baik.

Sesuai dengan Baju Luar
Pemilihan bra yang tepat seiring pula dengan baju luar yang akan dipakai. Jangan sampai kita salah memilih bra sehingga tercetak atau terlihat dari balik baju luar.
Misalnya cup bra kurang baik sehingga kurang menutup payudara. Atau terlalu ketat sehingga terlihat tonjolan lemak dari balik baju.
Maaf ya…saya jadi malu nih…

Ragam Pilihan Produk Fiori

Menurut penelitian, ternyata sebagian besar masyarakat Indonesia salah memilih produk pakaian dalam, terutama produk pakaian dalam wanita. Umumnya tidak tepat memilih ukuran, karet yang mudah mulur, tali (strap) yang terlalu kencang sehingga membuat kulit memerah. Bisa juga cup yang terlalu kecil atau terlalu longgar.

Berikut beberapa bra dan pakaian dalam yang tepat, bisa kalian pilih di websitenya justfiori.com, Care and Beauty Lingerie.

  • Adult Style, ada 20 pilihan model
  • Lingerie Style, baju tidur yang ringan dan nyaman
  • Mama Style, ada 13 pilihan model
  • Legging Style, cocok untuk baju dalam Muslimah
  • Panty Style, menampilkan 45 pilihan produk
  • Shaper Style, menampilkan 19 produk, bagi kalian yang ingin membentuk tubuh ideal
  • Sport Style, cocok untuk berolahraga dengan bahan yang ringan dan menyerap keringat
  • Teenage Style, modelnya lucu dan ceria, cocok untuk remaja putri
  • Man Style, untuk pria dengan beberapa model pilihan
  • Cosmetics, tersedia 64 produk mulai dari lipstick, pinsil alis, fondation, bedak, BB cream, hingga hair treatment

Menurut penjelasan produsen Fiori, produk-produknya disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita Indonesia. Tentu saja Fiori yang telah berpengalaman puluhan tahun hanya membuat produk yang berkualitas.
Jangan khawatir, untuk produk-produk tertentu, misalnya Graziella Waist Shaper kalian bisa request size lho…

Untuk lebih jelasnya kalian bisa cek produknya di:

  • Website FIORI, justfiori.com
  • Instagram, @myfioridesign
  • Text, ke nomor 0812 8260 0088
  • Email, designfioriasia@gmail.com
  • Kantor, The Mansion at Dukuh Golf Kemayoran Tower Fontana Lt. 50 F1-J1 – Jalan Trembesi Blok D4 Bandar Baru Kemayoran Kel Pademangan Timur

Kenapa Harus Fiori

Banyak produk pakaian dalam yang ditawarkan, saya merekomendasikan Fiori karena beberapa alasan berikut ini:

1 – Bahan berkualitas terbuat dari Lycra Dupont dan Lycra Sensitive Sculpt.
2 – Selain itu telah lulus sertifikasi ITS untuk pewarnaan yang aman.
3 – Ditambah pula inovasi cup bra berongga dan Silicon Pad, sehingga sirkulasi udara berjalan baik, menyebabkan nyaman dan tidak panas.
4 – Desain Magic Bra, yaitu penambahan spiral bone pada side bust, sehingga dapat menyamarkan lemak di bawah ketiak.
5 – Menambahkan elemen Germanium pada produk yang berfungsi mencegah perkembangan bakteri dan menghilangkan bau badan (odor).
6 – Modelnya up to date dan mewah dengan penempatan Lace Embroidery (renda bordir) serta kombinasi warna yang tepat.
7 – Buy 1 Get 1 untuk beberapa produk tertentu.
8 – Sering ada event dengan tema kesehatan wanita.
9 – Mudah dibeli dari website atau cabang-cabang Fiori yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.
10 – Menerima reparasi produk FIORI yang jahitannya bermasalah (jahitan lepas/ tidak terjahit).

Bila teman-teman penasaran seperti apa produk-produk Fiori dapat di lihat di katalog Fiori berikut ini:

katalog FIORI
Katalog FIORI

Penutup

Kecantikan tak hanya dinilai dari fisik saja, karena seiring berjalannya waktu, kecantikan bisa memudar. Ada yang lebih abadi yaitu cantik dari dalam.
Cantik seringkali merupakan suatu representasi yang sengaja dibentuk oleh media agar masyarakat memercayai makna cantik tersebut. Belum lagi iklan yang bertubi-tubi seolah menanamkan mitos tentang kriteria cantik tersebut.

Padahal wanita yang mempunyai kepribadian maka keindahan sempurna seorang wanita berasal dari dalam. Pancaran kecantikan dari dalam tersebut lebih berarti daripada hanya sekedar cantik fisik. Bahkan wanita yang mungkin tidak terlihat cantik menurut kriteria iklan kosmetik, ternyata justru lebih memancarkan cantik bagi lingkungan sekitarnya.

Nah, teman-teman, kalian setuju kan dengan saya.
Jadilah wanita yang percaya diri.
Cantikmu akan terpancar dari dalam!

Sumber: jusfiori.com

Sumber foto:
Photo by Danang Wicaksono from Pexels
Photo by Godisable Jacob from Pexels
Photo by Maëliss Demaison on Unsplash

2 pemikiran pada “Jadilah Wanita Percaya Diri, Pancarkan Cantik dari Dalam”

  1. Setuju banget nih bun. Pakaian dalem itu nggak cuma buat nutupin area pribadi kita tapi bikin kita jadi lebih pede sama diri sendiri. Makanya sukak banget kalo pakai bra dan CD yang jatuhnya pas melekat di tubuh. Auto feeling cantik gitu hehe. Fiori ini brand yang kece dan desainnya juga oke-oke banget. Top deh pokoknya.

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status