5 Pilihan Aplikasi dan Website Kalkulator Kehamilan Online

kalkulator kehamilan online

Teman-teman, sebagian besar perempuan menikah, pastinya ingin segera merasakan menjadi ibu. Sama saya dulu juga begitu, inginnya begitu jadi isteri, hamil, kemudian jadi ibu. Bagi perempuan hamil, menghitung usia kehamilan perlu kiat tersendiri, karena ada beberapa metode cara hitung yang sederhana maupun rumit. Di zaman serba digital dan semuanya dalam genggaman, sekarang ada cara menghitung usia kehamilan akurat dengan kalkulator kehamilan online. Kenapa harus ada yang dihitung? Minimal calon ibu harus menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL). Dengan demikian persiapan menyambut kehadiran jabang bayi bisa diatur dengan baik.

Menghitung Usia Kehamilan Sederhana

Dulu ketika saya hamil, cara mudah dan sederhana mengetahui hamil atau tidak adalah, adalah tidak haid, di siklus yang seharusnya menerima tamu bulanan tersebut. Cara ini tidak sepenuhnya presisi, karena perempuan tidak haid belum tentu hamil juga, sih. Bisa karena sebab lain, yang harus didiagnosa oleh dokter. Bahkan sebaiknya perempuan menyiapkan dirinya untuk hamil menjelang menikah dengan melakukan serangkaian persiapan kesehatan terlebih dahulu.

Seingat saya waktu kehamilan pertama, saya masih ingat tanggal-tanggal kapan saya terakhir haid. Berbeda dengan kehamilan anak kedua, saya blas tidak ingat kapan tanggal terakhir haid. Tanggal-tanggal tersebut diperlukan untuk menghitung memperkirakan tanggal lahir calon bayi.
Untuk menghitung usia kehamilan ada Rumus Naegele, asalkan siklus haid teratur, dan bisa diingat kapan hari pertama haid terakhir (HPHT) calon ibu.

Cara menghitungnya sebagai berikut:
Tanggal HPHT ditambah 7 (+7)
Bulan HPHT ditambah 9 (+9)
Tahun HPHT tetap (kecuali ada pergantian tahun di antara 9 bulan masa kehamilan, ya)
Contoh:
HPHT 10 Februari 2020
Tanggal HPHT 10+7 = 17
Bulan HPHT 2+9 = 11
Tahun HPHT 2020
Maka hari perkiraan lahir (HPL) adalah17 November 2020.

Rata-rata usia kehamilan normal adalah 38-40 minggu hingga waktunya melahirkan. Perhitungan di atas adalah perkiraan saja, jadi tanggal tepatnya kelahiran bisa lebih cepat, atau bahkan lebih dari 40 minggu. Supaya tidak pusing hitung-hitungan, calon Mama bisa menggunakan aplikasi atau website untuk menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL).

Aplikasi dan Website Kalkulator Kehamilan Online

Berikut adalah 5 pilihan aplikasi dan website kalkulator kehamilan online yang cukup membantu calon ibu untuk menghitung sendiri usia kehamilannya.

1 – theAsianparent: Track Pregnancy & Count Baby Kicks

kalkulator kehamilan asianparent
theAsianParent

Aplikasi treking kehamilan ini bisa diunduh dari playstore. Selain itu the Asian Parents juga merupakan website parenting yang berisi informasi tentang kehamilan, nutrisi, dan pengasuhan anak.
Kalkulator ini mudah digunakan, bisa dengan cepat menghitung hari perkiraan lahir (HPL).
Dilengkapi juga dengan panduan rinci kehamilan minggu demi minggu untuk melacak perubahan yang terjadi pada bayi dan ibunya. Selain itu ada artikel-artikel pendukung berbagai informasi kehamilan.

2 – Pregnancy Tracker: What to Expect When Expecting

AMMA Pregnancy Tracker adalah aplikasi kehamilan yang memberikan informasi berguna untuk ibu hamil dan calon orang tua.
Mirip dengan Pregnancy App: Calculator-Calender-Tracker, Pregnancy Tracker memberi panduan tentang kehamilan dilengkapi dengan tips-tips merawat kehamilan.
Cara menggunakannya tinggal memasukkan tanggal hari pertama haid terakhir, klik-klik, selesai.

3 – Kalkulator Kehamilan Online

kalkulator kehamilan online

Tampilan kalkulator ini sederhana tapi informatif. Calon Mama tinggal mengisi data berupa kapan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan jarak siklus menstruasi.
Selanjutnya akan tampil hasil perhitungan berupa:
 Perkiraan tanggal terjainya konsepsi (pembuahan)
 Akhir Trimester I (12 minggu)
 Akhit Trimester II (27 minggu)
 Perkiraan Tanggal Partus/ Persalinan (40 minggu)
 Usia janin (dari tanggal konsepsi/ pembuahan)
 Lama kehamilan sekarang

4 – luvizhea.com

kalkulator kehamilan online website
luvizhea.com

Luvizhea.com adalah website media informasi online tentang dunia wanita, termasuk kecantikan, parenting, pernikahan, dan seks. Salah satu kategori dalam website ada call to action berupa kalkulator kehamilan online.
Calon Mama cukup masuk ke websitenya, masukkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan lama siklus haid rata-rata, maka kalkulator kehamilan online akan menghitung usia kehamilan calon Mama.

5 – ibudanbalita.com

Kalkulator kehamilan ini juga berbasis website. Cukup dengan masuk ke halaman website ini, calon Mama bisa mengakses kalkulator kehamilannya. Cara pengoperasiannya sama, masukkan data Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan lama siklus haid (rata-rata), maka usia kehamilan calon Mama akan segera terlihat.

Kesimpulan

Datangnya masa kehamilan tidak sama pada setiap perempuan, para pejuang garis dua. Ada yang cepat, tak sampai sebulan setelah menikah langsung hamil, ada pula perjuangan untuk hamil selama bertahun-tahun. Seringnya calon ibu tidak menyadari waktu terjadinya pembuahan, akibatnya kesulitan menghitung usia kehamilannya. Apalagi banyak juga perempuan yang siklus haidnya tidak teratur, setiap per 28-35 hari.
Zaman sudah berubah. Banyak hal yang sekarang bisa dilihat dan dicek melalui aplikasi, termasuk aplikasi kalkulator kehamilan online yang membantu calon Mama menghitung sendiri usia kehamilannya. Walaupun demikian cara lebih akurat adalah melalui USG di klinik atau ke dokter spesialis kandungan. USG dipercaya bisa mengecek kondisi janin, usia janin, mengukur panjang, mengira berat janin, bahkan jenis kelamin calon bayi. Karena aplikasi tidak bisa menggantikan pengecekan kesehatan calon ibu dan janinnya.

Semoga bermanfaat.

28 tanggapan pada “5 Pilihan Aplikasi dan Website Kalkulator Kehamilan Online”

  1. Semakin canggih aja cara menghitung usia kehamilan ya. Ada aplikasinya segala. Kalo dulu cukup sulit menghitungnya, karena harus manual.

    Alhamdulillah saya setelah menikah, 1 bulan kemudian istri langsung hamil anak pertama.

    Tapi adik ipar saya masih belum dapat momongan meski udah setahun lebih menikah.

    Ya gitu deh, anak itu kayak misteri dari Tuhan. Kalo belum waktunya dapat anak, gak tau kapan akan dapat.

  2. Rizky Kurnia Rahman

    Ternyata, ada juga kalkulator khusus untuk kehamilan, kalau kalkulator untuk menghitung biaya persalinan ada atau tidak nih? Hehe…

    Kalau pengalaman saya sama istri, setahun setelah menikah baru hamil. Selama waktu itu, sempat konsultasi ke dokter kandungan. Dan, diberikan HPL oleh dokter.

    Pakai kalkulator ini tidak perlu harus ke dokter. Kecuali memang untuk memeriksakan kesehatan ibu dan janin. Tapi, selama pandemi ini, kira-kira hamil aman apa tidak ya? Hem…

  3. Zaman sudah canggih banget ya. Wah hitung menghitung masa kehamilan ada kalkulatornya sendiri…keren banget langsung dalam 1 genggaman hape… tinggal cus cus langsung jadi deh 🙂

  4. Mbak Haniii.. tampilan blognya baru ya?
    Cantik, Seperti pemiliknya 💗💗💗
    Duh senangnya para calon /ibu muda sekarang ya?
    Bisa ngecek sendiri, ngga hitung kancing atau mengira ngira 😀😀😀
    Sehingga bisa mempersiapkan diri dan gizi bagi penerus bangsa

  5. Jaman now makin gampiill ya mba, untuk ngecek apapun, termasuk itung2an kehamilan.
    inventor digital kian banyaaakk, ide2 mereka juga brilian.
    thanks to all the apps developer!

  6. Canggihnya dunia digital sekarang ya. Segala sendi kehidupan bisa diolah menjadi sumber informasi, bahkan sampai ke urusan kehamilan.

    Semoga aplikasi ini membawa manfaat bagi masyarakat luas.

  7. Saya konsisten ngitung pake rumus Naegle emang Mbak Hani… trus belakangan ada juga hasil penelitian yang dihilirisasi ttg aplikasi Naegle ini tetapi saya gak ngikutin lagi seiring udah stop hamil sejak 2017 lalu. Amma Pregnancy Tracker ini juga termasuk yg lengkap ya… nice info, Mbak… thanks

  8. Adanya kalkulator kehamilan ini sangat memudahkan ibu hamil untuk ya Mbak. Bisa jadi tahu kapan trimester 1-3 dan HPL nya, jadi pasutri bisa lebih bersiap-siap

  9. Sekarang ini, dunia digital telah merambah hampir semua sektor. Lah ini hitung kehamilan saja sudah bisa dengan cara online. Jangan-jangan nanti, melahirkan bisa juga lewat online. Ih, pikiranku kemana-mana, hahaha

  10. Wah beruntungnya perempuan yang hidup di masa sekarang, banyak aplikasi yang membantu kemudahan hidup bahkan untuk menghitung kehamilan. Benar-benar memudahkan. Saya rekomendasikan aplikasi ini ke temen-temen yang baru menikah dan yang lagi nunggu momongan ah.

  11. Sekarang makin banyak aplikasi untuk menghitung kehamilan ya mba. Dulu jaman anak pertama, saya juga sudah pake aplikasi seperti ini, lumayan membantu untuk saya yang pelupa. Jadi ga perlu hitung manual lagi

  12. Aplikasi ini memudahkan banget ya Bunda Hani. Waktu hamil anak pertama 6 tahun lalu belum ada kayanya aplikasi seperti ini. Dan dulu sempat salah hitung HPL karena haid ku ga teratur. Insya Allah ingin coba nanti kalau diamanahi anak kedua. Terimakasih ya Bund rekomendasinya.

  13. Aku inget banget saat jadi pejuang garis dua.
    Dan gak paham ngitungnya karena selalu berbeda antara di dokter dan di bidan.
    Akhirnya, HPLnya kira-kira… hehhee…
    Alhamdulillah, kini ada apps yang membantu bumils plus artikel bermanfaat dari the Asian parent.

  14. Aku termasuk yang ga bisa ngitung kehamilan lewat siklus mens terakhir. Karena haidku ga lancar. Tapi aku tetep pake aplikasi kehamilan. Aplikasinya waktu itu punya orang luar negeri. Kalo tau ada yang lokal aku pakai yang lokal. Semoga bisa ngitung kehamilan lagi buat kehamilan kedua. Aamiiiin 😍

  15. Senangnya kini ada banyak pilihan untuk kalkulator kehamilan online. Sehingga bisa jadi perkiraan hari lahir meski memang pemeriksaan USG diperlukan untuk keakuratan. Pasti mambantu para Ibu
    Aku tiga kali hamil lahir di usia 37 minggu. Yang dua bayi lahir spontan dan satu dengan persalinan sesar…dulu sih hitungnya masih manual sama bidan ditanya hari terakhir haid hehe

  16. Aplikasi penghitung usia kehamilan ini sangat membantu bumil pastinya. Tapi kalau saya, masih bakal bingung. Gak rajin ngingetin tanggal haid. Kalau hamil ketahuaanya ya karena lewat sebulan gak haid. Gak tau tanggal pastinya. Tapi buat referrensi, patut dicoba nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *