09/08/2020
traveloka

Wisata Sejarah Kota Semarang

Sejak lama, kota Semarang seolah tak ada habisnya menjadi obyek yang sangat menarik. Bukan hanya menarik bagi wisatawan tetapi juga bagi peneliti kota dan arsitektur. Sejarah kota Semarang berawal dari abad ke-6 Masehi yaitu daerah pesisir yang bernama Pragota (sekarang menjadi Bergota) dan merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Pergantian pemerintahan kota Semarang pun datang silih berganti hingga pergantian abad. Bahkan di abad ke 17 Semarang diserahkan oleh kerajaan Mataram ke VOC. Sejak pemerintahan Hindia Belanda mengelola kota Semarang berbagai bangunan didirikan. Ada ratusan bangunan lama yang berusia ratusan tahun masih bisa dijumpai sekarang ini, sehingga menjadi tujuan wisata sejarah kota Semarang.

Semarang, bukan hanya sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah tetapi wilayah metropolitan. Berpenduduk mencapai lebih dari 7 juta jiwa, Semarang berkembang sangat pesat menjadi kota perdagangan, pendidikan, dan budaya. Beberapakali saya ke Semarang dalam rangka mengikuti seminar di sebuah perguruan tinggi, maka segala sesuatu harus disiapkan dengan baik. Bukan hanya materi seminar, tetapi juga pemesanan moda transportasi pergi-pulang, termasuk juga booking hotel murah. Ya kali, ke Semarang dalam rangka seminar atau workshop, dana dari kampus kan terbatas.

Mempelajari Kota Melalui Obyek Wisata

wisata sejarah kota semarang
Gereja Blenduk
wisata sejarah kota semarang
Jalan-jalan sore di Semarang Kota Lama

Biasanya nih, sesudah seminar atau workshop oleh panitia disisipkan satu hari untuk wisata sejarah kota Semarang dan sekitarnya. Berbagai obyek bangunan bisa kita amati dan pelajari, antara lain: Stasiun Tawang, Gereja Blenduk dan sekitarnya, Bangunan Heritage di Kawasan Semarang Kota Lama, Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, dan lain-lain. Termasuk juga berbagai ruang terbuka yang menjadi tempat nongkrong, misalnya Alun-alun Simpang Lima, Tugu Muda Semarang, dan taman-taman kecil lain yang ditata apik. Masing-masing obyek tersebut mempunyai latar belakang sejarah yang bisa kita pelajari, mulai dari gaya bangunan, arsitek, material bangunan, bahkan kehidupan manusianya.

wisata sejarah kota semarang
Lawang Sewu
wisata sejarah kota semarang
Bersama teman-teman

Saya tinggal di kota Bandung, seringnya ke Semarang naik kereta-api, dan turunnya bisa di Stasiun Poncol atau sampai akhir di Stasiun Tawang. Perjalanan dari Bandung kurang lebih tujuh jam, jadwal keberangkatan biasanya pilihan yang malam hari tiba di Semarang pagi hari. Bisa juga berangkat pagi sampai di kota Semarang sore hari. Saya lebih menyukai berangkat pagi, sehingga tiba di kota Semarang sore hari. Dari Stasiun bisa langsung check in, berbekalkan hotel voucher dari Traveloka. Badan masih fit dan bisa jelajah kota menjelang sore hingga malam hari. Banyak obyek-obyek yang ternyata dibuka juga malam hari untuk kunjungan wisata.

Mudahnya Berburu Hotel Voucher di Traveloka

Berburu hotel voucher melalui Traveloka cukup mudah. Kita tinggal buka aplikasi Traveloka, lalu pilih kota Semarang. Di bagian atas aplikasi ada pilihan filters (Stars, Price & Pay upon Check-in).

Pay upon Check-in, artinya membayar saat check-in atau bayar di hotel. Fitur baru ini memungkinkan pelanggan untuk memesan hotel terlebih dahulu dan melakukan pembayaran saat check-ini secara tunai atau menggunakan kartu kredit.

traveloka
Pay upon Check-in Available

Selain itu ternyata melalui Traveloka ada fitur easy reschedule, last minute hotel, dan hotel near me. Bila sudah mendapatkan hotel yang dipilih, biasanya saya mencek, ada obyek apa saja di sekitar hotel. Bisa obyek wisata, kuliner, atau bangunan penting lainnya.

Teman-teman, booking hotel murah memang ada seninya. Apalagi bagi yang naik kereta api atau pesawat terbang, biasanya waktu kedatangan tidak pas dengan waktu check-in hotel.

Contohnya saja, kereta api malam dari Bandung, sampai di Semarang, pukul lima pagi. Sedangkan check-in hotel umumnya pukul 14:00. Belum lagi bila waktu kedatangan mepet dengan seminar yang mulainya pukul sembilan pagi. Menunggu antara empat hingga lima jam ini di mana? Mana belum mandi pula. Ternyata hal-hal seperti ini tak masalah di zaman serba digital. Tinggal check fitur Traveloka, geser fiturnya ke Budget โ€“ Hostel โ€“ Xtra Deals.

traveloka
Booking Hotel Murah

Ada pilihan The Capsule Gajahmada, hotel kapsul, harga bersahabat. Sudah tahu kan bentuk hotel kapsul. Itu hotel yang hanya berupa komparteman tempat tidur dan fasilitas kamar mandi bersama.

Lumayan bisa rebahan sebentar, mandi, lalu hadir seminar. Nanti waktu istirahat seminar bisa easy reschedule pindah ke hotel yang lebih nyaman.

traveloka
Easy Reschedule

Praktis dengan Metode Cashless

Di zaman serba digital ini, uang pun digital. Jadi sudah biasa kita melakukan pembayaran non tunai. Traveloka tentu saja ada metoda cashless dalam sistem pembayaran tagihannya.

Selain pembayaran dengan kartu kredit, ada pilihan Traveloka PayLater, yaitu penyediaan dana melalui layanan kredit online tanpa kartu kredit yang didukung fintech berizin dari OJK, yaitu Danamas (PT Pasar Dana Pinjaman).

traveloka
Traveloka PayLater

Sistem penagihan Traveloka PayLater pun beretika yaitu dengan cara penagihan via telepon dan melalui kunjungan. Penagihan via telepon, kita dapat memilih segera melakukan pembayaran atau meminta ditelepon kembali pada waktu tertentu. Mudah, kan.

Jadi tak perlu khawatir, tetap bisa ikut seminar atau workshop sambil wisata sejarah kota Semarang, karena ada Traveloka PayLater.

Bandung, 20 Februari 2020

hani

Halo, saya Tri Wahyu Handayani (Hani), tinggal di Bandung. Pemerhati arsitektur dan pelestarian bangunan, main piano, menjahit, dan jalan-jalan. Kontak ke bee.hani@gmail.com

View all posts by hani →

56 thoughts on “Wisata Sejarah Kota Semarang

  1. Aku juga suka ke Semarang apalagi Kota Lamanya mbak, favorit banget kalau ke sana karena suasananya oke punya ๐Ÿ˜€ wah kalau pakai traveloka lain kali makai Xtra deal ah, biar bisa bobo cantik tapi tetep murcee :3 makin mudah aja bisa make paylater

    1. Samma aku ya engga bosenยฒ. Tahun lalu ke Kota Lama dan tahun ini, beda. Ada aja gedung lama yg alih-fungsi, jadi kaan pengen nyoba ngupiยฒ cantik gitu di dalem gedung…๐Ÿ˜Š

  2. Saya pas ke Semarang cuma sempat ke Lawang Sewu dan alun-alun simpan lima, Mbak Hani. Mepet waktunya. Makanya pengin ke Semarang lagi. Apalagi dari bus bisa langsung ke Semarang 5 jam. bahkan saya pernah naik motor juga. Dan sekarang ada kereta api langsung ke Semarang.

    Wah, ingin ke kota tua, termasuk menginap di hotel kapsulnya hehehe.

      1. Aku juga sukanya pesan kamar atau kereta ya Traveloka Bun, lebih mudah, terpercaya, nggak pernah mengecewakan pelayanannya..sering ada promo juga ya

  3. Saya dan suami juga suka booking hotel lewat traveloka mba, banyak suka ada promo sih trus bisa potong poin aja, sekarang malah dipermudah dengan fitur Pay Later ini ya, next time coba ah ๐Ÿ™‚

  4. Aku tertarik banget sama Semarang Kota Lama itu mbak. Kalau take picture di situ pasti keren banget. Oh ya, mengenai Traveloka aku juga setuju banget. Aku langganan sih pake traveloka. Mulai dari booking hotel sampai beli tiket pesawat.

  5. aku lagi ngidam banget (eh gimana wkwk) untuk bisa jalan-jalan ke Semarang, sekarang udah ada Traveloka, urusan perjalanan semakin mudah ya! Apalagi Semarang itu indah deh kotanya

  6. Kalo ingat Semarang aku selalu teringat sama Lawang Sewu mba Hani.

    Asyiknya sekarang kalo traveling bisa dapet banyak banget manfaat dari Traveloka. Bukan cuma tiket pergi dan penginapan, bahkan makan pun banyak banget voucher hematnya..

