Kursus Online Gratis Bikin Tetap Eksis Walau Dari Rumah

kursus online gratis kursus online Indonesia

Sejak pandemi yang hampir satu tahun ini, jenuh juga belajar, kerja, bisnis, dari rumah terus. Walaupun demikian kamu bisa lho kursus online gratis dari rumah, supaya engga bosan, tapi tetap menambah ilmu, gitu.

Biasanya kita kalau akan kursus harus mendatangi tempat kursus, mengatur jadwal, dan cek biaya kursus terjangkau atau tidak. Beberapa tempat kursus bahkan ada syarat jumlah peserta terlebih dahulu baru dilaksanakan. Bisa juga sendirian, tetapi hitungannya jadi kursus privat dan biayanya beda lagi. Iya apa iya?

Mau ga, saya kasih tahu informasi tempat kursus online Indonesia, bahkan ada pilihan engga bayar. Yuk ikuti artikel berikut…

10+ Pilihan Kursus Online Buat Siapa Saja

Saya mendapatkan informasi dari sebuah grup WhatsApp tentang platform kursus online namanya Qubisa. Jujur, saya tuh suka kagum sama orang, komunitas, atau perusahaan yang bisa membuat nama website yang ringkas, mudah diingat, dan ngebranding banget.

QUBISA, Aku Bisa, Kamu Bisa

Keren nih…

Saya penasaran langsung cek ke TKP deh. Pas banget saya lagi jenuh banget setahun hidup gitu-gitu aja, harus pembelajaran jarak jauh, untuk menghindari meluasnya pandemi. Ngeliatin muka mahasiswa yang sebesar pas foto di layar komputer.

Sering juga saya mengikuti seminar online atau webinar Indonesia yang diadakan oleh kampus atau pakar-pakar yang sharing. Tapi topiknya selalu masih sekitar kampus, materi ajar, atau kadang tentang blogging.

Rasanya ingin belajar yang lain, misalnya apakah ada webinar gratis pengembangan karir di luar sana. Menurut saya mengembangkan potensi diri itu penting. Mungkin bisa belajar pengembangan diri di Qubisa, supaya personal branding kita makin kuat.

pilihan kursus online gratis dan webinar Indonesia
Pilihan Kursus di Qubisa

Ternyata setelah saya cek ke laman Qubisa, website ini adalah sebuah platform webinar Indonesia yang bisa diikuti siapa saja. Di platform Qubisa, ada berbagai pilihan kursus berbayar maupun gratis atau hanya ingin menyimak webinarnya saja, termasuk ada webinar gratis pengembangan karir. Pas banget ini, ada kesempatan yang gratis, ya pilih yang gratis dulu deh …

Berikut beberapa pilihan yang bisa kalian ikuti di website Qubisa, yaitu:
Webinar
Belajar Kilat
Microlearning
Paket Kursus
Kursus
Kursus Ketrampilan
Kursus Mitra Qubisa
Mitra Qubisa
Kursus Manajemen SDM
Sertifikasi

Kalian tinggal pilih kegiatan apa saja yang akan dipilih, mau hadir di webinar sebagai pemirsa saja bisa. Mau belajar kilat atau microlearning, bisa juga. Berbagai pilihan kursus bisa dicek satu-satu sesuai minat, mulai dari paket kursus, kursus, kursus ketrampilan, kursus mitra Qubisa, hingga kursus manajemen SDM.

Qubisa, sebagai tempat kursus online Indonesia, menawarkan harga kursus yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan, bila kalian ingin mengikuti paket kursus untuk mendapatkan sertifikasi.

Kategori Kursus Online

Fix ya, saya ingin mengikuti kursus online gratis saja dulu. Pada tampilan menu di laman platform belajar online Qubisa ada empat susunan kotak kecil-kecil yang merupakan pilihan kategori kursus online. Semuanya ada 9 pilihan sebagai berikut:

1 – Bussiness

Urutan pertama adalah business, meliputi 9 sub kategori, yaitu: all business, communications, enterpreneurship, finance, home business, industry, management, media, dan strategy.

2 – Finance & Accounting

Di kategori ini kalian ada pilihan lebih detail, apakah akan memilih berikut ini: all finance & accounting, finance, investing & trading, dan money management tools.

3 – Human Resource

Human resource atau lebih sering kita dengar bahasa Indonesianya sebagai sumber daya manusia (SDM). Salah satu faktor penting dari sebuah organisasi, komunitas, bahkan perusahaan. Ada pilihan di kategori ini meliputi: all human resources, HR management, HR transformation, organization development, reqruitment & selection.

4 – IT & Software

Topik populer di kategori ini adalah All IT & software. Walaupun baru ada satu sub kategori, semua ada 17 kursus IT online yang bisa kalian pilih. Serunya lagi sebagian besar merupakan kursus online gratis.

5 – IT Development

Buat kalian yang bergerak dibidang pengembangan IT, berikut pilihan sub kategori kursusnya, yaitu: All IT development, machine learning, mobile development, programming languages, web development. Kursus online programming boleh juga nih dicoba.

6 – Lifestyle & Health

Buat Emak-emak cucok nih kategori ini. Coba cek sub kategorinya, ada delapan pilihan, lho. Ini pilihannya, all lifestyle & health, beauty & makeup, food & beverage, gaming, general health, music, sport, dan travel.

7 – Personal Development

Sesuai dengan tujuan saya mencari kursus online personal development, untuk meningkatkan potensi diri. Pas banget ada delapan pilihan yang bisa saya cek satu demi satu.

Kayaknya bakalan betah nih saya, karena sub kategorinya ada pilihan: all personal development, carreer development, creativity, leadership, motivation, personal brand building, psychology, dan stress management.

8 – Sales & Marketing

Bagi kalian yang bergerak di bidang sales & marketing ada tiga pilihan sub kategori, yaitu: all sales & marketing, digital marketing, dan product marketing.

Ada lebih dari 10 kursus online, yang sebagian besar merupakan webinar yang gratis untuk ditonton. Menarik semua lho, beberapa membahas tentang telemarketing.
Cus klik kursus online gratis di sana, supaya upgrade menjadi telemarketing yang handal dan informatif.

9 – Teaching & Academics

Semuanya ada empat sub kategori untuk teaching & academics, yaitu: all teaching & academics, geografi, history, dan language. Waktu saya cek, cukup banyak pilihan kursusnya, semua ada lebih dari 20 pilihan kursus. Walaupun sebagian besar merupakan webinar gratis yang kalian tinggal menonton durasinya cukup bervariasi.

Pengalaman Kursus Online Gratis di Qubisa

Setelah wira-wiri scroll mencari berbagai kursus online tanpa bayar ini, saya mendapatkan kursus yang sesuai dengan rencana awal, yaitu Personal Brand Building, di kategori Personal Development. Ada 20 pilihan kursus, banyak juga pilihan gratis menonton.

Kategori kursus termasuk kursus online personal development dan materi kursus tentang Personal Branding (Pencitraan Pribadi), Tips Sukses Menampilkan “Nilai Jual” Diri Anda Dalam Meniti Karir.
Instrukturnya Bayu Setiaji, seorang Senior Consultant.

cara daftar kursus online gratis kategori kursus online personal development
cara daftar kursus online gratis

1 – Mendaftar Kursus

Pertama untuk mendaftar kursus, kalian harus membuat akun terlebih dahulu.
Caranya mudah, bisa mendaftar langsung dengan mengisi user name sesuai email, lalu membuat password. Kalian bisa juga mendaftar melalui Google Account atau Facebook.

2 – Memilih Kursus Online Gratis

Durasi kursusnya singkat dan padat, saya mendapatkan materi dalam bentuk PDF dan video berdurasi selama kurang dari 30 menit. Materi kursus ini bisa saya akses seumur hidup, lho.
Walaupun tidak sampai satu jam, sudah cukup mencerahkan buat saya, nih.

Inti belajar pengembangan diri di Qubisa, kalau kalian mau menciptakan personal brand, pokoknya harus berbeda dengan orang lain. Tentunya dalam pengertian yang positif. Tokoh yang diangkat dalam materi kursus adalah Najwa Shihab, yang sudah kita ketahui seorang jurnalis yang mempunyai personal brand kuat.
Kuote materinya, kita harus bisa menumbuhkan potensi terbaik yang terpendam dalam diri kita sendiri. Daripada kita hanya ingin menunjukkan yang terbaik di depan orang lain.
Kalau kita sudah moncer dengan potensi terbaik, maka orang lain lah yang mencari kita, karena punya potensi berbeda tadi.

Nah, kan saya jadi semangat introspeksi, saya punya kelebihan potensi apa nih dibandingkan sejawat di kampus. Bisa juga kiat-kiat personal branding ini saya share ke mahasiswa, supaya mereka bisa eksis di dunia yang penuh persaingan ini.

kursus online gratis belajar pengembangan diri di Qubisa
kursus online gratis “Personal Branding”

Jadwal Webinar Bulan Februari 2021

Teman-teman yang berminat cek-cek ke platform Qubisa, platfom digital, bisa catat jadwal webinar atau kursus yang akan diselenggarakan di bulan Februari 2021 berikut:

1 – Service is not me (service is not skill, service is attitude)
Pembicara: Fachruddin Putra
Akan Live Jumat, 12 Feb 2021 | 16:00 – 17:30 WIB

Merupakan kelanjutan dari pembahasan service part 1 Service, enggak banget (mengubah paradigma pemahaman tentang service). Dari pemahamanbaru tentang service yang dibahas di pembahasan sebelumnya maka bagaimana menjadi orang service yang baik.

2 – Pesona Generasi Millenial dan Ekspektasinya
Pembicara: Protasius Hardono Hadi
Akan Live Rabu, 17 Feb 2021 | 19:30 – 21:00 WIB

Banyak survei yang telah dilakukan, banyak pendapat dan kesaksian yang telah diajukan mengenai dan oleh Generasi Millenial.

Dari hasil survei dan tulisan-tulisan mengenai generasi millenial dapat dikatakan bahwa generasi ini dipersepsi mempunyai kharisma yang menimbulkan pesona tersendiri.

3 – [All Chapter] Mengelola Keuangan di Zaman Now
Pembicara:Gatot Prihandoko
Akan Live 16 Feb 2021 – 09 Mar 2021 | 19:30 – 21:00 WIB

Webinar ini akan memaparkan sekaligus mengajarkan manfaat yang sangat besar ketika berhasil mengelola keuangan Anda dengan pengenalan berbagai investasi, tools yang digunakan serta cermat dalam memilih investasi.

4 – Bagaimana Memberi Pengaruh Tanpa Menggurui Di Tempat Kerja
Pembicara: Alexander Paulus
Akan Live Rabu, 24 Feb 2021 | 19:00 – 21:00 WIB

Acara ini bagus buat kalian yang sedang ada masalah di tempat kerja. Misalnya orang lain tidak melakukan apa yang sebenarnya Anda harapkan untuk dilakukan.

Berulang-ulang Anda menginstruksikan sesuatu namun tidak dipatuhi dan sejumlah masalah sejenis lainnya. Prestasi dan karir jadi taruhannya, kan.

5 – Webinar Nasional  “BANGGA BUATAN INDONESIA”
Strategi UMKM Naik Kelas di Tengah Tantangan Pandemi dan Digitalisasi
Akan Live Kamis, 18 Feb 2021 | 14:00 – 16:30 WIB

Kesimpulan

Kursus online gratis merupakan pilihan tepat di zaman pandemi ini. Memang dirasakan hari-hari di rumah saja terasa jenuh walaupun sambil kerja. Sesuatu yang itu-itu saja terasa membosankan sehingga manusiawi sekali bila kita membutuhkan penyegaran sesuatu yang lain.
Kelebihan platform webinar Indonesia, Qubisa, sebagai media pembelajaran menawarkan peluang bagi siapa saja untuk mengikuti berbagai pilihan kursus. Instrukturnya pun saya lihat berkualitas semua dan memang menguasi bidangnya.

Selain itu banyak banget artikel populer dengan berbagai kategori yang bisa kalian baca untuk menambah wawasan. Bagi kalian yang mempunyai potensi berkualitas, bisa banget menawarkan diri sebagai instruktur, lho.
Walaupun penamaan kategori tertulis semua dalam bahasa Inggris, tak perlu khawatir, kursus online gratis Indonesia ini bahasa pengantarnya bahasa Indonesia.

Semoga bermanfaat.

84 tanggapan pada “Kursus Online Gratis Bikin Tetap Eksis Walau Dari Rumah”

  1. Saya juga lagi jatuh cinta sama web qubisa ini juga Kak. Baru banget hari ini cek cek, dan liat ada topik yang menarik banget buat diikuti. Pengajaran lewat video juga pas banget buat saya ketimbang online learning yang isinya modul semua hehehe. Yang bikin keren itu ada webinarnya … ahhhh surgaaa… Ijin share infonya ya kak

    1. Qubisa aku bisa kamu bisa yaa, kerenn, emang harus pinter² nyari tempat belajar yg bagus ya di zaman pandemi gini, kursus online Qubisa highly recommended ya Mbak Hani…

  2. Qubisa dapat jadi pilihan untuk tetap mendapatkan ilmu yang bermanfaat meskipun di rumah aja ya kak. Banyak pilihan kursus atau webinar yang bisa diikuti.

  3. Rizky Kurnia Rahman

    Nah, ini dia ada platform yang sangat bagus untuk mengembangkan diri dan mendapatkan ilmu-ilmu yang berkualitas. Selama ini, mungkin kita cuma mengenal YouTube atau spotify yang isinya juga ilmu-ilmu daging. Juga ada sih TikTok yang durasinya singkat banget itu.

    Adanya platform ini semakin menambah cakrawala berpikir bangsa kita, terutama anak-anak mudanya. Kalau anak-anak muda kita sudah diisi berbagai macam ilmu dan pengetahuan modern dan terkini, maka akan lebih mudah untuk meraih sukses.

  4. Lengkap ya kategori kursus online di Qubisa ini, mulai dari bussiness, finance, software n IT, human resource, sampai teaching n academics. Yang terakhir pas banget buat Bunda Hani. Webinarnya juga menarik-menarik temanya.

  5. Qubisa ini keren banget, bahkan materinya banyak tinggal pilih. Lalu bisa di akses seumur hidup, dan gratis pula. Luar biasa nih Qubisa, kalo udah gini ya pasti jatuh cinta sama Qubisa, ilmunya juga sangat bermanfaat. Keren deh..

    1. Iya setuju kak Erly. Jadinya yang baru mau mulai bisa ikutan yang gratis dulu ya, hihi. Nanti bisa berlanjut ke materi selanjutnya biar makin banyak lagi pengetahuan yang dikuasai

  6. Qubisa ini bikin penasaran dan menarik. Serba di rumah tidak membatasi diri untuk upgrade skill. Situs Qubisa dapat saya manfaatkan sekali untuk menambah persiapan menuju resolusi tahun ini supaya lebih oke dan menjajal dunia berbeda.

  7. Sekarang mah enak ya, kursus gak perlu dateng juga gpp. Semuanya bisa dilakukan serba online. Qubisa bagus juga sepertinya untuk diikuti. Cuma ya susahnya itu kalo saya sementara ini belum bisa ikut2 kursus karena keterbatasan waktu yang relatif padat, hehe…

    1. Kalo dulu kita kursus takut banget terlambat ya. saya masih ingat dulu saya masih ikut kursus komputer jadul yg masi pakai disket. Wkwkwk. Sekarang mah udah automasi dan bisa diakses semuanya via Qubisa.

  8. Topik-topik webinarnya menarik. Kursus online gini emang pas banget ya di masa pandemi gini. Mumpung banyak waktu di rumah, bisa upgrade ketrampilan diri sendiri. Karena online, bisa juga materinya disimak sama anggota keluarga yang lain. Jadi kalau lupa materinya, ada yang mengingatkan.

  9. Saya kemarin sudah meluncur ke QuBIsa dan coba kursus online gratis seputar bisnis kopi, Mbak. Seru sekali. materinya ringkas dan padat. Dalam waktu sekejap, saya bisa tahu banyak tentang seputar bisnis kopi. Jadi ketagihan pengin kursus online yang lainnya hehehe.

    1. Perlu dimanfaatkan nih platform Qubisa untuk menambah skill dan pengetahuan, sehingga di rumah aja selain kerja bisa ditambah dengan belajar via daring

    2. Saya yang baru tahu informasinya senang banget nih
      Jadi meski pandemi, kita banyak di rumah saja bukan berarti kita ga bisa ngapa-ngapain ya. Justru makin banyak waktu untuk kita buat bisa terus belajar ya….

    3. Solusi untuk menambah ilmu & skill ya lewat kursus online di jaman pandemi kaya skr biar lebih aman. Cek Qubisa ah siapa tau ada yang cocok sama aku kursusnya

    4. Kalau gak ada pandemi sepertinya kursus online gratis begini kurang kedengeran gaungnya, ya. Memang ini juga salah satu hikmah pandemi. Kita dikasih kesempatan untuk meningkatkan skill dengan berbagai kursus

    5. eh seriusan ini semuanya gratis? cek2 aaaah… paling tidak buat belajar bagaimana sharing pembelajaran ya..

      semoga banyak yg terbantu dengan tawaran menarik seperti ini

    6. Wah terima kasih infonya Mom. Kebetulan saya tipe yang telat mau belajarnya. Ngambil S1 sampai lulus baru ngerasa salah jurusan. Hihihii. Jadi sekarang lagi suka kursus online, Mom. Heheheee …

    7. mba di Qubisa ini ada gak sih kursus online tentang seo, aku lagi pengen belajar banget tentang optimasi blog yang seo friendly

    8. Asyiiiiiik… Meski pandemi gini tetep bisa belajar ya. Apalagi pilihan kategori nya bnyak banget. Bisa disesuaikan dengan minat dan bakat.

      Ah, Qubisa mantap !!

    9. Lengkap banget ini semuanya tercakupi, mulai dari personal branding, IT Development sampai ke Sales & Marketing. Kebetulan aku butuh kursus digital marketing jadi langsung deh ceki-ceki Qubisa. Lagian ini materinya buat seumur hidup jadi bisa direview lagi kalau lupa. hehehe

    10. Wah patut ditelusuri dan dicoba nih. Cocok banget untuk menambah kegiatan-kegiatan berkualitas selama di rumah aja. Bagus juga dijadikan wadah untuk mengajar on-line dalam beberapa keahlian. Bisa kan ya mendaftar sebagai tenaga pengajar di sini? Pengen buka kelas untuk craft skill.

    11. Mba Hani, Qubisa ini lengkap banget ya.. aku kepengen kursus online make up kayaknya. Soalnya belum lulus bikin alis. Hahaha.
      Lumayan juga nih selama pandemi, daripada gabut di rumah mending kursus online di Qubisa..

    12. Baru tahu ada qubisa website buat kursus online. Pandemi ini memang memberi kesempatan untukku belajar secara online. Nanti aku cek-cek websitenya.
      Aku pengen belajar personal branding juga.

    13. microlearning nih yang lagi banyak di cari sekarang. Bisa dapat pengetahuan baru yang fokus pada hal yang diminati dan durasinya singkat. Keren Qubisa sudah menyediakan menu microlearning juga

    14. wah, qubisa menawarkan kursus online. Geratis lagi. Udah gitu bidangnya banyak banget. Kudu nyoba ini. Minimal tentang finansiallah. Biar jadi bekal saat menjadi manager keuangan rumah tangga nanti…

    15. Menarik ya..dalam satu platform mengakomodir berbagai macam kursus online yang bisa mengasah keterampilan dan wawasan tentu saja. Dengan demikian kegiatan dirumah aja tetap berfaedah dengan belajar dan menambah skill

    16. Banyak juga ya jenis kursusnya. Aku sebenernya juga lagi rencana mau intens ambil kursus online gitu. Rencana awalnya mau kursus baking. Eh, lha kok kenal drakor. AKhirnya gak jadi kursus tapi belajar bahasa Korea, hehehe. Mayanlah, buat hiburan.

    17. Baru tahu ada Qubisa. menarik ya kursusnya banyak pilihannya dan gratis pula. bisa nih nanti ceki2.
      selama ini ikut yg dr google dan ig live aja. sometimes bayar juga demi dapat ilmu lagi

    18. Jadi Qubisa banyak pilihan jenis kursus yang diselenggarakan online nya ya mbak ? Mana gratis lagi menarik nih apalagi ditengah pandemi saat ini ya dimana kegiatan dibatasi . Solutif nih programnya Qubisa

    19. Haloo, Bu. Salam kenal.
      Menarik sekali informasi mengenai kursus online ini, apalagi di tengah masa pandemi gini. Saya akan coba cus ke tkp. Siapa tau cocok nih 😀🙏

    20. Wah, ini solusi cerdas buat tambah ilmu selama pandemi ya Mbak Hani. Walau di rumah saja tapi bisa meningkatkan kompetensi kita, banyak juga tuh kategori yang bisa dipilih ya. Udah gitu gratis pula kan, pas banget sekarang kan lagi kudu hemat. Kudu tetap produktif walau kita ga bisa ke mana-mana, kursus gratis di QuBisa pilihannya. Tambah ilmu bisa tambah rezeki.

    21. Pandemi itu membuat ruang gerak kita terbatas tapi malah bikin kita makin kreatif dan semangat belajar. Justru saat ini banyak sekali kegiatan belajar yang bisa dilakukan dari rumah. Meski kita ini udah mamak-mamak, kita bisa menimna ilmu sesuai dengan keinginan dan minat kita.

    22. Wah mantap nih Qubisa. Kebetulan lagi butuh materi dan tutor tambahan karena PJJ gak maksimal. Jadi biar waktu di rumah tetep bermanfaat dan gk sia-sia

    23. Keren sih ya Qubisa ini, banyak banget pilihan kursusnya. Sampai bingung mau pilih yang mana dulu. Soalnya temanya menarik-menarik. Mana banyak yang gratis pula.

      Akhirnya sekarang jadi salah satu me time setiap hari, dengerin video coaching di Qubisa minimal sekali sehari, hehe.

    24. Semakin banyak tempat kursus online semakin terbuka luas mendapatkan ilmu yang betul betul lifeskill, apalagi tidak perlu sekolah atau kuliah formal sudah mahir

    25. aku juga kemarin dan nyobain QuBisa ih, menarik banget! Banyak banget kategori kursus online gratis dan berbayar yang tersedia ya, banyak juga webinar yang bisa diikuti yaaaa

    26. walaupun di rumah aja, upgrade ilmu jalan trs ya. Kan saat ini byk pilihan, tggal kita sesuaikan saja sesuai kebutuhan qt. Jd gak terhalang walaupun di rumah aja, akses ttp didpt dgn online

    27. wah ada personal branding, boleh juga nih

      setuju mbak Hani, belajar soft skill harus terus dan terus kita asah, bahkan sampai ajal

      karena selain menambah nilai diri kita juga bikin kita semangat!

    28. wah banyak sekali ya mbak pilihan kursusnya
      aku kok pengen ikutan yg personal branding.
      kan penting juga blogger punya personal branding

    29. Eh beneran bisa gratis ya kursusnya Mbak Han? Soalnya luar biasa banget ilmunya kalau bisa gratis begitu. Mbak sempat nyobain yang personal development ya? Pas banget sama saya pengen nyari pembelajaran soal personal branding hehe XD

    30. Tepat banget nih aplikasi belajar on-line di masa pandemi. Tinggal mencari yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita. Tinggal duduk manis di rumah sambil menambah ilmu.

      Duuhh saya kelewat nih pelatihan yang tgl 18 Februari tentang Cinta Produk Indonesia (UKM). Padahal bermanfaat banget untuk bisnis saya sendiri yang bergerak dalam dunia handicraft. Nanti coba install ah aplikasinya. Siapa tau nemu beberapa pelatihan yang pas dengan kegiatan crafting saya.

    31. Sebenarnya saya jarang sekali ikutan webinar atau kursus online gitu. Di rumah saja malah makin sibuk dan ada aja gangguan dari bocah kalau sedang webinar hahaha… Tapi untuk menambah ilmukan ya, kudu semangat! Terimakasih atas artikelnya mbak.

    32. Siapa pun pasti merasakan manfaat positif adanya pandemi yaitu teknologi it dan dalam jaringan berkembang baik. Banyak kursus online gratis bisa dipilah dan dipilih.

    33. kursus onlinenya gratisss… bagus banget ini. Membantu emak2 yang pengen beraktifitas di rumah lebih kreatif lagi. biasanya kalo udah ikutan webinar begini.. semangat langsung membara karena dapat ilmu baru.

    34. Kursus online gratis di Qubisa ini emang jadi pilihan favorit ya Mbak Hani.. di masa pandemi gini, soalnya semuanya ada tinggal kitanya mau belajar terus apa berhenti yahh. Qubisa, noted. Tfs Mbak…

    35. wah kursus online gratis yah, mantap dan seru banget pastinya, karena aku bekerja di telekomunikasi yang tetap dibutuhkan meski kondisi sekarang sedang maraknya covid dan orang2 bekerja dari rumah namun aku masih bekerja di luar rumah seperti biasanya, banyak banget kegiatan positif yang bisa di lakukan di rumah namun aku tidak punya waktu karena tetap bekerja seperti biasa. entah aku wajar mengeluh atau harusnya bersyukur

    36. Aku baru tahu ada Qubisa ini kak, wah bisa ikutan kursus online gratis yah. Ini yang bagus buat para ibu2 dirumah.. tetep dapet insight ilmu yang bermanfaat tanpa harus bingung dengan bayar2..secara kebutuhan RT pasti banyak. Thanks kak infonya😊

    37. Gak ada alasan untuk gak semangat belajar ya apalagi bisa ikutan kursus online gratis. LIhat list webinarnya ah siapa tau ada yang cocok. Gak usah keluar dari rumah tapi tetap bisa mencari ilmu ya

    38. Qubisa ini berdirinya tahun kapan ya kak? Sudah lengkap sekali topiknya buat kursus online, aku jadi penasaran buat klik2 soalny biar waktu ga kebuang sia2 gitu aja. Ada webinarnya juga ya, ya ampun paket lengkap ini mah jgn sampai terlewatkan 😀

    39. Banyak banget temen-temen yang merekomendasikan Qubisa.

      Selain kategorinya beragam. Ada kelas gratisnya juga. Sayang pengaauh ken lagi libur. Belum bisa atur waktu akunya

    40. Selama pandemi ini belum pernah ikut kursus online, palingan cuma ikut webinar aja. Pengen sih ikut kursus online bhs inggris, tp bingung nyari yg pas dan nyaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *