10 Daftar Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak Jenuh

Teman-teman, sering ya, bila berat tubuh kita meningkat, yang disalahkan kita terlalu banyak makan mengandung lemak. Walau sebenarnya, tidak seluruhnya lemak itu jahat, lho. Hanya kandungan lemak jenuh yang dapat digolongkan sebagai lemak jahat dan harus dibatasi konsumsinya. Ada beberapa makanan dan minuman yang dipercaya secara langsung menurunkan kadar kolesterol yang ada tubuh. Sedangkan asupan yang mengandung lemak jenuh memeng harus dihindari, supaya tubuh kita sehat. Lalu, apa saja makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tersebut?

Sekilas Tentang Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah salah satu tipe lemak. Lemak adalah senyawa kimia yang mempunyai karakter susah terurai dan tersusun dari beberapa zat, seperti Oksigen (O), Hidrogen (H), dan karbon (C), dan memiliki kandungan 1 gliserol dan 3 asam lemak. Peranan lemak yakni selaku sumber energi untuk badan, juga membantu pembentukan hormon.

Lemak jenuh (saturated fats), tidak seperti lemak tidak jenuh (unsaturated fats) yang dibutuhkan oleh badan, asupannya harus diwaspadai dan jangan sampai menimbun di tubuh. Lemak jenuh disinyalir jadi pemicu kolesterol ‘jahat’ (LDL = low-density lipoprotein) sebagai awal dari munculnya penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner, atherosclerosis, dan stroke.

Daftar Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak Jenuh

kandungan lemak jenuh
lemak jenuh (saturated fats) vs lemak tak jenuh (unsaturated fats)

Para ahli mengatakan banyaknya lemak jenuh terdapat dalam beberapa makanan dan bahan makanan yang kita konsumsi setiap hari. Di bawah ini daftar makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, untuk menambah wawasan kesehatan tubuh kita.

Susu

Meski mempunyai banyak manfaat untuk badan, susu adalah makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi. Tidak hanya susu murni, beberapa produk yang dibuat dari susu sapi fresh seperti yogurt diperkaya oleh kandung lemak jenuh. Konsumsi susu dengan jumlah yang wajar adalah cara yang cocok untuk menghindari konsumsi lemak jenuh yang terlalu berlebih pada tubuh kita. Atau, teman-teman dapat konsumsi produk susu rendah lemak yang bisa dijumpai dengan sangat mudah di toko atau minimarket.

Keju

Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor namun juga lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Keju merupakan hasil proses pengentalan dari susu dengan menambahkan bakteri dan jamur tertentu. Bahan dasar keju terbuat dari susu sapi atau susu domba, disukai anak-anak karena rasanya gurih dan dapat ditambahkan pada aneka masakan.

Es Krim

Masih dari produk buatan susu, makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh setelah itu es krim. Makanan yang sedap dan memberi kesegaran ini dibuat dari gabungan susu, gula, dan bahan perasa tambahan yang lain seperti coklat, vanilla, stroberi, dan lain-lain. Coba pikirkan berapakah jumlah lemak jenuh yang dikandung es krim, pasti banyak, kan? Sering makan es krim akan meningkatkan kandungan lemak jenuh pada tubuh kita. Disamping itu, kandungan gula pada es krim tidak bagus untuk badan bila dimakan dengan jumlah terlalu berlebih, yang bisa menyebabkan meningkatnya gula darah.

Whipped Cream

Whipped cream adalah bahan tambahan makanan yang umumnya jadi topping kue tart atau kopi. Walau nikmat, whipped krim perlu dibatasi konsumsinya sebab terhitung makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, yaitu mencapai 14 % atau 69 % DV untuk tiap 100 gram-nya.

Mentega

Mentega sering menjadi bahan tambahan kue atau roti. Mentega juga berbahan dasar dari susu, merupakan bahan makanan yang mengandung lemak jenuh yang lumayan tinggi. Pada tiap 100 g mentega, kandungan lemak jenuhnya dapat mencapai 15 gr, atau seputar 257 % DV. Bahkan juga, satu sendok makan mentega saja telah menyumbangkan 36 % angka konsumsi lemak jenuh harian.

Mayones

Mengkonsumsi hamburger atau pizza, nampaknya kurang komplet bila tidak ditambahkan olesan mayones. Berhati-hati dalam mengonsumsi mayones, sebab bahan tambahan makanan yang ini berkadar lemak jenuh yang tinggi juga. Satu sendok makan mayones saja telah memiliki kandungan sekitar 1,5 gr lemak jenuh. Banyak konsumsi mayones tidak hanya membuat berat tubuh makin bertambah, tetapi juga meningkatkan kolesterol jahat (LDL) hingga badan. Akibatnya kita lebih rawan mendapatkan penyakit jantung.

Daging Merah

Teman-teman, senang mengonsumsi daging merah seperti daging sapi atau domba? Bagusnya awasi jumlah dan pola konsumsi pada tipe daging ini. Karena daging merah ialah bahan makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dengan jumlah banyak. Daging sapi mempunyai jenis-jenis daging yang tergantung pada cara pemotongan dari butcher atau “tukang” daging. Bagian yang mengandung lemak adalah bentuk potongan berupa rib eye, sirloin, T-bone, lamusir, tetelan, dan lain-lain. Bila ingin mengurangi kandungan lemak tak jenuh, pilih saja potongan daging bagian has dalam.

Jika anda sering mengkonsumsi daging merah akibatnya adalah naiknya kadar kandungan kolesterol jahat pada tubuh, yang secara otomatis ikut tingkatkan risiko beberapa penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung. Bukan hanya daging merah fresh, daging yang telah dibuat jadi produk daging olahan juga tidak terlepas dari kandung lemak jenuh yang lumayan tinggi. Beberapa produk seperti sosis dan bakso sapi memiliki kandungan tidak kurang dari 15 % atau 63 % DV lemak jenuh per 85 gr.

Santan Kelapa

Ragam kuliner dan kue-kue tradisional Nusantara banyak yang mengandung santan kelapa ini pada resepnya. Santan kelapa memberi rasa gurih pada makanan sehingga menambah kelezatan makanan tersebut.
Walaupun demikian bagi teman-teman yang mempunyai bakat darah tinggi dan kolesterol sebaiknya berhati-hati dan mengurangi konsumsi santan. Perlu diketahui, bahwa dalam 100 gram kelapa tanpa pemanis mengandung hingga 57 gram lemak jenuh, menyumbang 286% dari kebutuhan lemak harian.

Minyak

Minyak (terutamanya yang telah terhidrogenasi) adalah bahan makanan kaya kandungan lemak jenuh. Masyarakat sering menyebutnya sebagai lemak ‘jahat’. Ini muncul karena pada minyak tipe tersebut ikatan karbon telah terserang dampak jenuh dari ikatan hidrogen. Lemak jenuh dalam minyak mencapai angka 433 % DV per 100 g, jumlah yang tentu saja tinggi sekali.

Minyak hati ikan cod kaya asam lemak omega-3 hingga banyak faedahnya untuk kesehatan badan. Walau begitu, minyak ikan cod memiliki kandungan lemak jenuh, yakni 23 % DV, sehingga perlu dikontrol penggunaannya.

Coklat Hitam

Cokelat hitam benar-benar membangkitkan hasrat, tetapi sebaiknya bila Anda batasi mengkonsumsi makanan yang ini. Cokelat hitam diperkaya oleh zat antioksidan yang bagus untuk mencegah radikal bebas. Tapi, coklat hitam diperkaya lemak tidak jenuh, yaitu seputar 162 % DV atau 32 gr per 100 gram-nya. Mengontrol konsumsi cokelat hitam agar memiliki manfaat coklat hitam ini masih dapat dicicipi tanpa khawatir bahaya lemak jenuh.

Kesimpulan

bahaya lemak jenuh bagi jantung
makanan sehat, jantung sehat

Walau memiliki efek yang negatif, bukan berarti Anda ‘diharamkan’ untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh. Hanya harus dibatasi konsumsinya agar tidak terlalu berlebih. Sudah mengetahui makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan efeknya untuk kesehatan tubuh kan? Akan lebih bagus bila memperbanyak konsumsi makanan bergizi yang bebas lemak, seperti sayur dan buah-buahan agar jantung kita sehat.

Semoga bermanfaat.

48 pemikiran pada “10 Daftar Makanan yang Memiliki Kandungan Lemak Jenuh”

  1. Wadidawww kecuali susu, semuaaa yg ada di daftar ini paporit aku bangeeet mba 😀
    Beklaahh, 2021 mari kita bertekad untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh! Semangaatt

    Balas
  2. Bergizi pisan tulisan nya Mbak Hani
    Sayapun mulai memilah bahan makanan dengan lebih disiplin
    Cara masak saya ganti
    dari gorengan ke pan seared dst
    Karena takut sakit, kalo sakit semua susah, bukan hanya pasien

    Balas
  3. Iya mbak hani betul, makanlah apapun itu tapi sebaiknya tidak berlebih ya mbak hani, boleh aja makan tapi jangan serakah. Kalau sayur-sayuran dan buah-buahan gpp sih berlebih malah bagus, iya gak sih mbak hani?

    Balas
  4. Ya ampun. Banyak diantaranya adalah kesukaan saya tuh. Waaahh kudu harus merubah pola makan di 2021 nih. Lebih banyakin rebusan dan makan makanan yang kadar lemaknya rendah.

    Balas
    • Semuanya enak-enak itu Mba Hani. Apalagi orang Minang, gak mungkin menghindari santan kelapa, daging, dan minyak. Kekekeke. Saya setuju, apapun itu harus diseimbangkan. Sejatinya segala yg berlebihan itu tidak baik ya mba.

      Balas
  5. Aku udah lamaaaaa berusaha (berusaha loh ya) makan makanan rendah gula tinggi serat – yes tidak semudah itu ferguso

    tapi memang komitmen untuk hidup sehat dan tidak kelebihan hil hil yang mustahil itu loh Hani yang bikin aku semangat

    Balas
  6. Whipping cream, santan kelapa, coklat ini favorit aku. Menjak tau ada kandungan lemak jenuhnya, aku jadi kurangi mengkonsumsi makanan ini. Khawatir juga akan memicu kolestrol padahal mbaknya masih muda. hehehe

    Balas
  7. Mengapa semua makanan ini yang biasa aq konsumsi semua ya mbak. Hihi..
    Tapi emang iya sih, makanan enak biasanya terdapat kolesterol jahat. Aq sekarang mulai mengurangi santan juga

    Balas
  8. Duh, ini makanan yang banyak aku makan. Sebagian malah makanan favorit. Walopun sering dibilang lemah jahat, tapinya lemak ini punya peran penting dalam tubuh ya. Yang penting makannya jangan berlebih ya. Sehat-sehat selalu, kita semua.

    Balas
  9. Ternyata santan mengandung banyak lemak jenuh ya, Mbak. Makanan Padang biasanya banyak menggunakan santan dalam memasaknya, jadi harus dijaga betul porsi makannya kali ya

    Balas
  10. Sepakat dengan kesimpulan tulisan ini, Mbak Hani. Bukan lantas “mengharamkan”, tetapi membatasi konsumsi agar tidak terlalu berlebihan. Memang, demi hidup yang sehat kita kudu kuat-kuat menahan godaan selera.

    Balas
  11. Aduh aduh, semua makanannya enak tapi kalau dikonsumsi berlebihan juga ga baik. Saya tuh paling berat ninggalin keju mba Han.
    Udah gitu hobi dimakan sama roti bakar atau martabak. Hmm.. komplitlah sudah. Tapi balik lagi ya, secukupnya demi ikhtiar tubuh yang sehat.

    Balas
  12. Emm… banyak nih ternyata yang harus dihindari. soalnya minyak, santan dan beberapa di atas masih sering digunakan. Ya walaupun masih taraf wajar. tapi bahaya juga ternyata ya mbak.

    Balas
  13. Baca tulisan ini, memang lebih pantas seseorang untuk jadi vegetarian kok. Karena hanya sayuran dan buah-buahan saja yang dikonsumi. Jelas lebih sehat. Tapi, ketika saya menerapkan makanan seperti model dokter Zaidul itu, berat badan saya malah jadi turun drastis dan kelihatan kurus. Akhirnya beberapa teman mengatakan bahwa saya tidak cocok dengan bentuk badan seperti itu. Ya, sudah, akhirnya saya makan yang enak-enak lagi. Hehe… Semoga tetap sehat saja, lah..

    Balas
  14. Susu, keju, dan es krim semua kesukaan anak-anak nih. tapi ternyata gaboleh makan es krim banyak-banyak ya karna kandungan gula pada es krim tidak bagus untuk badan bila dimakan dengan jumlah terlalu berlebih, yang bisa menyebabkan meningkatnya gula darah.

    Balas
  15. Alpukat adalah buah yang paling saya sukai karena selain pulen juga nikmat dibikin jus buah….sedikit encer paling suka…ternyata banyak lemak jenuhnya ya alpukat ini, dan tentunya bagus untuk kesehatan jantung. Makasih ya hani infonya, sangat2 bermanfaat 🙂

    Balas
  16. sayuran dan buah emang gak ada tandingannya ya Mbak Hani untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dari penyakit apapun termasuk jantung. Tp asal jangan buah duren ya… ibu saya kl over makan durennya malah pusing, hehe

    Balas
  17. Bu Hani, susu dan keju adalah minuman dan makanan kesukaan saya hehe. Kebetulan pagi hari rasanya lebih bersemangat setelah minum susu hangat. Hmm, untuk daging merah saya sih nggak suka. Kalo hari lebaran Qurban kayaknya saya yang paling nggak semangat makan daging2an di keluarga saya. Semoga 2021 makin sehat dengan memakan yang dibutuhkan tubuh, nggak boleh berlebihan ya Bu. Dan tentunya seperti artikel ini, buah-buahan jangan dilupakan 🙂

    Balas
  18. Eh mayonese ternyata ada lemak jenuhnya ya mbak tak kira sehat lho soale kan sering dimakan sebagai dressing salad sayu dan buah gituu… waduh harus waspada nih ya.. baru tau aku mbak Han..

    Balas
  19. Untuk minyak, saya sudah pernah sangat menghindari minyak eh sekarang mulai meningkat lagi konsumsinya hiks. Kalau daging, saya sudah tak mau mengonsumsinya.

    Balas
  20. dari semua list makanan diatas, yang paling susah dihindari ya minyak
    masih sering makan gorengan, huhuhu
    harus bisa ngurangin ya mbak, karena nggak bagus juga buat tubuh

    Balas
  21. Lemak jenuh itu yang menyebabkan kolesterol ya mba Han, makanya kita harus tahu nih perbedaan lemak jenuh dan tidak jenuh. Biar gak salah makan dan menimbun penyakit 🙂

    Balas
  22. Duh saya jadi teringat kepingin makan coklat hitam. Sejak hamil jadi suka dengan coklat hitam. Ternyata dia lebih bermanfaat untuk tubuh dibandingkan coklat biasa. Thanks mba Hani

    Balas
  23. Makanan diatas semuanya enak-enak Mbak. Memang harus mulai memilih makanan yang akibatnya baik untuk tubuh ya? apalagi jika usia udah kepala empat Mbak, harus mulai bijak memilih makanan nih.

    Balas
  24. Saya yang masih sering konsumsi tuh makanan yang di goreng, masih agak susah menghindarinya. Kalau yang lain sih bisa di katakan jarang mengkonsumsi. Intinya tidak berlebihan dan seimbang ya bund, serta diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah. Semoga sehat selalu ya, di usia yang semakin bertambah.

    Balas
  25. saya setuju banget kak hani, meskipun makanan-makanan di atas itu mayoritas jadi favorit saya tapi tetap juga harus dibatasi demi kesehatan. apapun yang berlebihan kan tidak baik ya.

    Balas
  26. Duh, semua makanan yang disebutkan kerap saya makan dan saya suka. Beruntungnya saya suka makan buah-buahan. Semoga bisa diseimbangkan ya pola makannya agar bisa tetap hidup sehat.

    Balas
  27. Intinya adalah pada tidak berlebihan dalam mengonsumsinya ya mbak hani? Kalau untuk sayuran dan buah-buahan memang yang paling bagus dikonsumsi setiap hari, dan…ini masih PR bagi saya untuk membujuk anak-anak saya untuk makan sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari. Padahal saya sudah mencontohkan, paginya makan buah-buahan, tapi kok ya mereka gak seantusias kalau bundanya minum susu, *duh

    Balas
  28. Duh, bagi manula seperti saya, konsumsi minyak sambal insyaallah bisa dikurangi. Yang tak terkendali, makan camilan type kriuk2. He he … Ulasan yang sangat bermanfaat. Salam kenal, Mbak Hani.

    Balas
  29. Kadang suka ngeri sendiri kalau lihat food vlogger makannya banyak banget. Daging merah pula. Tapi itu resiko sih di setiap pekerjaan. Kalau saya sih seringnya hanya makan sayur dan buah saja dan rutin berolahraga

    Balas

Tinggalkan komentar

DMCA.com Protection Status