  7. seru sih ya ada traveloka paylater, tapi aku deg-degan karena itu jatohnya utang yak. wkwkwk. ah kangen semarang, udah lama gak main-main kesana, have fun bun jalan-jalannya

  8. Traveloka emang terbaik. Yuni kalau pulang ke Surabaya dan sampai tengah malam juga booking hotelnya pake traveloka. Lumayan buat rebahan bentar sebelum kembali meneruskan perjalanan ke Madura. Hehehe

  9. Saya pas tinggal di Semarang, tempat pertama yang ingin dikunjungi adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Ini luas banget masjidnya, baru jalan-jalan ke tempat lainnya.

  10. aku baru sekali ke semarang, ikut orang tua kondangan, sekitar 14 tahun lalu. Dan cuma sempat ke taman di depan lawang sewu. semoga bisa terulang agar dapat ikut wisata sejarah di semarang

    1. Iya ke Jawa enakan kereta pagi, bisa liat pemandangan sepanjang jalan. Nah, kadang msh kerja sih. Seminarnya besok. Terpaksa naik KA malam, jug-i-jag-i-jug…๐Ÿ˜†

  11. Rencananya lebaran nanti liburan ke Semarang bareng keluarga besar kak Han. Mungkin kalau ada jadwal juga bisa hangeout nanti. Hehe

  12. Aku belum pernah ke Kota Lama, tapi sekali main ke Lawang Sewu bareng kelaurga pas liburan lebaran tahun lalu. Ternyata Semarang itu menyimpan kenangan tempo doeloe ya mb Hani. Kulinernya juga enak2. Btw itu hotel masih dapat yg 300K an ya bagus2 pula. Cuma di Traveloka yg bisa begini nih ๐Ÿ™‚ Ceki2 ah.

  13. Belum pernah ke Semarang saya, baru pernah ke Bandung, itupun pas ada agenda Seminar Nasional di ITB pada tahun 2017 lalu. Jadi liburannya sambilan gitu. Mudah-mudahan ada kesempatan ke Semarang juga di masa yang akan datang.

  14. Menarik ya kota sejarah kota Semarang, Mbak Hani… btw makasih artikelnya, saya jadi lebih paham mengenai pesan hotel melalui Traveloka Pay Later. Dana buat bayar hotelnya bs melalui layanan kredit online tanpa kartu kredit yang didukung fintech berizin dari OJK. Noted deh.

  15. Saya baru tahu lho kalau sistem penagihannya pay later milik traveloka itu via telpon atau didatangi langsung. Belum pernah coba sih. Next time mungkin dibutuhkan.

  16. Luar biasa nih Traveloka, fiturnyabanyak dan sangat membantu buat yang lagi mager. Selama ini saya tahunya cuma buat pesan tiket, ternyata makin ke sini makin berkembang.

  17. Apik emang Semarang. Wisata kota tuanya eksotis dan instagrammable.

    Ini kah yang mau dibacklink? Nanti deh saya mau bikin lagi tentang Semarang.

  18. Sepertinya suatu saat nanti saya perlu nih Traveloka Paylater ini di saat ada keperluan mendadak dan harus pesan tiket buat pulang kampung. Btw Semarang jadi makin cantik dan rapi ya Mbak.

  19. Saya belum pernah ke Semarang, tapi pastinya sekarang ini mudah sekali ya kalau mau berwisata ke sana dengan adanya aplikasi Traveloka dengan fitur2 kerennya. Apalagi sekarang sudah ada travelokapaylater

  20. Paling pengen ke kuil Sam Po Kong sih kalau di Semarang. But well, banyak juga tmpt wisata sejarah di Semarang yang bakal bikin aku semangat jalan-jalannya.

  21. Aku punya saudara di Semarang, tapi belum pernah Plesiran ke tempat-tempat menariknya padahal sering kesana. Penasaran dengan Sampo Kong dan Lawang Sewu

  22. Semarang aku teh cuma pernah mampir di simpang lima sama di lawang sewu dong, dan menelusuri sejarahnya. Ternyata melihat banyak sekali tragedi yang pernah terjadi disana

  23. Wah urang Bandung oge, Abi ge sami di Bandung. Hehe. Iya ya kadang suka ga selaras antara jadwal kedatangan kereta sama jam check in hotel. Untung ada Traveloka.
    Btw aku belum pernah coba Traveloka Paylater nih

  24. Sebagai kampung halaman istri saya sangat tertarik untuk berkunjung ke kota ini, sambil menunggu kesempatan berkunjung kesana saya jadi tahu wisata apa aja yang ada disana tks infonya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *